BEAUTYPRENEUR : Cara Paling Mudah dan Aman Memiliki Brand Skincare Sendiri


Ketika aku sampai di saat ini, dimana aku sudah pernah menggunakan berbagai merk dan macam produk skincare. Aku mulai ribet (picky) ketika memutuskan untuk mencoba atau membeli skincare baru. Perhatian pertamaku tertuju pada komposisi. Kadang aku bergumam sendiri dalam hati "Ah, ada itunya, ngga mau beli ah" atau "Duh, coba dia ngga pake ini, pas banget nih untuk aku". Mungkin hal yang sama juga kamu rasakan ketika kamu mau beli satu produk atau ketika kamu ditawarkan untuk mencoba skincare baru.

Lalu, pernah ngga sih akhirnya kamu berfikir untuk membuat brand makeup sendiri yang komposisinya sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kamu ? Aku sih pernah. Tapi kayaknya ngga mungkin. Mengingat aku ngga punya "modal" apapun untuk mewujudkannya.

Bilanglah kita punya modal untuk membuat brand skincare sendiri (let's say beberapa puluh juta), tapi ngga punya pengetahuan untuk meracik komposisi skincare yang baik dan aman, ngga punya tenaga pekerja juga, peralatan pasti mahalnya ampunan. Mana mungkin kita beli pabrik hahahhaha atau mesin - mesin yang harganya miliaran. Belum lagi urusan dengan supplier bahan baku apalagi akses untuk ke BPOM, MUI, dll.

Mungkinkah ???

Mungkinnnnnn. SEKARANG mungkin banget!
So, bagaimana caranya ?


Ahhh, inilah serunya jadi blogger. Aku bisa dapat berbagai pengetahuan baru yang orang lain belum tau dan aku bisa berbagi apa yang aku tau lewat tulisanku ini. Semogaaaa banget kamu - kamu yang punya mimpi untuk memiliki your own skicare line bisa terbantu.

Jadi sekarang ada satu perusahaan yang memang sudah berkecimpung di dunia produksi makanan (suplemen) kesehatan dan produk skincare yang membuka peluang untuk kamu membuat brand skincare kamu sendiri dalam jumlah kecil (minimal 1200 pcs). Ini sama aja kayak kita lagi order undangan atau souvenir untuk pernikahan kan. Bisa loh sedikit gitu dan diproduksi di pabrik. Kalau kamu order langsung ke pabrik, kemungkinan jumlah orderannya minimal 10.000 pcs, kebayang modal yang harus kamu keluarkan bisa ratusan juga.

Jadi kamu ngga perlu repot lagi untuk bangun pabrik dulu atau hire pekerja dulu apalagi jadi ahli kimia dulu hihihihi. Kamu tinggal kerjasama dengan INDOCARE. Tapi sebelum aku cerita gimana mekanismenya, kamu harus tau dulu tentang INDOCARE. Here we go :


ABOUT INDOCARE

We are a comprehensive contract-manufacturing service, for personal care and health supplements product development. We will deal with the long process of product development so you can focus on what is really important for your company.
It is our pleasure to help you create the products that you require. We are here as your partner in the highly competitive business market, and together we are going to discover new ideas and transform them into a high quality product.

INDOCARE B2B SERVICES


PT. INDOCARE CITRAPASIFIC (INDOCARE), berdiri pada tahun 1988. Hasil pemikiran dari beberapa pemuda Indonesia yang saat itu melanjutkan S2 ke USA. Mereka kembali ke Indonesia membawa gagasan untuk membuat sebuah perusahaan yang mengusung misi untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menyediakan produk personal care dan health supplement dengan dukungan produksi (pabrik) milik sendiri bernama PT. CITRASEMESTA ASRISEJATI (CSAS).



PHILOSOPHY

As a going concern, Indocare offers nothing less than its commitment to its values. Represented appropriately by “ICARE” philosophy, the following values serve as guidelines in Indocare’s activities. The employees – regardless of level and function – strive to adhere to these values sincerely and consistently.


