Saturday, June 18, 2016

Wisata Alam Ujung Genteng, Sukabumi




Sebentar lagi lebaran, aku jadi teringat lebaran tahun lalu aku mengunjungi rumah kerabatku di daerah Sukabumi. Bermacat - macatan ria bersama pemudik yang lain, lalu singgah di Rest Area untuk makan siang dan istirahat sebentar, lalu kembali melanjutkan perjalanan. Sesampainya disana ngga lupa menikmati kue - kue lebaran, rendang, opor, dsb, lalu duduk - duduk di saung - saung belakang rumah sambil menikmati udara Sukabumi yang sejuk. Ah senangnya, rasanya pengen lagi ke Sukabumi. 

Sukabumi adalah salah satu bagian kecil dari Tanah Pasundan. Sukabumi merupakan kabupaten terbesar kedua setelah kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tanah Pasundan, seakan tak ada habisnya diperbincangkan tentang wisatanya. Tak hanya terkenal dengan budayanya, kuliner dan obyek wisata di Tanah Pasundan seakan tak habis untuk bisa dijelajahi karena begitu banyak dan begitu luasnya tanah ini. 

Di Sukabumi terdapat sebuah area wisata alam yang banyak dikunjungi karena keindahan alamnya, tapi untuk sampai kesana dibutuhkan perjuangan lebih karena melewati jalanan semi off road, senangnya kalau bisa kesana naik Jeep hahhaahha (off road pake Jeep CJ7 adalah satu wishlist aku yang harus banget dipenuhi suatu saat nanti). Capek dijalan pasti terbayarkan ketika melihat keindahan Wisata Alam Ujung Genteng. Melihat foto - fotonya aja udah berhasil bikin aku superrrrrr ngiler pengen pergi kesana.




Wisata Alam Ujung Genteng  menawarkan keindahan pemandangan Pantai Laut Selatan. Pada umumnya Pantai Laut Selatan terkenal memiliki ombak yang cukup besar, namun ombak di Pantai wisata yang ada di Ujung Genteng yang juga terletak di Laut Selatan tidaklah terlalu besar. Disamping itu, di Wisata Alam Ujung Genteng juga ada air terjun yang ngga kalah indahnya.

Mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan, pada pagi hari di pesisir pantai disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dan kesibukan para nelayan. Pagi - pagi banyak dijajakan pantai hasil laut yang masih segar seperti ikan, cumi sotong, udang, dan lain - lain. Kapan lagi bisa makan seafood fresh from the ocean? hhiihihihi. Ngga usah takut sama harganya, yang pasti lebih murah dari di pasar (ya iyalahhhh). Jangan takut untuk nawar tapi tawarlah sewajarnya ya, meskipun semua hasil laut gratis dari Sang Pencipta tetap saja usaha para nelayan mengarungi lautan harus kita hargai dengan baik, agar mereka juga mencapai kesejahteraan hidup.

Untuk kamu yang akan berkunjung ke Wisata Alam Ujung Genteng, jangan khawatir tentang penginapan. Ada kurang lebih 33 hotel di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi dan rata - rata ratingnya sangat baik, jadi kamu bisa berlibur dengan nyaman, aman dan menyenangkan. Kamu tinggal tentukan tanggal keberangkatan, lalu booking hotelnya di Traveloka, gampang, aman, harganya juga murah, dan banyak promonya hahahhahaha. Jangan lupa untuk siapkan fisik yang sehat, istirahat cukup, makan yang bergizi, pastikan kamera dan hp dalam keadaan full batterai, dan jangan lupa kunjungi beberapa tempat berikut ini :

Pantai Pangumbahan

Ombak di Pantai Pangumbahan cocok sekali untuks surfing, jangan lupa bawa papan surving kamu, kalau kamu ngga bisa surving ya udah ngga papa. Pastikan kamu pake baju renang yang kece (kece loh ya, ngga usah seksi - seksilah tapi kece aja hahahha), siapa tau ada bule - bule ganteng lagi surving hahahhahah. Oia, kamu perlu tau kalau Pantai pangumbahan juga dijadikan tempat penangkaran penyu hijau, pada malam hari kamu bisa melihat penyu - penyu yang bertelur. Kalau kamu datang pada waktu yang tepat, kamu juga bisa menyaksiskan proses pelepasan anak penyu ke pantai.


Penyu Hijau yang memiliki nama latin Chelonia Mydas merupakan hewan yang keberadaannya terancam punah, dan Penyu Hijau dilindungi secara hukum oleh pemerintah dan undang - undang. Oleh sebab itu dapat menyaksikan salah satu hewan langka di pantai ini adalah sebuah daya tarik tersendiri, dan cukup dilihat saja ya, jangan dibawa pulang. Biar para penyu tinggal di habitat aslinya, supaya jumlahnya semakin berkembang dan tidak sampai punah.


Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombat Tujuh ini merupakan surganya para peselancar. Nama ombak tujuh sendiri diambil dari fenomena ombak yang ada di pantai ini bisa mencapai tujuh tingkat yang semakin memacu adrenalin para peselancar. Hanya sayangnya, untuk sampai ke Pantai Ombak Tujuh jarak tempuh jauh dan sarana transportasi masih sangat terbatas. Satu - satunya alat transportasi adalah dengan menggunakan ojek motor. Tapi it's worthed, seperti kata pepatah "Bersusah - susah dahulu, berselancar kemudian" hahahhahaaha *maksa.

Pantai Cibuaya

Kalau transportasi menuju pantai ombak tujuh masih terbatas, lain lagi dengan Pantai Cibuaya. Kalau berkunjung ke Wisata Alam Ujung Genteng, wisatawan bisanya juga singgah ke Pantai Cibuaya. Lokasinya yang lebih mudah dijangkau menjadikan pantai ini salah satu pantai wisata favorit di Ujung Genteng. Ombaknya tenang, jadi asik sekali untuk kamu yang mau bersantai main - main air, atau berenang.


