Sunday, July 10, 2016

[Holla Fauzia Subhan] She's A Wife, Mother, Writer, and Also English Teacher


Halo halo, ketemu lagi dengan tulisan tentang Arisan Link Blogger Perempuan berikutnya hihihih. Kali ini yang beruntung untuk diubek - ubek blognya adalah mba Fauzia Subhan, yang lebih akrab dipanggil mba Zia (www.ruangbacadantulis.com).

Mba Zia adalah salah satu blogger senior nih hihihihi, ngeblognya udah dari tahun 2006, mirip - mirip sama bunda Ratu Sya (bunda Ratu mulai ngeblog dari 2004). Jaman 2006 itu aku masih kuliah, ngga kepikir nulis blog, pikirannya cuma makan, nonton, jalan - jalan *dasar pemalas hahhahaha.

Dari belasan tahun menulis blog, mba Zia punya banyak cerita menarik yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Ngga heran mba Zia jago bahasa Inggrisnya, wong pernah jadi pengajar bahasa Inggris di Sony Sugema Collage hihihi. Jadi urusan bahasa Inggris mba Zia udah khatam deh.

Cukup fresh di ingatanku satu hal tentang mba Zia, yaitu foto - foto Instagramnya yang didominasi dengan warna hitam putih. Aku ingat aku pernah komentar di salah satu fotonya, foto anak - anak yang sedang menggunakan kostum daerah Papua. Itu untuk pertama kalinya aku kenalan sama mba Zia di dunia maya dan karena itu, aku memutuskan untuk menggunakan foto - foto hitam putih di tulisan kali ini.


Foto tiga orang anak kecil di tengah itu loh yang menarik perhatian aku waktu itu. Dan yang aku suka, mba Zia ngga hanya menampilkan foto, tapi ada keterangan dibawahnya agar kita memahami arti dari foto itu, berikut isinya :

ziasubhan :


[Anak-anak bersiap untuk menarikan salah satu tarian tradisional Indonesia asal Papua]


Tari Sajojo adalah sejenis tari pergaulan rakyat yang berasal dari Papua. Pulau yang paling Luas dengan Keadaan Geografisnya yang Terjal, terletak di ujung Timur Indonesia. Papua juga terkenal dengan Cartenz Pyramid, pemilik salju abadi di puncaknya, menjadi daya tarik tersendiri, bagi para wisatawan. Kemudian lautnya yang Terkenal Jernih dengan Pemandangan yang begitu Eksotik dan Biota laut yang masih langka pun ada di Papua. Selain keindahan alamnya, kesenian dan budaya tradisional Papua adalah kekayaan tersendiri yang diciptakan dan dimiliki oleh masyarakat Papua.

Papua adalah provinsi yang kaya dengan seni budaya dan suku adatnya, masyarakatnya telah memiliki dan mengembangkan seni tarinya tersendiri baik secara turun temurun atau seni tari kontemporer sebagai bentuk ekspresi diri, salah satunya adalah tarian sajojo ini. Lirik lagu dalam tarian sajojo bercerita tentang seorang gadis cantik yang diidolakan oleh pemuda-pemuda di kampungnya. Salah satu jenis tari pergaulan ini mulai populer pada tahun 1990-an. Awalnya di kalangan militer yang pernah tugas di Timor, Maluku dan Irian. Tari Sajojo, memiliki kekhasan pada gerakannya yang meloncat bongkok, dengan dimulai dari kaki kiri. Iringan musik Sajojo, biasanya beirama Cha Cha Cha Ambon medly.

Saking populernya tarian dan nyanyian Sajojo ini, kita dengar dimana-mana, hingga banyak sekolah, lembaga dan kelompok masyarakat memperlombakan tarian Sajojo. Bahkan tari sajojo telah dimodifikasi meski tanpa meninggalkan unsur - unsur aslinya. 

Kepopuleran tari Sajojo didukung pula oleh karakter tarian itu sendiri. Jenis tarian Sajojo adalah tarian grup yang tidak dibatasi jumlah penarinya. Seperti halnya tarian Yospan, siapa pun boleh turun dalam kesukarian sebuah kebersamaan. Ditambah dengan iringan musik yang dinamis, menghentak dan menggembirakan. Sehingga sangat kentara nuansa kebersamaan dan pergaulannya. Inilah salah satu karakter menonjol dari karya seni tradisional masyarakat Papua daerah pantai.

