Wednesday, August 19, 2015

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Dengan Bijak [Safir Senduk & Sun Life Financial Indonesia]


Pembukaan

Mmhhhh... Mengatur keuangan tidaklah mudah, apalagi sekarang ini teknologi semakin berkembang yang membuat kita bisa lebih mudah melakukan transaksi, lewat online shop, dengan menggunakan CC, dll. Sementara dari tahun ketahun segala sesuatu menjadi lebih mahal, harga bahan - bahan pokok, listrik, air, biaya sekolah, dll. Maka dari itu kita harus bijak dalam mengelola keuangan agar kita tidak mengalami kesulitan dimasa depan.

Untuk itu Sun Life Financial Indonesia mengundang blogger untuk mendapatkan pengetahuan tentang Sun Life Financial dan belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan bijak bersama mas Safir Senduk.

Suasana Cafe XXI Plaza Indonesia
Kebetulan hari itu aku menghadiri pemberkatan pernikahan saudaraku dan acaranya selesai tepat waktu jadi aku bisa langsung deh datang ke XXI Plaza Indonesia, sesampai disana masih sepiiiiiiii sekali. Hahahha ya iyalah yaaa baru jam 11.00'an jadi aku punya waktu 1 jam lagi untuk foto - foto dan baca - baca brief yang diberikan.

Foto - foto seorang diriii hihihihi...
Senangnya datang sebelum acara dimulai adalah aku bisa foto - foto ini ituuuuu dannnnnn selfie!!! ahahhahahhaa. Dikit kok, biar makin semangatttt. XXI Plaza Indonesia salah satu XXI favorite aku karena lokasinya ada di Plaza Indonesia hahahhahahha, Cafenya nyaman dan toiletnya dekat sekali dengan cafe hahahhaha.

Registrasi Blogger
Makin siang makin banyak blogger yang datang, mereka kemudian registrasi pada meja yang sudah disediakan dan dilayani oleh kedua mba yang ramah dan murah senyum, salah satunya namanya mba Ajeng (yang lainnya aku lupa huhuhuuu).

Makan siang
Blogger kemudian duduk di tempat - tempat yang sudah disediakan, lalu dipersilahkan untuk makan siang terlebih dahulu. Ahhhhh ada brokoliii ternyata, brokolinya enak sekaliii,, soup, ayam, dan brokoli, tanpa nasi enough for me. Selanjutnya saya SIAP untuk belajar!!!

Acara dibuka oleh mas Satrio dan mba Sari
Kemudian acara dibuka oleh MC (mas Satrio dan mba Sari), menyambut para blogger yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dalam cara "Jumpa Blogger Sun Life Yuk Kelola Keuangan Dengan Bijak". Kemudian MC mempersilahkan ibu Elin Waty untuk menyampaikan kata sambutan dan pengenalan tentang Sun Life Financial.

--------------------------------------------------------------------------------------

Tentang Sun Life Financial

Ibu Elin Waty disela - sela memberikan penjelasan tentang Sun Life Financial
Ibu Elin Waty adalah Director and Chief Distributor Officer PT. Sun Life Financial Indonesia. Beliau bergabung dengan PT. Sun Life Financial Indonesia sejak Mei 2013 lalu. Pengalamannya lebih dari 21 tahun di industri asuransi menjadikan beliau ahli dalam analisa pengembangan bisnis dan manajemen penjualan. Beliau juga merupakan individu yang handal dalam pelatihan dan costumer service.

Tentang Sun Life Financial 
Selanjutnya ibu Elin Waty menjelaskan tentang sejarah berdirinya Sun Life Financial yang pada 2015 ini merayakan ulang tahunnya yang ke 150 tahun!!! WOW!!! Gokillll, 150 tahun itu luar biasa, Sun Life Financial mampu bertahan dengan segala gejolak yang terjadi dari masa ke masa. 

