3 Hal Penyebab Rambut Rontok


I love my hair,  dalam 2 tahun rambutku sudah panjang lagi. Seneng banget karena aku bisa menatanya dengan lebih banyak model. Tapi jujur kesel banget ketika tiap sisiran selalu aja ada rambut rontok yang jumlahnya cukup banyak. Kalau dikumpulin dalam sebulan sudah bisa jadi sanggul cepol kali huhuhu. Rambut rontok memang wajar terjadi dan pasti terjadi, tapi ketika jumlahnya sangat banyak, artinya ada yang ngga beres.

Sementara rambut merupakan bagian dari organ tubuh yang sangat penting perannya dalam melindungi kulit kepala dan menjadikan penampilan seseorang lebih menarik. Apalagi ketika rambutnya sehat, tebal dan punya model yang bagus. Wah, pasti akan sangat menambahkan kecantikan seseorang.

Tapi kalau rambutnya rontok, mudah patah dan berketombe maka jadinya ya ngga cantik dan indah lagi. Tidak menutup kemungkinan justru malah membuat penampilan jadi jelek. Jadi ngga heran banyak sekali orang mencari cara mengatasi rambut rontok dengan cari informasi di beberapa media, back to nature dengan meracik bahan - bahan herbal yang baik untuk menjaga kesehatan rambut atau datang ke dokter dan para ahli untuk bisa membantu mengatasi permasalahan rambut rontok ini.

Rambut yang mengalami kerontokan harus segera diatasi dan dicarikan solusi, karena kalau dibiarkan nanti rontoknya malah semakin parah dan memperburuk penampilan kita. Tapi perlu kita ketahui kalau rambut rontok ada penyebabkan. Baiknya kita mencari akar permasalahan dulu supaya kita bisa menghindari kerontokan yang lebih parah sambil lebih rajin lagi merawat rambut kita. Lalu apa saja hal - hal yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut ?

GAYA RAMBUT BERLEBIHAN


Segala sesuatu yang berlebihan akan jadi kurang baik. Kalau kamu suka gonta ganti warna rambut, artinya rambut kamu sangat sering terpapar berbagai bahan kimia yang ada di pewarna rambut yang cepat atau lambat akan membuat rambut kamu rusak. Bahan kimia pada cat rambut merusak kesehatan akar rambut dan kulit kepala. Akibatnya rambut kamu akan jadi kering, mudah patah, rontok dan lamban untuk bertumbuh dibanding rambut orang lain yang tidak terpapar cat rambut.
Demikian halnya kalau kamu sering menggunakan blow, catokan, styling rambut seperti gel, foam, hairspray. Rambut kamu juga bisa mengalami kerusakan yang akan menggiring para kerontokan yang lebih parah. 

GAYA HIDUP DAN PENYAKIT 


Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dsb. Serta tidak menjaga kebersihan rambut. Makan banyak MSG dan sangat jarang mengkonsumsi buah dan sayur - sayuran juga akan membuat rambut seseorang menjadi ronyok.

Penyakit ada juga yang berpengaruh terhadap kesehatan rambut seperti adanya kelainan pada kelenjar tiroid, hormon yang tidak stabil, penyakit - penyakit seperti alopecia, yaitu penyakit yang menyebabkan peradangan pada kulit kepala berpengaruh juga pada kerontokan rambut.

Jika seseorang mengidap penyakit kanker dan melakukan kemo terapi, maka cepat atau lambat rambutnya akan mengalami kerontokan yang sangat parah. Tidak sedikit yang kemudian mengalami kebotakan. 


STRES


Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya.

Stres dapat memperngaruhi pola makan dan istirahat sehingga seseorang yang mengalami stres bisa tidak tidur selama beberapa malam. Tanpa disadari, seseorang yang mengalami stres karena mungkin ada permasalahan besar yang terjadi, akan menyebabkan ketidakstabilan hormon pada tubuh yang akan membuat organ - orang bekerja secara tidak baik. Hal ini juga bisa berpengaruh pada rambut dan membuat rambutnya menjadi rontok.

Selain ketiga penyebab rambut rontok berlebih di atas, masih banyak penyebab lainnya yang bisa jadi pemicu rambut kamu menjadi rontok. Karena itulah, berbeda penyebab rambut rontok akan berbeda pula cara mengatasinya. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan baiknya dimulai dari mencari penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, baru kita bisa mengatasinya dengan cara yang pas, baik itu dengan menggunakan produk perawatan rambut rontok, menghindari stres dan mulai pola hidup sehat, menggurangi (kalau bisa menghindari) penggunaan zat kimia berlebihan pada rambut, dll.


Oke then,
bye bye rambut rontok

 

Share this:

CONVERSATION

11 komentar:

  1. Kalau saya gaya rambut ,dalam hal ini salah pakai minyak rambut. Dulu saya pakai jely yang sering dipakai oleh bengkel sepeda. Rambut jadi kaku. Waktu dulu, saya kira minyak rambut itu. Eh baru sadar kalau itu gemuk untuk laker sepeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha, bisa aja mas. Tapi ngga apa ya, mendingan salah dan belajar daripada ngga ngerti hihihihi.

      Hapus
  2. Wahhh udah panjang lagi ya. Kadang ga berasa udah panjang. Eh pas juga rontok :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Lia, ngga terasa udah hampir 2 tahun aja berlalu hihihihi. Aku pengen potong nih, tp masih galau mau dmn. Bzzzz

      Hapus
  3. aku sering denger tuh kalo ada org yg menidap kanker maka rambutnya bakalan rontok perlahan. sedih juga kalo ada yg ngalamin kayak gitu. bisa botak dong, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, karena efek kemoterapinya bikin rambutnya jd rontok

      Hapus
  4. kalo saya ya gara gara stress. suka oanas kepala dan rambut banyak yg rontok

    BalasHapus
  5. Sejak melahirkan anak pertama, rambutku pun rontok, salah satu solusinya potong rambut nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo, bener - bener pas melahirkan ya? Mungkin pengaruh hormon ya mba

      Hapus
  6. Istri saya sedang mengalami ini sejak 3 tahun terakhir. Dari gugling salah satu dugaan karena infeksi dari gigi yang rusak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.