Sunday, January 3, 2016

FUN BLOGGING 8 “Dari Hobi Menjadi Profesi”

Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it.

- Steve Jobs -

Menulis blog buat aku bukan hal untuk main - main, meskipun isi blognya aku ada yang tentang curhatan, galau - galauan (sebenernya sih ngga ada, suer hahahaha) tapi karena halaman kita ini bisa diakses sama seluruh orang di seluruh penjuru dunia (selama itu orang punya kuota, gadget, dll) jadi aku mulai memperhatikan apakah yang aku tulis itu bermanfaat ? dan apakah yang aku tampilkan di blog kita ini sudah menarik atau belum ? atau malah membosankan ?.

Awalnya aku menulis blog sebenarnya memang untuk belajar, mencoba menampilkan tulisan yang bisa berguna untuk orang lain dengan tampilan foto yang sedikit lebih baik dari beberapa tulisan yang pernah aku baca sebelumnya. Aku pernah baca beberapa blog tentang review sebuah produk tapi dengan kualitas foto yang kurang baik, ada yang blur, YES. Benar - benar blur sampai aku kesulitan memahami tujuan dari foto - fotonya (kalau kata Ahmad Dhani di video curhatnya dengan Deddy Corbuzier : #gagalpaham). Ada juga yang gelap, bisa dibilang sangat gelap yang tentunya membuat objek di dalam foto tidak terlihat jelas. Aku agak peka (atau mungkin bawel, cerewet, rempong) tentang tampilan foto - foto atau gambar - gambar mungkin karena aku suka melihat gambar - gambar bagus dan juga  karena latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan fotografi, dsb.

Aku ngga bilang kualitas foto aku jauh lebih baik. NO NO NO. Aku bahkan masih menggunakan kamera hp (Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Mega 2, dan sekarang menggunakan iPhone 6, yang sebenarnya di dalam ruangan dengan lampu seadanya, kualitasnya buruk sekali) untuk foto - foto di blogku. Tapi aku berusaha memberikan foto yang jelas dan terang. Foto - foto produk yang ada di blogku, dihasilkan dengan tambahan cahaya dari lampu meja belajar. Dan ketika aku hanya bisa mendapatkan foto yang seadanya (gelap, pecah), aku akan olah itu di Photoshop (editan sederhana, hanyak menambah brightness dan contras saja) sehingga menjadi lebih layak ditampilkan di blog.

Makin kesini aku mencoba menampilkan layout foto yang lebih menarik dengan menyertakan infografis yang tujuannya memudahkan pembaca memahami isi blogku, sekaligus mengajak pembaca ikut "menikmati" pengalaman yang aku rasakan.

Tapi ternyata itu saja TIDAK CUKUP!!!


Lalu, apa lagi yang harus saya perhatikan ??? Bukankah informasi yang jelas. Tampilan foto yang baik. Kata - kata yang baik dan tidak menggunakan bahasa - bahasa yang 4L4Y saja sudah cukup ???

NO. NO. NO

Menulis blog bukan hanya tentang hal - hal diatas. Menulis blog lebih dari itu (apalagi kalau kita ingin mengikuti blog competition misalnya, atau kalau kita ingin blog kita menjadi lebih dikenal orang, banyak yang membaca dan merasakan manfaat dari tulisan - tulisan di blog kita, atau kalau mau menjadi blogger yang berpenghasilan).


Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Karena itu aku mulai ikut beberapa komunitas dan akhirnya mengenal banyak teman baru, salah satunya adalah mas Choirul Huda. Mas Choirul kemudian mengajakku untuk mengikuti acara "FUN BLOGGING 8" yang diadakan oleh tiga orang blogger senior, beliau adalah mba Haya Alia Zaki, mba Shinta Ries, dan mba Ani Bertha yang sudah sangat lama berkecimpung di dunia blog, mengerti benar tentang "printilan - printilan" di dalam blog, dan tentunya sudah punya banyak prestasi menulis blog, bahkan sampai dapat penghargaan dan kerjasama dengan negara - negara asing.