Perjuangan James Snasdell untuk menyebarkan kebaikan Sun Life Financial ke seluruh dunia
Sun Life Financial berdiri pada tahun 1865 di Canada (usia Sun Life Financial bahkan lebih tua dari usia negara Canada itu sendiri loh), memiliki operation dari Canada, Amerika Selatan, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, India, Indonesia, Jepang, China, dll.

Sun Life Financial di Asia
Sun Life Financial kemudian hadir di Hong Kong dan Filipina sejak tahun 1890an.


Untuk pertama kalinya pada tahun 1894 Sun Life Financial memiliki karyawan perempuan bernama Kate Andrews. Dan Kate Andrews membuka peluang bagi wanita - wanita diseluruh dunia untuk bekerja bersama Sun Life Financial dalam segala bidang dan jabatan, seperti ibu Elin Waty.
Sun Life Financial di dunia
Saham Sun Life Financial terdapat di New York Stoke Exchange dan Philippine Stoke Exchange. Per 31 Desember 2014 Sun Life Financial memiliki 28.515 karyawan. Lokasi kantor pusat Sun Life Financial ada di Toronto, Canada. Total dana yang dikelola 813 miliar dollar Canada. WOW!!!!  Sampai saat ini Sun Life Financial memiliki proteksi kepada lebih dari 37 juta konsumen diseluruh dunia.

Visi, Misi, dan Nilai Sun Life Financial Indonesia
Sun Life Financial hadir di Indonesia sebenarnya sudah ada di Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia, hanya Sun Life Financial sempat menarik diri dari Indonesia dan kemudian mulai beroperasi kembali di tahun 1995 dan bertahan sampai sekarang.

Misi Sun Life Financial Indonesia yang luar biasa untuk membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dan kemapanan finansial, yang membuat Ibu Elin Waty jatuh cinta dan bergabung dengan Sun Life Financial Indonesia

Jalur Distribusi Sun Life Financial Indonesia
Sun Life Financial Indonesia telah memiliki ribuan agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan didukung oleh ribuan telemarketer yang tersebar juga diberbagai call center.

Penghargaan yang telah diperoleh Sun Life Financial Indonesia
Banyak penghargaan yang diterima Sun Life Financial Indonesia. Sementara penghargaan untuk Sun Life Financial yang paling luar biasa menurut ibu Elin Waty adalah Sun Life Financial termasuk dalam 100 global company yang bisa bertahan di masa krisis dunia tahun 2008.

Dengan semua pengalaman yang telah dilalui Sun Life Financial dalam berbagai krisis, pergolakan ekonomi dan politik, sampai ke perang dunia maka kredibilitas Sun Life Financial sebagai perusahaan jasa keuangan yang menyediakan perencanaan keuangan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, investasi, dll tentunya sudah tidak diragukan lagi. Sun Life Financial adalah pilihan yang terbaik.

--------------------------------------------------------------------------------------

Yuk Blogger, Kelola Keuangan Dengan Bijak Bersama Safir Senduk 

Tentang mas Safir Senduk
Kemudian yang ditunggu - tunggu muncul juga mas Safir Senduk, yang adalah seorang Perencana Keuangan, beliau menempuh pendidikan di STIE IBMI, Jakarta dan mempelajari keuangan secara otodidak selama 4 tahun dan kemudian mendirikan Biro Perencana Keuangan Safir Senduk & Rekan pada awal tahun 1998.



Hal pertama yang ditanyakan oleh mas Safir Senduk kepada blogger adalah "Siapa Yang Paling Kaya Diantara Karyawan, Profesional, dan Pengusaha?". Ayok jawab dalam hati menurut kamu siapa yang paling kaya???
  • Karyawan : Orang yang bekerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan mendapatkan penghasilan bulanan. Karyawan memiliki penghasilan yang terbatas (1x sebulan).
  • Profesional : Orang yang bekerja dan mendapatkan penghasilan dari jasa yang diberikan (Mis. MC, penyanyi, dosen terbang, fotografer, dll). Profesional memiliki penghasilan berkali - kali dalam sebulan.
  • Pengusaha : Orang yang punya usaha, makin banyak orang yang masuk (membeli) di tokonya makin banyak penghasilannya. Penghasilan pengusaha ditentukan seberapa banyak konsumen yang membeli produknya.
Udah memutuskan kira - kira apa jawabannya?? Hayyoooooo... hahahahhahahha.. Oke, jawabannya adalahhhhhhhh : yang paling kaya adalah yang investasinya paling banyak, apapun profesinya. Hahahhahah siapa hayooo yang jawab seperti ituuuu..??? Oh iya ya, bener juga (nahhh seperti itulah aku berkomentar dalam hatiku).

