Mengawali Hidup Sehatku dengan Kiwi ZESPRI


Makin kesini keadaan dunia ini makin ngga karuan. Mulai dari cuaca yang suka galau, kadang panasssss banget, trus bisa tiba - tiba hujan. Trus belum lagi polusi udara yang ngga jelas, baik dari asap kendaraan bermotor atau asap rokok. Nah, ada lagi beredar makanan yang didaur ulang, makanan dengan bahan pengawet dan pewarna buatan, dll.

Bingung kan mau gimana coba hidup sehatnya kalau sekitarnya juga ngga karuan?

Kalau solusi yang paling gampang yang bisa aku lakukan adalah mulai naikkan kesadaran untuk membatasi apa aja yang kita makan. Aku ngga mau lagi jajan sembarangan, dan mulai pilih - pilih dengan makanan yang aku konsumsi.


Bukannya jadi sombong dan hanya mau makan di tempat tertentu loh ya, tapi lebih menjaga asupan makanan yang seimbang dan lebih banyak konsumsi buah.

Jaman sekolah dulu buah favorit aku adalah kiwi, setiap hari aku bawa 1 atau kadang 2 buah kiwi dan sebuah sendok ke sekolah. Sampe disekolah aku tinggal potong dengan sendok dan kiwinya udah siap dinikmati hihihihi, rasanya manis, enak, segerrrrr, dan aku nampak keren banget hahahahhaha (soalnya gada anak lain yang bawa kiwi ke sekolah hahahahha *sombong).

Tapiiii makin kesini aku dah mulai males makan kiwi. Kenapa?

Soalnya rasanya asam, getir kayak ada semut - semut yang gigitin lidahku. Ngga suka! Ngelihat kiwinya aja aku udah berasa ngilunya. Berjalannya waktu, aku selalu inget kenangan masa kecil itu kalau lihat buah kiwi, tapi tetap ngga ada ketertarikan untuk beli lagi. Hanya saja kalau aku ke suatu tempat yang ada makanan dengan buah kiwi diatasnya, aku masih mau makan, karena rasa kiwinya sudah bercampur dengan rasa lainnya.

Tapi satu saat aku diundang ke acaranya Zespri, Zespri ini adalah perusahaan yang memasarkan produk kiwi untuk lebih dari 50 negara di dunia. Aku jadi penasaran, kayak apa emangnya kiwi dari Zespri dan apa yang membedakan dengan kiwi lainnya. Seperti biasa sebelum aku sharing pengalamanku, aku mau kasih kamu informasi tentang Zespri ini dulu.



TENTANG ZESPRI

Industri buah kiwi di Selandia Baru memiliki sejarah yang luar biasa. Berikut adalah asal muasal buah bergizi tersebut sebelum dinamakan “kiwi”.


1904
Isabel Fraser, kepala sekolah Wanganui Girls College, membawa pulang bibit buah kiwi ke Selandia Baru yang merupakan pemberian kakaknya dari Lembah Yangtze di Cina. Isabel memberikan bibit tersebut kepada seorang petani buah, Thomas Allison, yang kemudian memberikan bibit tersebut kepada saudaranya, Alexander.

1910
Dicatat bahwa kiwi asal Selandia Baru yang pertama kali berbuah berasal dari ladang milik Alexander Allison, di sebelah selatan Wanganui.

1924
Petani asal Auckland, Hayward Wright, mengembangkan varietas buah kiwi berwarna hijau yang dinamakan ‘Hayward’ seperti namanya dan menjadi variteas kiwi yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia.


1952
Jim MacLoughlin dan Grahame Bayliss mengekspor 13 ton buah kiwi ke Inggris untuk yang pertama kalinya.

1959
Kiwi awalnya disebut “Yang Tao” atau “Chinese Gooseberry”. Namun, para petani lokal ingin menamakan buah tersebut sesuai dengan simbol nasional Selandia Baru – burung Kiwi berbulu coklat; itulah asal-usul nama ‘buah kiwi’.