"Daftar gih mba, banyak ilmu yang akan dibagi dari mba - mba itu. Mereka tidak pelit ilmu"

Kenapa kata - kata tidak pelit ilmu itu harus banget di garis bawahi dan di bold ? Karena itulah yang benar saya saksikan dan saya alami. Mereka tidak pelit ilmu. mba Haya Alia Zaki, mba Shinta Ries, dan mba Ani Bertha berbagi banyak sekali ilmu dalam acara "FUN BLOGGING 8" lalu. Saya banyak belajar tentang bagaimana kita bisa memaksimalkan blog kita agar lebih disenangi pembaca, lebih disenangi sama klien, dan disenangi juga sama Google tentunya (SEO, dll).

"Blogger itu boleh menyampaikan opini terhadap sesuatu hal (produk, event, dll). Kritik juga diperbolehkan, tetapi gunakanlah bahasa yang baik. Blogger Tell Not Sell."

Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Presentasi pertama dibuka oleh mba Haya Alia Zaki yang sharing tentang bloging dari sudut pandang kita sebagai penulis, etika penulisan blog. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa - bahasa 4L4Y. Penggunaan tanda baca yang seperlunya (untuk hal ini aku masih banyak kesalahan hahahhaha), bagaimana membuat kalimat pembukaan yang menarik untuk dibaca, apakah penulisan kita sudah benar, tidak menggunakan singkatan yang tidak lazim, apakah masih ada kesalahan ejaan dalam tulisan kita, dsb.

Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Selanjutnya ada mba Dewi dari Sari Husada yang adalah salah satu sponsor dari "FUN BLOGGING 8", mba Dewi memaparkan program "Nutrisi Untuk Bangsa".

Nutrisi Untuk Bangsa, sebuah gerakan dari masyarakat, untuk masyarakat dalam meningkatkan kepedulian akan masalah - masalah gizi di Indonesia. Nutrisi Untuk Bangsa mengajak seluruh elemen bangsa untuk bekerja sama memerangi permasalahan gizi di tanah air.

Nutrisi Untuk Bangsa ini memberikan berbagai informasi/edukasi tentang gizi kepada masyarakat (bukan project jualan, tapi murni sharing informasi kepada masyarakat), baik menggunakan media online ataupun secara langsung dengan berkunjung ke beberapa kota di Indonesia.

Nutrisi Untuk Bangsa juga mewadai member untuk menulis artikel tentang gizi, nutrisi, mpasi, parenting, tumbuh kembang anak, dsb. Member juga bisa memberikan komentar pada artikel yang disukai. Dan setiap bulannya ada juga penghargaan untuk member yang bergabung, "Member of the Month" berdasarkan keaktifan, kualitas tulisan, dll.

Nutrisi Untuk Bangsa juga berkerjasama dengan blogger untuk mengenal potensi pangan lokal dalam acara "Jelajah Gizi" yang diadakan setiap satu tahun sekali di berbagai kota di Indonesia.

Informasi lebih lengkapnya silahkan klik :

Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Selanjutnya ada mba Shinta Ries berbagi ilmu tentang "jeroan - jeroan" di dalam blog, platform blog, SEO (yang sekarang jadi pembahasan paling hitssssss dimana - mana), google analytic, webmaster tool, personal branding, dll.


Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Aku hampir pingsan hahahahhaha, ternyata banyak sekali hal - hal yang harus diperhatikan untuk menjadi blogger yang baik. Menjadikan blog kita baik dalam tampilah, SEO dan menarik dimata klien agar nantinya kita bisa mendapat job review.

Lalu ada juga mba Ani Bertha yang banyak sharing tentang bagaimana cara memaksimalkan sosial media. Sosial media itu sangat penting untuk memperluas jaringan pertemanan kita, juga untuk mempublikasikan blog kita ke masyarakat. Pengelolaan sosial media yang baik dan benar bisa membantu kita untuk bisa berinteraksi dengan pembaca blog kita, agar kita selalu bisa menuliskan post - post yang bermanfaat juga untuk mereka.


Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha


Mba Ani juga mengajarkan untuk kita selektif menerima job dari brand, memahami hak dan kewajiban kedua belah pihak sangatlah penting agar bisa terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan. Kode etik dalam menulis juga harus diperhatikan baik ketika kita bekerjasama dengan brand ataupun tidak.

Sangat banyak ilmu yang aku terima hari itu, yang bisa membantuku mengoptimalkan blogku agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Practice Makes Perfect, banyak berlatih dan banyak belajar, itu hal yang juga akan aku lakukan selanjutnya.

Untuk kamu - kamu yang mau belajar banyak hal tentang blogging dengan mba Haya, mba Shinta, dan mba Ani Bertha, kamu bisa pantengin trus informasi tentang Fun Blogging selanjutnya, yang biasanya di share di sosial media, atau di Facebook komunitas - komunitas blogger atau klik di :


Luar biasa semangat para blogger untuk belajar, kalau anak muda, usia 20an atau orang dewasa, sampai ke ibu - ibu muda, atau bahkan ibu - ibu atau bapak - bapak yang anaknya sudah remaja menulis blog mah sudah biasa. Tapi, ketika ada seorang ibu yang sudah menjadi nenek masih menulis blog dan berbagi cerita dan ilmu dengan blogger lainnya, wah itu luar biasa. Semangat belajarnya sangatlah hebat. Nah, semuanya itu ada di komunitas Fun Blogging. So, seneng bisa belajar banyak dari orang - orang hebat dari berbagai latar belakang cerita, kehidupan, pendidikan, hobi, dll. Fun Blogging 9 kayaknya akan diadakan di luar kota Jakarta, jadi kamu - kamu yang ada di luar Jakarta ayoooo siap - siap daftar ya.

Roosvansia Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi Haya Alia Zaki, Shinta Ries, Ani Bertha
Photo by IWITA Indonesia

Terima kasih untuk mas Choirul Huda yang selalu memberikan saya semangat untuk belajar agar bisa memaksimalkan kualitas blog saya.

Terima kasih untuk mba Haya Alia Zaki, mba Shinta Ries, dan mba Ani Bertha untuk kesediannya berbagi ilmu yang tanpa batas (baik saat kelas Fun Blogging berlangsung, atau saat aku bertanya setelahnya)  atas kesempatan, jadi aku bisa belajar banyak hal - hal baru yang sangat bermanfaat dan tentunya menambah banyak teman - teman baru. Soooo happy.

Semoga teman - teman di Fun Blogging ngga bosen kalau post berikutnya kembali saya "racuni" dengan makeup ya hihihihihi

Have a good day

"Selamat Tahun Baru 2016"


36 comments:

  1. ulasannya lengkap dan keren
    salam kenal Mbak Rosvansia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Agung, salam kenal juga ya

      Delete
  2. Iyaaa... mreka bener2 bagi2 ilmu yaaa... dan mlmnya qta ktmuan lg dong ya di Kokas. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Ilmunya unlimited hihihihi. Btw aku baru sadar ternyata di acara launchingnya Kartuku dan Mc'D mba Jade juga ikut ya hahaha. Ada fotonya di tulisanku.

      Delete
  3. wiiihh menyenangkan sekali mendapatkan banyak ilmu baruu yaa ^^
    Thank you juga kaka yang ngga pelit berbagi megenai event-event seperti ini^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Iin sudah mampir.
      Iya senang bisa ikut acara ini, kamu gimana? Sudah join Fun Blogging juga kah?

      Delete
  4. Aku pengen ikutan, tapi kok ya waktunya sering ga tepat gitu. Huhuhu.
    Untung ada reportase kak ros.
    Terimakasih klinik tongfang, eh makasih kak ros ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aahhahahahaha.. Bundaaaa..
      Hahahhah besok baca WA yaaaa..
      Ada penawaran dari Tong Fang hahhahaha

      Delete
  5. Foto-fotonya kereeen. Pinter editing foto. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak ya mba Lathifah. Terima kasih juga sudah mampir :)

      Delete
  6. mba Roos keren euy ulasannya! foto2nya jugaaa..