"Makin banyak investasi yang kita punya, 
maka kita makin kaya"


Pekerjaan atau profesi hanya menentukan seberapa banyak penghasilan yang masuk, tapi kekayaan kita dilihat dari seberapa banyak investasi yang kita punya.

So, Bagaimana Bijak Mengelola Keuangan Khusus u/ Para Blogger ???


Bagaimana cara kita mengelola keuangan sangat ditentukan oleh karakter kita.

Jika sejak kecil kita punya hobi bercermin, begitu dewasa kita akan menggunakan uang kita untuk dandan (beli peralatan makeup). Sementara kalau dari kecil kita suka kebut - kebutan ketikan bersepeda, maka begitu dewasa dan ketika memiliki uang kit aakan membeli kendaraan yang bisa digunakan untuk mengebut, supaya karakter ngebut tersebut tersalurkan.

Lahhh iyaaa kalau kita punya uang, nah kalau ngga??? kita (mungkin) akan ngotot untuk mneggunakan kredit. Hayooooo betul ngga tuhhhhhh. Lalu ketika kita sudah memiliki kendaraannya maka kita akan melakukan modifikasi agar kendaraan tersebut makin kencang supaya bisa dipakai untuk ngebut.

Nahhhhh, yang paling seremmm adalah ketika karakter kita senang untuk menyenangkan orang lain *sigh... Yang terjadi saat kita memiliki uang adalah kita akan menggunakan uang tersebut untuk menyenangkan orang lain (traktir, beliin ini dan itu, dll).

HATI - HATI DENGAN KARAKTER KITA

Karena karakter kita menentukan seperti apa kita mengelola keuangan dan seperti apa perilaku keuangan kita. Pasti ada orang yang bekerja dimanapun dengan berapapun gajinya tidak akan pernah merasa cukup. Karena sering kali problem keuangan bukan pada gaji, melainkan pada karakter seseorang mengeloka keuangan (mungkin orang itu suka berhutang, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dll).

Karakter seseorang ditentukan oleh apa yang ada di kepalanya (otak)

Pola berfikir otak kiri dan otak kanan
Otak memiliki dua bagian yang berbeda - beda, otak kiri dan otak kanan. Orang yang dominan otak kiri cenderung berfikir secara logika dan sistematis, sementara orang yang dominan otak kanan cenderung berfikir berdasarkan insting dan intuisinya.

Otak kita akan bekerja sesuai kebutuhan, misalnya kalau kita sedang membutuhkan hal - hal yang bersifat logika maka secara otomatis yang bekerja adalah otak bagian kiri. Kalau kita sedang membutuhkan berfikir secara insting, maka yang bekerja secara otomatis adalah otak kanan.

Otak kiri bekerja saat kita sedang belajar Fisika, Kimia, Matematika, melakukan hitung - hitungan, dll. Sementara otak kanan bekerja saat kita sedang mendengarkan lagu, melihat pemandangan, menggambar, dll.

Orang yang dominan otak kiri terkesan lebih pelit, karena mereka cenderung perhitungan akan segala hal yang dia lakukan atau segala hal yang di keluarkan. Sementara orang yang dominan otak kanan cenderung lebih boros karena mereka bisa - bisa ngga tidur memikirkan baju yang mereka inginkan (jadi harusssss dibeli) hahahahha. hayooo siapa yang begituuuu?? (AKU!!!! bzzzzz *ngaku).