IN GOD WE TRUST
  1. Believe in One Supreme God.
  2. Believe that human beings are created by God. Work and all of the manifested activities are the means to worship God.
  3. Believe that every task and activity within the Company must be dedicated to glorifying God’s name and therefore must be conducted wholeheartedly.


CARE AND RESPECT FOR INDIVIDUALS
  1. Believe that every individual is created equal and therefore;
  2. Mutual care and respect among individuals must be nurtured and adhered to.
  3. Every employee/prospective employee is given equal opportunity to thrive. Policies in recruitment, human resources development, compensation and promotion are based solely on the attitude, ability and potential of the employees.
  4. Employees are regarded as the partner in achieving common goals, as opposed to a mere tool to be exploited.


ATTENTION TO COSTUMERS NEEDS
  1. Satisfied customers are the Company’s most precious asset and are the key to achieving business sustainability and future growth.
  2. Devoting full attention to fulfilling the customers’ needs by consistently delivering value built on continuous improvement in product quality, service quality, and prompt response to their complaints and requirements.
 

RESPECTABLE BUSINESS CONDUCT
  1. Recognizing that the Company is an element of the business community at large, and accordingly business sustainability will be best served by fostering a harmonious relationship based on respectable business conduct, recognition of each other’s own existence, and mutual benefits.
  2. The relationship with customers is based on mutual benefits and mutual needs and therefore the customers are not to be manipulated and exploited for the Company’s own benefits.
  3. Suppliers and distributors are the Company’s partners in achieving customer satisfaction. In this case, not only that the Company strives for a mutually beneficial business relationship, but also involves upstream suppliers and downstream distributors in the efforts to increase value to the customers.
  4. Competitors assume the role as the complement to the Company in fulfilling the customers’ diverse needs and act as a sparring partner who facilitates the Company in serving the customers more effectively.
  5. The Government along with the pertaining laws and regulations serve to achieve a harmonious business society; accordingly the Company strives to comply with all applicable laws and regulations.


EXCELLENT PERFORMANCE TO BE STRIVED
  1. Excellence is essential to achieving the desired level of growth and profitability, which ultimately lead to business sustainability.
  2. True excellence can only be achieved through continuous improvement by everyone in the Company. Today’s outcome must be better than yesterday’s and tomorrow’s must be better than today’s.
  3. Profits as the fruit of excellence are the result of the collaboration of the entire organization and therefore are to be used to increase the welfare of the stakeholders and to expand the Company’s businesses. 
  4.  


WHY INDOCARE ?

Lalu apa yang bisa diberikan oleh INDOCARE untuk mewujudkan mimpimu menjadi seorang beautypreneur? Dan apa yang membuat INDOCARE berbeda dengan perusahaan sejenisnya ???


COMPLETE MANUFACTURING EXPERTISE

Keahlian INDOCARE mencakup seluruh tahapan dan proses produksi, mulai dari konsep, formulasi, uji stabilitas, kompatibilitas, desain produk dan kemasan, pendaftaran (legalitas), dan finishin dengan produksi masal. Bagi perusahaan yang memiliki kemampuan penelitian yang terbatas, INDOCARE memberikan akses kebagian litbang dan layanan manufaktur penuh.


COMMITED TO QUALITY

Integritas adalah prioritas utama. INDOCARE komitmen pada standart tinggi, transparansi, akuntanbilitas, keadilan, kepemimpinan, kolaborasi, etika moral, bisnis dan strategi. Proses pengembangan produk juga sesuai dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menjamin kita untuk memasarkan produk yang aman untuk dipakai semua orang.


DEDICATED MANUFACTURING SERVICE

Apa yang menjadi perjanjian diawal adalah yang dipegang teguh oleh INDOCARE. INDOCARE berkomiten penuh pada keseluruhan proses produksi dari konsep sampai dengan produksi masal.


