Thursday, September 3, 2015

Yukk yukkk... Check The Expiration Date Of Your Make Up

Beberapa hari yang lalu aku sempat sharing dengan seorang yang add Line aku dan bertanya tentang lipstick dan bagaimana aku menyimpan dan merawat lipstick - lipstick aku (aku menyimpan koleksi lipstick aku di sebuah kotak akrilik yang pernah aku share sebelumnya di "MUJI Make Up Storage").

Nah, ketika dia melihat foto yang aku kirimkan kembali lalu dia bertanya "Lime Crimenya dijual ngga mba ??? Haiyahhhh, aku langsung bilang "Enggak"... Aku pribadi ngga akan jual Lime Crime aku karena ini (meskipun jarang dipake, meskipun udah expired, dan meskipun yang lainnya) salah satu produk make up favorite aku dan aku beli waktu harga masih 280k-an, dan sekarang harganya hampir 400k bzzzz...

Dia bilang, dia mau cari yang preloved, soalnya kalau barunya kemahalan. Trus aku terfikir, apakah dia tau berapa lama masa penggunaan produk ini??? Lalu aku kasih taulah sama dia, kalau Lime Crime hanya bertahan selama 6 bulan setelah kemasan dibuka, jadi kalau belinya yg preloved kira - kira aja berapa lama lagi masa pemakaian kita sebelum expirednya berakhir. Nahhhh karena sharing itu aku jadi ingin menulis tentang beberapa produk make up yang mungkin harus diteliti kapan masa kadaluarsanya setelah kemasan dibuka. 

Barang - barang yang aku share dibawah ini adalah barang - barang yang memang aku pakai sendiri (tapi hanya beberapa macam saja karena sebagian lainnya tidak mencantumkan masa kadaluarsanya, atau kadaluarsanya diatas 18 - 36 bulan jadi aku rasa tidak perlu dibahas). Karena produk - produknya aku pakai sendiri, jadi aku tau pasti bagaimana produk ini bertahan dan apa reaksinya di kulit aku ketika digunakan lewat dari tanggal expired.
Mungkin ngga sih kita pake produk makeup yang akan kita pake sampe habis sebelum tanggal expirednya??? Hampir ngga mungkin sih, KECUALI kita memang sengaja tidak membeli produk - produk lain yang serupa (jadi hanya 1 macam bedak, 1 palette eyeshadow, 1 blush on, dll) atau kalau kita adalah MUA yang memang sehari - hari menggunakan make up pada diri sendiri dan pada klien.

Mungkin tulisan ini bisa berguna untuk kamu - kamu yang mau beli barang beberapa produk make up dibawah ini tapi akan jarang menggunakannya, atau kalau saja kamu mau beli barang - barang dibawah ini dalam kondisi preloved (sudah pernah digunakan sebelumnya) agar lebih cermat sebelum membeli.

Sumber : Lime Crime 
1. Lime Crime Velvetines

Lime Crime Velvetines memiliki masa kadaluarsa 6 bulan setelah dibuka, mungkin tidak banyak yang tahu karena tulisan 6 bulannya memang sangat kecil sekali di bagian kemasan kotaknya. Tapi karena produknya yang bagus dengan teksture yang lembut dan warna yang pigmented pakai sedikit juga sudah cantik (paling banyak kamu butuh 2 layer untuk hasil seperti diatas, jadi pemakaian produk ini akan sangat hemat apalagi kalau dipakai untuk event - event tertentu saja (saya punya yang Red Velvet jadi saya pakai hanya sesekali saja, karena kalau tiap hari pake merah nanti dibilang kayak abis makan orok _ _").

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Saya memakai produk ini sudah lebih dari 6 bulan tentunya, tidak ada perubahan tekstur atau perubahan aroma yang terjadi. Saya tetap bisa pake produk ini bahkan sampai 12 bulan, hanya lebih dari itu seperti ada sensasi bibir agak greget gitu (jadi semacam gereges *susah mengungkapkannya dengan kata - kata). Intinya kurang nyaman dipakai setelah lebih dari 12 bulan.

Jadi kalau kamu punya produk ini better sering dipakai, soalnya warnanya cantikkkkk, wanginya enakkkkkk (hahahahhaha...), dan kualitasnya bagussss. Dan mengingat harganya yang cukup mahal (udah makin mahal banget malah sekarang bzzzzz..) aku sarankan kamu pakai produk ini sampe habis sebelum expired yaaa (jadi ngga rugiiii) hihihihi.