Dominan Otak Kiri (Spesialis)
  • Spesialis di bidang apapun (Misal, kalau S1 IT, maka S2 juga IT, dan S3 juga IT)
  • Senang mempelajari sedikit bidang secara mendalam (menguasai)
  • Umumnya bekerja di 1 atau 2 bidang tapi dengan penghasilan yang besar
Problem orang yang dominan otak kiri adalah terlalu serius (disiplin), cara meningkatkan otak kanan adalah dengan sedikit lebih santai.

Dominan Otak Kanan (Generalis)
  • Senang mempelajari sesuatu, tetapi ketika sudah merasa puas maka mereka akan belajar tentang hal lainnya yang berbeda
  • Umumnya mereka bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber (kantor, blog, jualan, dll)
Problem orang yang dominan otak kanan adalah terlalu santai (ahahhahaahha... kebalikan) jadi cara untuk meningkatkan otak kirinya adalah belajarlah untuk lebih serius.

Nahhhh,, lantas siapakah yang lebih boros soal pengeluaran??? JELAS orang yang dominan otak kanan, lalu siapakah yang lebih perhitungan tentang investasi??? PASTINYA orang yang dominan otak kiri.

Lalu, bagaimana orang - orang otak kanan dan otak kiri sama - sama punya peluang untuk menjadi kaya??? Salah satu caranya adalah mengelola keuangan.

Untuk bisa menjadi orang yang kaya kita harus :

I. Memiliki Investasi Sebanyak Mungkin
II. Mempersiapkan Dana untuk Masa Depan
III. Atur Pengeluaran
--------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana Cara Mengelola Cashflow

Istilah tanggal muda dan tanggal tua hanya berlaku bagi orang - orang yang mendapatkan penghasilan 1x sebulan, sementara blogger mendapatkan penghasilan tiap bulannya dengan bisa dengan tanggal - tanggal yang berbeda. Tetapi mau tanggal berapapun kita mendapatkan penghasilan, kita bisa menerapkan sistem mengelola cashflow dibawah ini.

MISKIN - MENENGAH - KAYA


1. Cashflow Orang Miskin

"Berapapun penghasilannya, semua habis!!!"

Orang yang memiliki penghasilan (anggaplah) total 5 juta perbulan, lalu pengeluaran perbulannya juga mencapai angka 5 juta, tanpa ada sebagian yang disisihkan untuk tabungan, dll adalah orang - orang yang termasuk dalam golongan orang - orang miskin. Tidak perduli sebulan penghasilannya 20 juta atau 50 juta sekalipun, kalau penghasilan dan pengeluaran diangka yang sama maka mereka semua termasuk golongan orang miskin.

2. Cashflow Orang Menengah

Orang yang memiliki penghasilan (anggaplah) total 5 juta perbulan, lalu perbulannya ada yang disisihkan sebesar (sekitar) 1,5 juta untuk barang - barang konsumtif seperti cicilan motor, baju, tas, makeup, dll. Sementara yang 3,5 juta lagi dihabiskan.

3. Cashflow Orang Kaya

Orang yang memiliki penghasilan (anggaplah) total 5 juta perbulan, lalu perbulannya disisihkan sebesar (sekitar) 1,5 juta untuk barang - barang konsumtif seperti cicilan motor, baju, tas, makeup, dll. Lalu yang 1 juta dialokasikan untuk emas, asuransi, reksadana (ini semua masuk dalam harta produktif), dan sisanya yang 2,5 juta lagi dihabiskan.

Berapapun penghasilan kita, apapun profesi kita, sebanyak apapun frekuensi penghasilan kita, kalau kita melakukan cashflow yang ke 3, maka kita termasuk ke dalam golongan orang - orang kaya. Karena kita punya investasi (aset) yang akan menghidupkan kita saat kita tua (pensiun) nanti.

--------------------------------------------------------------------------------------

I. Memiliki Investasi Sebanyak Mungkin

Lalu pertanyaannya : "Bagaimana jika penghasilan saya masih terbatas, kalau saya investasi uangnya kan baru sedikit."

