Sunday, December 6, 2015

Pentingnya Vitamin E Bagi Kesehatan



Cantik, itu kata – kata yang ingin sekali didengar wanita saat bertemu dengan lawan jenisnya ataupun saat berjumpa dengan sahabat – sahabatnya. Kalau dibilang cantik tuh pastiiiii deh rasanya senang (ya kannn ya kannn.. ayo ngakuuu..)

Tapi ternyata kecantikan itu bukan hanya dari luar, kecantikan tidak hanya tentang bagusnya makeup yang kita pakai, warna lipstick yang menawan, sapuan eyeshadow yang bagus. No no no, kecantikan juga adalah tentang bagaimana sehatnya kulit kita, eleastisitas yang bagus, halus, dan mulus.

Dan untuk mendapatkan itu semua ternyata tidaklah cukup kalau kita hanya melakukan perawatan dari luar saja, perawatan dari dalam sangatlah penting, seperti konsumsi air putih 8 gelas setiap hari, lalu makan makanan yang bergizi dengan aturan porsi yang baik (tidak berlebihan, dan mencakup bagian dari 4 sehat 5 sempurna).

Tetapi dengan keadaan iklim tropis di Indonesia, dengan banyaknya polusi udara di kota – kota besar (Jakarta khususnya) tentunya tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang baik lebih banyak.

Oleh karena itu hal – hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk memelihara kecantikan, diantaranya :

Minum air putih
Istirahat yang cukup 
Olahraga teratur
Kurangi stress
Konsumsi buah dan sayur
Konsumsi suplemen (salah satunya vitamin E) 

Vitamin E memiliki berbagai macam kebaikan untuk tubuh kita, diantaranya sebagai Antioksidan, menjaga elastisitas kulit, regenerasi sel – sel kulit mati, kesuburan, baik untuk organ jantung (mengurangi sumbatan pada pembulu darah).

Adapun fungsi vitamin E yang lain dapat menstimulasi respon imunologi. Kemampuan peningkatan imunologi terlihat dalam peningkatan kekebalan tubuh.. Dari beberapa penelitian mengemukakan bahwa kejadian infeksi akan berkurang bilamana kadar vitamin E dalam tubuh meningkat.

Selain itu vitamin E dalam tubuh dapat menghambat konversi nitrit dalam asap rokok menjadi nitrosamin dalam perut. Nitrosamin dikenal sebagai promotor tumor kanker yang berbahaya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih detail tentang vitamin E
(ini pembahasan agak berat hahahahha, jadi mari kon-sen-trasi...)

Oke here we go . . .

Vitamin E
Vitamin E ditemukan pada tahun 1922, oleh Evans dan Bishop, dengan istilah tocopherol (dari bahasa Yunani, tocos berarti kelahiran anak dan phero berarti mengasuh). Vitamin E adalah nama umum untuk semua metil-tokol,  jadi istilah tocopherol bukan sinonim dari vitamin E, namun pada praktek sehari-hari, kedua istilah tersebut disinonimkan.

Di alam diketemukan 8 jenis senyawa yang mengandung aktifitas vitamin E, yaitu : d alfa tokoferol, d beta tokoferol, d gama tokoferol, d detta tokoferot, d alfa tokotn'enol. d beta tokotrienol, d gama tokotrienolI d. delta tokotrienol.

Fungsi utama vitamin E dalam tubuh adalah sebagai Antioksidan. Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa – senyawa yang melindungi sel dari efek bahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolism tubuh maupun faktor eksternal lainnya.

Vitamin E bekerja sebagai antioksidan karena ia mudah teroksidasi. Dengan demikian dapat melindungi senyawa lain dari oksidasi. Dalam jaringan lemak tubuh antioksidan dan vitamin E menyerang lipid peroksida yang merupakan hasil dari reaksi antara lipid dan radikal bebas. Lipid peroksida dianggap berbahaya karena dicurigai sebagai penyebab penyakit degeneratif. Karena fungsinya sebagai antioksidan inilah, vitamin E merupakan pertahanan utama melawan oksigen perusak, lipid perosida, dan radikal bebas serta menghentikan reaksi berantai dari radikal bebas.

Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, menyebabkan kanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Senyawa - senyawa yang memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas terdapat banyak di alam terutama pada tumbuh - tumbuhan. Dan antioksidan banyak ditemukan pada bahan pagan antara lain vitamin E, vitamin C, dan kerotenoid (pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tumbuh - tumbuhan seperti pada buah tomat, buah tepurang (tumbuhan sejenis labu - labuan), dll.

Radikal bebas adalah suatu senyawa molekul yang mempunyai elektron yang tidak utuh (tinggal sebelah) dan tidak berpasangan. Radikal bebas merupakan senyawa yang tidak stabil dan cepat bereaksi dengan senyawa lain sehingga membentuk lebih banyak radikal bebas secara berantai. Radikal bebas terbentuk dari reaksi kimia yang berlangsung sangat panjang di dalam tubuh atau hasil pencemaran lingkungan seperti : nitrogen, dioksida, ozon, logam berat, asap rokok. Bila paru-paru teroemar ozon menyebabkan peroksidasi dari sel - sel membran lemak menghasilkan suatu produk pentan (CfiHU). 

Radikal bebas ini akan menyerang pertumbuhan sel, termasuk DNnL (Deoxy Nucleic Acid), dan asam lemak tak jenuh (PUFA). Ketika radikal bebas bereaksi dengan PUFA, reaksi berantai mendorong terbentuknya radikal bebas dalam jumlah yang banyak. Radikal bebas dapat merusak baik struktur dan fungsi sel membran, nucleic acid dan elektrondense region protein.

Hal ini mengakibatkan :
1.  Sel mati atau merusak respon ke sel, hormone dan neurotransmitter
2.  Mutasi sel yang memungkinkan menjadi karsinogenik
3.  Enzim dan protein menjadi tidak aktif

Sehingga terjadi kerusakan pada protein dan apabila terjadi pada lensa mata dapat menimbulkan katarak. Kerusakan akibat serangan radikal bebas dikaitkan dengan kerusakan jaringan ditandai dengan munculnya penuaan secara dini (premature aging), kanker, ateroskierosis dll.
Beberapa bagian yang penting dalam tubuh dimana vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yaitu pada sel membran atau lebih tepatnya pada lipid sel membran, sirkulasi LDL (Low Density Lipoprotein), paru - paru, hati dan jaringan adrenalin.

Dengan adanya sifat antioksidan dari vitamin E, sel dan komponen tubuh yang lain akan melindungi dari serangan radikal bebas dan menghentikan reaksi berantai atau oksidasi merusak. Selain itu vitamin E akan mencegah kerusakan DNA yang menyebabkan mutasi, mempertahankan LDL, dan unsur tubuh yang kaya lemak melawan oksidasi.
 
Secara partikular, vitamin E juga penting dalam mencegah peroksidasi membran asam lemak tak jenuh. Vitamin E dan C berhubungan dengan efektifitas antioksidan masing - masing. Alfa-tokoferol yang aktif dapat diregenerasi dengan adanya interaksi dengan vitamin C yang menghambat oksidasi radikal bebas peroksi. Alternatif lain, alfa tokoferol dapat membuang dua radikal bebas peroksi dan mengkonjugasinya menjadi glukuronat ketika ekskresi di ginjal.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dengan baik dalam lemak dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin E juga berfungsi mencegah penyakit hati, mengurangi kelelahan, membantu memperlambat penuaan karena vitamin E berperan dalam  suplai oksigen ke darah sampai dengan ke seluruh organ tubuh. Vitamin E juga menguatkan dinding pembuluh kapiler darah dan mencegah kerusakan sel darah merah akibat racun. Vitamin E  membantu mencegah sterilitas dan destrofi otot.