Sumber : LA Splash Cosmetics
2. LA Splash Lip Couture & Smitten Liptint Mousse

Nahhh produk ini lebih gemessss lagi, dia hanya bertahan selama 3 bulan setelah dipakai. Tapi dengan harganya yang lebih terjangkau tentunya ngga jadi masalah lah ya kalau beli LA Splash baru tiap 3 bulan sekali hihihihii... Warna yang aku palinnngggg sering pakai adalah Latte Confession, karena bisa BANGET dipakai untuk sehari - hari. Bibirnya ngga menor, tapi ga pucet, jadi pas untuk kulit sawo matang seperti aku. 

Aku menggunakan produk ini tentunya juga sudah lebih dari 3 bulan, kira - kira dari Februari 2015 lalu  (sekitar 6 bulan), sampai hari ini teksture, aroma (ya karena LA Splash emang aromanya agak kayak kimia gitu ) ngga berubah. Tapi di bulan ke 5 aku ngga merasakan bibirku juga agak greges ketika memakainya, jadi agak ngga nyaman. Tapi berhubung produknya tinggal dikiiitttt banget jadi ya udah diterusin aja deh hehehehhehe (tidak disarankan untuk ditiru ya....).

*kemasan plastik mika LA Splash ini aku lupa taro dimana jadi tidak bisa foto expirednya
------------------------------------------------------

Aku pribadi tidak menyarankan untuk sharing produk lipstick, lipgloss, atau liquid lip color lainnya. Kalau aku mau aplikasikan produk ke bibirku aku biasanya menggunakan kuas lagi (demikian juga ketika aku mengaplikasikan produk ke bibir temenku ketika aku sedang mendandani mereka) dan aku pastikan bibirku dalam keadaan kering.

Aku diajarkan BA M.A.C yang di Duty Free, Lotte Avenue untuk selalu meminta BA mensterilkan produk lipstick tester sebelum kita mencobanya. Jadi aturan penggunaan lipstick tester (ya so far baru liat yang begini di M.A.C) sebelum dipakai adalah terlebih dahulu dicelupkan ke cairan alkohol lalu diusap dengan tissu baru diberikan ke konsumen untuk diaplikasikan ke bibir.

Nah, kalau misalnya ada temanku yang meminjam lipstick ke aku umumnya aku pilih - pilih orang, ya sorry to say karena lipstick yang aku bawa pasti sering aku pake, ngga enak sharing produk yang dipakai ke bibir dengan orang lain (kecuali mama dan beberapa saudara dekat). Banyak orang yang suka membasahi bibirnya sebelum memakai lipstick huhuhuhu, hal ini membuat lipstick bercampur dengan air liur jadi lipstick bisa bau deh kayak liur huhuhuuu. Setiap mulut manusia memiliki kuman yang berbeda dan mudah sekali menularkan penyakit dengan berbagi lipstick.

Aku agak aware tentang sharing lipstick ini semenjak aku membaca berita dimana salah satu pengguna M.A.C diduga menderita herpes karena menggunakan lipstick sampel pada waktu konser Rihanna 2013 lalu, beritanya bisa kamu baca di link berikut : Woman Allegedly Gets Herpes.

Kalau ada temenku yang suka basahin bibirnya sebelum pake lipstick biasanya aku mengusapkan lipsticknya ke punggung tanganku lalu dia mengambilnya dengan jarinya lalu diaplikasikan ke bibirnya.

Sumber : Anastasia Beverly Hills
3. Anastasia Beverly Hills Dipbrow Pomade

Ini produk banyak digunakan oleh MUA, beauty blogger, atau pencinta makeup lainnya. Produk ABH Dipbrow Pomade ini memang bagus banget, hasilnya pigmented, alis ngga akan luntur kena keringet pula (kalau kena air sih agak luntur sedikit kalau sambil digosok tapi masih tetep cakepppppp kok hahahhaha).

Aku baru sadar setelah buka - buka beberapa video dari pada beauty blogger terkenal, kalau produk ini bagus dipakai kalau kita pintar mengaplikasikannya, karena salah - salah aplikasi hasilnya nanti jadi ketebelan (aku pun sering jadi suka ketebelan hahahahaha).

Produk ini hanya bertahan selama 6 bulan setelah dibuka, padahallll pemakaiannya cukup sedikitttt aja setiap kali mau menggambar alis dan hasilnya akan stay-all-day-long. So, pemakaian tiap hari sekalipun akan hemat.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Aku menggunakan produk ini tentunya sudah lebih dari 6 bulan juga (dengan intensitas kira - kira 3x seminggu karena aku masih mix dengan pemakaian produk lain), dan aku masih punya 1/3 bagian lagi yang masih belum terpakai. So far tidak ada reaksi apapun yang aku rasakan, warna dan tekstur tetap sama (aku juga membiasakan menggunakan produk ABH Dipbrow Pomade pada salah satu sisi, jadi sisi yang lainnya masih mulussss).