TIDAK ADA istilah uang besar TANPA uang kecil. SEMUA uang besar DIMULAI dari uang kecil.
Semua hal besar dimulai dengan hal kecil

Pilihan Investasi

Memiliki investasi sama seperti memilih kursi di pesawat, setiap orang memiliki kursi favorit masing - masing. Ada yang suka duduk di dekat jendela karena suka melihat pemandangan, ada yang suka duduk di dekat lorong agar mudah keluar atau ke toilet, ada yang suka duduk dekat pintu darurat karena tempatnya lebih luas, dll. Tidak ada kursi yang lebih baik dari kursi yang lainnya, karena setiap kursi memiliki karakter masing - masing.

"Tidak ada satupun investasi yang lebih bagus dari yang lainnya. Yang ada adalah investasi yang banyak memiliki kelebihan dibandingkan investasi yang lainnya"
- Safir Senduk -

Investasi yang Memiliki Banyak Kelebihan


1. Saham di Pasar Modal

Definisi Saham : Surat kepemilikan pada sebuah perusahaan. Memiliki saham sama seperti memiliki sebuah perusahaan atau bisnis tanpa perlu repot membangun perusahaan tersebut dari awal, dan tanpa perlu repot terlibat di dalam manajemannya.


Ada 2 penghasilan yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki saham :
  1. Deviden : Pembagian laba dari perusahaan tersebut
  2. Capital Gain (untung modal) : Saham bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi
70 - 80 % Investor di Indonesia mengharapkan Capital Gain
20 - 30 % Investor di Indonesia mengharapkan Deviden


2. Investasi Via Manajer Investasi

Kita melakukan investasi dan uang yang kita setor kemudian dikelola oleh pihal ke 3 yang ahli dalam soal investasi. Kelebihannya adalah (ibarat) kita memiliki pakar investasi yang bekerja untuk kita.

Investasi Via Manajer Investasi terbagi 2 :
  1. Reksadana : Kita bisa membelinya dengan datang ke sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut dikenal sebagai perusahaan aset manajemen (produk reksadana dikeluarkan oleh perusahan aset manajemen).
  2. Unit Link : Investasi via manajer investasi dan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi.
TIPS Memilih Investasi Via Manajer Investasi
  1. Reputasi perusahaan manajer investasi atau asuransi harus baik. Sudah berapa lama berdiri, bagaimana keadaannya menghadapi gelombang naik turunnya perekonomian, dll. Makin tua sebuah perusahaan maka makin baik. Jangan lupa juga melihat reputasi dari orang - orang yang bekerja sebagai manajer investasi di perusahaan itu.
  2. Lihat kemana mereka berinvestasi.
  3. Prestasi yang pernah dan telah diraih.

Properti adalah investasi yang paling banyak kelebihannya dan hanya memiliki 1 kelemahan, yaitu tidak mudah dijual kembali.

Keuntungan kalau memiliki investasi di bidang real estate atau properti adalah :
  1. Bisa dijual kembali (meskipun sulit). Kalau kita tidak pernah memiliki pengalaman jual beli properti maka jangan membeli properti dengan niat akan menjualnya kembali dengan harapan harga akan naik dimasa mendatang. Harga memang akan naik (PASTI naik), hanya saja menjual properti tidak mudah seperti menjual investasi lainnya.
  2. Bisa Disewakan. Fokuslah untuk membeli properti dengan tujuan disewakan.

