Batak Wedding : Part 3 Persiapan Nikah Adat Batak


Tulisan ini aku buat sebagai gambaran sederhana untuk kamu yang akan melangsungkan pernikahan dengan adat Batak. Kira - kira apa aja yang harus dipersiapkan, berapa lama waktu untuk mempersiapkannya dan perkiraan biayanya. Apa yang aku sharing dibawah ini ngga baku harus dilakukan atau dipersiapkan, karena setiap orang punya kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Jadi menyesuaikan saja dengan masing - masing ya.

Sebenarnya persiapan menikah dengan adat Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, dll mirip - mirip. Tapi karena aku pribadi adalah orang Batak Toba, jd aku membahasnya yang Batak Toba aja ya, karena untuk Batak Karo, Simalungun, Mandailing itu ada perbedaan yang cukup jelas khususnya untuk pakaian adatnya. Aku kurang paham dimana tempat penyewaan aksesoris itu, sementara kalau Batak Toba itu aksesorisnya cukup pakai sortali aja.

Cukup banyak perintilan untuk pernikahan adat Batak, karena rangkaian acara yang kita laluin itu ngga hanya pemberkatan dan adat, tapi ada beberapa acara lainnya seperti marhori - hori dinding, marhusip, martumpol, martonggo raja/maria raja, dll.

Tapi ada beberapa hal yang sudah bisa kamu lakukan sebelum menjalani semua rangkaian adat, misalnya mulai cari referensi tentang vendor yang urgent seperti gedung, katering, musik, baju, makeup, undangan, dll. At least kamu ada gambaran dan bisa mulai lihat review dari orang lain yang sudah pesta duluan, cari tau tentang harganya dan mulai berhitung tentang perkiraan berapa dana yang akan dibutuhkan.





1. GEDUNG 


Pernikahan orang Batak di Jakarta tidak ditentukan oleh tanggal cantik, tanggal hoki, dll. Tapi ditentukan oleh ketersediaan gedung. Yes, begitulah pernikahan Batak hihihihi khususnya di kota besar ya. Book gedung Batak di Jakarta dan sekitarnya itu biasanya dilakukan MINIMAL 8 bulan sebelum hari H (setahun sebelum lebih baik supaya bisa pilih tanggal). Tapi kadang belum tentu pun ada tanggal kosong di gedung yang kita inginkan.

Rate gedung pernikahan Batak biasanya start dari 20 juta sampai dengan 75 juta. Iya, 75 juga rupiah cuma untuk gedung doang (itu diluar overtime ya) dan diluar charge vendor – vendor diluar rekanan gedung, charge kelebihan daya listrik, dll. Walaupun masih ada gedung yang harganya masih 20 jutaan, tapi ngga banyak (bisa diitung banget). Rata – rata gedung di Jakarta itu berkisar di angka 30 jutaan lebih.


Maria Convention Hall
Jl. Perintis Kemerdekaan, RT.5/RW.4
Kayu Putih, Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur 13210
Telp. (021) 4527869  

Denger - denger sih ini gedung Batak yang paling HITZ (dan PALING mahal) di Jakarta tahun 2016 lalu. Baru banget awal tahun 2016 lalu gedung Maria Convention Hall dibangun. Ponakanku kebetulan jadi 10 orang pertama yang menyelenggarakan wedding di Maria Convention Hall. 
Seperti yang kamu bisa lihat sendiri, gedungnya bagussss banget, luassss, bersihhhh, dan aksesnya cukup mudah dijangkau. Lokasinya di Kelapa Gading (besebelahan dengan Gedung Manggaraja yang juga anak perusahaan Arion Group) dan dilalui banyak angkutan umum.

Tapi harga menentukan kualitas ya cyinnn. Even ngga tau pasti harga gedung ini berapa, tapi setahu aku menyentuh diatas 70 juta untuk pesta adat Batak (dan ini diluar charge kalau overtime loh ya). Kalau gedungnya sudah mahal, biasanya harga vendor lainnya seperti dekorasi, katering, musik, foto & video, dll juga biasanya lebih mahal dibanding di gedung lainnya. It means kalau kamu bawa vendor dari luar, kena chargenya juga akan lebih mahal.

