Monday, June 6, 2016

Grand Opening Sukiya Tokyo Bowls & Noodles, MOI


"For as long as we can remember, Tokyo bowls have been a staple in a wide range of Japanese diets because of their convenience and substance. Times are changing, and while we would never to forget a culture as rich as ours, we must evelove to meet the needs of today's fast-paced environment and welcome all inspiring things to come. It's the combination of a deep Tokyo culture and new energy that continues to bring vibrant youth through the same doors that stood for ages."




Satu lagi restoran baru hadir di Jakarta. YAY!!! Senangnya bisa jadi salah satu dari sekian banyak undangan yang bisa turut hadir dalam acara grand launching gerai Sukiya di Mall Of Indonesia. Terima kasih Blogger Crony yang sudah mengundang aku hihihihi. Kalau kamu suka makan, kamu pasti suka Sukiya. Apalagi kalau kamu suka makanan Jepang, kamu pasti suka Sukiya. Bahkan kalau kamu suka anime Jepang, kamu pasti juga suka Sukiya hahahhahaha. Loh kenapa? Kok gitu? Pede amat? Bzzzzzz, beneran. Sebelum bikin kamu - kamu ngiler, yuk simak dulu yang berikut ini.

Sukiya adalah restoran "Gyudon" (Beef Bowl) berantai nomor 1 di dunia, yang tersebar di Jepang, China, Thailand, Malaysia, Indonesia, Mexico, dan Brazil. Memiliki 2.150 outlet per April 2016. Pertama kali dibuka di Yokohama pada tahun 1982, Sukiya berkomitmen hanya menyajikan "Gyudon" dengan toping bervariasi dan makanan pendamping yang bisa disajikan langsung dari dapur dalam keadaan panas.



Menu unggulan Sukiya yang paling diminati oleh orang Jepang (dan pastinya diminati juga oleh orang Indonesia adalah Gyudon. Gyudon adalah irisan daging sapi dan bawang bombay yang ditumis dengan bumbu rahasia Sukiya dan disajikan diatas nasi hangat. Sementara hidangan lain yang juga diminati adalah Chicken Katsu Bowl, yaitu perpaduan dada ayam yang dibalut tepung dan digoreng (katsu) yang disajikan diatas telur orak arik dengan saus jepang dan nasi hangat. Nah kan, bacanya aja udah ngiler, gimana makannya hahahhaha.

Pertama kali Sukiya dibuka di Baywalk Mall Pluit pada September 2014, lalu pada tahun berikutnya Sukiya juga hadir di AEON Mall BSD City, Central Park, Lippo Mall Puri, dan Mall of Indonesia. Berbeda dengan Sukiya yang lain, Sukiya MOI memiliki konsep baru. Kalau kamu mengunjungi Sukiya MOI, pada dindingnya kamu akan melihat perpaduan gambar - gambar mangga, anime dan juga budaya tradisional Jepang, Nebuta. Kesannya Jepang banget tapi fresh dan modern.



Minggu pagi menuju MOI, aku langsung mencari lokasi Sukiya, satu kali naik eskalator dari parkiran yang diluar MOI, lalu belok ke kiri, langsung deh ketemu Sukiya. Senangnya pagi - pagi melipir mau icip - icip Beef Bowlnya Sukiya hahhahhaha (aku anaknya suka makan, makanya tembem).



Kami disambut oleh Mr. Toshikazu Yamamoto selaku Presiden Direktur PT. Zensho Indonesia (Sukiya Indonesia), beliau cukup lancar berbahasa Indonesia. Keren! Mr. Yamamoto menyampaikan, seperti misi dari Sukiya, Sukiya Indonesia ingin menyajikan makanan yang aman, lezat, disukai dan mengenyangkan. Mr. Yamamoto berkata kalau Sukiya itu artinya adalah rumah, oleh karena itu Sukiya ingin pengunjung bisa menikmati makanan enak dan berkualitas seperti dirumah sendiri.

Sukiya-zukuri (数寄屋造り ?) is one type of Japanese residential architectural style. Suki means refined, well cultivated taste and delight in elegant pursuits and refers to enjoyment of the exquisitely performed tea ceremony. (wikipedia)

Tidak hanya Sukiya, tapi juga Suki Cha. Suki Cha adalah minuman dingin yang berbahan dasar Matcha. Matcha sangat disukai di Jepang dan tentunya di Indonesia. Matcha Suki Cha ini unik, ngga cuma rasa Matcha yang di mix dengan eskrim yang enak, tapi juga ada sensasi buah - buah segar, asam, menggugah selera. Kamu harus coba.



