Wednesday, May 11, 2016

Bioderma Makeup Class with Iwwan Haroun


Im so excited. Aku beruntung jadi salah seorang yang menang blog competition yang diselenggarakan Bioderma (link tulisannya ada DISINI).  Karena menang lomba itu aku berkesempatan untuk ikut Exclusive Makeup Class Bioderma with Iwwan Haroun. Yes Exclusive. Kenapa? Karena yang ikutan kelas itu dibatasi untuk 5 orang blogger plus masing - masing boleh bawa seorang temannya. Yay. Thanks Bioderma.

Nah, yang kepengen banget ikut aku adalah kak Lily (hahhahahahhah *peace kakakkkkkk), tapi karena hari yang sama kak Lily berhalangan datang jadi sayang sekali kak Lily ngga bisa ikutan. Lalu mau digantikan dengan Dine, eh tapi semalam sebelumnya anaknya Dine sakit huhuhuhu (*peluk Aim) jadi ngga bisa ikut juga deh hihihihi. It's oke, apapun acaranya keluarga harus jadi yang paling utama.

Karena itu aku akan sharing apa aja yang mas Iwwan Haroun ajarin di post ini. Jadi kak Lily, Dine, dan kamu semua bisa baca "contekan ilmu" tentang makeup yang diajarin sama mas Iwwan Haroun.


Sebelumnya kalau kamu belum kenal Iwwan Haroun itu artinya kamu ngga gaul hahhahahahha. Iwwan Haroun adalah salah satu Makeup Artist Indonesia, kamu bisa lihat foto - foto dan karyanya di Instagramnya. Diatas ini adalah beberapa foto mas Iwwan bersama para artis dan model yang pernah mas Iwwan dandanin.

Kalau kamu liat di beberapa foto di Instagramnya ada produk Bioderma. Kenapa? Karena mas Iwwan Haroun ini memang menggunakan produk - produk Bioderma untuk kliennya. Produk yang jadi favorite mas Iwwan adalah Bioderma Sensibio H2O yang bisa kamu baca keterangannya DISINI.


Ini adalah berbagai makeup yang akan digunakan pas makeup class nanti. See, ada Bioderma juga dong, soalnya mas Iwwan selalu menggunakan Bioderma Sensibio H2O itu untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan makeup. Even kita baru aja cuci muka, ngga menutup kemungkinan masih ada kotoran (debu atau minyak) yang menempel di wajah kita. So, semua harus benar - benar bersih untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal.


Sebelum acara dimulai ada baiknya cicipin dulu berbagai canape dari JJ Royal Bistro ini hihihihi. Kebetulan pas aku dateng itu masih sepi, jadi enak deh bisa ngemil sambil chit chat sama tim dari Bioderma tentang apa aja sih yang nanti mau diajarin sama mas Iwwan. 


Pertama mas Iwwan perkenalan dulu, sharing sama temen - temen tentang trend makeup no makeup, gimana cara membersihkan wajah yang baik, produk apa yang digunakan untuk wajah sebelum bermakeup, pentingnya menggunakan pelembab, eye cream, dll.


Modelnya mas Iwwan kali ini namanya Syandria. Syandria adalah salah satu cicitnya Soekarno (Presiden Indonesia yang pertama), cucu dari bapak Guntur Soekarno Putra. Bentuk alisnya Syandria itu persis sekali dengan Bung Karno. tebal, bagus. Dan untuk makeup yang pertama ini mas Iwwan mau bikin tema day look "Makeup No Makeup".

Karena Syandria punya alis yang bagus, jadi mas Iwwan mau menonjolkan bagian alis saja. Mas Iwwan juga kasih arahan untuk aku dan temen - temen untuk menonjolkan mana bagian yang paling bagus di wajahnya. Ada yang disarankan menggunakan eyeliner saja, ada juga yang disarankan menggunakan eyeshadow pada sudut mata luar, dan untuk aku (ehemmmm) karena yang paling kece di muka ini alis doang jadi mas Iwwan menyarankan aku untuk menonjolkan bagian alis ahahahhahaha.

Setelah semua wajah dibersihkan dari kenangan masa lalu, debu, minyak, dll. Selanjutnya adalah menggunakan Bioderma Hydrabio Brume. Ini adalah rangkaian produk Bioderma yang baru (warnanya biru). Bioderma Hydrabio Brume ini digunakan untuk membantu melembabkan kulit, bentuknya spray. Bisa digunakan sebelum dan sesudah makeup dan kapanpun saat kamu merasa kulit wajah mulai dehidrasi.

Aku sangat menyarankan Bioderma Hydrabio Brume ini untuk digunakan oleh para pria ketika mereka mau melangsungkan pernikahan, lalu "dust" sedikit bedak transparan untuk menghilangkan kilap. Liat cowo yang ngga biasa pake produk makeup lalu dipakein foundation pas nikahan itu rasanya aneh, cenderung jadi belang dan ngga bangetlah hahahhahaha.