So, kalau kamu mau mengadakan acara di gedung ini better spare dana lebih untuk charge, dll. Kepuasan yang akan kamu dapat dan tamu rasakan ketika kamu mengadakan pesta di Maria is priceless. Balik lagi ke keluarga masing - masing ya, kalau ada budgetnya kenapa ngga toh? Menikah sekali sampai maut memisahkan.


Mulia & Raja
Jl. Kebon Nanas No. 70, Jakarta Timur
Telp. (021) 8518666

Mulia & Raja memang ngga ada matinya. Kalau kamu mau pake gedung ini, better kamu tanya MINIMAL 8 bulan sebelum pesta. Rulesnya banyak, apalagi tentang smoking area. Jangan harap bisa merokok di dalam gedung Mulia & Raja, bisa langsung di marahin sama orang - orang yang incharge di hari H. Tapi memang harus begitu, supaya kita dibiasakan mengikuti aturan dan tertib.

Harga makin lama makin tinggi, chargenya juga tinggi, tapi tetap saja banyak orang Batak yang menyelenggarakan pesta disini karena pertimbangan lokasinya yang sangat strategis (ngga semua tamu datang dengan menggunakan kendaraan pribadi toh?).

Yang lainnya masih ada Gorga 1/2/3, Bagas Raya, Graha Cibening, Mayora 1/2, Toton Baho, Nahason, dll. Kadang orang Batak juga ada yang melangsungkan pernikahan di Balai Sudirman, Balai Samudra, dan gedung pemerintah lainnya kalau memang mampu karena harga bisa lebih mahal daripada gedung Batak.

Kalau di daerah seperti Medan dan sekitarnya, pesta pernikahan biasanya dilakukan hampir setiap hari. Pada hari sabtu justru jarang ada pesta karena sabtu itu waktunya onan (pasar), kalau di daerah itu pasarnya ngga setiap hari tapi seminggu dua kali. Harga gedungnya juga murahhhhh banget, bahkan banyak gedung yang dibawah Rp. 5.000.000,- udah bangunan baru, besar, 2 lantai pula.


GEDUNG PERNIKAHAN BATAK


Gedung Sejahtera, Pondok Gede
Gedung Gorga I, II, III dan IV 
Gedung Bagas Raya, Pondok Kelapa
Gedung Hermina, Mampang
Corpatarin, Pulo Asem
Gedung Mangaradja, Kelapa Gading
Gedung Sopo Godang HKBP Tj. Priok Timur
Gedung Nahason, Bekasi
Gedung Toton Baho, Bekasi
Gedung Graha Cibening, Jatibening
dll.

GEDUNG PERNIKAHAN NASIONAL


Gedung Manggala Wanabakti, Palmerah
Gedung Balai Sudirman, Tebet
Gedung Balai Kartini, Kuningan
Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading
Gedung Dhanapala, Senen
Gedung Puri Ardya Garini, Halim
Gedung Sasana Pakarti, Duren Tiga
Gedung Graha Komando, Cijantung
Gedung Departemen Sosial, Matraman
Gedung ANTAM, TB. Simatupang 
dll.


Baca Juga : Batak Wedding Part 1
"Uniknya Pernikahan Adat Batak" KLIK DISINI




2. KATERING 


Harga gedung fantastis tentunya diimbangi dengan kapasitas tamu yang banyak. Kalau tamunya banyak itu artinya makanannya juga harus banyak, rata – rata harga katering di Jakarta itu di Rp. 60.0000,- per kepala (untuk adat) dan bisa sekitar Rp. 80.000,- bahkan sampai Rp. 100.000,- untuk tamu nasional (tergantung gedung ya).

Minimal tamu di gedung – gedung itu berkisar antara 800 – 2000 orang. Monggo silahkan dikalikan saja berapa jumlahnya hahahahhaha (800 orang x Rp. 60.000,- aja udah Rp. 48.000.000,- nah gimana kalau 2000 orang x Rp. 60.000,- jadi Rp. 120.000.000,- hahahhahaha). Kalau harga makanannya Rp. 60.000,- nah kalau nasional? bisa - bisa kena mulai dari Rp. 100.000,- (tergantung gedungnya).