Suki Cha MOI adalah yang pertama di Indonesia. Perpaduan Matcha dengan buah Lemon, Peach, dan Lychee itu rasanya unik banget. Oia, aku juga suka Suki Pop nya, rasanya seger, ada rotinya yang cukup bikin kenyang juga. Selanjutnya ada jamuan minum teh untuk para tamu undangan. Minum teh adalah salah satu hal yang bermakna banyak bagi orang Jepang. Teh yang dibuat tidak sembarangan, teh hijau pilihan yang diramu sedemikian rupa dengan alat dan teknik khusus.



Aku jadi salah seorang yang beruntung bisa mencicip teh hijau yang diramu langsung oleh orang Jepangnya. Wahhhhhh, keren. Jadi sebelum makan teh, ada kue yang dibagi - bagi, kue itu rasanya enak, dan manis sekali. Rasa manisnya nanti akan jadi seimbang saat kita sudah meminum tehnya.

Minum tehnya juga ngga sembarangan asal minum ternyata. Setelah teh sampai ke tangan kita, kita putar mangkuk 90 derajat dalam 2 kali memutar (aku lupa alasannya kenapa ya harus 2 kali), lalu minum tehnya pelan - pelan. Satu seruput terakhir lakukan dengan agak cepat dan berbunyi, itu artinya kita menghormati orang yang telah membuatkan teh tersebut untuk kita.

Wahhhh, gitu ya?. Kalau di Indonesia justru agak ngga sopan minum bunyi - bunyi seruput gitu ya hihihihi, senangnya bisa belajar sedikit budaya Jepang. Nah, udah perkenalan, udah cerita ini cerita itu, udah minum teh, trus kapan makannya? SABARRRRRRR neng, makanan segera datang. Kamu mau makan yang mana, silahkan.



Enak, enak, enak. Pesananku adalah si Triple Cheese ini. Aku sukaaaaaa sekali dengan keju, dan ada nasi dikasih daging ditabur keju ahhhhhhh rasanya MAKYUSSSSS. Oia, Sukiya ngga cuma ada Gyudon atau Mayo Gyudon, tapi ada juga Teriyaki Chicken, Kare, Kids Meal, dan Side Dishnya (Karage, Beef Plate, Kangkung, Miso, Beef Croquette, dll). Kalau untuk minuman sendiri hanya ada Soda, Ryoku-cha (Green Tea), Lemon Tea, dan Mineral Water. Seluruh menu (kecuali Kids Meal dan Side Dish) memiliki 2 ukuran, Reguler atau Large. Yuk segera melipir ke Sukiya terdekat, hihihihihi.


Harga :

Gyudon Rp. 29.090,- sampai Rp. 43.636,-
Mayo Gyudon Rp. 31.818,- sampai Rp. 46.363,-
Teriyaki Chicken Rp. 24.545,- sampai 34.545,-
Kare Rp. 29.090,- sampai Rp. 48.181,-
Kids Meal Rp. 29.090,-
Side Dish Rp. 4.545,- sampai Rp. 18.181,-
Drinks Rp. 7.272,-


SUKIYA

Baywalk Mall Pluit - 4th Floor
AEON Mall BSD Cituy - 3rd Floor
Central Park Mall - LG Floor, Unit LG 130
Lippo Mall Puri - LG Floor, Unit LG-10

26 comments:

  1. Ya ampuuun Roos kalo nulis kompliiiiitttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nulisnya ngga kumplit nanti aku dijewer mak Tanti hihihi aku takuttttttt, btw itu kumplit pake telur loh mah hahahhahaha.

      Delete
  2. Wihhhh aku dah balik sana dua kali lho mb hehehe ajak keluarga pula hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh, asiknya mbaaaa makan - makan sama keluarga. Aku rencana minggu depan nih mau yang ke AEON. Semoga ngga ada halangan hihihihi.

      Delete
  3. Jepang emang terkenal dgn tehnya. Jadi ngiler euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ito, rasanya agak pahit tapi enak di tenggorokannya. Trus hangat di perut hihihi

      Delete
  4. Chicken katsu bowlnya aaaaaakkkkk. Aku baru buka puasa liat ini jadi laper lagi masa. Untungnya deket nih di MOI, harganya juga masuk akal, ngga beda lah sama restoran beefbowl sebelah. Duh minum tehnya ribet ya kak, kalo salah dipelototin nggak kak? Hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa itu, kan kita perutnya karet hhihihihihi. Iya ada di MOI Dian, masih terjangkau. Porsinya cukup banyak dan bikin kenyang kok, aku sampe ngga abis. Nggalah, salah ngga dipelototin tapi diajarin hihihi.