Vitamin E banyak digunakan untuk tujuan melawan kekeringan pada kulit, sebagai produk tabir surya. Produk - produk tabir surya yang terbaik adalah yang mengandung sekurangnya 1% vitamin E. Riset membuktikan bahwa vitamin E memberikan perlawanan terhadap kekeringan dengan membantu memberikan pelembab natural pada kulit. Apabila digunakan sebelum terkena matahari, vitamin E bisa mencegah kulit kemerahan, bengkak, dan kering. Vitamin E biasanya dipakai sebelum dan sesudah terkena paparan sinar matahari, karena sinar matahari langsung bisa merusak setengah dari suplai vitamin E alami kulit. Penelitian juga membuktikan bahwa vitamin E bisa mengurangi molekul jahat yang terjadi akibat paparan asap rokok.

Metabolisme Vitamin E

Vitamin E lebih mudah diserap usus, apabila terdapat lemak dan dalam kondisi tubuh yang mempermudah penyerapan lemak. Tocopherol dari makanan diserap oleh usus digabungkan dengan kilomikron dan ditransportasikan ke hati melalui sistim limfatik dan saluran darah. Di hati, tokoferol disebarkan ke sel - sel jaringan tubuh melalui saluran darah. Di dalam plasma darah, tokopherol bergabung dengan lipoprotein, terutama VLDL ( Very Low Density Lipoprotein).

Kelebihan vitamin E dalam tubuh akan disimpan dalam beberapa organ, antara lain hati, jaringan adiposa, otak dan lipoprotein. Vitamin E diekskresikan dari tubuh bersama dengan empedu melalui feses, sebagian lagi melalui urin setelah diubah lebih dahulu menjadi asam tokoferonat dan tokoferonalakton yang dapat berkonjugasi dengan glukoronat.

Daftar Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Minyak dan lemak :
Minyak kecambah 177,97
Minyak bunga matahari ?2,56
Minyak kacang 28,13
Margarin, lunak 20,66
Mayonaise 19,32
Magann keras 16,01
Minyak kacang kedele 11,80
Mentega 3,22

Biji - bijian dan produknya :
Kecambah 17,36
Beras merah, rebus 2,01
Roti putih 0,80
Beras putih, rebus 0,13

Kacang - kacangan :
Kacang, bakar kering 10,73
Peanut butter 9,24

Daging, ikan, telur dan susu :
Hati, rebus 0,94
Udang, bakar 0,89
Ayam, goreng 0.00
Telur 0,69
Susu Fullcream 0,06

Buah - buahan :
Apel segar 0146
Pisang Segar 033
Strawberi segar 0,19

Sayuran :
Asparagus 2168
Bayam segar 2.6.7
Brokoli, Segar .01.69



Karena semua keistimewaan vitamin E diatas maka vitamin E dapat memperpanjang umur kita, oleh karena itu konsumsi vitamin E setiap harinya (sesuai kebutuhan) sangatlah penting. Dan hal itu yang dimengerti everE250, everE250 hadir untuk memenuhi kebutuhan kita akan vitamin E (tubuh kita membutuhkan paling tidak 200 – 300 IU vitamin E setiap harinya.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami kerontokan rambut, makanya saya kemudian menggunting rambut saya menjadi lebih pendek. Ternyata ya tidak terlalu berpengaruh. Akhirnya saya mulai rajin melakukan masker rambut dan kemudian disarankan menkonsumsi vitamin E. Ternyata vitamin E sangat berguna untuk kesehatan rambut.

Vitamin E dapat menumbuhkan rambut. Vitamin E membuat kulit kepala menjadi sehat, silkulasi darah lancar membantu perkembangan folikel rambut. Melakukan perawatan pijat dengan minyak vitamin E dapat mengatasi masalah kerontokan lebih cepat dan efektif.

Vitamin E juga dapat digunakan sebagai pelembab alami untuk mengatasi rambut rusak dan kering. Gunakan 10 - 20 kapsul vitamin E lalu tuang di dalam mangkok dan aplikasikan ke rambut sambil dipijat lembuh akan memperkuat dan mencegah rambut kering dan rontok.

