Kebaya QZM for My Cousin Wedding

Sabtu, 23 November 2013 lalu, salah satu sepupuku menikah. Kali ini seragam kami warnanya hijau, aku coba jahit di QZM (Qozim) yang ada di Pasan Sunan Giri, Rawamangun. Banyak sekali review tentang penjahit ini, jahitannya yang bagus, cukup murah (untuk ukuran kualitas), dan modelnya bisa macam - macam. Model bahu tanpa jahitan kayak Avantie punya pun dia bisa bikin.

Aku jahit sebenernya udah 3 bulan lalu (mungkin lebih) soalnya jahit di QZM ngga bisa cepet, 1 bulan baru bisa fitting dan ada beberapa perbaikan lagi setelahnya. 

Nah ini bahannya :

Brokatnya warna hijau, dalemannya krem. Aku persen model yang simpel sih, cuma bagian bahu tanpa jahitan dan bagian leher, punggung, dan pergelangan tangan di payet.

- Uang Jahitnya antara Rp. 200.000,- sampai Rp. 250.000,-
- Untuk Aplikasinya (tempel - tempel bunganya dibagian leher biar cantik) antara Rp. 150.000,- sampai Rp. 200.000,-
- Bustier antara Rp. 150.000,- sampai Rp. 200.000,-
- Payet (leher, pergelangan tangan) Rp. 150.000,-
- Bahan Tile (untuk tempel aplikasi dan bikin bahu tanpa jahitan) Rp. 25.000,-

Aku agak lupa harga pastinya, yang pasti totalnya aku bayar Rp. 725.000,-

Ini setelah jadi :
Bagian depan


Bagian belakang

Detail bagian depan

Detail payet bagian depan

Detail bagian belakang


Detail payet bagian belakang


Dan ini tampilannya setelah dipakai, sama sedikit (yakinnn sedikit heheheh) foto - foto narsis sama pengantin dan keluarga yang lain. Hehehehhe. Maafkan yaaa kalau fotonya kebanyakan hahahaha, tulisan ini jadi reminder untuk aku dan keluargaku kalau KAMI PERNAH MUDA hahahahhaa.


Dari pengalaman jahit di QZM ini beberapa hal yg bisa aku share :

Positifnya :

  1. Kamu diukur dengan sungguh - sungguh, even mbak - mbak karyawannya yg ukur tapi mereka melakukannya dengan benar. 
  2. Ngga masalah untuk punya banyak kemauan, pak Qozimnya akan bilang mana yang bagus untuk kita dan akan kasih beberapa pilihan.
  3.  Satu lembar kertas dengan gambar dan ukuran untuk satu orang, dan kertas - kertas desain mereka itu nantinya akan di scan dan ditambahkan nama kita dan ditempel bersama dengan baju kita. Jadi ngga mungkin ketuker. Cukup profesional kalau aku bilang sih.
  4.  Pas waktunya kamu akan dibantu pake bajunya, bahkan sampai masang kancingnya mereka bantu. Dan mereka ngga masalah sampe jongkok - jongkok bantuin kamu make bajunya.
  5. Mereka akan tanya, mana bagian yang kurang nyaman, maunya digimanain lagi, apa yg salah, dll.
  6. Waktu reparasi setelah fitting pertama kali umumnya 1 - 2 minggu, so... Siapkan waktu yang banyak untuk jahit disini.
  7. Fitting pertama adalah saatnya menentukan payet dan warnanya, nanti akan ada karyawan yang masang payet kasih beberapa pilihan untuk kamu.
  8. Kalau di fitting kedua masih ada yang kurang, atau misalnya kamu mulai menggemuk, dll. Mereka masih mau untuk reparasi lagi. Dan kalau ada yang kurang dari perjanjian di awal pemesanan kamu bisa minta sama mereka untuk dibuat sesuai itu. Awalnya bagian bahuku masih ada jaitanya, dan aku ingetin lagi ke mereka kalau aku mintanya itu ngga ada jahitan. So aku balik besoknya untuk ambil.