      Delete
  5. Glek! Belon ada ya di Bandung, harganya kurang lebih sama dengan Marugame Udon ya. Dan itu pilihan matchanya banyak banget :D Tertarik ritual minum tehnya euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bandung belum ada, aduhhh kalau di Bandung mah ngga ada yang ngalahin. Bandung kota sejuta wisata, makanan, oleh - oleh, dan kenangan #eaaaaakkk hahahahahhaha. Iya mba, ritual tehnya menarik ya? Unik soalnya.

      Delete
  6. Hayuu...kita ke sana, hehe..di Jakartanya di mana tuh? Pasti jauh dari Pamulang. Roos, foto-fotonya begitu jelas genjreng banget, indah pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling deket dari Pamulang di AEON bunda, masih deketlah itu hihihih. Ayooo ajak jalan cucu - cucu melipir ke AEON. Semoga bunda seneng baca tulisannya ya.

      Delete
  7. Aku menyesal telat baca ini padahal kemarin dari MOI. Lewat Sukiya ini dan rameeee jadinya ga mampir. Btw yang porsi regular kenyang ga si? Apa harus pesan 2 porsi large? *kalap buka puasa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pesen porsi Reg sih kenyang mba, kan kita minum juga, makan es krim juga hihihihi, berhentilah sebelum kenyang biar ngga buncit kayak aku hahahhahahaha

      Delete
    2. Seporsi eh tapi banyak amat side ordernya. Sama aja 3porsi itu mah. Huahahahah

      Delete
    3. Ahahahahhaa, gapapa yang penting nasi cukup 1/2 bowl, lauk banyak mah ngga papa bunda hahahahahhaa

      Delete
  8. suka sama triple choice nya. rasanya gimana gtu,sayang di Depok belum ada, semoga segera dibuka juga disini supaya gak terlalu jauh klo kepengen .heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Mira, enak yaaaa. Mudah - mudahan ya segera meluncur ke Depok. Pasti pada banyak yang suka.

      Delete
  9. Wah harganya bersahabat di kantong nih. Kalo ke moi boleh juga nih mampir kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ratna, semua masih terjangkau ya. Rasanya juga enak dan banyak pilihannya.

      Delete
  10. Kmrn aku ke moi, udh mah msk ke sukiya ini, tapi krn cm bawa debit card, mereka g bisa trima kartu :(, secara udh laper berat dan kita udh males hrs cari atm, tpkasa makan d resto yg bisa pake kartu. Tp ntr mw balik nyobain mbak. Kmrn aja aku udh ngiler bgttt liat menu2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Fanny, mungkin krn baru launching x ya jadi sistemnya blm jalan bagus. Ahhh kalau aku sih better makan dulu aja. Pas udah kenyang baru jalan ke ATM, tapi ada yang nunggu juga ke resto. Soalnya sayanggg melewatkan Sukiya ini hahhahahhaa.

      Delete
  11. Hai mba Roosvansia, salam kenal ^^
    Lengkap banget itu tulisan nya heheheh, nice info mba. Pas banget liat foto-foto makanannya pas siang-siang puasa gini :( hahahahha.
    Yang paling penting ada info price nya (hihihihhi)
    ntar coba ahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Wuri, ahhhh maafin yaaaa hihihihiih. Iya info harga itu penting, jadi ada gambaran kira - kira mau spend brp banyak. Ayo buka puasa di Sukiya, pasti ketagihan hahahha. Terima kasih sudah mampir ya mba.

      Delete
  12. Aku salah waktu nih mampir ke postingan kamu yang ini :( harusnya maghrib aja. Liat Gyudon jadi ngiler. Huhuhu... aku suka makanan jepang asal bukan sushi mentah karena trauma makan sushi ada timun di dalamnya. Selain sushi mentah aku sukaa.. Sukiya ini jadi rekomendasi resto jepang buat aku datangi nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhahah, maafinnnn yaaa mba'ku sayang hihihihi. Kalau sushi identik sama timun emang, kenapa mba ngga suka makan sushi? Kalau aku pemakan segala hihihihi, sushi mentah, mateng, gosong juga dihajar bleh hahahahhaha *rakus

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like