Katering sekarang makin banyak pilihannya, kalau katering Batak yang terkenal itu Marpadotbe, Roma, Anggrek, yang lainnya aku ngga inget hihhihihihi. Katering Batak itu sudah ada paket - paketnya, mau pilih makanan yang ada babinya atau mungkin lebih memilih makanan menggunakan daging kerbau. Kadang gedung - gedung tertentu (biasanya gedung nasional) tidak mengijinkan untuk menggunakan daging babi.

Gedung menentukan harga katering, kalau kamu pake gedung yang mahal ya siap - siap aja dengan perhitungan harga katering yang pastinya mahal juga. Untuk katering sendiri sebaiknya kamu pakai katering yang memang sudah rekanan gedung, supaya tidak ada tambahan biaya lagi.

Untuk katering nasional aku ngga bisa kasih masukan, karena aku ngga berpesta di Jakarta. Kalau katering untuk tunangan aku pakai jasa bou Yenni Katering (sepupu jauh dari papa), jadi harganya bagus, makanannya enakkkk, dan berlimpah ruah (sampe saudara - saudara pada bawa pulang).

Jadi untuk makanan tamu Batak menunya pakai babi (saksang), ikan mas, teri kacang, ayam gulai, sayur. Aku pesan panggang cuma sedikitttttt aja, karena panggang MAHAL hahahhaha. Untuk tamu nasional menunya yang halal ikan asam manis, sop kimlo, sate, dll.

Tapi sedikit masukan dari pengalaman aku yang baru - baru ini "ngecekin piring" di resepsi dari anak seorang Kolonel di Jakarta, aku menemukan banyak piring yang tidak sesuai dengan jumlah pesanannya. Misalnya nih, aku pesen fish and chips sebanyak 400 piring, tapi piring yang ada di meja hanya 250 piring. Lalu sisanya kemana? Biasanya ditaro dibawah meja (stal, gubukan), tapi kadang jumlah yang dibawah meja itu tidak sesuai. Alasan mereka "Piringnya ada di belakang".

Nah, hal ini yang harus kamu cermati. Katering nasional tidak mungkin punya waktu untuk cuci piring, jadi tidak menutup kemungkinan mereka melakukan KORUPSI terhadap makanan yang harusnya dihidangkan. So, better kita antisipasi dengan mengerahkan mamak - mamak kita yang super cerewet untuk mengurus katering hahahahhahaha, jadi semua tamu bisa makan dengan puas. Karena kalau makanan kurang itu maluuuuunya ampun - ampun.




3. MUSIK


“Nyawa” dari pernikahan Batak itu memang dimusiknya, so jangan heran kalau musik di pesta - pesta Batak pasti gegap gempita haahahhahahah. Alunan suara dari alat musik khas Batak yang namanya gondang dan seruling bikin aku suka merinding. Aku BANGGA jadi orang Batak.

Harga sewa musik biasanya tergantung dengan paketan apa yang kita ambil, umumnya musik sudah include juga dengan penari (penari akan mengiringi keluarga untuk menyambut para tamu, dll). Harganya berkisar  dari Rp. 5.000.000,- sampai puluhan juta untuk Jakarta dan sekitarnya, tergantung dari gedung yang kita sewa apakah merupakan rekanan atau tidak. Kalau bukan rekanan ya wassalam deh ya, pasti ada charge untuk ini dan itu.

Tapi sangat jarang musik yang harganya Rp. 5.000.000,- kalau di Jakarta (kecuali sodara kamu bangettt bangetttt bangettttt, even belum tentu juga sodara kasih harga segitu murahnya ahhahaah). Kalau normalnya di gedung - gedung besar start di Rp. 10.000.000,- sampai mungkin Rp. 15.000.000,- tergantung berapa banyak penari yang kamu minta (musik biasanya sudah include dengan penari yang juga akan menyambut tamu datang dan mendampingi pengantin pada saat penyerahan ulos). 




