Wednesday, November 20, 2013

My Life My Everything : "Mother"



Beberapa tahun lalu ada tugas kampus tentang "My Inspired People", dan aku menuliskan ini untuk dikirim ke ibu dosen... Hari ini iseng - iseng bersihin dan rapihin email dari segala sampah, spam dll dan ngga sengaja nemuin tulisan ini lagi. Pasti ada tujuan Tuhan bikin tulisan ini terbaca lagi, hampir saja kehapus. Sedih bacanya, segitunya ternyata mama sayang sama anaknya yah. Satu saat nanti kalau kita jadi mama, mudah - mudahan bisa jadi mama yg baik bahkan yg lebih baik dari yang mama kita pernah lakukan. There's NO reason we can't be the BEST mom.
 

My inspired people all the time... MAMA.


        Mama adalah putri ke dua dari sepuluh bersaudara seorang Komisaris Besar Polisi Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lahir di Pematang Siantar, 2 Juni. Diberikan nama Sophia yang artinya bijaksana. Kedua orang tuanya memang orang Batak asli, tetapi nenek dari ibunya adalah orang Timor Timur, famnya Luan dari Atambua. Sedangkan keturunan dari nenek - nenek diatasnya lagi bercampur dengan China dan Portugis. Percampuran kebudayaan ini membuat mama tidak seperti mama Batak pada umumnya yang cenderung kaku dan berlebihan dalam bersikap, dll. Mama adalah seorang yang sangat mau mengerti dan fleksibel dalam banyak hal, mak gw asikkkkk hahahahhaa.


         Waktu kecil mama juga sempat bersekolah di sekolah dasar khusus anak - anak China karena kecerdasannya. Pernah diberikan beasiswa untuk sekolah ke China tapi dilarang oleh orang tuanya. Disekolah ini mama dapat banyak pengajaran tentang pola kehidupan masyarakat China pada umumnya, bagaimana kesungguhan mereka dalam melakukan sesuatu .Mama sering berkata "Lihatlah orang - orang China, mereka bisa sukses karena mereka ulet. Apapun dikerjakan dengan kesungguhan hati dan apa yang mereka mulai pasti (harus) mereka selesaikan dengan baik."

        Karena orang tuanya adalah seorang polisi jadi mereka sempat berpindah ke beberapa tempat, salah satunya Pulau We di Aceh. Hal ini membuat mama semakin banyak mengenal karakter dan watak orang. Mama punya banyak teman dari berbagai agama, suku, dan budaya. Ia adalah orang yang ramah kepada semua orang dan pintar bergaul. Mama mengajarkan saya untuk bergaul dengan berbagai orang teapi tetap jangan lupa dari mana kita berasal, oleh karena itu kita harus tetap mengerti dan kemudian melestarikan kebudayaan kita.

        Remaja menuju dewasa ia kemudian sekolah SKKA, lalu berkuliah di IKIP Jakarta (she loves to be a teacher i think). Mama suka dengan segala hal yang perempuan sekali. Pernah bekerja sebagai instruktur kecantikan untuk Viva Cosmetic, manager keuangan di perusahaan real estate, sampai membuat usaha salon, dan akhirnya berhenti karena konsentrasi membesarkan saya.


        Mama adalah orang yang selalu menginspirasi saya karena dia adalah orang pertama yang mencintai saya dengn segala kesungguhan hatinya, sampai selama - lamanya di hidup saya mama akan melakukan hanya yang TERbaik yang dia mampu untuk saya.


         Hidupnya adalah untuk saya dan papa, ia meninggalkan semua pekerjaannya, karier yang menjanjikan, sampai kepada kesempatan untuk berkecimpung dalam kehidupan wanita sosialita. Ia mengabdikan hidupnya untuk mengurus rumah tangga dan mengurus papa juga saya. Papa saya adalah orang yang sangat manja (hahahahhaa *upsss sorry paaa...) karena papa ditinggal meninggal oleh ibu kandungnya saat usia dua tahun huhuhuu... Karena itu mama sangat memanjakan papa, mama menjadi seorang istri sekaligus ibu juga untuk papa. Dan menurut saya itu hebat, dimana banyak ibu - ibu yang lain menyibukkan diri dengan arisan atau belanja - belanja, dll.

My mom can do everything . . .

         Mama hobi sekali dengan masak, segala macam masakan selalu jadi enak dibuat tangannya. Kalau ditanya rahasianya apa sih bisa masak seenak ini, mama selalu menjawab sambil tersenyum "di rumah ini makanan dimasak dengan bumbu cinta kasih, jadi akan semakin enak". #eakkk makkkk... Mama juga suka membuat kue, nastarnya enak sekali. Secapek apapun mama, kalau ada yang ingin dibuatkan kue atau makanan lainnya pasti mama langsung buatnya. Mama juga bisa menjahit, mama pernah punya salon so dia bisa potong rambut, creambath, makeup (mungkin hobby ini diturunkan sama mama ya, dr kecil saya sukaaaaa sekali "coret - coret" muka abang sepupu saya dengan eyeliner mama hahahhhaha. N he just sleep, then very shock after awake. Nakal!!) mama juga suka menyulam, membuat tas dengan benang yang dikait, membuat karpet sendiri, segala macam prakarya lah pokoknya, dll.