Hal yang menetukan harga jual atau harga sewa sebuah properti :
  • Lokasi
  • Lingkungan
  • Renovasi
  • Sudah berapa lama properti berdiri, dll.
TIPS Menyewakan Properti :
  1. Pertimbangkan menyewakan dengan frekuensi sewa pendek per 3 bulan, per 1 bulan, per minggu, atau perhari (misalnya untuk orang tua mahasiswa yang datang dari daerah untuk menghadiri wisuda anaknya dan memerlukan tempat untuk beristirahat, persiapan, mandi, dll).
  2. Sewakan kepada banyak tenant (multi tenant), nah sudah jelas ada satu kata sebagai jawaban : KOS - KOSAN.
Jadiiiiiiii, milikilah mimpi kalau suatu saat nanti kita akan jadi juragan kos - kosan.. Hahahhahaha
--------------------------------------------------------------------------------------

Kita telah mengerti tentang investasi yang paling menguntungkan untuk masa depan, maka berikutnya saya akan menyampaikan ciri - ciri tentang investasi bodong yang telah dirangkum oleh mas Safir Senduk. Hal - hal dibawah ini harus diperhatikan agar kita tidak tertipu oleh pihak - pihak tertentu yang memberikan iming - iming tentang investasi.


Ciri - Ciri Investasi Bodong
  1. Bunga SANGAT tinggi
  2. Janji CASH bulanan
  3. DIJAMIN tidak rugi
  4. BONUS jika kita memdapatkan member baru
  5. Presentasi (skema) MUSTAHIL (tidak masuk akal)
Bijaklah dalam menentukan kemana kita akan mengalokasikan dana kita untuk investasi, jika ada salah satu dari ciri - ciri diatas ditawarkan seseorang maka SUDAH BISA DIPASTIKAN itu adalah investasi bodong!!!
--------------------------------------------------------------------------------------

II. Mempersiapkan Dana untuk Masa Depan

Investasi yang paling menguntungkan sudah kita ketahui, lalu ciri - ciri investasi bodong (bohong, palsu) juga sudah kita ketahui. Berikutnya kita akan belajar tentang mempersiapkan dana untuk masa depan.

Siapkan Dana Untuk Masa Depan

Pos - pos pengeluaran di masa depan yang harus dipersiapkan mulai dari sekarang adalah :

1. Dana untuk Menikah

Di Indonesia pernikahan bukan hanya diantara kedua belah mempelai yang saling jatuh cinta, tapi juga diantara keluarga besar kedua belah pihak. Indonesia juga memiliki berbagai macam suku dengan adatnya masing - masing, hal ini menyebabkan dana yang diperlukan untuk menikah tidaklah sedikit. Contoh, untuk pernikahan dengan adat Batak dengan 300 - 400 undangan dan gedung yang sederhana bisa mencapai biaya 200 juta, dan akan semakin mahal jika menggunakan gedung yang lebih besar dan tamu yang diundang lebih banyak.


2. Rumah dan Isinya

Karena fenomena diatas maka banyak sekali orang yang sudah memiliki mobil tapi belum memiliki rumah, padahal rumah adalah salah satu investasi yang bisa kita miliki. Membeli rumah secara kredit lebih menguntungkan dari pada membelinya secara cash (meskipun dana kita cukup untuk membeli cash). Memang hitungan akhirnya jauh lebih mahal, tapi untuk 10 - 15 tahun kedepan, harga rumah akan semakin tinggi. Kenaikan nilai properti lebih besar daripada suku bunga KPR yang kita bayarkan.


3. Dana Pendidikan Anak

Pernah cari tahu berapa dana yang dibutuhkan untuk masuk perguruan tinggi swasta favorit??? Pada jaman aku lulus SMA (2004) nilainya di kisaran 20 juta, LUAR BIASA, ini belum termasuk uang buku, jaket almamater, ini itu dll. Bayangkan kalau sampai lulus kuliah (dengan segala biaya ongkos, buku, fotokopi, tugas - tugas, skripsi, sampai uang wisuda) tentunya akan mencapai angka yang luar biasaaaaa... bzzzz.

Karena itu, sedini mungkin siapkanlah dana pendidikan untuk anak - anak kita kelak, siapa tau anak - anak kita pintar dan berbakat menjadi dokter tentunya dana yang kita butuhkan untuk mendukung perkuliahannya akan mencapai ratusan juta (untuk masuk kedokteran pada tahun 2010 setahu saya dana yang dibutuhkan kisarannya 100 juta, kalau nanti mau mengambil spesialis angkanya bisa mencapai 500 juta). AHHHHH.. Mahallll yaaaaaa.