    ReplyDelete
  7. Foto di postingan ini keren banget Mbak, cakep-cakep. Memang benar ya, mbak Haya, Mbak Ani dan Mbak Shinta membagi ilmunya tidak pelit..hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih yaaa Astin. Iya bener mba2 banyak sharing ilmu - ilmu..

      Delete
  8. Wah Mbk Roosvansia kemarin hadir di Fun Blogging 8, tapi kita gak ketemu yak. terahir ketemu pas nonton film itu yak hehe.
    Keren nih mbk ulasannya, lengkap. yuk semangat ngeblog mbk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, aku agak di depan. Aku liat mas Bowo agak di tengah ya hehehehehe.
      Terima kasih sudah mampir ya mas. Semangat!!!

      Delete
  9. Reviewnya keren. ini yg dinamain info grafis ya ??
    Beruntung sekali akhirnya bisa ikut fun blogging yg ke-8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Siti, ini sih kyknya bukan. Cuma editan biasa.
      Infografis lebih ke menyampaikan informasi yg kompleks agar pembaca lebih mudah mengerti.
      Iyaaaa, beruntung nih kita ya hhihihii.

      Delete
  10. Waahh acaranya asik yakk dapet ilmu banyaak... btw gw baru tau lhoo ada komunitas ini, cuss aahh mampir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget!!! Hahahahha..
      Sok mampir ke webnya Tuti..

      Delete
  11. Mbaaaak, reportasenya lengkiiiip. Sama foto2nya mendukung banget. Itu pake fotoshop atau aplikasi HP Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Cahaya.. Terima kasihhhhh. Aku editingnya pake photoshop mba. Kalau pakai aplikasi di HP takut resolusinya agak kecil jadi kayaknya akan blur kalau di perbesar.

      Delete
  12. Wah keren bingiiitzzz....lengkap dan gambarnya enak di lihat. Waduh, kayanya aku perlu belajar lagi sama kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya mba Litaaaaa. :* hihihihii. Ayok belajarrrrr

      Delete
  13. Ae~ Mbak Roos. Ketemu lagi kitah. :D
    Fotomu apik-apik editnya pakai apa aja? Ngiler euy foto di blogku belum maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ae mba Aprie...
      Aku editnya pake Photoshop. Ayooo dimaksimalkan. Semangattttttt

      Delete
  14. ros aku seneng kok "diracuni" dengan make up ros :) ... ulasannya menarik, apalagi dilengkapi dengan foto yang cihuy2 gitu makin enak liatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dengan senang hati akan mengirimkan "racun" baru hahahhahahahah...
      Terima kasih sudah mampir ya mba Helni. Jadi makin semangat nihhhh :*

      Delete
  15. Betul, Mbak. Nggak pelit ilmu. Kemarin itu kayak kembali ke sekolah, banyak yang didapat. :D
    Btw, foto-fotonya cantik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Iya bener - bener. Kita kayak lagi belajar di sekolah semoga besok - besok ada kelas - kelas lainnya untuk belajar lagi ya mba Afifah.

      Delete
  16. Welcome to Fun Blogging Community :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Oline, terima kasih yaaaa. Mohon bimbingannya hihihihihi

      Delete
  17. makasih jadi tambah ilmu hehe, sayangnya di kotaku nggak pernah ngadain acara ginian~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Gisa. Kamu di kota mana? Mungkin satu saat nanti Fun Blogging akan main - main kesana. Kenapa ngga?

      Delete
  18. Terima kasih sudah hadir ya Ito Ros :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ani... Teh Ani.. Kakak hihihihihii.. Terima kasih ya sudah mampir.
      Btw, untuk panggilan ito itu kita biasanya ucapkan ke laki - laki (bisa abangan atau adekan), dan ito juga digunakan sebagai panggilan thdp laki - laki ke perempuan (bisa kakakan atau adekan)

      Kalau kita yang sesama perempuan biasanya panggilannya eda (bisa untuk sesama perempuan, bisa juga untuk istri dari saudara laki - laki kita), atau akang boru (kakak perempuan, istri dari abang ipar kita), atau anggi boru (adek perempuan, istri dari adek ipar kita) hihihihii.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like