4. DEKORASI


Walaupun kelihatannya sederhana, dekorasi ini menjadi salah satu hal penting dalam pesta. Dekorasi biasanya sudah include untuk dekorasi di gereja dan juga di gedung. Harga dekorasi dengan rumah - rumah adat Batak itu bisa mencapai nilai Rp. 20.000.000,-. Jadi jangan heran kalau ada pesta yang dekornya saja bernilai Rp. 100.000.000,-.

Tapi gemesnya sama orang dekor ini, mereka suka kasih bunga seadanya, jarang - jarang, banyakan daunnya. HUH. Jadi better pakai jasa dekor yang memang sudah ahli di bidangnya. Karena cantiknya foto nikahan kamu nanti dibantu juga dengan dekorasi.

Kalau untuk tunangan aku prefer dekor bunga altar sendiri, cuma sekitar Rp. 500.000,- yang aku keluarkan sudah bisa dapat berbagai macam bunga dan bunganya juga padetttt (nanti aku share DIYnya ya).

Baca Juga : Batak Wedding Part 2 
"Pernikahan Batak Modern Ala PAB 2016" KLIK DISINI




5. FOTO & VIDEO


Foto dan video yang akan jadi tontonan favorit kita sepanjang masa *lebay hahahahha. Tapi biasanya sodara - sodara kalau dateng kerumah juga minta dipasangin video nikahan kita loh. So, video dan foto juga harus oke. Lebih baik pakai jasa video dan foto yang biasa dengan pesta Batak supaya mereka paham benar momen penting yang harus diabadikan.

Harganya juga ngga main - main, kalau yang udah terkenal seperti Braga misalnya, mungkin bisa kena diatas Rp. 15.000.000,-. Jangan lupa untuk cek - cek vendor apa aja yang kerjasama dengan gedung yang kamu sewa. Karena kalau mereka bukan rekanan maka nantinya kamu akan kena biaya charge lagi.

Jangan lupa bergabung sama komunitas sesama perempuan Batak yang mau menikah, kalau aku dulu gabung di PAB 2016. Testimoni teman - teman akan sangat ngebantu banget kita untuk menentukan vendor. Ternyata ada vendor foto dan video yang suka menunda - nunda hasil foto dan video mereka bahkan sampai hamil anak kedua. Sedih. Padahal foto dan video adalah bukti sejarah yang sangat penting dalam pernikahan untuk bisa dikenang kembali.


PREWEDDING


Prewedding bukan hal yang wajib untuk dilakukan secara khusus dengan jasa fotografer profesional. Tapi biasanya memang dilakukan untuk asik - asikan sih hihihihi, sama untuk mengisi area - area tertentu pada gedung (misal didepan gedung, di area photobooth), dan biasanya foto - fotonya dipasang di undangan.


Sekarang banyak cara untuk membuat foto prewedding, trend foto sekarang sudah macem - macem, foto dengan warna yang detail dan close up sudah ngga begitu diminati lagi. Banyak orang yang memang sengaja foto di satu lokasi untuk mengabadikan pemandangannya (trus objeknya seuprit). Aku sih ngga suka foto seperti itu hihihihi tapi balik lagi ke selera ya, monggo. Tapi kalau kamu ngga ada dana untuk foto prewedding, ciptakan aja foto prewedding kamu sendiri (bisa pake tongsis, tripod, atau minta tolong temen - temen) hihiihi.

Baca Juga : Jakarta - Bandung,
Naik Kereta Yuk KLIK DISINI

Bandung punya spot - spot foto yang bagus banget untuk foto. Kalau pas kamu kesan sama pasangan sempatkan makan dibeberapa tempat sekalian foto - foto deh hihihihi. Kalau mau pake konsep lebih bagus lagi, kalau ngga juga gapapa.


Kisaran untuk foto prewedding itu start di angka Rp. 2.000.000,-  sampe puluhannnn juta (YES! PULUHAN). Coz banyak juga yang kepengen foto preweddingnya di luar negeri , pake MUA dan dress - dress kece. Ya pasti mahal hihihihi.