Setelah Bioderma Hydrabio Brume disemprotkan pada wajah dari jarak sekitar 30 cm, biarkan sampai air menyerap dengan baik (dikipas - kipas aja sedikit). Lalu gunakan eye cream pada mata, untuk merawat daerah sekitar mata. Untuk menggunakan eye cream sebaiknya tidak langsung dioleskan ke area mata , tetapi oleskan eye cream ke jari tengah dan jari manis kemudian ratakan. Hangat dari tubuh kita akan memberikan reaksi pada produk eye cream dan akan memaksimalkan kerja eye cream pada area mata.

Mas Iwwan menyarankan untuk merawat daerah mata dengan menggunakan eye cream secara teratur sedini mungkin (memasuki usia 25 tahun) untuk menjaga kondisi mata dengan baik, mengurangi resiko munculnya keriput, dll.

Setelah eye cream, selanjutnya pelembab untuk wajah. Cara diatas juga harus dilakukan saat menggunakan pelembab wajah, gunakan pelembab pada seluruh bagian wajah (hindari daerah mata, karena mata sudah dibelikan eye cream) dan jangan lupa untuk menggunakannya pada leher. Kamu ngga mau wajahnya kece tapi lehernya jelek kan hihihihihihi.

Bioderma juga punya rangkaian produk pelembab yang bisa kamu gunakan sehari - hari, namanya Bioderma Sensibio Eye Contour untuk bagian mata dan Bioderma Sensibio Light untuk seluruh wajah.

Setelah pelembab menyerap dengan baik, kemudian gunakan primer. Primer digunakan sebelum menggunakan foundation, gunanya untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan membuat foundation lebih awet.

Kalau wajah kamu tidak ada masalah dengan jerawat, noda hitam, dark circle, then kamu bisa langsung menggunakan foundation. Tapi kalau ada bagian tertentu pada wajah yang harus "dikoreksi" sebaiknya kita mengunakan concealer dengan warna - warna khusus.

Hijau
Untuk koreksi daerah kemerahan pada wajah seperti jerawat.

Orange
Untuk koreksi daerah yang gelap seperti dark circle.

Kuning
Untuk koreksi daerah lingkaran bawah mata yang warnanya agak keunguan atau kebiruan.

Pink /  Peach
Untuk koreksi daerah lingkaran bawah mata dan memberikan efek mencerahkan daerah mata.

Yang lainnya biasanya berwarna coklat muda (yang mendekati warna kulit atau satu, dua tone lebih cerah dari warna kulit) dan coklat tua. Keduanya digunakan untuk membuat "shape" pada wajah, seperti efek tulang pipi yang lebih tinggi, efek tulang hidung yang lebih tinggi dan kecil, dll.

Untuk sehari - hari sebaiknya gunakan concealer secukupnya ya, ngga perlu bikin highlight dan shading seperti yang dilakukan Kim Kardashian hihihihihi. Concealer efektif untuk menyamarkan dan menonjolkan daerah tertentu, tapi untuk kasus eye bag seperti yang aku miliki itu agak sulit disamarkan oleh concealer karena ada struktur kulitnya yang mengalami pembengkakan oleh tumpukan lemak. Jadi solusinya cuma surgery or laser *that's my wishlish, or skill makeup yang superb hihihihihi.

Untuk penggunaan foundation sendiri mas Iwwan menyarankan untuk menggunakan 2 warna atau lebih dan di mix sampai mendapatkan hasil yang mendekati warna kulit asli kamu. Penggunaan satu warna foundation saja ngga bisa menghasilkan gradasi warna pada kulit. Sementara kunci dari makeup yang bagus itu salah satunya adalah kulit yang terlihat bagus.


Diatas ini adalah before - after "Makeup No Makeup" ala aku. No blush, No bold lips, No eyeshadow. Simpel banget cuma sedikit maskara dan alis. Disitu aku masih menggunakan 1 warna foundation, dan setelah aku mencampur 2 warna foundation jadinya memang lebih bagus (*pssstt kalau penasaran, untuk face primer dan foundation mas Iwwan Haroun menggunakan produknya Max Factor. Murah, meriah, bagus).


Di foto atas sebelah kiri ini hasil "Makeup No Makeup" untuk Syandria. Cantik kan? Syandria menggunakan makeup tapi ngga terlihat seperti bermakeup. Selanjutnya mas Iwwan kasih lihat caranya mentranformasi penanpilan day look ke night look.

Mulai dari menegaskan garis alis dan mengisi alis dengan brow powder (bisa juga menggunakan eyeshadow matte yang berwarna coklat). Kesalahan yang suka kita lakukan saat menegaskan alis itu adalah seluruh bagian alis dari depan sampai belakang dibikin sama tebal. Itu SALAH. Alis bagian pangkal harus lebih tipis, lalu makin ke ujung makin menebal. Gambar alis ngga gampang, butuh waktu untuk belajar dan belajar.