INTEGRATED SUPPLY CHAIN

Supplier bahan baku INDOCARE sudah terintegrasi dengan baik, yang memungkinkan efisiensi waktu dalam penyediaan (pengadaan) bahan baku, produksi, pengepakan, distribusi dan penjualan. INDOCARE juga memiliki supplier untuk bahan baku dan bahan kemasan dari luar negeri. Selanjutnya pengiriman yang tepat waktu juga menjadi prioritas.


STANDARTIZED MANUFACTURING PRACTICES

Sejak awal tahun 2008,  INDOCARE berpegang pada Good Manufacturing Practices (GMP), yang tidak hanya mematuhi peraturan pemerintah Indonesia tetapi juga standart Internasional. INDOCARE juga menerapkan ISO 9001:2015 sistem manajemen mutu yang memberikan kualitas unggul dan produk yang benar - benar aman.


INNOVATION - DRIVEN RESEARCH & DEVELOPMENT (R & D)

Riset dan pengembangan terus dilakukan untuk mengahasilkan inovasi bahan aktif terbaru agar kita dapat menghasilkan produk - produk inovatif dan terbaik.



AWARDS

Komitmen luar biasa dan kualitas produk yang selalu jadi nomor satu membawa INDOCARE meraih berbagai penghargaan, diantaranya :

  • ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu Terstandardisasi
  • CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), proses manufaktur terstandardisasi sesuai dengan peraturan pemerintah dan standart Internasional
  • SGS Annual Quality Award, inovasi proses pembuatan sabun transparan tanpa penggunaan alkohol
  • Good Corporate Governance Awards, komitemen perusahaan terhadap managemen yang bersih dan transparan
  • Sertifikasi Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI
 

SERVICE

Nah, ini pasti yang kamu tunggu - tunggu kan hihihihi. Lalu produk skincare apa saja yang bisa dihasilkan oleh INDOCARE ??? 


TRANSPARENT SOAP 

INDOCARE adalah salah satu produsen sabun transparan terbesar di Indonesia. Kaget? Hahahha, jangan kaget. YES! Produk sabun yang biasa kamu lihat di pasaran dengan berbagai merk itu bisa jadi adalah salah satu produknya INDOCARE loh.


Kalau kamu mau buat produk sabun transparan juga monggo loh ya. Kamu bisa membuat sabun transparan untuk wajah, tangan, tubuh, dengan berbagai bahan aktif sesuai dengan selera kamu. Asik banget kannn.


HAIR CARE

You name it, shampoo, conditioner, hair serum, hair mask, creambath, hair tonic, hair spa, hair gel / cream / pomade, hair mist, atau produk rambut lainnya yang jadi khayalan kamu bisa diwujudkan sama INDOCARE.


FACE CARE

Nah, ini yang mungkin jadi pilihan kamu. Apa aja bisa dibuat (selama bisa dihayalkan) hahahhaa. Serum, facial wash, cleanser, toner, face mist, masker, eye gel,  pore treatment, transparent soap, scrub, collagen things, dll. Semuanya bisa!


BODY AND BATH 

Kalau produk untuk wajah aja bisa dibuat, apalagi untuk badan hihihi. Body scrub, body wash, body lotion, body butter, body peeling, tranparent soap, deodoran, breast cream, slimming cream/gel, waxing gel, feminine wash, dll.

Pastinya body mist juga bisa dibuat, bath bomb juga pasti bisa. Apalagi coba? Butt cream? atau underam whitening cream juga pasti bisa. Ahhhhh, jadi makin kepengen kan untuk buat brand sendiri. Pssttttt, deodoran khusus ibu hamil yang tidak mengandung alkohol dan wangi buah atau bunga belum ada yang buat loh hihihihi.