Rambut yang kekurangan vitamin E akan terlihat tidak sehat, bukannya rusak tapi terlihat tidak sehat. Rambut yang tidak sehat disebabkan karena kurangnya vitamin - vitamin pada tubuh atau pola hidup yang kurang baik. Sementara rambut rusak disebabkan oleh faktor kimiawi (pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, dll). 


Kenapa everE250 ???

everE250 AMAN
everE250 tidak mengandung bahan kimia atau yang berbahaya bagi tubuh everE250 diproduksi dari bahan – bahan alami.

everE250 HALAL
everE250 bebas gelatin, gelatin adalah bahan yang digunakan sebagai pembungkus (soft capsul) untuk suplemen. everE250 TIDAK menggunakan gelatin, everE250 menggunakan Vegiecaps (vegetable capsule) yang terbuat dari rumput laut dan aman dikonsumsi oleh semua orang termasuk penderita alergi, vegetarian, ibu hamil dan menyusui.

Karena everE250 bebas gelatin maka mengkonsumsi everE250 tidak akan membuat gemuk karena Vegiecaps yang digunakan oleh everE250 tidak menambah nafsu makan

everE250 EFEKTIF
everE250 mengandung 250 IU Vitamin E D-Alpha-Tocopherol tunggal (grade terbaik). D dalam D-Alpha-Tocopherol berarti alami dan tunggal, bukan Tocopherol campuran. Sehingga khasiatnya lebih baik untuk memperbaiki sel kulit.

everE250 EKONOMIS
Harganya yang cukup murah membuat everE250 terjangkau bagi semua orang :

·    Rp. 64.900,- Kemasan botol isi 30 soft capsule
·    Rp. 28.050,- Kemasan strip isi 12 soft capsule
·    Rp. 14.300,- Kemasan stip isi 6 soft capsule



everE250 diproduksi oleh PT Konimex, pabrik everE250 ada di kota Solo, Jawa Tengah. PT. Konimex sendiri telah berdiri sejak 8 Juni 1967 tapi sesungguhnya usaha “jual obat” telah dirintis PT. Konimex sejak tahun 1949.
  
PT. Konimex juga punya tujuan untuk ikut menyehatkan bangsa, dan PT. Konimex juga ikut mensejahterakan para pekerjanya karena PT. Konimex memiliki budaya “Nguwongke Wong” yang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti memanusiakan manusia. Filosofi ini memiliki arti yang mendalam tentang bagaimana cara menghormati, menghargai, dan memperlakukan manusia sebagaimana mestinya. Singkatnya PT. Konimex ingin semua pekerjanya apapun golongannya haruslah bahagia.

everE250 sudah mendapatkan sertifikasi  dari MUI. Dengan sumber yang baik, investasi kulit cantik bisa dimulai dengan nyaman. 

Konsumsi everE250 satu kapsul sehari. Konsumsi setelah makan agar  diserap lebih baik bersamaan dengan lemak yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. everE250 boleh dikonsumsi oleh ibu mengandung dan menyusui.


So… Mulailah rutin mengkonsumsi everE250 dan miliki kulit cantik yang sehat untuk kini dan nanti.

Terima kasih sudah mampirrrr,, tungguin post - post berikutnya yaaaa.. Have a good day..

TWITTER   |   INSTAGRAM   |   Google+


2 comments:

  1. pas hamil pertama, aku juga rajin minum vit e mba... efek ke anak, kulitnya bersih, kulit kepala bersih ga berkerak.. :).. makanya hamil kedua ini, aku jg rutin minum vit e lagi... memang bgs kok... mama mertuaku yg slalu minum vit e, ampe skr ga kliatan umurnya udah 60.. berasa muda trs.. tp bisa jd itu krn beliau memang easy going bgt sih... suka ketawa... jd ga kliatan tua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhhhh iya ya, tar diikutin juga anjurannya. Klo jaman mama aku masih minum minyak kelapa, hahahhaha.. Anaknya jd minyakan semua deh wkwkkwkwkwkw. Iya ya, ketawa emang bikin seger, bahagia, awet muda, senangnya punya mama mertua yg seru. Salam hormat untuk beliau ya mba Fanny...

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like