Sebelum menggambar alis, ada baiknya kita tau dulu dimana pangkal alis kita, lalu seberapa tinggi lekukan untuk alis, dan seberapa panjang ujung alis kita. One day i'll tell you more hihihihi. Yes, one day ya hahahhahaha.


Selanjutnya mas Iwwan memberikan eyeshadow berwarna agak gelap untuk memberikan kesan mata yang lebih besar dan glamour, lalu jangan lupa gunakan bulu mata palsu yang bulunya agak panjang lalu gunakan eyeliner diatas garis bulu mata palsu itu agar tidak terlihat gap antara bulu mata asli dan yang palsu.

Bersihkan eyeshadow yang mungkin terjatuh pada bagian pipi dengan menggunakan kuas besar yang bersih, lalu gunakan bedak tabur pada wajah untuk mengurangi kilap. Selanjutnya mas Iwwan menebalkan shading pada pipi dengan menggunakan bronzer warna kecoklatan. Perlu pakai blush on lagi ga? Boleh menggunakan blush on dan boleh juga tidak. Gradasi yang dihasilkan saat membaurkan bronzer juga sudah memberikan efek agak bersemu pada wajah. Terakhir gunakan Bioderma Hydrabio Brum lagi untuk men "set" seluruh makeup menjadi lebih baik dan awet.


Here's the final look. Syandria tampak lebih dewasa tapi ngga berlebihan. Ini kayak signature look dari mas Iwwan. Coba deh perhatiin makeupnya mas Iwwan itu cenderung soft dan bikin kelihatan glam tanpa perlu menggunakan produk berlebihan. Nice.


Ini hasil makeup aku, nah udah kayak mamak tirinya Cinderella belum? hahahhaha. Aku menggunakan eyeshadow warna hitam di sudut luar mata untuk kesan smokey gitu, dan lipsticknya juga dibikin agak ombre. But sorry kalau warnanya kurang jelas karena lampu ruangan yang agak kuning huhuhuhuu. Masih ada satu hal yang menurut aku kurang, gigi palsu yang ada taringnya hahahhahahha.


Terakhir yuk yuk foto sama pengantin baru yang seneng banget belajar makeup, trus heboh mau beli eyeshadow apa ya nih biar bisa bikin look kayak mas Iwwan hihihihi. Ayokkkk kita belanja makeup Mirna, trus main makeup - makeupan. Ayokkkk kak Roos.

Thank you so much

Mba Fanny & Mba Pamela
Mas Iwwan Haroun
 
See you

12 comments:

  1. cieeeee yang menghapus kenangan masa lalu... hahaha ka roos emang juara deh kalo urusan make up mau di recokin pula pas belajar gitu, maaf ya sepanjang acaranya banyak nanya nya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhahahha, gagal fokus ya cyinnn hahahhaha. Aku pemulaaa, aku baru belajar Mir. Ngga papa atuh, namanya sama - sama belajar. Yuk kita belajar lagi yukkkk.

      Delete
  2. lipstik ombre ini beneran bisa bikin bibir sexy ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Noni, jadinya lebih berdimensi dan karena warnanya yg agak gelap jadi bikin lebih gimana gitu hihihhii

      Delete
  3. Kak rossss kapan itu tutorial alisss? Huahahaha
    Iya gambar Alis susah, kalo udah nyerah eh gambarnya malah jadi gambar anak SD yg gambar 2 gunung itu loh trus ada matahari Dan sawahnya. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu saat nanti bunda hahahhahaha, abis ini aku sharing tentang browcara dulu ya hahahhahah. Susah emang apalagi banyak bentuknya sekarang yg dari logo Nike sampeeee ilalang di sawah hahahah. Kalau gambar gunung jangan lupa jalanannya ya bunda, sama si kebo - kebonya yang lagi nyebrang hahahhahaha.

      Delete
  4. alisnya permanen ya heitsnya dirimu cynn~ :3

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma alisnya aja yang cakep, yg lainnya ampunnnnnnnnn hahhahahaha.

      Delete
  5. acaranya asik.. aku sedih banget nggak bisa dateng.. hiks3..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf yaaa kamu jadi ngga bisa ikutan huhuhuhu. Lain kali kalau ada acara serupa aku kasih tau ya sayang. Doakan menang lagi *loh hihihihihi.

      Delete
  6. MUA yang satu ini memang okeee banget. Kepoin IGNya hehehe.. Acaranya seru banget niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Iwwan ini orangnya kalem dan ramah, mukanya bersihhhhhh banget deh hahahhahha. Jadi suka bikin gagal fokus :))

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like