Negatifnya :

  1. Penjahit ini SANGAT laris, banyak banget yang bikin baju pengantin, seragam, dll. Kalau kamu mau buru - buru then bermimpilah untuk jahit disana. Bahkan pelanggan yang udah jait puluhan juta pun palinnnnnggg cepat dikerjain 3 minggu.
  2. RAME, datang pas makan siang sampai ke sore sangatttt rame. Aku datang pertama kali siang, dan itu rame jadi harus nunggu giliran untuk dilayanin. Next day aku dateng jam 4.45 pm atau bahkan jam 5.00 pm, mereka udah agak sepi. Atau sekalian dibawah jam 12.00.
  3. Pasar Sunan Giri area parkirnya KECIL, so klo kamu sendiri better bawa motor, naik angkot, bajaj, bisa, ojek, atau taxi. Or kamu bakal sakit kepala mau parkir dimana, coz sangat untung - untungan.
  4. Ngga cukup kesini hanya 15 atau 30 menit. Siapkan waktu yang lebih. Nunggu aja bisa 30 menit, ngukur, nunggu baju dll, ya siapin waktu lah MINIMAL 1 jam.

 Tips (untuk newbie) :

  1. Jadilah orang yang RAMAH dan SOPAN, semakin ramah kamu semakin senang juga mbak - mbaknya untuk melayani kamu (tapi tergantung juga sih ya). Pada dasarnya mereka adalah orang - orang yang ramah dan murah senyum. Cuma mungkin dalam beberapa keadaan mereka pusing jadi ngga kelihatan ramahnya. Mintalah dengan baik - baik dan tersenyumlah (ini kuncinya bisa akrab sama mbak - mbaknya, even dia ngga inget namaku krn baru pertama x jahit disitu tapi mereka inget muka dan bajuku hhihihihih asikk kannnn).
  2. BECANDA, ini jadi pemecah kekakuan. Mereka pun akhirnya akan merasa lebih nyaman sama kamu klo mau becanda. Tapi ngga berlebihan juga ya.
  3. Gunakan nama yang ngga pasaran (hahahhaa, sorry). Kalau misalnya kamu namanya Bunga (misalllnya loh) ya gunakan akhiran apa kek misalnya : Bunga Harum Semerbak (lebayyy). Ya at least cuma akan ada 1 orang yang namanya itu di QZM hahahahhaha. 1st aku pake Vani (nah yang ngga pernah ketemu aku bingung Vani yang mana Vani banyakkkkkk cyinnn zzzzz.
  4. Jangan lupa JAJAN (hahahhaha, dasarrr genduuttt), tapi bener lohhh itu sore - sore biasanya ada ibu - ibu jualan pecel nahhh pecelnya enak. Sore - sore nunggu jahitan sambil ngerumpi sama ibu - ibu lainnya (dasaaarrr) trus makan pecel dehhhh (ehhh dibayar brp sama mbak yu pecellll?? Ngga kokkk sumpeh dehhh, cuma ngasih saraaaan sedap dan sehat hahahhaha).
  5. Rujak deket parkiran juga sedap (hadeuuhhh). Pokoknya banyak makanan sedap di Pasar Sunan Giri, so hati - hati timbangan naik karena banyakan ngemil, trus kebaya ngga muat bzzzz.
  6. Apalagi yaaa, mmhhhh jangan malu nanya kayaknya. N jangan banyakan nawarrrr, zzzz ya emang mungkin ngga murah tp hasilnya ngga murahan juga kok. Dan kamu kan punya waktu yang lama untuk nabung - nabung. Pas dateng dp dlu trus pas fitting tambah lg dpnya nah pas ambil baru lunasin (cicilan 3x bok hahahha).
 
Oia, baju - baju kamu akan dimasukin dalam satu kotak. Kenapa kotak ? Logikanya sih payet kan berat, kalau digantung takutnya merusak bahan, klo di kotak amannnnn. Aku cuma gantung kebayaku untuk kebutuhan foto.