Untuk kamu yang punya alis agak tipis jadi membutuhkan lebih banyak produk untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan tentunya ABH Dipbrow Pomade bisa jadi pilihan kamu (lebih hemat juga). Aku punya teman yang menghabiskan pensil alis seharga 30k selama 2 minggu. Jadi dalam 6 bulan dia bisa menghabiskan 360k, nah alangkan "hematnya" (hemat dalam arti dia bisa menggunakan salah satu produk untuk alis terbaik di dunia loh dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih tahan lama dibanding pensil alis biasa) dia jika memakai ABH Dipbrow Pomade.

Tapiiii untuk kamu yang masih belajar atau jarang menggunakan produk alis, sebaiknya sempurnakan dulu kemampuan kamu agar saat menggunakan produk ABH Dipbrow Pomade ini hasilnya akan semakin baik.

Sumber : Pixcoler
4. NYX Cream Shadow

Aku punya dua warna dengan masa expired yang berbeda, CRS 05 Suede Suede (light gold) 6 bulan dan CRS 08 Pinky Beige (soft pink) 12 bulan, entahlah mengapa bisa begini ya???. Padahal keduanya adalah produk yang sama hanya beda warna saja.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Aku beli kedua produk ini di Desember 2013, untuk yang Pinky Beige saat dipakai teksturnya sudah pecah (retak), mudah rapuh dan membentuk serpihan - serpihan. Kalau yang Suede Suede sudah menggumpal dan tidak bisa dipakai sama sekali, aromanya sudah mengalami perubahan, seperti bau lem yang agak menyengat.

Sumber : Daria Burke
5. M.A.C Pro Longwear Concealer

Untuk produk ini masa kadaluarsanya adalah 6 bulan, produk ini sangatttt awet karena cukup pakai sedikit sudah bisa covering acne atau dark circle kamu. Jadi kemungkinan akan dipakai lebih dari 6 bulan, dan aku juga pakai lebih dari 6 bulan.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Tidak ada reaksi apapun sampai saat ini, karena kemasannya yg pump jadi mengurangi resiko tercemar bakteri juga. Dan produk ini bisa dibilang jadi salah satu produk concealer terbaik loh, tapi kemasannya mudah pecah jadi jaga baik - baik jangan sampai terjatuh.

Sumber : The Balm
6. The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette

Produk The Balm punya kualitas yang sangat bagus dan hasil yang pigmented kalau dipakai, salah satu produk terbaiknya adalah The Balm Nude Tude ini. Untuk kamu yang menggunakan makeup hampir setiap hari maka tentunya produk ini akan habis dalam 12 bulan pemakaian, tapi untuk kamu yang jarang pakai mungkin akan lebih dari 12 bulan produknya masih ada.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Aku sendiri menggunakannya sudah lebih dari 12 bulan dan tidak ada masalah juga (tidak gatal, teksturnya masih bagus, masih pigmented, pokoknya masih seperti baru). Produk eyeshadow umumnya bisa digunakan sampe 24 bulan bahkan sampe 30 bulan, tapi biasanya produk semacam The Balm dan Naked Palette hanya bertahan 12 bulan (aku kurang tau bagaimana untuk produk lainnya seperti Lorac, Too Faced, dll).

Sumber : From Head To Toe
7. Urban Decay Naked Palette 1 & 2 & 3

Untuk Naked Palette, masa kadaluarsanya juga 12 bulan. Sama seperti produk The Balm diatas, produk Naked Palette juga tidak berubah warna, kualitas, dan tidak berbau setelah dipakai lebih dari 12 bulan. 

Kakakku sepupuku pernah menggunakan produk eyeshadow dengan brand Nonna (dulu aku juga menggunakan produk yang sama selama lebih dari 5 tahun) selama bertahun - tahun. Tapi karena cara perawatan produk eyeshadownya yang (menurutku) sangat tidak layak (serpihan bubuk eyeshadow mengotori kemasan, ada debu disudut - sudut kemasan, tutup pecah jadi tidak bisa ditutup sempurna, cermin juga sudah retak dan tidak menutup kemungkinan serpihan halus cerminnya masuk ke produk eyeshadownya) jadi aku menyarankan dia untuk membuangnya (lebih tepatnya aku yang membuangnya hahahhahah *kejammmm) lalu menggantikan dengan LA Girl Brick Eyeshadow Palette Nude yang lebih ringkes, bagus, dan harganya terjangkau.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter
Seperti yang sudah aku sampaikan diatas, produk eyeshadow biasanya digunakan selama 24 bulan sampe 30 bulan bahkan 30 bulan, tapi semua itu tergantung lagi dengan bagaimana kita merawat produk - produk eyeshadow kita.