Lokasinya yang strategis semakin ditunjang dengan keberadaan banyak hotel dan penginapan disekitarnya. Rugi banget kalau kelewatan sunset di Pantai Cibuaya, jadi pastikan kamu memilih hotel yang tepat. Nah, hotel mana yang paling kece di Sukabumi? Yuk segera melipir ke Traveloka, selamat pilih - pilih hotel hihihihi. 

Wisata Alam Ujung Genteng ternyata tidak hanya Pantai, curug atau air terjun dengan pemandangan yang indah juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. ICurug Cikaso yang menjadi salah satu wisata alam favorit di Ujung Genteng.

Curug Cikaso 

Curug ini terletak agak berjauhan dengan lokasi pantai - pantai yang ada di Ujung Genteng. Curug Cikaso terletak di Kecamatan Surade, Sukabumi. Pemandangan tiga air terjun berjajar dengan tinggi yang bervariatif menjadi keunggulan dari Curug Cikaso. Pepohonan yang rindang ada disekelilingnya, menambah sensasi kebahagiaan para pengunjung yang menikmati rasa menyatu dengan alam. Derasnya air terjun Curug Cikaso membuat kolam air terjun memiliki kedalaman mencapai 3 meter saat musim penghujan tiba.

Untuk kamu yang mau menikmati berenang atau berendam di bawah kucuran air terjun, pengelola juga menyediakan jasa penyewaan sewa ban. Meskipun lokasinya yang agak jauh dengan pantai - pantai sebelumnya, tapi jangan sekali - sekali sia - siakan kesempatan untuk berkunjung ke Curug Cikaso ya.

Semoga tulisan ini bisa jadi inspirasi untuk kamu yang masih bingung mau liburan kemana di lebaran kali ini hihihihi, jangan lupa selalu buang sampah pada tempatnya supaya pantai - pantai indah di Ujung Genteng tetap bersih dan terawat, jaga cara berpakaian, jaga juga tutur kata dan selalu bersikap baik, perhatikan keselamatan, dan jangan lupa foto - foto yang banyak untuk kenang - kenangan hihihihihi. Have a good day.

Thank you
Photograph by. Rampith Ritz, Hendy Widyaningrat, AjiGoen, Chocky Halomoan S [FLICKR]

10 comments:

  1. Ngeliat yang biru-biru gini aku jadi pengen liburannn. Huhuhuhu.

    Anak penyunya lucu yaaa. Pengen suatu saat liat dehhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuklah kita liburan Lia. Aku juga suka liat lautannnn, tapi krn ngga bisa berenang jadi aku di pinggir2 ajalah ya hahahhaaha. Iya penyu - penyu yang akan berjuang hidup, entah berapa yg akan selamat.

      Delete
  2. Jadi inget ke ujunggenteng nungguin penyu bertelur sampai malam2 ngak tidur hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, pengalaman seru banget sampe nungguin gitu mas. Eh eh eh tapi tengah malem itu ada yg serem - serem ga hahahahahha *kebanyakan nonton tipi hahhahaha

      Delete
  3. Ahhhh aku juga pernah kesana.
    Kapok aku ke pantai ombak tujuh, perjalanannya mendaki gunung turuni lembah ala ninja hatori kak ros.
    Berangkat naik ojek, pulang naik sampan. Naik sampan aja 1,5jam. Kebayang dong kalo naik ojek brp lama????

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASTAGA!!! Kok bunda mau naik ojekkkk, kenapa ngga digendong manja sama papanya si ganteng aja hahahhahaha. Aku ngga mau bayangin, bayanginnya aja bokong udah pegel, teposss, apalagi ngerasainnya. Ahhhh aku di pantai yg deket - deket hotel ajalah bunda hahahhaa.

      Delete
  4. ujung genteng ini ga bisa aku lupain, karenaaaa..setelah pulang dari sanalah aku hamil hahaahaha ;p. setelah 10 bulan usaha tnpa hasil mbak :D.. kita nginepnya di penginapan Hexa... trs liat penyu bertelur malam2 buta, ke curug cikaso udh pasti.. yg aku suka seafood di sana sumpah murahnya kebangetaaaannn tapi enaak :D.. trs ada juga penjual karedok yg enak bgt di salah satu warung warga..ga bisa lupain rasanya krn pake campuran mangga muda ;p ..mana sambelnya super pedes pula.. duuuh, pgn balik kesana lagi -__-..tp ga pengen pulang2 bawa hasil lagi ;p ..udh cukup 2 babies ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaaahh, jadi jadi jadi adik kecil "oleh - oleh" dari Ujung Genteng hihihihihi. ASIKKKKKK! Mungkin krn tempatnya yang indah, udara masih enak, makanan juga enak, jadi pikiran dan tubuh mba Fanny juga relax. Kalau mau hamil hrs tenang kan? Ngga boleh tense gitu hihihiih *sotoy.

      Seafood enakkkkkk aku ngiler dengernya. Untung ini dah abis mamam ikan mas pindang buatan mama, ya lumayan lah ya kebayar dikit ngilernya hahahahahhaaha. Ayok kesana lagi bawa anak - anak, main sama anak - anak juga mba, jangan deket - deket papanya hahahahhaha.

      Delete
  5. penyu nya unyu-unyu banget ih, udah lama gak ke pantai jadi baper liat nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhahahha, iya lucu ya masih piyik - piyik. Aku juga dah lama banget ngga ke pantai, kangen pasirrrr euy hahahhahahah.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like