Friday, May 20, 2016

[Holla Bunda Yati Rachmat] Smart Woman Who Has A Loving & Generous Heart


Suatu hari aku menghadiri sebuah acara launching sebuah produk kecantikan, banyak sekali blogger yang diundang, tapi tempatnya luas, jadi kami duduk agak sempit - sempitan. Aku harus permisi dulu sama beberapa deret kursi, dan seorang ibu yang dengan ramahnya tersenyum dan menggeser kursinya supaya aku bisa lewat dibelakangnya. Acara dimulai, sharing tentang brand dari narasumber dilanjutkan ke pertanyaan dari para tamu undangan. Ibu tadi mengangkat tangan untuk bertanya terkait produk yang baru saja dijelaskan.

Jujur aku kaget mendengar pertanyaannya, yang menurut aku jauhhhhh lebih berbobot dibandingkan pertanyaan sebelumnya, bahasa yang digunakan juga tepat sasaran, diucapkan dengan santun, dan ada sedikit guyonnya hihiihi. Terlihat sekali beliau memperhatikan setiap penjelasan dari awal sampai akhir, dan seingat aku beliau juga sempat sharing pengalamannya saat masih muda dulu yang tentunya berkaitan dengan produk yang dibahas saat itu dan jadi sangat bermanfaat untuk aku. 


Aku selalu ingat beliau, karena ada kesan saat melihat beliau yang terlihat sudah memiliki anak dan cucu tapi masih aktif dengan kegiatan blogger. Tapi pastinya beliau ngga ingat aku, ya iyalah wong ngga kenal hihihihii. 

Sampai pada satu ketika aku melihat foto beliau bersama blogger lainnya, nahhhh disitu aku baru sadar kalau beliau sudah cukup lama berkecimpung di dunia blogging. Bukan hanya blogging, tapi beliau juga sudah "melahirkan" beberapa karya lewat buku. WOW.



Pada Arisan Link Blogger Perempuan kali ini ternyata aku satu kelompol dengan ibu itu, dan aku berkesempatan menulis tentang beliau. Beliau adalah Yati Rachmat. Seorang ibu, nenek, guru, dan sahabat untuk para blogger. Kalau kamu aktif di komunitas blogger seperti Kumpulan Emak Blogger, Blogger, Perempuan, Fun Blogging, dll kamu pasti akan mengenal beliau yang sering dipanggil, bunda Yati. Setiap jumat, bunda Yati aktif di komunitas Fun Blogging dan bercakap - cakap dengan bahasa Inggris dan menjadi seseorang yang dimintai bantuan oleh admin Fun Blogging untuk "melatih" kami berbahasa Inggris.

Waw, aku jadi makin pensaran siapa sih beliau ini? Mengejutkan untuk aku saat baca profilenya di blog Bunda Yati (www.bundayati.com), beliau adalah seorang translator Inggris - Indonesia - Inggris dan pengajar bahasa Inggris bagi anak - anak yatim di daerah tempat tinggalnya agar mereka dapat mendalami bahasa Inggris dengan baik dan benar.


Yang paling bikin gemes hihihihi adalah ketika tau kalau Bunda Yati ternyata sudah berusia 77 tahun, sehat, semangat, ceria, masih aktif berpartisipasi dalam blogger gathering. WAW. Aku sayang sama mamaku, tapi aku selalu bilang kalau aku "ngga mau seperti mama" (dalam penampilannya yang sederhana atau dan tidak aktif dalam perkumpulan ibu -ibu), aku mau jadi ibu - ibu yang punya sanggul setinggi monas dan kebaya blink - blink dengan hells yang bikin encok hahahhahaha. Aku mau jadi ibu - ibu yang rajin jalan - jalan kesan - kesini, semangat dan masih aktif berkarya seperti Bunda Yati. Yesssss, 77 yo and still energic (*peluk Bunda Yati). 


Aku masih kepo akan banyak hal tentang Bunda Yati, aku kepingin kamu yang baca tulisan ini juga bsa terinspirasi dan memiliki semangat seperti beliau. So aku ajukan beberapa pertanyaan berikut ini.


Bunda mulai menulis blog sejak kapan dan apa alasannya?

Bunda mulai ngeblog April 2009 karena ikutan bisnis online yang bernama Formulabisnis. Tanpa pengalaman IT, hanya typing speed thok! Lucu juga sih sebagai pengikut baru bisnis online dan baru juga dalam pengalaman ngeblog merasa senang banget menemukan  template gratis. Jadi keranjingan bikin blog - blog baru. Alhasil blog lebih dari satu. Blog - blog ini ada yang terhenti sejak tahun 2012 dan ada juga tahun 2015.  Blog bunda yang aktif hanya www.bundayati.com --  pengalihan sejak November 2014 dengan bantuan Mbak Shinta Ries dari blogspot dot com ke dot com dan judul asli urlnya www.goodcrab-personal.blogspot.com Yang lain hanya sekali - sekali bunda isi postingan. Tapi insya Allah mulai tahun ini akan tetap bunda update walau pun tidak teratur. Alasan utama pastinya untuk menambah kocek melalui ngeblog, hehe.


