Aktifitasku Padat, Aku Kurang Tidur. Please Help!


Aku mulai jarang muncul, jarang update blog. Ngga lain karena aktifitas di asrama yang buwanyuaaakkkk hihihii. Jadi aku tidak punya waktu untuk update blog seperti biasanya. Baru beberapa hari lalu ada acara serah terima jabatan komandan lama dengan komandan baru, wah itu persiapannya berminggu - minggu dan sangat melelahkan. Mungkin suatu saat nanti aku akan ceritain gimana serunya, gimana capeknya, gimana kerennya acara serah terima jabatan di asramaku. Sebelumnya masih banyakkk kegiatan lainnya yang menguras tenaga, waktu, pikiran, dsb.

Kegiatan yang banyak ini sempat membuat tidurku jadi ngga karuan. Orang biasanya kalau udah capek bisa langsung tidur, tepar, liat kursi langsung tidur, apalagi lihat kasur. Nah, anehnya aku ngga begitu. Kalau ada yang belum selesai tuh kayaknya ngga puas dan ngga mau istirahat.

Jadi sampe bener - bener capekkkk dulu baru aku tidur (biasanya malah ketiduran). Hal ini sebenernya sangat ngga baik, mengingat masih banyak kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya. Yang ada aku bukan bangun dengan badan segar bugar, tapi malah lemes dan maunya malah tidur terus.

So, aku mulai cari - cari cara gimana biar aku bisa tidur dengan lebih cepat dan punya kualitas tidur yang lebih baik. Dan berdasarkan pengalaman, berikut beberapa cara berikut ini mungkin bisa berguna untuk kamu.


Suasana Kamar

Atur kondisi kamar kamu senyaman mungkin, hindari terlalu banyak menyimpan barang didalam kamar dan hindari juga menggunakan terlalu banyak warna - warna gelap pada tembok kamar (kesannya suram dan jadi tidak bersemangat). Di dalam kamarku itu hanya ada beberapa pigura foto, dan meja kecil. Di kamarku ngga ada lemari dan perintilan lainnya yang bikin kamar aku berantakan, so hal ini memperkecil tingkat stres aku kalau masuk kamar hihihihi.



Tempat Tidur Spring Bed
Kualitas tidur sangat ditentukan oleh tempat tidur yang kita gunakan. Pilihlah tempat tidur spring bed agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tempat tidur spring bed tentunya lebih nyaman dan lebih "sehat". Sehat dalam arti memiliki bahan yang baik dan tahan lama, memiliki per dan ketebalan matras yang pas, sesuai dengan stuktur tulang belakang kita agar posisi tulang belakang kita tidak sakit ketika tidur.


Kalau kamu tidur di matras biasa yang diletakkan di lantai, tanpa per, tanpa alas. Dijamin lambat laun tulang belakang kamu akan bermasalah. Bisa jadi lebih gampang pegel, salah urat, bahkan sampai urat kejepit. Belum lagi dengan resiko masuk angin, yang berpotensi mengakibatkan berbagai macam sakit lainya.
  

Pilih tempat tidur spring bed yang sesuai dengan kebutuhan dan ruangan kamar kamu, sesuaikan bentuknya dengan luas kamar kamu. Punya tempat tidur spring bed yang besar padahal kamarnya kecil juga tidak sesuai. Investasilah untuk tempat tidur spring bed yang baik, harga memang menentukan kualitas. Untuk kualitas tidur yang lebih baik, bangun pagi dengan badan yang segar bugar, tentunya worth every penny kan. So, mulai sekarang jangan dibiasain tidur asal - asalan ya.



Jauhan Gadget

Gaget memiliki radiasi yang kurang baik untuk kesehatan. Jangan biasakan meletakkan gaget di tempat tidur, dibawah bantal atau didekat kita selama kita tidur. Bukan hanya radiasinya yang mengganggu, tapi kalau ada pesan masuk, update status, dsb yang ada kita malah jadi asik main gaget dan lupa untuk tidur.



Jangan Tidur Setelah Makan

Usahakan jangan tidur dengan kondisi kenyang atau setelah makan (kecuali lagi sakit ya hihihih, karena biasanya orang sakit kan maunya tidur terus). Hal ini akan bikin kualitas tidur kamu kurang baik. Biasanya akan terasa begah kalau lagi kekenyangan trus langsung tidur, selain itu konon katanya bisa menyebabkan perut jadi buncit juga.



Minum Susu Hangat

Meminum susu hangat sebelum tidur dipercaya bisa membuat tidur kamu lebih enak. Susu juga sangat bermafaat bagi kesehatan. Susu putih, susu coklat dengan marshmallow, atau susu dengan campuran kayu manis juga boleh saja, sesuaikan dengan selera kamu. Sebaiknya minum susu hangat 30 - 60 menit sebelum tidur.



Rileksasi dan Berdoa

Renggangkan otot sebelum tidur, melakukan beberapa gerakan yoga di tempat tidur juga bisa membuat badan lebih rileks, jadi kita bisa tidur dengan lebih tenang. Kesampingkan masalah yang ada di kantor, dirumah, dll. Berikan waktu untuk tubuh kamu agar bisa beristirahat agar keesokan harinya kamu bisa menyelesaikan semua masalah dan pekerjaan dengan badan dan pikiran yang segar. Yang paling penting dari semua hal diatas adalah berdoa sebelum tidur. Bersyukur untuk satu hari kehidupan yang sudah Tuhan berikan kepada kita dan berserah diri untuk hari depan.



Lakukan hal ini dan kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Aku sudah melakukannya terlebih dahulu and it works! Semenjak menikah, kualitas tidur aku jadi makin baik, walaupun jadwalnya padat tapi aku bisa tetap segar, sehat dan semangat.


Oke then, selamat tidur.

(poto credit : google.com)

CONVERSATION

4 comments:

  1. iya cerita dong, keseharian ibu persit hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaa, aku belum sempet nih nulisnya karena masih syibukkk *halah gaya - gayaannnn. Semoga nantinya aku bisa nulis yaaaa. Terima kasih mau menunggu hihihihi

      Delete
  2. Ditunggu cerita serunya di asrama ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, seruuu mba. Semoga aku bisa nulis ttg asrama nantinya. Terima kasih sudah mau menunggu ya mba.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like
Back
to top