Sumber informasi: KebudayaanIndonesia.net




Menarik ya? Ada edukasi yang coba disampaikan mba Zia dalam postingan Instagramnya. Kalau kamu penasaran untuk tau lebih dalam tentang mba Zia dan kehidupannya, berikut ini ada wawancara aku sama mba Zia.


Mengapa blog dan sejak kapan mba Zia menulis blog?

Sejak tahun 2004 saya sudah sering berselancar di dunia maya. Banyak informasi yang saya cari melalui internet, banyak artikel informatif dari pengalaman-pengalaman yang dituangkan dalam website pribadi, seingat saya sebutan 'blog' masih belum popular (hmm, apa jangan - jangan saya yang kurang update) waktu itu. Menurut saya ini media yang bagus untuk menuangkan isi kepala lewat tulisan.

Pada tahun 2006 saya memutuskan untuk membuat blog juga, www.zia-blog.blogspot.com dibuat untuk jurnal hidup sehari - hari yang siapa tahu ada pelajaran yang bisa diambil pembaca. Melalui blog saya bisa berbagi pengalaman /pemikiran, menulis puisi, atau sekadar menuangkan pemikiran random.

Awalnya saya membuat blog post kebanyakan dalam bahasa Inggris, walaupun masih acak-acakan, tanpa mempedulikan grammar atau composisition. Maklum masih mahasiswa baru (tahun ke-2) jurusan Bahasa Inggris. Hehe.

Tahun 2013 blog saya migrasi (private domain) ke www.zeelhouette.com, karena blog ini untuk artikel berbahasa Inggris maka saya membuat blog khusus berbahasa Indonesia www.ruangbacadantulis.com tahun berikutnya. Setelah bergabung dengan berbagai komunitas blogger barulah saya lebih mendalami dan konsisten ngeblog.




Bagaimana mengatur waktu antara menulis blog, pekerjaan, dan peran menjadi ibu rumah tangga?

Urutan tugas dari yang paling utama yaitu peran sebagai ibu rumah tangga, setelah itu pekerjaan sampingan, dan yang terakhir ngeblog. Setelah semua kerjaan rumah selesai baru saya luangkan untuk pekerjaan sampingan membuat content writting dan mengajar di rumah, dan untuk ngeblog dikerjakan di waktu luang dan santai.


Sebelum menikah, apakah ada pembicaraan khusus dengan suami agar diperbolehkan terus menulis blog? 

Sebelumnya suami sudah tahu kalau saya suka menulis dan ngeblog. Dia pun bergiat di dunia IT dan yang memigrasikan blog saya ke private domain karena dia tahu kalau kesempatan blogger saat ini terbilang cukup terbuka untuk berkembang malah bisa jadi profesi yang menyenangkan. 


Apakah menjadi seorang blogger membawa perubahan postif atau negatif pada hidup mba Zia? 

Dunia blog memberikan manfaat dan perubahan positif selain bisa bertemu dengan banyak blogger ispiratif, pengalaman kita yang dituangkan melalui blog pun insya Allah bisa bermanfaat untuk orang lain. 


Apa pencapaian mba Zia sampai sekarang yg sudah diraih dan apa yg masih mba Zia inginkan? 

Alhamdulillah sudah mendapatkan sedikit penghasilan dari jerih payah ngeblog, sedangkan dari menulis sudah menerbitkan satu buku antologi, dan pencapaian yang ingin diraih itu bisa menerbitkan buku tunggal (semoga bisa segera). 


Adakah satu cerita suka atau duka duka yg pernah mba Zia alami saat menghadiri satu acara blogger?

Sejauh ini setiap menghadiri acara blogger nyaris tanpa duka. Alhamdulillah suka terus yang didapat, bertemu banyak teman - teman blogger yang saling berbagi ilmu dan referensi. 


