Monday, June 20, 2016

Baking Apple Pie with Kartini Blue Bird


Pernah dengar tentang Kartini Blue Bird? Belum? Sama, hahahhahahahha. Sebelum acara ini, aku juga ngga tau apa sih itu Kartini Blue Bird. Mungkin kalau dengar kata Blue Bird-nya kamu udah bisa menebak kalau ada hubungannya dengan Blue Bird. 

Tentang Kartini Blue Bird

Kartini Blue Bird merupakan program Corporate Social Responsibility PT. Blue Bird, Tbk. di bidang Pemberdayaan Perempuan. Dengan adanya program ini perusahaan berharap dapat membantu kaum perempuan untuk bisa maju dan membantu perekonomian keluarga. 

Kegiatan yang ada di Kartini Blue Bird merupakan program pelatihan keterampilan yang bisa diaplikasikan menjadi usaha rumahan. Jenis usaha yang bisa dijalankan di rumah menjadi suatu wujud karya bagi ibu rumah tangga yang memungkinkan untuk tetap menunaikan kewajiban mengurus keluarga.

Diikuti oleh 70 peserta pada tanggal 20 April 2013, Kartini Blue Bird memberikan kelas keterampilan menjahit secara gratis kepada para istri dan anak perempuan dari pengemudi PT. Blue Bird, Tbk. Kemudian di bulan Desember pada tahun yang sama, Kartini Blue Bird mengajak 200 istri dan anak perempuan dari pengemudi PT. Blue Bird, Tbk. untuk mengikuti kelas keterampilan Tata Boga. Setelah kedua angkatan tersebut lulus, para alumni terinspirasi untuk membentuk pusat pelatihan sendiri. Hingga akhirnya pada tanggal 6 November 2014, Kartini Blue Bird resmi memiliki pusat pelatihan sendiri yang memiliki 4 macam kelas keterampilan. Sampai tahun 2015, lulusan dari Kartini Blue Bird sudah mencapai 500 siswa yang terbagi dari kelas jahit, tata boga, bedding dan souvenir.


Beberapa waktu lalu aku ikut kelas bakingnya Kartini Blue Bird di Kolega, Senopati. Jadi Kolega ini semacam tempat yang bisa disewa - sewakan untuk perusahaan atau perorangan yang mau bikin gathering, seminar, atau sekedar untuk sharing, dll. Tempatnya emang agak mungil, tapi berasa nyaman dan suasananya tenang (psstttt, ada tempat parkirnya juga loh hihihihihi).


Sebelum belajar cara bikin  apple pie, ada ibu Noni Purnomo yang adalah Presiden Direktur Blue Bird menyambut kami dan memberikan sedikit cerita tentang bagaimana terbentuknya Kartini Blue Bird dan apa aja kegiatannya. Kalau kamu lihat foto diatas ada seorang ibu berhijab pink yang berdiri tepat disamping ibu Noni, beliau adalah ibu Tri Fatma.

Awalnya ibu Tri Fatma adalah salah seorang pengemudi taxi Blue Bird. Dulunya beliau sempat memiliki katering, jadi kemahirannya memasak dan membuat kue dilirik oleh ibu Noni dan sekarang ibu Tri Fatma dan istri - istri pengemudi Blue Bird lainnya saling bekerjasama untuk mengajarkan ibu - ibu lainnya untuk memasak dan juga membuat kue.


Ibu Tri Fatma menjelaskan kalau ingin membuat Apple Pie kita bisa menggunakan pie buatan sendiri atau pie siap pakai. Hari itu kami akan menggunakan pie yang siap pakai, merknya Edo. Kamu bisa beli di swalayan dengan harga sekitar Rp. 50.000,- (tapi kata ibu Tri, di pasar tertentu bisa lebih mudah). Kulit pie siap pakai merk Edo dikemas lembaran, satu lembar kulit pie bisa dibagi menjadi beberapa potong (sekitar 25 - 30 pcs) dengan ukuran 2 x 25 cm.

Bahan Pastry

250 gr Terigu Cakra
125 gr Butter (yang dingin)
75 gr Custer Sugar
75 ml Air Es
1/2 sdt Garam

Aduk semua adonan dengan mixer yang bentuknya spiral sampai kalis (tidak lengket, kalau masih lengket tambahkan tepung sedikit - sedikit), lalu istirahatkan adonan selama 1 jam, baru adonan siap digiling dan dibentuk menjadi persegi panjang (2 x 25 cm).



Kulit pie yang sudah dipotong - potong itu kemudian akan diisi dengan potongan apel yang sudah diolah sebelumnya. Sebelum kamu mengolah apel seperti diatas, pastikan kamu memilih apel yang bagus, mulus, dan jenis apel yang benar (Fuji, Royal, Malang, btw kalau ngga suka apel pake mangga Indramayu juga bisa), jangan pilih apel yang gembos ya.

Apel dicuci bersih lalu dikupas kulitnya (tidak usah dicuci lagi supaya manisnya tidak hilang), lalu potong - potong apelnya, rendam apel dengan air hangat (jangan sampai kerendam semua yang penting ada aja, air hangat gunanya agar apel tidak menjadi merah.