Baca Juga : Batak Wedding Part 4
"Drama Fotografer PAYAH" KLIK DISINI



6. PAKAIAN

(KEBAYA MARHUSIP, KEBAYA MARTUMPOL, KEBAYA PEMBERKATAN, SONGKET, SEPATU, DLL)


Pakaian ini jadi "hadiah" pertama untuk pengantin. So, biarkanlah si pengantin bebas memilih pakaian seperti apa yang mau dia pakai. Suka sebel deh kalau ada yang ngurusin pakaian pengantin, apalagiiii kalau yang ngurusin itu dari keluarga laki (curhatan seorang teman yang calon kakak iparnya ikut ngatur - ngatur bajunya). PLEASE! Ihhh iseng banget deh, better urusin bajunya sendiri - sendiri hahhahaha.

Sebelum kamu beli bahan, better kamu cari dulu penjahit yang sesuai dengan budget dan bisa mengerjakan model yang kamu mau. Baru deh kamu konsultasi sama penjahit dan cari - cari bahan yang sesuai dengan model. Kalau kamu mau pasang full payet, sebaiknya jangan beli bahan yang ada payetnya ya. Polos aja supaya gampang dipotong - potong.

Dokumentasi pribadi ponakan aku

Jahit kebaya biasa dan kebaya pengantin harganya beda (even kadang - kadang kita lihat kebaya biasa itu lebih heboh daripada kebaya pengantin). Harga jahit kebaya pengantin itu umumnya start dari Rp. 4.000.000,- di penjahit biasa (tapi kalau kamu pintar menawar kamu bisa dapat harga yang lebih murah) sampai bisa ratusan juta. Ngga percaya ada baju pengantin ratusan juta? Gih main - main ke galerinya Anne Avantie atau Ivan Gunawan hihihihi.

Kenapa kebaya pengantin bisa mahallll sekali? Sebenernya karena teknik yang dilakukan untuk menjahit kebaya itu ngga mudah dan resikonya. Misalnya nih, bahan kebaya kamu yang harganya Rp. 500.000,-/m2 nah kalau misalnya penjahitnya salah potong? artinya kan dia mesti menggantikan dengan bahan yang baru toh?.


Trus ketika kamu minta payet yang banyak. Payet untuk kebaya pengantin biasanya payet Jepang karena kualitas payetnya yang lebih kuat. Harga payet jepang itu Rp. 25.000,-/20gram. Belum lagi kalau payetnya padat mhhhhh bisa kebayang kan berapa biaya payet untu satu baju.

Nah, itu baru payet. Gimana kalau ditambah mutiara, kristal, swaroski, dsb. Satu butih swaroski bisa berharga Rp. 30.000,-  hihihihihi dan bahkan ada yang harganya sampai ratusan ribu (jadi ngga heran ya kalau bajunya berkilau - kilau bagaikan berlian hihiih).

Sementara itu untuk songket biasanya akan menyesuaikan dengan bahan baju (atau sebelum menjahit baju, informasikan juga warna songket kamu dengan penjahit supaya bisa dicari warna yang sesuai). Harga songket palembang itu kisaran Rp. 2.500.000,- sampai puluhan juta. Sementara itu banyak sekarang orang Batak yang menggunakan ulos Batak yang harganya hampir mirip - mirip juga tapi nyarinya lebih susah dan biasanya warnanya ngga seheboh songket Palembang.

Temen - temen PAB biasanya jahit kebaya di Adethea, Cikross, QZM (Pasar Sunan Giri, Rawamangun), Marga Alam, Bara Kebaya, Berkat Kebaya, Olladita, dll.


Sepatu juga menyesuaikan, kalau aku sih pilih yang jadi aja dengan blink - blink yang super banyakkkkk. Kalau yang lainnya banyak yang custom supaya heelsnya bisa costum dan akan lebih nyaman digunakan. Ada beberapa toko yang menyediakan jasa custom sepatu/sendal untuk pengantin dengan harga start dari Rp. 700.000,- sampai Rp. 4.000.000,-.