1970
Otoritas Perizinan Perdagangan Buah Kiwi didirikan untuk membantu para petani mengontrol lahan industri mereka dan juga mengatur kegiatan para eksportir. Sistem ini memungkinkan adanya standar kualitas dan pemasaran yang lebih 

1997
Lahirnya merek dagang buah kiwi Zespri – dengan komitmen untuk terus menanam dan memasok buah kiwi terbaik, yang masih terjaga hingga saat ini.



1999
Zespri International meluncurkan varietas buah Zespri Gold dengan nuansa tropis dan berwarna kekuningan dan mengganti nama varietas Hayward menjadi buah kiwi Zespri Green.

2004
Industri buah kiwi di Selandia Baru mencapai usia 100 tahun.

2006
Buah kiwi memperoleh status SuperFood dalam buku Superfoods Health Style yang ditulis Dr. Stephen Pratt.

2008
Total produksi buah kiwi Zespri di Selandia Baru melebihi 100 juta peti kemas.



VISI

Zespri memiliki visi untuk menjadi “yang terdepan dalam industri buah kiwi”. Untuk mewujudkan hal itu, Zespri memberikan keunggulan produk yang tidak tertandingi berdasarkan fokus konsumen, hubungan pelanggan dan inovasi, didukung oleh bibit unggul terbaik di dunia.

Zespri bertujuan untuk menyediakan pasokan buah kiwi di seluruh dunia secara berkesinambungan sepanjang tahun. Untuk mewujudkannya, kami bermitra dengan para petani di seluruh dunia.



Kami juga memberikan yang terbaik dalam setiap proses yang kami lakukan dan kami berdedikasi untuk terus menjadi yang terdepan dalam bisnis dan pasar buah kiwi.

Kelestarian lingkungan adalah faktor yang sangat penting bagi Zespri dan kami menjamin buah kiwi Zespri ditanam dengan metode yang memberikan dampak yang minimal terhadap lingkungan.

Di atas segalanya, Zespri memiliki fokus untuk terus berusaha memuaskan para konsumen dengan buah kiwi terlezat dan paling bergizi di dunia serta aman dikonsumsi.


SIKLUS PRODUKSI

Buah kiwi tumbuh pada cabang - cabang di semak - semak buah kiwi, yang dapat dibandingkan seperti sulur tumbuhan anggur.

Musim tanam untuk buah Kiwi cukup panjang: hingga 240 hari dalam setahun. Selandia Baru menyediakan kondisi ideal untuk pertumbuhan buah Kiwi. Sinar matahari yang banyak, kadar hujan dan udara musim dingin yang tepat, serta kondisi tanah yang sedikit asam dan subur.


ZESPRI SISTEM

Sistem Zespri yang unik memastikan bahwa semua produk Zespri ditanam dengan teknik perkebunan terbaik, dan tetap sejalan dengan pembangunan dan kepedulian yang berkesinambungan terhadap lingkungan.



Sistem Zespri merupakan sistem pengendalian kualitas yang komprehensif pada setiap tahapan dalam proses produksi: sistem penanaman, pengemasan, penyimpanan, manajemen rantai suplai, dan sebagainya, sehingga semua produk buah kiwi Zespri selalu dikirim dalam kondisi terbaik setiap saat.
Seluruh petani dan pemasok Zespri berkomitmen pada Sistem Zespri yang berlandaskan pada prinsip-prinsip utama sebagai berikut :
  1. Memahami dan mengkomunikasikan contoh - contoh praktek terbaik
  2. Mengimplementasikan praktek - praktek terbaik pada keseluruhan rangkaian proses
  3. Melakukan proses yang terdokumentasi dengan baik, dapat ditelusuri dan transparan Menjalankan praktek  -praktek bisnis yang etis
  4. Fokus pada pengembangan yang berkesinambungan
  5. Mengutamakan keamanan pangan
  6. Bebas GE


Sistem Zespri mencakup berbagai program antara lain :

Program KiwiGreen
Program kepatuhan yang mendorong penggunaan metode gulma alami dan pengendalian hama

Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP)
Program yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengawasi bahan-bahan yang dapat menyebabkan penyakit

Sistem Manajemen Lingkungan
Program yang mendorong proses produksi yang peduli lingkungan, konservasi sumber daya, daur ulang dan pencegahan polusi.