Adakah teman2 blogger yg kini menjadi sahabat unt mba Zia? Berbagi cerita dan saling mendukung satu sama lain? Ceritain dong hihhihihihi. 

Saya baru bergabung dengan komunitas blogger setahun kebelakang ini dan bertemu banyak blogger yang ramah dan baik. Belum punya blogmate, tapi buat saya kebanyakan teman - teman blogger selalu saling mendukung satu sama lain. 


Nah lalu gimana dengan blogger yg suka sekali bersaing dgn mba atau yg kurang suka jika mba berhasil? Bagaimana menyikapinya? 

Sejauh ini blogger - blogger selalu bersaing secara sehat dan tanpa merugikan satu sama lain. (karena pertanyaan ini obrolan kita jadi makin panjang ya mba Zia hahahhaahahha). 


Menurut mba Zia, bagaimana seharusnya sikap kita menjadi seorang blogger? Dalam bertutur, bersosial media, maupun berpenampilan? 

Dari tiga hal yang disebutkan, bertutur, bersosial media, dan berpenampilan, bagi saya yang paling mencerminkan baik buruknya seorang blogger dari apa yang disampaikan melalui tulisan yang pasti harus dengan tutur bahasa yang baik, positif, tidak menjatuhkan atau menyinggung. Sedangkan untuk penampilan diserahkan ke diri masing - masing karena setiap blogger sebetulnya punya gaya khas tersendiri. 


Pesan - pesan untuk teman2 blogger lainnya atau untuk yg baru mau mulai menulis blog? 

Pesan untuk teman - teman blogger, tetap saling mendukung dan menginspirasi. Untuk yang baru melangkah ke dunia blogging, jangan berhenti belajar dan berbagi hal baik


So, that's all tentang mba Fauzia Subhan. Next, siapa lagi yang aku bahas ya? Tungguin aja ya, siapa tau mereka bisa jadi inspirasi untuk kamu yang ingin juga menjadi blogger atau yang ingin makin serius menekuni dunia blog. Baca juga tulisan tentang sosok yang lainnya dibawah ini.


Arisan Link Blogger Perempuan

10 comments:

  1. Pertama liat dan baca langsung terpesona sama tulisannya, terharu...

    Aduduh aku masih belajar kok ka Roos, ngga jago pake banget bahasa Inggrisnya. hihihi

    Ka Roos, makasih banyak reviewnya. Aku suka gambar quotesnya jadi keren banget itu. Terima kasih udah dibikin jadi cantik. *hugs!

    Sukses terus ya kak Roos, lancar buat semua rencananya. GBU :*

    Warm regards,
    Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihhhhhhhhhhh hihihihihi, aku GEER.

      Gimana masih belajar bisa jadi guru di SSC, ihhhh gemesss, cubit nehhhhhh. Terima kasih juga udah ditodong sama pertanyaan "jebakan" huahahahahahhahaha.

      AMEN mba Zia, sukses juga untuk mba Zia dan keluarga ya.

      Delete
  2. Nice post! Aku juga menikmati foto-foto BWnya Zia.. It speaks! She's one talented lady indeed :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Indah. Iya, dulu BW semua, sekarang nampaknya sudah lebih berwarna hihihihi

      Delete
  3. Mbak zia ini juga hangat loh membalas komen. Emangnya kaya saya, ngepruv komen trus ga sempet2 dibalesin dan di bw in? Huahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aku aku mau dong dihangatkan hahahhaahahaha. Nah loh tuh bunda tuh, hayoloh ngga sempet bales - bales tuhhhh. Nakal bundanya hahahhahaa

      Delete
  4. Iya, foto2 ig-nya teh zia hitam putih... khas bgt ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nathalia, kesannya artistik bgt ya

      Delete
  5. aku niatnya pas bikin yang mba zia mau nulis pake bhs inggris
    mb zia ini ngingetin aku sama mb nia haryanto modele tenang dan mirip2 tentang parenting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhahaha, ayoooo semangat mba Echa. Sekalian latihan biar makin biasa jadi makin hebat deh hihihihihi. Banyak masukan ya kalau bahas tentang parenting, bacanya jadi kayak baca cerita bersambung. Seru

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like