HAND AND FOOT 

Lalu produk tangan dan kaki juga ngga luput dari perhatian. Hand and foot cream, scrub, mist, relaxing gel, nail vitamin, hand and food mask, peeling, dll juga pasti bisa deh.

BABY CARE

Bukan hanya produk untuk dewasa, tapi produk bayi juga tersedia. Ada tap to toe wash, shampoo, baby oil, baby shampoo, baby soap, baby wash, colonge, massage oil/gel, baby lotion/gel, telon, diaper. Bisa juga hair oil, tooth paste mungkin, dll.

Kalau INDOCARE bisa produksi diaper untuk bayi, berarti INDOCARE juga bisa produksi pembalut dong ya hihihhi. Siapa tau ada diantara kamu yang terfikir untuk memproduksi pembalut yang aman, cocok untuk untuk kulit sensitif, tidak membuat iritasi, dibuat dari bahan alami dan tidak mengandung pemutih ataupun kimia berlebihan lainnya.


Banyak ide gagasan yang bisa kita kembangkan kalau sudah ada satu perusahaan seperti INDOCARE yang bisa membuat mimpi kita jadi kenyataan seperti ini. Keren!!! Selanjutnya aku akan jelasin apa aja yang kamu butuhkan untuk bekerjasama dengan INDOCARE dan treatment apa aja yang akan kamu dapatkan kalau kamu bekerjasama dengan INDOCARE.

PREPARATION

IDE & GAGASAN 

Hal yang pertama akan kamu punya dan akan kamu bawa ke INDOCARE pasti adalah konsep dan gagasan tentang produk yang akan kamu buat. Ide dan gagasan ini bisa berangkat dari kebutuhan kamu akan produk yang bisa memenuhi kebutuhan kamu atau kebutuhan khusus (misalnya untuk mereka yang memiliki kulit sensitif).

INDOCARE akan membantu kamu mengembangkannya sampai kepada konsep. Konsep yang akan membawa pemikiran kamu berkembang untuk hal - hal yang lainnya.


BUDGET

Kemungkinan hal kedua yang akan kamu pikirkan adalah budgetnya. Memulai suatu usaha pasti perlu modal yang tidak sedikit. Tapi kamu bisa menyesuaikan kemampuan kamu dan mengkonsultasikannya dengan INDOCARE. Semua bisa disesuaikan kok.


KOMPOSISI PRODUK

INDOCARE memiliki supplier yang bisa menyediakan berbagai bahan baku untuk pembuatan skincare, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Pemilihan bahan baku ini juga termasuk dalam wewangain yang mau digunakan, bahan pengawet yang dipakai, pewarna, dan bahan kimia lainnya. Jika kamu mau produknya 100% alami juga bisa loh ya, tapi mungkin costnya akan lebih tinggi.

Tapi kamu harus tau kalau INDOCARE punya standart saklek untuk penggunaan jenis - jenis kimia tertentu dalam produknya dan semuanya itu disesuaikan pada batas bawah dan batas atas pengunaan kimia tertentu dari BPOM. Dan jika kamu ngga turut sama peraturannya ya bye bye. INDOCARE ngga akan mewujdukannya.

Misalnya nih standart BPOM untuk penggunakan hidroquinon (pemutih) itu 2%, trus supaya hasilnya lebih efisien then kamu minta INDOCARE untuk pakai hidroquinon sebanyak 3%. Ya ngga iso. INDOCARE ngga akan take a risk untuk mengutamakan klien lalu mengesampingkan batas aman yang sudah dikeluarkan BPOM.

INDOCARE memiliki kepercayaan dari BPOM dan juga MUI, jadi INDOCARE akan selalu menjaga integritas dan hanya akan menghasilkan produk - produk yang aman bagi penggunanya. Profit bukanlah hal yang paling utama, tapi nama baik dan kualitas produk yang paling utama.


