Friday, March 28, 2014

Mengurus Paspor BARU



(lupa foto - foto, cuma ada 1 foto gedung di depan Imigrasinya hihhhi)

Sedikit cerita tentang pembuatan paspor BARU wilayah Jakarta (entahlah yah wilayah lain sama atau nggak). Jadi pagi tadi (28 Maret 2014), aku temenin sahabatku untuk urus paspor, berdasarkan pengalamanku waktu ngurus di Imigrasi Jakarta Selatan itu ampuuuuunnn deh ramenyaaaa zzzzzz...


So,, aku saranin dia untuk apply di Jakarta Utara (Komplex Pertokoan Artha Gading), setelah Mc'D Artha Gading.. Nahhhh tadi pagi kami sampai sana sekitar jam 6.30,, antrian tuh sudah sekitar 20 orang.. Pintu sudah dibuka tapi belum boleh masuk (sementara kalau di Jakarta Selatan, jam 6.30 itu udh pasti lebih dari 40 antrian zzzzzz).

Pintu dibuka jam 7.00 dan disitu kita langsung disambut sama mas satpam dan mbak berkacamata yang mukanya agak judes padahal orangnya ramahhhhh deh,, nah disitu dicek data yang kita bawa.

Pengurusan BARU, yang HARUS disiapkan :

- ASLI KTP + Copy
- ASLI Akte Kelahiran + Copy
- ASLI Ijazah Terakhir + Copy
- ASLI Kartu Keluarga + Copy
- Materai 1 lembar
- Pulpen (hitam lebih baik kayaknya deh hehehehe)

*Semua ASLI dibawa dan ditunjukkan, dan akan ditunjukkan kembali di loket pendaftaran.
*Semua dokumen di copy dengan ukuran A4 (jadi KTP jangan dipotong - potong, dicopy aja dalam satu lembar itu tanpa diperbesar)
*Materai untuk ditempel di selembar surat pernyataan.
*Untuk yang udah kerja kayaknya sih harus ada surat pengantar dari kantor (tapi aku NGGA pake ginian,, hahahha dan si sahabatku ini juga ngga tuhhh.. Bilang aja belum kerja hihihihihi)


Kami dapat antrian nomor 12, sebagian dari antrian tadi juga bikin baru dan ada juga yang tinggal foto & wawancara. Jam 08.00 loket sudah baru buka, so kamu masih punya waktu untuk isi - isi formulir (oiaaaa formulirnya GRATIS!!!, asik banget kan tuhhhh)

Isiannya menyangkut data standart yang ada di KTP, isi untuk Paspor BARU 48 lembar, jangan lupa tanggal lahir ayah dan ibu.

Tepat jam 08.00 mulai dipanggil nomor - nomornya (A untuk pengecekan data, dan B untuk wawancara dan foto) dan proses pengecekan data cukup cepat.. Jam 08.30 sudah selesaiiii, sudah dipanggil dan diberi tanda terima dengan total biaya Rp. 255.000,- SAJA!!! Wawancara dan foto hari Rabu, 02 April 2014 (pakai baju bebas rapih tapi JANGAN pake baju putih yaaa,, coz backgroundnya putih hihhihi).


Nahhhhh sahabatku ini sempet ketakutan karena ada perbedaan nama antara akte dan KK, KTP, Ijazah.. Dia udah panikkk ga bisa bikin paspor... zzzzzz.... Ini anak bikin stressss aja. 
Trus aku inget - inget waktu bikin sama abang sepupuku, dia pun namanya beda - beda malah disemua data dia dan dia LOLOS tuhhhh.

Jadi IT'S OKE kalau ada perbedaan tulisan, penulisan, ejaan dalam data yang kita kasih. Kadang kalau ada marganya suka ditulis juga tapi ada juga yang dihilangkan. INTINYA nama akan mengikuti yang di AKTE, itu kebijakannya (tapi sih tadi kata mbaknya "Tar pas wawancara bilang aja maunya ditulis sesuai dengan KTP).

Kita tunggu gimana proses hari rabu,, hihihihiiii.
(Kalau dulu aku di Jakarta Selatan, nunggu untuk foto itu lamaaaaaaaaa deh. Ada kali 2 jam,, zzzzz trus pas dipanggil itu foto dulu (foto dan cap 10 jari, jadi pastikan jari kamu bersih dan ngga sedang terluka yaaaaa, trus senyummm dikitlah kalau difoto biar maniiiissss hihihihihi) abis foto, kita nunggu lagi untuk wawancara karena orang yang wawancara beda lagi. 

Pas wawancara mas - masnya nanyanya gini : 

Mas - mas : "Mau kemana ??"
Aku : "Jalan - jalan aja kok mas... hehe"
Mas - mas : "Ke Singapore gitu...."
Aku : "Iyaaa..."
(dalem atiii gue mau ke Arab juga gapapa donggggg,, kepooo deh hahahahhaha)

Tips untuk kamu nanti pas wawancara dan foto, RAMAH (serius deh,, beda tauuuuu), tapiii jangan sok akrab, pinter - pinterlah membawa diri dan bersikap. Kalau aku dulu masih becanda - becanda sama yang foto hahahahahah).

Oiaaaa, DO and DONT'S

DO
- Berpakaian RAPI dan SOPAN, pakai kemeja, sepatu
- Bersikap SOPAN dan RAMAH, mau mbak dan masnya kayak gimana ketekuknya juga kalau kita 
  ramah pasti mereka juga ramah
- Jangan lupa bilang "TERIMA KASIH" hihihihihihi
- Percaya diriiii hihihihihiii
- Even di Jakarta Utara ngga sepadat di Jakarta Selatan tapi better dateng pagi (jam 6.30 udah oke
  banget tuh hihihihi), krn setiap hari KUOTAnya hanya 100 orang (jadi untuk pembuatan baru dan 
  wawancara juga untuk yang foto hanya untuk 100 orang)
- Kalau kamu datang lebih pagi, better bawa minum dan makanan kecil (roti, dll), karena kan nunggu 
  agak lama jadi ngga kelaparan
- Jangan LUPA mandi yaaa hahahhaha, apalagi kalau mau foto hihihihi.. Dandan dikitlah yaaa.

DONT'S
- Jangan pakai celana pendek, sendal jepit, apalagi tanktop hahahhaha,, diusir yang ada hahahhaha
- Jangan lupa bawa SEMUA yang ASLINYA yaaaaa...
- Selama proses pemanggilan nomor JANGAN KEMANA - MANA (kalau mau ke toilet better 
  jauhhh sebelum nomornya dipanggil). Karena loket hanya akan memanggil 3 kali, setelah itu 
  nomornya HANGUS.

Semoga informasinya berguna.. Maafkan kalau ngga banyak foto - fotonya yahhh,, aku sambil menunggu si sahabat itu sambil belajar lagu - lagu jadi lupaaa deh hahahhahah.

UPDATE
- Selang 3 hari dari pengurusan paspornya sudah jadiiiii, tinggal foto dan tanda tangan deh, selanjutnya   
  udah deh tinggal dipake.

FYI : Paspor kamu berlaku untuk 5 tahun kedepan, tapi 6 bulan sebelum masa berakhirnya paspor kamu. Kamu sudah tidak bisa mempergunakan paspor kamu lagi.... Kecualiiiiiiiii kamu dah serinngggggg banget keluar negeri hihihihiiiii.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like