Another TIPS untuk yang mau bikin kebayanya lebih cantik tanpa harus bayar terlalu mahal, so jadilah kreatif. Mamaku suka pasang payetnya sendiri, contohnya begini :


Kamu bisa cari payet model begini di Tanah Abang Blok A Lt. 7, disitu ada toko besar namanya Kharisma (Charisma, lupa ya pake K atau C) itu toko jual segala macam payet, batu, kristal, swaroski, renda, dll segala jenis untuk baju dan lainnya. 

Payet kayak diatas dijual per plastik kecil kira2 100 - 200 gr deh (hargaya sekitar Rp. 30.000,-) dan biji - biji kecilnya bisa dibeli disitu juga kalau ngga salah harganya Rp. 300,-/10 gr deh (lupa - lupa inget). Warnanya ada pink, ungu, hijau, dll. Masih jarang sih yang pake payet model gini. Kalau kamu mau lebih kreatif lagi kamu bisa modifikasi dengan model payet lainnya. See, my mom veryyy creative hehehe. Happy hunting dear.

Udah, segitu aja ceritanya. Aku harusnya udah fitting untuk dressku yang dari 2 bulan lalu udah dimasukin tapi lupakkkk mulu hahahha. Tar aku review lagi pengalaman selanjutnya yaaaa (kalau aku punya iman yang kuat untuk menunggu lama dan pusing sama parkiran Sunan Giri). Kalau udah jahit jangan lupa share - share yaaaa. Have a nice dayyyy.

UPDATE

Hari ini 11 Oktober 2015 ada comment baru dari mba Iis tentang ngga bagusnya pelayanan dan hasil jahit di QZM, aku jadi inget harusnya aku update tentang tulisan ini.

Dress yang aku jahitkan sudah selesai, sudah dibawa pulang, dan dipake, hahahhahhaa. Hasilnya ngga bagus, beda dengan hasil kebaya diatas. Lengan kanan dan kiri itu ngga sama, jadi salah satu lengan kekecilan dibagian ketiaknya, jadi so akward dan ngga enak dipakai. Aku udah kesel banget sampe ngga mau pake baju itu.

Tapi aku beli bahannya aja Rp. 240.000,-/ meter (brokat prada, kadang orang bilang bahan Oki) dan uang jahitnya sekitaran Rp. 650.000,- so mikir lagi betapa sayangnya kalau ngga dipake. Akhirnya lengan itu agak digunting sama mama dan dijahit kembali, dan ada beberapa bagian yang tidak sesuai bunga - bunganya jadi diperbaiki lagi SAMA MAMA. Ah, i love u mom.

Jangan harap QZM bisa kasih bahan sisaannya, coz aku pun ngga dapat apa - apa. Aku ngga foto kesalahan - kesalahan yang mereka buat krn udh keburu gemes dan mau rombak lagi.

Seperti penjahit kebanyakan, ketika jahitan sudah 'overload' mereka umumnya keteteran, dan seperti segala hal di dunia kita ini selalu ada diskriminasi. Mungkin kalau kita langganan paripurna or public figure, baru diperhatikan dan bener - bener dikerjakan dengan baik tanpa cacat sedikitpun hihihihihi.

Kalau dipikir - pikir jahit kebaya itu kayak nemuin sahabat baik, susaahhhhhhhh! Nah, trus kalau udah ketemu, bisa aja lama - lama dia berubah jadi orang yang ngeselin. So, saran aja sih, banyak - banyak mencoba jahit disana - sini, pasti nantinya ketemu yang sesuai dengan selera kita.

Oia, kalau di aku ngga cocok, belum tentu di kamu juga ngga cocok loh ya. Karena kita punya bentuk badan yang berbeda dan punya selera yang berbeda. Ngga ada salahnya untuk mencoba, ngga salah juga untuk ngga mau mencoba karena takut kecewa. Senyamannya aja. Oke then, jangan lupa bahagia. Have a great day.