        Pada waktu senggangnya mama tidak pernah diam, ada saja yang dikerjakannya. Berkebunlah, bermain organ, membaca, dan banyak hal lain yang bisa dikerjakannya. Mama memberikan contoh yang baik bagaimana jadi wanita, dengan segala hal yang harusnya wanita bisa kerjakan. (Kamu gitu ngga? Enggakkkkkk, saya malas main organ krn tutsnya kecil - kecil, aku ngga gitu suka juga berkebun, entahlah ya karena memang ngga dicoba atau apa, tapi kalau udah dikerjain saya ngga suka berhenti hahhahaha.)

         Dimasa - masa sulit mama banyak mengajarkan saya tentang menerima apa yang terjadi di dalam hidup kita dengan ucapan syukur, percaya sama Tuhan kalau semua akan indah pada waktunya (benerr makkkkk, huhuhuuu). Mama adalah sosok yang sangat mau mengerti keadaan saya, apapun yang saya mau ceritakan bisa saya ceritakan kepadanya. Mama memberikan standart yang baik tentang bagaimana hubungan mama dengan putrinya.

        Mama adalah orang pertama yang mencintai saya dengan segala hal di hidupnya, dengan setiap detak jantungnya mama mencintai saya. Tidak peduli apa yang saya lakukan yang membuatnya terluka tapi mama selalu membuka tangannya untuk memeluk saya.

        Mama membuat saya berfikir bagaimana sosok orang tua yang baik dan bagaimana saya ingin menjadi orang tua nantinya. Bukan hanya sikapnya menjadi seorang ibu, tetapi mama juga memberikan contoh yang baik bagaimana menjadi seorang istri.

         Mama mengajarkan saya bagaimana menghargai dan menghormati suami, seperti yang banyak orang bilang kalau dibalik lelaki sukses pasti ada wanita hebat yang menyokongnya dari belakang, seperti itulah yang harus saya lakukan kepada suami kelak. Seorang suami harus di dukung penuh dalam melakukan pekerjaanya. Apapun yang kita terima kita harus sabar dan iklas, dan semua pasti ada jalan keluarnya. Kepala dari perempuan adalah laki - laki, dan kepala dari laki - laki adalah Kristus. Makanyaaa perempuannnn terima kodrat yaaa.. Ahahahahha. Yg harus ngeLead tetep lelaki. Tugas perempuan jadi partner yang baik biar suami (lelakinya) makin HEBAT.

        Tentunya hampir semua orang diajarkan hal yang baik oleh ibunya, tetapi untuk saya tetap yang terbaik pasti mama. Mungkin banyak mama lain yang lebih fleksibel, lebih gaul, dll. Tapi saya tahu saya harus menjadi seperti apa dalam keluarga saya nanti. Saya bersyukur punya mama yang hebat dan tangguh serta kreatif dan saya berusaha untuk menjadi mama yang luar biasa juga untuk anak - anak saya. Kata - kata luar biasa sebenarnya agak mengganggu untuk saya, karena kalau mama marah mama selalu mengucapkam kata - kata luar biasa, yang menurut saya seperti kata makian. Tetapi kalau saya tanya "kenapa sih mama kalau marah ngomongnya luar biasa..?" dan mama menjawab "supaya kamu jadi anak yang luar biasa".

        Oohh... I love my mom.



6 comments:

  1. inspiratif tulisannya buat pagi ini, yah kita mama mama masa depan, harus lebih baik dari mama :D.
    JBU sist . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn Aminnnnn Rif,, PASTI bisa jadi lebih baik dari mama. Coz jaman kita muda gini udh macemmmm - macem hal yg berkembang. Jd pasti kita bisa lebih pintar menghadapi semua dan mengantisipasi hal - hal yg akan berkembang kemudian. JBU even more dear :*

      Delete
  2. Aku akan berusaha jadi mama yang baik buat Farrel, dan jadi anak yang baik buat mamiku juga T__________T

    ReplyDelete
    Replies
    1. PASSTTIII bisaaaa, makanyaaa jangannnn jajan kosmetik muluuukkk wkwkwk (ngomong sono ma kaca, sendirinya jg gt hahahaha)...

      Delete
    2. Jadi siapa yah yang ngenalin tante Dina O_O LOL

      Aku akan berusaha, ganbarimasu~~~ >_______<

      Delete
    3. Oiaa yahh.. Wakakakakakakkaa..... MANGAAAPPP hahahahhahaha

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like