Siapkan panci, masukkan apple juice (ada juga yang menggunakan lemon juice, tergantung selera), kayu manis bubuk (kalau suka), dan biarkan sampai mendidih. Ketika sudah mendidih, masukkan apel dan biarkan selama 3 menit (yes cukup 3 menit saja biar apelnya ngga hancur). Setelah 3 menit, angkat apel dan tiriskan, dinginkan apel dan sisa rebusan. Ketika keduanya sudah dingin, maka apel bisa dimasukkan kembali ke air rebusan tadi dan simpan kedalam kulkas. Sebaiknya isian appel pie dibuat satu hari sebelumnya supaya rasanya menyerap dengan baik.

Perhatikan bagaimana kamu memotong apelnya ya, sebaiknya mengunakan alat pemotong agar ketebalannya sama. Tapi kalau ngga ada yowes rapopo potong manual aja dengan ketebalan 2 milimeter ya, kalau tebalnya sama maka akan lebih cantik saat digulung nanti.




Apel disusun saling bertumpuk disepanjang kulit pie, lalu gulung dengan hati - hati sampai membentuk bunga mawar. Kalau kamu ngga biasa baking mungkin kamu akan kesulitan saat menyusun dan menggulung, but it's oke namanya juga belajar toh?

Yang diatas ini appel pie buatan aku, cantik ya hahhahahaha *pamerrrrrr. Btw, sempet dipuji karena cakep *pamerrrrrrrr. Emang udah sering bikin? Ngga pernah sih, baru sekali ini hihihihi. Tapi aku sering liat tutorialnya di Youtube dan aku juga suka baking, jadi bisa deh *pamerajaterus hahahhahaha.



Panggang appel pie dengan suhu 180 derajat Celcius (api bawah) selama 30 menit (waktu bisa berbeda tergantung dari oven yang kamu gunakan ya). Setelah matang, selagi panas, taburkan gula diatasnya untuk mempercantik dan menambah rasa (sebaiknya menggunakan caster sugar agar tidak menyerap ke apple pienya).




Appe pie ala Roosvansia sudah matang, pas mau diambil eh eh malah diambil sama ibu Tri sambil berkata "Ini contoh yang bagus, silahkan difoto" #eaa padahal aku dah ngiler, terima kasih loh ibu Tri hahhahahaha. Mudah - mudahan next time aku diundang lagi kalau Kartini Blue Bird mengadakan acara berikutnya ya, aku pengen ikut beauty class, cooking class, jait class, payet class, dan class lainnya.


14 comments:

  1. Baca pagi-pagi gini di bulan puasa ko jadi pengen cepet buka... hahaha... selamat ya pie rose yang paling bagus.. sesuai namanya roos ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar sayang, sebentar lagi lebaran. Jadi bisa puas makan pie apple sebanyak - banyaknya kapan saja dan dimana saja hahahhaha

      Delete
  2. Hi kak Roos, wah senangnya bisa diundang kesana, tapi pas yang event tata boga ya, aku suka masak tapi kadang males juga kalo udah kelelehan kerja hahahah. Pengen banget bisa jait pake mesin, biar kalo permak - permak gak ribet ke tukang jait >.<, wah bagus ya blue bird ternyata peduli kepada kaum wanita, semoga berkah dan sukses dengan program kartini blue bird nya sehingga banyak mencetak kartini-kartini tangguh yang mandiri secara finacial meskipun tetap mengurus anak-anak dirumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, seneng bisa belajar dan ketemu temen - temen baru mba. Kalau mesin jahit sekarang ada kan tuh yang mungil bisa dibawa - bawa dan udh gampang banget dipakenya. Kalau cuma untuk permak - permak pasti bisa by nntn youtube aja, gampang kok mba Wuri.

      AMEN, semoga juga ada event lain lagi yang mengundang blogger dan mba Wuri bisa ikutan ya biar kita ketemu hihihihihi.

      Delete
  3. Loh loh loh poto pie nya yang ada bibir kak ros, mana?
    Kayanya pernah liat di ig atau dimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahhaha, ganti - gantian dong fotonya bunda. Kalau itu lagi yang dipake nanti bosyennnn tauuuuu hihihihihihi

      Delete
  4. Udah cantik, pinter bikin kue. Mau doooooong kuenyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu udah cantik, pinter MC hihihihihi. Sini sini

      Delete
  5. aku mau juga van di undang ke acara memasak.. ini tepung terigu favorite keluarga.. paling pulen buat di buat bakwan kekekekekek Puasa bu.. Puasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini padahal boleh banget dateng loh Dine. Tapi agak jauh dr kamu, jadi ngga mungkin kasih taunya last minutes ya. Emberrrrrr Bogasari emang pilihan terbaik hihiihi

      Delete
  6. Cantik apple pie-nya kayak bunga mawar haha. Aku suka banget apple pie. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Haya, tinggal gulung - gulung jadi deh hihihihihi. Ayokkk bikinn apple pie sama aku hahhahaha

      Delete
  7. bagiiiii ^o^ ...kliatannya enaaak mbak ;).. Apple pie itu kesukaanku.. apalagi kalo ada aroma kayu manisnya yaa.. duuuh, bisa ga sadar nyemilinnya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, hanya so much better kalau dipanggangnya lebih lama biar pastrinya itu kelihatan serat - seratnya gitu mba hihihihi.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like