Share this:

CONVERSATION

16 komentar:

  1. Senangnya yang bisa pakai kebaya T_______________T **merana di pojokan sambil garuk-garuk tanah**

    Aku pakai kebaya itu cuman sekali, pas graduation! udah! Gak pernah ada kesempatan karena pesta pun gak ada yang pakainya kebaya T^T Owe harus cari suami orang Jawa ini *____* Keraton2 gitu, ntar pasti tiap hari pakai kebaya #motifnyalhoya! XD

    BTW kebayanya cantik banget! Aku suka hijaaaaaaaauuuuu~ >______________< Waktu graduation juga kebayaku hijau~**gak ada yang nanya** XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waakakaakkakakkakakkakkk... Kamu pindaahhhh aja ke Jakarta, tinggal di Tebet Utara lagiii.. trus tar klo ada nikahan sodaraku aku ajakkkk jadi bisa pakai kebaya hihihihihiii... Sama org Batak juga bolehhh tauukkkk, klo kebaya kraton kan modelnya ngga bisa macem - macem..

      Aku juga suka hijauuu, n kebaya graduationku juga hijauuuuu *TOSSSSS* hihihihihiiii...

      Hapus
    2. Andai Jakarta sama Surabaya cuman 5 langkah LOL

      Pingin pakai kebaya lagi~~ tapi tak ada kesempatan untuk itu ToT

      Cepatlah menikah, ntar eike diundang ya buk~ sekalian bayarin bikin kebayanya #dibunuh XDDD

      Eh kebaya keraton gak bisa macem2? O____O tapi keliatan anggun gimana gitu kalau liatin orang keraton *___*

      WOALAH! Sama ternyata kita pas graduation pake ijo XD

      Hapus
    3. Ya udahhh pindahhh siniiii,,, doain aja rejekiku banyakkkk bangett yaaaaaaaaa... Amennn amennn.

      Aku pasti undanggggggg... Ngga bisa, kebaya kraton modelnya gt doangggg.. Yg bkn anggun tuh cara mereka membawakan dirinya. TOOOSSS hijooooo

      Hapus
  2. mbaaa ak mau tanya donk ,,ohh jadi kita harus beli tile polos gitu yaa supaya gampang dapet aplikasi tempel bunganyaa??
    selain bahan tile,bahan ap yah yg bsa d beli polos??trus tinggal d aplikasiin gtu,
    thx sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Chintyaa...
      Iyaaa, pake tile polos gitu. Jadi tile itu disediain sama penjahitnya.. Tambahannya kalau jahit di QZM untuk tile Rpp. 25.000,-

      Mereka dan beberapa penjahit memang sekarang suka pake tile polos trus tinggal "ditempel" sama motif dari brokat,, jadi bisa disesuaikan biar serasi kanan dan kirinya. Selain tile polos kalau untuk kebaya sih setau aku ngga ada. Tile adalah bahan tambahan paling passssss kalau mau bikin aplikasi tempel - tempel gini.

      Tapi pinter - pinter pilih penjahit untuk model - model bahu kayak kebayaku diatas (tanpa jahitan jadi hanya tile aja, kesannya bahunya terbuka) krn ngga banyak penjahit yang bisa bikin begitu. Semoga bisa jadi masukan yaaaa.. heheheh.

      Hapus
  3. Horass, Kak Roos.. bolee nanya yaa.. itu untuk kebaya kk di QZM harga totalnya bener Rp. 725.000,- utk 1 kebaya? bahan dari kakak, yaa?
    aku tanya begini soalnya ada temen yg bilang dy jahit disana smpe 4jt.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. HORAS Laura...
      Iyaaa,, untuk kebaya aku diatas totalnya Rp. 725.000,- karena aku hanya pake payet di leher dan tangan, kalau yang sampe 4 juta itu biasanya yang full payet atau mungkin sama jait kainnya juga.

      Tapi kalau udah sampe 4 juta biasanya udh bisa untuk kebaya pengantin, yaaaa tapi seperti kita tau yaaaa ibu - ibu Batak kalau mau pesta kan kebayanya ngga mau kalah sama pengantin hahahahahhaha.. Jadi kenanya mahal deh.

      Semoga infonya membantu yaaa Laura.