4. Dana Pensiun

Siapkan alternatif aset untuk pensiun kita kelak seperti yang sudah dijabarkan diatas, bisnis, properti yang disewakan, surat berharga (reksadana, unit link), dll.


Alangkah indahnya di masa tua nanti kita bisa hidup dengan segala yang kita "kumpulkan" sewaktu muda dulu tanpa harus khawatir bagaimana mencukupi kebutuhan sehari - hari, bagaimana jika sakit, dll. Kita tinggal menikmati pencapaian kita di masa lalu dengan berbahagia bersama keluarga, ditambah kehadirna cucu - cucu yang membuat kita berumur panjang.
--------------------------------------------------------------------------------------

III. Atur Pengeluaran


5 Kiat untuk Mengatur Keuangan

1. Kita harus tahu dimana boros kita, lalu kontrol pengeluaran (lalu kurangi pelan - pelan)

Laki - laki dan perempuan itu SAMA BOROSNYA (ahahahhah nah kannnn, jadi jangan hanya salahkan perempuan yang suka belanja baju, makeup, sepatu, dll yaaaa.. hahahahha). Kalau laki - laki memang jarang belanja, tapi sekalinya dia beli sesuatu harganya mahal (ya karena emang barang - barang untuk laki - laki itu memang harganya mahalllll) dan karena laki - laki juga malas nawar.

Sedangkan perempuan membeli barang - barang dengan harga yang murah (karena perempuan mendadak galakkkk dan jadi ratu tega kalau senang menawar) tapiiiii yang bikin boros adalah perempuan SANGAT seriiiinggggg sekali belanja.

Laki - laki boros jika berhubungan dengan hobi (hayoooo buat yang hobi mengumpulkan batu akik.. ahahahhahah, trus kalau hobinya otomotif beuhhhhh lebih boros lagiiii). Sementara perempuan borosnya di penampilan (perempuan bisa punya minimal 3 lipstick dengan warna yang mirip - mirip, jangan herannn. Kenapaaaa?? Karena kami perempuan dan punya kemampuan luar biasa untuk membedakan sesuatu dengan seksama hahahahhahahaa).

2. Kendalikan Keinginan

Pengeluaran manusia umumnya ada 3 :

  • Wajib : Kalau tidak dipenuhi maka ada konsekuensi finansial (denda atau bunga)
  • Butuh : Kalau tidak terpenuhi maka ada fungsi yang tidak berjalan (pulsa, bensin, dll)
  • Ingin : Sesuatu yang kita mau dan ingin sifatnya tidak terbatas (kalau tidak terpenuhi maka membuat kita tidak bisa tidur.. bzzzz)


"Kendalikan keinginan!!! Karena siapa yang bisa mengendalikan keinginannya maka dia bisa mengendalikan pengeluarannya"
- Safir Senduk -


3. Lakukan Prioritas Pada Pengeluaran

Empat Kelompok prioritas pengeluaran :
  1. Bayar cicilan utang terlebih dahulu, maksimal 30 - 40 % (kalau ada cicilan rumah boleh mencapai 40 %).
  2. Bayar Tabungan dan Investasi 10 % (contoh : Unit Link).
  3. Bayar Premi Asuransi 10 %, kalau asuransinya ada unsur investasinya maka angka untuk premi asuransi ini bisa dimasukkan ke tabungan dan investasi (contoh : Asuransi rumah, mobil yang full proteksi).
  4. Biaya Hidup maksimal 50% (belanja kebutuhan sehari - hari), kadang - kadang cicilan hutang kan termasuk biaya hidup juga jadi pada kenyataannya biaya hidup kita adalah 50 - 80 %.
4. Miliki Asuransi

Kenapa ???
Karena asuransi bisa membuat anda membayar pengeluaran dadakan yang sifatnya tidak diduga tetapi cukup mahal, seperti biaya rumah sakit. Tetapi bagaimana jika saya sudah beli asuransi tetapi resikonya (sakit, kecelakaam, dll) tidak terjadi, maka premi yang sudah saya bayarkan kan hilang.