Sebisa mungkin aku menggunakan eyeshadow dengan bersih, kalau ada yang agak kotor aku bersihkan dengan tissu atau cotton bud. Untuk produk The Balm yang menggunakan karton tebal yang dilaminating doff sebagai kemasannya, tentunya aku lebih sering membersihkannya.

Biasanya aku menggunakan kapas atau tissu yang sebelumnya dicelupkan ke alkohol untuk membersihkan kotak kemasannya agar noda eyeshadow bisa terangkat. Untuk Naked Palette tentunya lebih mudah karena kemasan Naked Palette adalah plastik dan besi.

------------------------------------------------------

Aku tidak menyarankan untuk menggunakan produk - produk make up diluar masa kadaluarsa yang tertera, dan aku tidak melarang atau menyarankan untuk membeli produk baru ataupun preloved. Semuanya kembali ke masing - masing orang. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda.

Aku hanya sharing beberapa produk yang masa expirednya dibawah 12 bulan dan masih aku gunakan. Dan sedikit saran untuk kita pencinta make up, yukkkkkk rawat produk makeup kamu dengan baik, apapun bentuknya, berapapun harganya, dari mana pun kamu mendapatkannya (baik yang dibeli sendiri, maupun yang hadiah, dll).

Jadi suatu saat kamu bosan dan mau menjual atau memberikannya kepada orang lain (atau mungkin juga ditodong sama teman dekat, saudara, atau mama hahahhahah), koleksi make up kamu masih dalam baik, bersih dan keadaan layak pakai.

Photo by Roosvansia - Im The Only Daughter

(Kiri) Sebelum difoto eyeshadow yang The Balm Nude Tude aku bersihkan dulu karena ada noda yang belum dibersihkan ternyata karena eyeshadow ini sering aku bawa kemana - mana (suka dandan di jalan hihihi)
(Kanan) Kalau yang Naked Palette 3 ini memang bersihhhh hihihihi 
Aku selalu merawat produk make up aku dengan baik (tapi jujuuuuurrr ya, yang paling jauh dari pengawasan hanya kuas hahahahhaha, soalnya kuas agak susah dibersihkan karena harus pake air hangat, sabun, dikeringkan dengan hair dryer, dan beberapa kuas harus dikeringkan 2 harian baru benar - benar kering). Jangan ditiru yaaaaa hahahhaha, cucilah kuas seminggu sekali atau bahkan seminggu dua kali (apalagi untuk produk yang sering dipakai seperti sponge).

Oke, that's all for today.
 Semoga tulisannya bermanfaat, have a good day.


TWITTER   |   INSTAGRAM   |   Google+

8 comments:

  1. Bah, sudah saatnya buang buang buang. Menyakitkan ya de, klo harus buang tapi isinya masih banyak.

    Aku baru tau de yang ABH dan Lime CRime hanya 6 bulan. #bloggerkuper lol

    www.glowlicious.me – A BEAUTY ESCAPE PLAYGROUND

    (Sekalian nyoba hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangannnn dibuanggggg aahhahahahah.. Aku mah dipake aja hahahhahahah (ajaran sesatttt!!! ahhahahaha)...
      Ciye ciye berhasil nih yeeeee...

      Delete
  2. Lorac sama Too Faced juga 12 bulan eyeshadownya T-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaaa, yang mahal - mahal justru cepet banget expirednya.. huhuhuhu.. Kenapa gitu yaaa.. Padalah Rimmel sampe 30 bulan loh... Padalahh kemasannya kecilll super kecil...

      Delete
  3. wow, panjang artikelnya :)

    tapi saya ga ngerti lipstik,
    lebih2 ga begitu tertarik liat wanita pake lipstik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahahahhaa... Iya mas.. Jangan sampe ngertilah kalo ngerti mah bahayaaaa dong ah.. hahhahaha..
      Kadang - kadang lipstick ga digunakan untuk mempercantik aja, tapi untuk fungsi lain seperti bikin wajah kelihatan lbh fresh (muka - muka bangun tidur, atau lagi sedih, atau lagi capek) bisa ketolong sama lipstick hehehhehehe...

      Delete
  4. Arghhhhhhh jadi mikir-mikir mau numpuk makeup >.< Makasih ya mbak infonya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumpuklah yang bisa digunakan dalam jangka panjang hehehhehee... Terima kasih juga sudah mampir ya. Mudah - mudahan next bisa share produk yang masa kadaluarsanya lamaaaaaa.. hahahhahaha...

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like