Apa suka dan duka yang bunda alami saat hadir di blogger gathering atau event sejenisnya?

Sukanya banyak sekali karena mendapat perhatian dari Founder KEB untuk mengisi Linimasa #2 (DVD),  kaya dengan pertemanan dan banyak hal - hal yang menyenngkan yang terjadi setiap blogger gathering. Dukanya? Boleh dikatakan tidak ada, selain dari kekesalan kalau datang terlambat, hehe.


Bagaimana Bunda mengatur waktu untuk hadir di event blogger, menulis, mengajar, bersosialisasi dengan tetangga dan untuk keluarga?

Karena bunda seorang pensiunan, jadi sangat mudah mengatur jadwal untuk semua acara dan aktivvitas bunda tersebut. Sangat, teramat sangat cukup waktu kalau memang diniatkan untuk bersosialisasi dengan tetangga melalui arisan dan pengajian. Untuk keluarga? Anytime bunda selalu menyediakan waktu.


Seberapa besar kecintaan bunda dengan menulis, kalau dibandingkan dengan bercocok tanam gimana hihihihiihi?

Sama besar, karena setiap bunda ingin menulis tetapi melihat tanaman dalam pot - pot memerlukan perhatian, misalnya penggantian media tanam dan lain sebagainya, maka menulis pun akan bunda tunda. Saat menulis akan terganti pada malam hari hingga lupa waktu, hehe.



Gimana bunda mengatur pola hidup, pola makan untuk menjaga tubuh dalam keadaan sehat dan semangat di usia 77 tahun ini (gapapa nanya ya bunda, jangan tersinggung hihihihii) ?

Pola hidup? Yang penting everybody must know their limit. Jadi kalau tubuh sudah ngasih kode lelah, maka bunda akan segera beristirahat dengan cukup. Tidak ada pola makan yang teratur. Pada usia bunda sekarang, bunda masih suka makanan bersantai, suka keju dan segala makanan yang berkeju-ria (SAMAAAA hahahhahaha), masih suka minuman dingin. Keadaan sehat bunda yang sekarang bunda dapatkan (secara fisik) pastinya khasiat dari dulu sampai sekarang bunda suka makan daun - daun lalapan dan suka sekali melahap bersama nasi isinya “bumbu apur”, kecuali salam dan laos. Daaan menjaga hati supaya legowo.


Bunda pernah ngga punya mimpi, harapan, kayalan waktu masih kecil (atau masih remaja) yang bunda pingin untuk wujudkan dan kini terwujud?

Tentu saja pernah dan Alhamdulillah hampir semua sudah terkabul berkat terbukanya jalan yang diberikan oleh Allah Swt. Apa itu? Wawancara di Radio, terkabul melalui KEB; Video shooting (KEB)  untuk Linimasa #2, naik panggung dalam ajang bergengsi “Lifetime Achievement 2013", lagi - lagi melalui KEB. Dukungan Founder KEB, Mira Sahid dan Co-Founder Indah Julianti Sibarani, memegang peran penting dalam keberhasilan bunda.


Menjadi Nara Sumber sebuah acara? Terkabul melalui Fun Blogging, berkat kepercayaan dari founders Fun Blogging Community,  Haya Aliya Zaki, Shinta Ries dan Ani Berta. Mendambakan sebuah pesta ulang tahun yang bunda impikan sejak kanak - kanak, terkabul di usia bunda 70 pada surprise BD party yang diadakan oleh anak - anak bunda tercinta (Ahhhh so sweet bunda).


Apa hal yang paling bikin bunda bahagia? Dan apa hal yang membahagiakan yang bunda pernah berikan kepada keluarga?

Simple sekali yang bikin bunda bahagia, bukan hadiah, predikat bergengsi atau lainnya, tapi kerukunan keluarga terutama antara anak - anak bunda kakak beradik menjadi solid hingga akhir hayat bunda. Pertanyaan kedua sebetulnya hanya bisa dijawab oleh keluarga, anak - anak bunda. Tapi sejatinya bunda akan sangat bahagia apabila mereka masih membutuhkan bunda secara moril. Bunda merasa dibutuhkan, dan bunda masih mampu melakukan apa pun demi anak - cucu itulah sebuah kebahagiaan bagi bunda yang bunda berikan kepada keluarga.


Kalau bunda punya satu kesempatan untuk merubah dunia jadi lebih baik, apa yang akan bunda lakukan?