"Asuransi itu mirip seperti payung. Payung tidak menjamin bahwa hujan tidak akan turun.
Tapi menjamin kalau anda tidak akan basah kalau ada hujan".

- Safir Senduk -

5. Hati - hati Dengan SALE!!!

Tahukah anda bahwa hampir setiap bulan SELALU ada SALE!!! Januari (New Year Sale), Februari (Sale Valentine), Maret (Chinese New Year Sale), April (Diskon Hari Kartini), Mei (Diskon Hari Pendidikan Nasional) hahahhahaha *maksa, Juni (Jakarta Great Sale), Juli (Back To School Sale), Agustus (Diskon Hari Kemerdekaan), September (September Ceria Sale) *lagi - lagi maksa ahahhahaha, Oktober (Halloween Sale), November (Diskon Hari Pahlawan) ,Desember (Christmas Sale)!!! GILE!!!

Contoh diskon yang sering terjadi nihhh :

Harga barang 1 juta diskon 40 %
Harga barang 1 juta diskon 40 % + 30 % jadi diskon sebenarnya BUKAN 70 % tapi diskonnya sebenarnya 58 %
Tapiiii kesan yang diberikan seolah - olah diskonnya mencapai 70%


Kita sering juga melihat sale - sale yang kita akan mendapatkan diskon 50 % setelah pembelanjaan kelipatan sekian sekian... Jadi sebenarnya tidak semua sale benar - benar sale!!! Jadi JANGAN khilaf kalau lihat diskon!!!
--------------------------------------------------------------------------------------

See, banyaaaaakkkk banget kan ilmu yang bisa didapatkan dari acara "Jumpa Blogger Sun Life Yuk Kelola Keuangan Dengan Bijak". Sangat sangat sangat bersyukur bisa hadir dan belajar bersama tim Sun Life Financial Indonesia dan juga mas Safir Senduk.

Terima kasih mas Anggo untuk fotonya hihihihii
Selanjutnya ada pengumuman untuk Live Tweet, dannn ternyata salah satu pemenangnya adalah akuuuuu hiyaaaahahhahaha.. Hadiah utama ada HP, dan hadiah hiburannya ada voucher Carrefour sebesar Rp. 200.000,- (wahhhhhhh asikkk banget).. Lalu lalu beluuum sempet duduk, eh eh eh udah dipanggil lagi karena dapet door prize juga (OMG!!! Ini kali pertama aku dapet door prize hahahha, hadiahnya ada tote bag Sun Life Financial yang bagussssss dan oke banget untuk bawa laptop, dan ada power bank berbentuk sedan kuning... Ahhh cantikkkkk.

HAPPY BIRTHDAY SUN LIFE FINANCIAL!!! Terima kasih untuk tim Sun Life Financial Indonesia, mas Safir Senduk dan rekan, serta pihak - pihak yang membantu mensukseskan acara ini, semoga tulisan aku diatas bisa berguna bagi pembaca atau blogger - blogger lainnya untuk belajar mengatur keuangan sedari dini.

Yukkkkk, kaya sama - sama *loh hahahahhahahha..

Have a good day...

4 comments:

  1. Keren acaranya... keren juga ilmu yang didapet! Bermanfaat banget nih buat kita-kita untuk lebih selektif dalam pengeluaran.
    thank you for sharing, Van! ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. SANGAT!!! Ini semacam ditampar hahahhaa,, pas banget sama gw yang sangat amat boros ini huhuuhuu,, makasih udah mampir yaaaaa El... Mwahhh mwahh :*

      Delete
  2. Akhirnya ketemu juga sama blog ini.... hihihi... nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo kakak Sonta, ahahha padahal di acara yang sama tapi belum kenalan ya hahhaha.. Oiaaa, selamat atas kemenangan akan life tweetnya ya hihihihiiii.. Padalah lowbatt yaa, tp syukurlah.. Rejeki ngga kemana ya.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like