      Hapus
  4. Kebayanya cantik kaka...
    q juga suka banget nih pake kebaya rasanya gimana gitu yaa...
    q tinggal di jogja, disini q punya designer kebaya sendiri yg cantik cantik kebayanya...syukurlah, jadi ga bingung lagi nyari designernya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Asly,, kebaya kan merupakan salah satu budaya Indonesia, jadi harus dilestarikan yaaa.. So, banyak - banyak pake kebaya... Hehehhehe.

      Hapus
  5. Haduh qmz pelayanannya buruk banget...waktu itu gw perbaiki kebaya gw krn mah belum sesuai keinginan..pas gw mo ambil jilang tuh kebaya dan ga ada pertanggungjawabannya sampe sekarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh.. Kok gitu ya mereka. Jd ngga ada penggantian? Di push aja biar mereka cari (kalau masih mau berurusan sama mereka).. Klo yg gw tau itu mereka drop berapa kebaya gitu di atas (mungkin tukang jahitnya diatas) trus beberapa bahan pasti numpuk ngga karuan. Tapi waktu gw jait disitu itu desain, model, ukurannya semua di print dan disatuin sama kebayanya.. Jd ngga kececeran.

      Tapi yaaa seperti tempat - tempat terkenal yang sudah terlalu terkenallll banget sementara karyawan terbatas ya gitu.. Klo dah langganan mereka lbh ramah.. (suka pilih kasih).. Tp untungnya ak dapet mbaknya yang ramah dan baik, asal suka ajak becanda dan senyum deh...

      Gw jg ngga akan balik lagi kesini deh kayaknya.. Ke2 kali bikin gaun dari brokat gitu, tp potongannya ngga sama.. huhuhu akhirnya ngerombak lagi sendiri.. padahal bahannya banyak. Untung bahannya brokat prada gitu jadi ngga keliatan kesalahannya, ketolong bagus bahannya. Mudah2an aja satu saat sempet gw post ya.. Biar bisa jadi masukan untuk yang lain.

      Hapus
  6. Aq jahit disana,gak bagus banget mbak... ekspetasi yg dibayangkan gak sesuai yg didapat... kebayanya KEKECILAN.... mana gak ada reapon sari QZMnya buat menyelesaikan masalah... NYESEL banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau waktu aku jahit, mereka memang masih kasih fitting beberapa kali sampe aku merasa puas, even jaitannya ga sama kanan kiri. Itulah kelemahannya kalau penjahit mulai laris, mereka ngga jaga kepercayaan pelanggan baru. Tapi yg mereka jaga pelanggan lama.

      Kakak temenku kalau disana juga KURANG dihargai, tapi begitu dia bilang dia anaknya siapa, nahhhhhhhh baru QZM mulai merespon. Ya adat Indonesia kan gitu, dihargai dan dihormati krn ada siapa dibelakangnya.

      Penjahit disana juga kan lain dengan mba - mba yg fitting, sementara pelanggan makin banyak. Kerja keteteran. Akhirnya yg sudah jadi mereka MALAS or GAK MAU or GADA WAKTU lagi untuk refisi. Jahit kebaya itu untung - untungan mba Iis, hrs rajin cari referensi dan coba - coba sana sini. Aku sih NGGA mau lagi jahit disitu, dari pada STRESSSS mikirin harga yg ga sesuai dengan hasil, mikirin parkir yg susahhhhhhh banget, dan mikirin macetnya... hehehehhe

      Hapus
  7. Haloo ka.. Thank you banget review nya, aku lagi cari2 penjahit kebaya buat nikahan.. Ada yg saranin ke QZM juga cuma setengah hati karena yg aku lihat dari hasilnya kebaya kaka aku di bagian belakang kurang sreg.. "lemak2" ga bisa disembunyiin hahahaha
    Begitu baca review kaka jadi makin yakin ga mau kesana.. *anak ga maj rugi* 😆 sekali lagi thank you ya ka.. 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahhaa, Iya sama - sama Estika. Kadang penjahit itu untung - untungan, ada yang pas sama badan kita, ada juga yang ngaco total.

      Banyak kok di Sunan Giri penjahit lain yang mungkin masih banyak waktu untuk melayani costumernya, jadi ngga buru - buru dan masih bisa jaga kualitas. Good luck ya kamu.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.