Praktek dan proses yang sedemikian etis dan transparan merupakan bagian yang utuh dari Sistem Zespri, dan menjadi kebanggaan tersendiri dalam menjalankan bisnis secara etis, jujur, serta penuh integritas. Inilah yang memastikan bahwa setiap buah kiwi Zespri ditanam dengan teknik dan kualitas terbaik serta aman untuk dikonsumsi.


KESINAMBUNGAN

Industri buah kiwi di Selandia Baru sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun, sehingga kami dapat menyediakan buah kiwi yang kaya nutrisi dan menyehatkan untuk pengemar di seluruh dunia.

  1. Zespri dan industri buah kiwi lainnya memiliki sejarah yang panjang dalam menginovasi lingkungan. Kami fokus pada pemanfaatan lingkungan secara berkelanjutan – memastikan sumber daya alam kita selalu tersedia.
  2. Sistem Zespri adalah end-to-end supply chain, hal inilah yang menjaga kualitas Zespri Kiwifruit dari proses penanaman hingga penyaluran buah spesial kita.
  3. Kami bekerja sama dengan para peneliti dan rekan kerja yang memahami bagaimana cara bekerja dengan alam.
  4. Tim multi fungsi kami memastikan industri ini mampu mengkaji kelayakan lingkungan agar proses siklus hidup buah kita bisa lebih cepat.



Zespri berkomitmen untuk mengembangkan masa depan yang lebih sehat

INOVASI

Sekarang ini, keberhasilan Zespri di pasar global buah kiwi global karena komitmen kami untuk perbaikan terus-menerus, inovasi dan keunggulan.

Pada akhir 1970-an, para petani buah kiwi di Selandia Baru mulai bereksperimen dengan perkembangan alami dari buah kiwi keemasan. Biji yang diimpor dari China, di mana tanaman betina dipilih untuk dagingnya yang berwarna kuning dan rasa yang sangat baik dan disilangkan dengan tanaman jantan terbukti dapat menghasilkan buah yang besar dan kaya akan isi.


Pada tahun 1992, salah satu tanaman dari keturunan genus ini dipilih dan dipelihara, untuk menghasilkan buah kiwi emas yang kini dikenal dengan nama buah kiwi Zesprit Gold.

Tim Inovasi Zespri mengembangkan platform strategis untuk program - program Tim Litbang Zespri dan bekerjasama dengan berbagai organisasi penelitian terkemuka di dunia.

  1. Zespri, bersama-sama dengan Badan Penelitian Tumbuhan & Makanan telah menciptakan program pengembangbiakan buah kiwi alami terbesar di dunia.
  2. Varietas masa depan kini sudah dalam proses pengembangan untuk menciptakan buah kiwi dengan rasa, warna dan ukuran yang berbeda untuk memenuhi permintaan konsumen tertentu.
  3. Zespri bekerja sama dengan jaringan petani untuk berbagi pengetahuan pertanian dan keahlian serta mengembangkan dan menerapkan praktek-praktek perkebunan yang berkelanjutan.
  4. Petani inovatif dapat menerapkan inisiatif keberlanjutan seperti tanaman-tamanam asli dan lahan basah regenerasi untuk menarik burung dan satwa liar kembali ke perkebunan sebagai kontrol manajemen hama alami.
  5. Sumber air alami juga sedang dimanfaatkan untuk keperluan irigasi dan perlindungan embun beku.

Buah kiwi Zespri Green merupakan tolak ukur standar dari buah kiwi dan telah menjadi jenis buah kiwi favorit di seluruh dunia. Jenis ini memiliki campuran rasa manis dan asam yang menyegarkan, hadir dalam bentuk oval dengan kulit coklat berbulu halus.

Disebut sebagai buah bernutrisi tinggi, buah kiwi Zespri Green memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Buah ini juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin lainnya, serta rendah sodium, lemak dan memiliki tingkat GI (indeks glikemik) rendah.