Wah, wah, wah, susah nih untuk menjawab pertanyaan yang ini, karena banyak sekali yang ingin bunda perbaiki. Rasanya yang pasti bunda akan mendirikan sebuah Universitas untuk para Koruptor bagaimana caranya untuk menjadi orang yang jujur dan membela rakyat kecil, hihihi (pemikiran yang hebat, bunda).


Apa hal yang masih ingin bunda raih sekarang ini? Dalam kehidupan dan dalam hobi bunda menulis?

Mungkin tidak terlalu muluk kalau bunda katakan bunda ingin menjadi blogger yang sukses dalam me-manage blog. Sukses dalam arti agar bisa membanggakan anak cucu bahwa aktivitas bunda ini bukan aktivitas yang abal - abal, hehe, tapi aktivitas yang berbobot karena mampu di monetize, walau pun bunda tahu masih banyak yang harus bunda pelajari dan jalan masih panjang untuk bunda jajaki di usia bunda yang sudah terlalu panjang ini. Insya Allah bunda masih mampu. Amin. (Amin bunda, semangat kita pasti memampukan kita melakukan hal - hal yang lebih hebat).


Adakah saran dan nasehat yang mau bunda sampaikan untuk para penerus bangsa (lewat tulisan)?

Sudah tentu ingin sekali bunda masih bisa mengalami masa - masa di mana generasi penerus menjadi manusia yang berkarakter positif.  Karena karakter ini akan membawa dampak yang sangat luas di dalam kehidupan bermasyarakat yang baik dan berakhlak, baik secara kesadaran berbangsa dan bertanah air ataupun beragama. Hal yang akan menghindarkan segala huru - hara yang tak berkesudahan. Amin. 


Setiap orang memiliki "kebutuhan" untuk merasa dibutuhkan oleh orang lain, begitupun kerinduan bunda untuk selalu dibutuhkan oleh keluarganya. Kata - kata itu mungkin sangat nyentil bagi kita ya? Ayo, udah berkomunikasi belum dengan orang tua kita hari ini (untuk teman - teman yang orang tuanya masih ada)? Sudahkah kita membuat mereka merasa dibutuhkan?


Semoga cerita tentang Bunda Yati ini bisa jadi inspirasi dan jadi semangat kita untuk selalu belajar, ngga perduli akan umur dan keterbatasan lainnya. Pokoknya harus selalu belajar untuk jadi lebih baik, tapi jangan lupa juga untuk berbagi ya. Apapun, ilmu, kesempatan, semangat, materi, apapun sesuai dengan kemampuan kita. Yuk berbagi :)). Dadah, sampai jumpa lagi, bunda mau ngopi dulu ya hahhahahahha. Cerita tentang blogger lainnya bisa kamu baca dibawah ini ya.


Arisan Link Blogger Perempuan


32 comments:

  1. eh ada Eka juga kan yaa itu

    ReplyDelete
  2. Bunda yati emamg jempol banget deh. Udah senior tapi mau belajar dan gaul pula, hehe. Aku baru sekali ketemu sama bunda yati di sebuah acara dan emang baik banget. Semoga bunda yati selalu sehat dan enerjik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ratna, Bunda Yati bisa jadi inspirasi untuk kita semua ya untuk selalu semangat dan mau belajar.

      Delete
  3. Seperti biasa, review kak ros cetar membahana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti biasa juga *sungkem Kanjeng Bunda Ratu hihihihi.

      Delete
  4. Wah, wah, wah, Roosvansia...bagus banget ulasannya dengan foto-foto yang di-create sedemikian rupa dan ini membutuhkan kecanggihan sistim IT, huhuhuuu...yang bunda belum bisa. Eh, itu yang background cabe rawit, koq bisa sih digabung seperti itu fotonya? Roosvansia gitu loh! Makasih ya. Boleh ya bunda copas foto-foto editan Roos untuk bunda afdruk dlan biasanya bunda kasih pigura tuh, hehe... dasar si bunda... Makasih ya untuk ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bunda, senang sekali kalau tulisannya berkenan hihihihihih. Tunggu foto di email ya hihihihih, senangnya bisa jadi kenang - kenangan.