DESAIN KEMASAN 

Kamu bebas menentukan desain label produk kamu sesuai dengan selera kamu. Mau pake foto sendiri juga monggo loh hihihihi. Lalu eksekusi desaiinya juga bisa kamu komunikasikan dengan INDOCARE. Misalnya kamu mau desainnya labelnya dengan stiker berbentuk lingkaran diatas tutup kemasan. Seperti pada kemasan Aloe Vera Body Butter yang paling kanan.


BAHAN & BENTUK KEMASAN

Kamu juga bisa menentukan bahan dan bentuk kemasan sesuai dengan keinginan kamu. Mau bentuk tube, botol berleher, botol kotak, jar, por, dll. Bahannya juga bisa macem - macem, misalnya plastik, akrilik, plastik elastis, dll. Bahan dan bentuk tidak ada batasannya, hanya saja kalau makin ribet bahan dan bentuknya ya costnya makin tinggi.


BENEFIT

REVISI KOMPOSISI PRODUK

Yes. Kalau kamu belum puas sama isi didalam produk kamu, then kamu bisa revisi berkali kali kali kali sampai ketemu komposisi mana yang kamu mau. INDOCARE akan bikinkan sample produk untuk kamu dan dengan itu kamu bisa melihat dan mencoba produk for real. Jadi ngga cuma dibayangkan aja, tapi produk jadinya juga akan dibuat (sample size)


DESAIN PRODUK SEDERHANA

INDOCARE tidak bergerak dalam bidang desain. Tapi INDOCARE bisa memberikan kamu beberapa "bantuan" pilihan desain sederhara yang bisa kamu pergunakan ataupun bisa jadi dasar untuk mengembangkan desain berikutnya.


STABILITY TEST

INDOCARE akan memastikan kalau produk yang dihasilkannya stabil dalam penyimpanan normal dan konsistensinya tidak akan berubah dalam jangka waktu tertentu. Biasanya 6 - 9 bulan masa expired setelah produk dibuka, tapi lama masa expired juga ditentukan dari bahan pengawet yang digunakan dalam produk.


REGISTRASI BPOM (FREE)

Yes. Registrasi BPOM tidak akan dikenakan biaya lagi. Produk yang dihasilkan oleh INDOCARE dipastikan masuk dalam standart BPOM dan teregistrasi RESMI di BPOM. Jadi kamu tidak perlu khawatir di kemudian hari produk kamu akan ditarik dari pasaran oleh BPOM.

Registrasi BPOM untuk produk kamu ini akan berlaku sampai dengan 2 tahun dari waktu pendaftaran. Jika kamu melakukan produksi ulang di INDOCARE maka secara otomatis produk kamu akan tetap terdaftar di BPOM.

Tapi jika dalam jangka waktu 2 tahun kamu tidak melakukan produksi di INDOCARE, maka dengan otomatis INDOCARE akan mengembalikan berkas - berkas registrasi produk kamu ke BPOM dan  secara otomatis produk kamu tidak lagi terdaftar di BPOM.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan dari klien INDOCARE yang mungkin saja melakukan produksi di pabrik lain dengan komposisi bahan tidak aman tapi memakai register BPOM dari INDOCARE.


PENDAFTARAN MUI

Selanjutnya jika kamu mau produk kamu diberikan label MUI juga bisa, hanya saja untuk ini ada tambahan cost lagi. Tapi kamu terima beres aja, ngga perlu ribet dengan pengurusan ke MUInya.


PRODUKSI TEPAT WAKTU

Semua produk yang diproduksi oleh INDOCARE terjadwal dengan baik. Masa persiapan produksi, produksi, stability test, pengemasan, quality control sampai produk siap kirim itu kira - kira 6 bulan. Tapi untuk produksi berikutnya dengan item yang sama hanya dibutuhkan 4 bulan saja.


KONTROL TERHADAP KUALITAS PRODUK

Semua produk yang sudah jadi akan dites lagi kualitasnya. Jika ada perubahan terhadap produknya maka INDOCARE akan melakukan produksi ulang. INDOCARE juga bersedia menarik produknya jika terdapat produk error dan menggantikan dengan produk baru tanpa tambahan biaya.


Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika bekerjasama dengan INDOCARE
So, produk apa yang mau kamu buat ???


Berikut ini adalah beberapa bahan dasar yang bisa kamu pilih menjadi bahan aktif dalam rangkaian skincare kamu. Bahannya 100% Indonesia, tapi jika kamu mau menambahkan bahan aktif import juga bisa loh. Semua disesuaikan dengan kebutuhan kamu.


ALOE VERA

Aloe Vera hitz banget belakangan ini. Kamu pasti tau deh produk Aloe Vera dari salah satu brand Korea yang lagi naik daun itu. Nah, kamu juga bisa bikin produk serupa di INDOCARE baik dengan komposisi yang sama persis atau komposisi yang "kamu banget"

Dijamin laku, karena Aloe Vera punya banyaaaakkk banget keunggulan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Trus hasil akhirnya bisa apa aja, body butter, transparent soap, dll. Berapa banyak Aloe Vera yang terkandung didalamnya juga semua sesuai dengan keinginan kamu.


APPLE STEM CELL

Apple Stem Cell ini juga lagi naik daun banget karena dipercaya bisa membantu mengatasi kerutan, penuaan, dsb. Perhatiin deh, banyak banget produk baru yang mengeluarkan produk dengan bahan aktif Apple Stem Cell.

Scientists have found that a novel extract derived from the stem cells of a rare apple tree cultivated for its extraordinary longevity shows tremendous ability to rejuvenate aging skin. By stimulating aging skin stem cells, this plant extract has been shown to lessen the appearance of unsightly wrinkles.
COCONUT
This is my favorite. Sukaaaa banget sama wanginya si kelapa ini. Wanginya bikin rileks dan melembabkan kulit aku dengan sangat baik. Sepanjang aku nulis post ini aku ngga pernah lupa pake hand lotion ini hihihihi.

Nah, seru banget kan kalau bisa bikin Coconut handcream sendiri yang ngga lengket, melembabkan, wanginya tahan lama, tapi dengan harga yang sangat masuk akal. Bisa? Harga masuk akal? Ya bisa donggg.

Masih banyak lagi varian bahan aktif yang kamu gunakan, diantaranya Alpha Arbutin, Belide, Claire Blanche, Centella, Ginseng, dll.


Informasi lebih lanjut tentang INDOCARE, silahkan hubungi :
PT. INDOCARE CITRAPASIFIC
Telp. (62-21) 5860840/1
 business@indocare.com
www.indocareb2b.com

Oke then, thats all for today.

Yuk, jangan cuma berhayal, tapi wujudkan hayalanmu dalam produk nyata dan jangan lupa kalau produknya sudah jadi untuk endorse aku ya hihihihih.

Selamat jadi beautypreneur

CONVERSATION

4 comments:

  1. Setauku kalo daftar di BPOM itu bayar dan ada masa berlaku. Berarti udah dikasih bonus nih sama perusahaannya.

    Ini cocok banget buat blogger-blogger yang mau mengikuti jejaknya Lizzie Parra nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, makanya itu asiknya kerjasama dgn INDOCARE gitu Li. Kita dipermudah bangetttt. Mengingat sulitnya perorangan mengajukan ijin BPOM. Yukkk jd pengusaha muda hihihihi.

      Delete
  2. Wow seru banget. Aku dulu sempat mo produksi kosmetik bayi tapi ya itu terkendala masalah menyediakan pabrik yg memenuhi syarat bppom. Kayaknya bisa nih idenya dieksekusi ulang :)

    ReplyDelete
  3. Wow.. Keren bgt kl misal bs bikin brand sendiri u produk kecantikan, apalagi udh terjamin keamanannya, tinggal kitanya aja pinter2 promosi yaa..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM. Have a great day.

You May Also Like
Back
to top