Nah, dari penjelasan diatas, kebayang dong gimana berkualitasnya produk ini. Rasanya juga ngga annoying kayak bauh kiwi yang pernah aku makan dulu. Kalau kamu sariawan, bibirnya pecah - pecah, biasanya karena kekurangan Vitamin C, coba deh makan kiwi Zespri dan rasain sendiri bedanya.



Terbukti ngga sih?
Aku sih udah buktiin, sekarang giliran kamu

Bulan Oktober lalu adalah masa - masa paling melelahkan dalam hidupku, persiapan pernikahan, perjalanan jauh pulang kampung, dan semua rangkaian acara pernikahan benar - benar melelahkan. Minggu pertama aku ingat untuk selalu konsumsi Kiwi Green setiap hari, biasanya aku makan langsung atau aku jadikan infus water. Tapi karena barang bawaanku banyak, dan Kiwi ngga ada di Sidikalang jadi aku kehabisan *hiks dan ngga bisa lanjut di minggu berikutnya.

Trus pulang - pulang aku lemes banget, bawaannya mau tidur aja, trus lama - lama malah jadi makin drop dan akhirnya sakit. Demam, radang tenggorokan, batuk, pilek, lengkappppp syudah. Karena memang melelahkannnnnn, apalagi bagian yang harus buka koper dan mulai cuci - cuci baju kotor. Sakit itu bikin KZL!


Saat pengen konsumsi obat, aku emang agak malas. Kalau lagi radang tenggorokan, biasanya aku harus konsumsi 1 papan Amoxilin, dan tentunya kalau makan antibiotik itu harus teratur dan ngga boleh skip. So, aku coba sembuh dengan cara bedrest, ngurut, dan konsumsi buah - buahan. Hari pertama aku makan Kiwi Green, lalu diselingi dengan buah lainnya seperti jeruk, dan buah naga (karena kebetulan ada hihihihihi). Kuantitas makan juga ditambah dan aku minum susu.




Pas bangun pagi di hari kedua badanku sudah mulai enak. YAY! It works. Like magic! Kekuatan makanan yang aku konsumsi bisa bantu pulihkan demamku. Udah ngga demam lagi. Tapi aku tetep perbanyak makan protein, susu, buah supaya semuanya bisa jadi lebih baik. Kiwi? YES!!! 2 buah lebih baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi badan tetap fit.


Makannya gampang, ngga usah pake dikupas - kupas, cukup dibelah dua trus dikeruk pake sendok sampe habis. Setiap gigitan, Zespri Kiwifruit mengandung lebih banyak nutrisi dibanding buah lainnya.


KANDUNGAN BUAH KIWI ZESPRI

Buah kiwi Zespri® mengandung 20 nutrisi yang penting bagi kesehatan, yang bermanfaat bagi tubuh serta membantu mempertahankan fungsi organ tubuh. Kepadatan nutrisi yang tinggi dari buah kiwi Zespri® tersebut adalah karena kandungan Vitamin C-nya yang tinggi, dan beberapa nutrisi penting lainnya (serat, folat, potasium dan vitamin E) yang juga bernilai tinggi.

Asam folat sangat baik untuk kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan untuk mencegah kelainan tabung syaraf pada janin, juga untuk perkembangan otak dan kognitif anak - anak serta mencegah penyakit kardiovaskular.

Kalau kamu mau anak dan ibunya sehat, monggo deh mulai konsumsi kiwi setiap harinya dan nanti lihat khasiatnya untuk kesehatan kamu di hari kedepan. Mau tetap cantik dan sehat seperti ibu dokter dibawah ini, juga mulai deh konsumsi sayur, buah, air putih secara teratur. Untuk hasil yang maksimal ya tentunya konsumsi kiwi 2 buah setiap harinya.



Vitamin C merupakan vitamin yang penting bagi manusia. Vitamin C memiliki peranan penting untuk kesehatan. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi Vitamin C sendiri dan untuk menjaga kondisi kesehatan, Vitamin C harus diasup setiap hari melalui makanan.