      Delete
  5. Roosvansia, itu di cara apa kita ketemuan and kita belum kenalan. Postingan ini bagus banget jadi tersanjung si bunda. Trus yang cabe rawit itu, koq bisa sih fotonya di-reate seperti itu? keren. Boleh gak di copas fotonya dan boleh gak postingan ini bunda share ke anak bunda? Sekali lagi makasih ulasannya tentang bunda, sayang koq gak di kritik sih itu tampilan blog yang amburadul dengan labels yang gak bisa-bisa juga di rerranged, hiks. Sekali lagi terima kasih ya ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kenal di event perawatan kulit hihihihihi. Aku ngga suka klitik - klitikan ah bun, geliiiiii hahahahhahaahha. Terima kasih juga bunda sudah mampir yaaaa, sehat terus ya bun *muahhhhh

      Delete
  6. Bunda yg satu ini keren abiss... bahkan di usia yg sudah tidak muda lagi mampu terus berkarya. Hmmm, bisa menjadikan inspirasi positif bagi kawula muda, nih. Sehat terus ya, Bunda Yati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Eri, Bunda Yati jadi inspirasi untuk kita semua. Semoga kita juga gitu ya, semangat, berjiwa muda, terus berkarya hihihihih. Terima kasih sudah mampir mba Eri.

      Delete
  7. kalau liat anak muda punya prestasi, saya jadi malu. Liat yang lebih tua tetap eksis berkarya, saya tambah. (intinya saya pemalu *eh*)
    Tadi, udah mampir ke blognya bunda yati. Salut sama bunda, semoga keinginannya menjadi blogger yg sukses memanage blog terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahhaha, *eh eh eh ada pemalu hihihi. Jangan kalah sama bunda mba Lidha hihihihi, kita ngga boleh jadi pemalu ah, ayo terus berkarya. Semoga terinspirasi dengan tulisan tentang Bunda Yati ini ya :*

      Delete
  8. Iiihhh lengkap banget reportnya yang ini.
    Semua belajar banyak dari semangatnya bunda ya, Ros.

    Dan cita2mu kalau udah tua nanti mau tetep sasakan itu, hadeeehhh, inang2 kaliiiii.... *muah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhahaha, iya dong. Semangat kita, bunda aja bisa masa kita ngga hahahhahaha. AMEN!!! Harus jadi ibu - ibu yang sasaknya setinggi monas hahahhahah biar kece badai eda Susan hahahhahah *MWAHHHH*

      Delete
  9. Senangnya ya... di usia yg sudah tidak muda lagi, Bunda Yati masih terlihat sehat, segar dan semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Santi, Bunda Yati orangnya semangat, jadi sehat terus dan segar terus hihihihi.

      Delete
  10. wah hebat banget ini,..bunda.. sampai sekarang masih ngeblog, umur emang bukan menjadi penghalang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Ali, umur ngga jadi penghalang untuk berkarya ya. Semoga semangatnya bisa kita tiru dan lanjutkan ya mas. Terima kasih sudah mampir :))

      Delete
  11. Roos, terima ksih untuk ulasannya dengan foto-foto yang menarik, hehe...(jadi malu, narsis banget ney si bunda). Boleh ya, Roos, bunda share postingannya di Wall bunda. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama Bunda, narsis gapapa atuh kan momennya pas hihihihihi. Monggo bunda, silahkan di share. Semoga jadi inspirasi juga untuk teman - teman yang lainnya ya bunda.

      Delete
  12. Bu da Yati memang sumber semangat dan inspirasi ya mba. Postingannya asyik niih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Indah, bunda Yati bisa bikin kita jadi pengen bikin yang lebih baik lagi hihihihi. Terima kasih mba Indah.

      Delete
  13. Setuju mba.. kita kudu mencontoh semnagat bunda yati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tri, yuk sama - sama contoh semangatnya bunda Yati :))

      Delete
  14. Suka banget ini ulasannya ka Roos. Bikin terharu deh. Hehehe Beliau memang sosok wanita yang tegas, santun, ramah, ya, walaupun saya belum ketemu dan hanya mngobrol via telepon.

    Tulisannya keren.

    Salam hangat, :*
    Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh senangnya bisa berteleponan sama bunda hihiihihi. Iya mba Zia, semangat bunda luar biasa, bahkan bunda bisa lebih heboh dari pada kita yah hahhahahahaha.

      Delete
  15. Salam kenal bunda yati *mention bunda yati, eh gak bisa ya?? hehehe...
    Truly inspiring yak, 77 tahun masih sehat bugar.

    Daann setiap gw mampir ke blog ini, selalu ada aja yg baru dan makin jatuh cinta ma layout & editan fotona, kalau soal tulisan sih ga usah ditanya vani selalu detail bahas sesuatu. You Bravo girl! *mmuaaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali untuk calon mama cantik hihihihihi. AMEN!!! Kita jangan mau kalah ya sama bunda Yati hahahahahah, harus semangat. Apalagi kalau tiap pagi bisa lihat laut hihihihihi. Terima kasih ya sayang, baik - baik disana. Gonna miss u.

      Delete
  16. Bunda Yati ini mengagumkan deh, malu jadinya kalo kalah semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, jadi contoh yang baik untuk kita ya. Aku ngga mau kalahhhhhhhh hahahhahahhaa

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like