Buah kiwi Zespri memiliki tingkat Vitamin C tertinggi di setiap gigitan. Bahkan, buah kiwi Zespri memiliki jumlah Vitamin C* tiga kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Buah kiwi Zespri® juga mengandung berbagai fitonutrien, karotenoid dan enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Gabungan dari seluruh atribut yang unik ini bekerja dalam tubuh untuk memberikan manfaat kesehatan secara signifikan.

*Vitamin C dalam mg/100g daging buah yang siap dikonsumsi. Sumber: USDA Nutrient Database Release 24.
**Beck, K., Conlon,C.A., kruger, R., Coad, J., & Stonehouse, W. Buah kiwi Gold yang dikonsumsi bersama sereal yang diperkaya zat besi sebagai menu sarapan dapat meningkatkan kandungan zat besi bagi wanita yang kekurangan zat besi; berdasarkan percobaan secara acak selama 16 minggu. British Journal of Nutrition, First View, 1-8.

Buah kiwi juga mengandung antioksidan alami yang tinggi seperti Polyphenol, Karotenoid dan manfaat Phytochemical lain yang bisa membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.



Kalau kamu bosan makan kiwi yang gitu - gitu aja, kamu bisa modifikasi juga loh. Kiwi sebagai jus, toping kue, dll. Even sama roti dan sayur sekalipun, kiwi tetap enak dikonsumsi. Pengolahan buah kiwi sebagai makanan lain ngga akan merusak kandungan vitamin dan mineral dalam kiwi kok, asal tidak dipanasi berlebihan.


Beberapa resep olahan kiwi yang sedap bisa kamu lihat di :


Untuk kamu yang berencana bepergian jauh dan mau membawa cadangan kiwi bersamamu, sebaiknya simpan kiwi dalam kemasan terbuka (ada kok kotak makanan yang punya "ventilasi", bisa dicari di supermarket). Supaya kiwi tidak rusak dan bisa "bernafas".

Kiwi enaknya dikonsumsi saat buahnya sudah mulai lembek, itu artinya kiwi sudah matang. Kalau kiwi sudah matang, maka rasanya akan jadi lebih manis tapi tetap ada sedikit rasa asam yang bikin segar.

Kalau kamu beli kiwi tapi belum mau dimakan, kamu bisa simpan kiwi di kulkas. Nah, 2 - 3 hari sebelum kamu makan, kamu bisa keluarkan kiwinya dan ditaruh pada suhu ruangan supaya matang perlahan, atau bisa juga dengan meletakkan kiwi disamping buah - buah seperti apel, pisang, dsb.


Oke then, selamat memulai hidup sehat ya

CONVERSATION

6 comments:

  1. Replies
    1. Ahhhh kamu juga pencinta Kiwiiii, TOS dong kita Ki hihihihi.

      Delete
  2. Haduh penganten baru udah posting aja wakakakka.
    Tapi emang lho kak roos kiwi jaman aku kecil termasuk buah yang mevah soalnya cuma dijual di swalayan2. Bahkan jarang kalok dipasar di daerah Bekasi. Beda banget sama sekarang yang tersedia di indomar*t dan alfamar*t. Bahkan di mamang mamang pinggir jalan banyak banget kiwi kiwi yg udah di pack2in dijual 10rban per pack. Sejauh ini aku gak baca brand kalo beli kiwi, lain kali cari yang ada label zesprinya deh, biar dapet yang manis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udahhhhh, udah numpuk draftnya nih mba hahahhahahah. IYES! Beda kualitas beda rasanya yaaaa. Ahhhhh yg di mamang - mamang kiwi - kiwian kyknya hihihihihi. Klo mau cari Zespri, yg manis biasanya lebih lembek. Kalau mau makan langsung, pilih yg dah agak lembek ya. Selamat makan sehatttt hihihihi.

      Delete
  3. Kalo beli di abang buah aku minta pilihin yg siap makan. Makanya walaupun ada kemasan yg pakai kotak mika gitu tetep belinya yg satuan hahaha...biar bs dipencetin dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau yg agak lembek dah bisa langsung digerus ya mba hahahhahah. Aku juga suka yang udah lembek, soalnya enakkk dan manisssssss.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like
Back
to top