7. ULOS 


Ulos ini ada beberapa pcs tergantung kesepakatan saat rapat kedua keluarga. Ada 2 ulos yang paling penting, ulos dari orang tua pihak perempuan kepada pengantin (plus sarung). Bisanya ulosnya dipesan khusus dengan warna yang disukai dan ditambahkan kata - kata yang menjadi doa dan dibordir dengan nama pengantin. Jenis ulosnya ragi hotang, biasanya dipilih yang warna merah cantik yang di mix dengan benang warna emas.

Satu lagi ulos yang diserahkan dari orang tua pengantin wanita kepada orang tua pengantin pria. Biasanya ulos ragi hotang juga atau ragi hidp (jika orang tua pria sudah punya cucu). Harganya lebih murah dibanding ulos untuk pengantin tapi jauh lebih mahal dibanding ulos lainnya yang diberikan kepada keluarga.

Selanjutnya ulos biasa yang diberikan kepada beberapa keluarga. Biasanya juga ulos ragi hotang dengan kisaran harga Rp. 150.000,- keatas. Yang kainnya agak panjang dan lebar. Untuk harga ulos untuk pengantin aku dikisaran Rp. 4.000.000,- dan untuk orang tua pengantin pria itu kalau aku ngga salah dikisaran Rp. 2.500.000,- deh. Tapi ada yang lebih murah dari itu kok. Balik lagi ya, semua menyesuaikan dengan kondisi masing - masing.




8. MAKEUP

(HAIR DO, BUNGA RAMBUT, BUNGA TANGAN, SORTALI)


Nah, ini yang buat aku ngga bisa dimain - mainin. Sepanjang acara ngga cuma si fotografer yang fotoin kita, tapiiiii hampir semua tamu fotoin kita hahahahha (apalagi pas prosesi ya). Untuk itu wajah kita harus selalu "ON" dan cakepppp hahahahhaha. Kualitas produk yang MUA pake juga harus diperhatiin. Kadang ada MUA yang bilang dia pake brand ini, taunya dicampur - campur juga sama merk yang biasa (BANGET), KZL! Tapi thank God aku dapet MUA yang pake barang bagus, branded, bersih, dan BARU! YAY. Akan ada pembahasan khusus tentang iniiiii hihihihi. Rate MUA pengantin di Jakarta itu start dari Rp. 3.500.000,- sampai Rp. 20.000.000,- IYES makeup doang dua puluh juta. 


Kok mahal? Kenapa?

Harga menentukan kualitas (even ngga selalu juga begitu), tapi memang di dunia ini ada beberapa produk yang masuk dalam kriteria must have item for MUA. Misalnya foundation MUFE dan Shu Uemura (@Rp. 700.000,-), Pore Control dari Benefit, Studio Fix dari MAC (Rp. 500.000,-), dll. Kualitasnya bagus, harganya ngga murah dan usaha yang dilakukan seorang MUA untuk mengaplikasikan makeup ke klien itu ngga mudah.

Seorang MUA harus paham kekurangan dan kelebihan dari kliennya dan menjadikan kliennya lebih cantik. Lucunya ada klien yang mukanya (MAAFFFF) pas - pasan tapi request harus jadi secantik orang tertentu. BZZZZ! Ya kaliiiii. Bisa sihhh, tapi kan usaha yang dilakukan jadi lebih sulit, tekniknya berbeda. Nah itu yang bikin mahal.


Tapi ada beberapa orang yang emang suka banget sama makeup justru makeup sendiri waktu nikahnya. Kalau aku sih ngga berani hihhii. Aku mau duduk manis dan terima beres aja, karena aku ngga suntik vitamin dan aku tau kalau seharian nyalamin orang dan beracara Batak akan sangat melelahhhkannnn. Wong jadi tamu aja hayati lelah, apalagi ketika hayati jadi mantennya hahahhaha.

Untuk hair do biasanya sudah include sama makeup, begitu juga dengan bunga melati untuk rambut. Kalau saran aku pesan saja sekalian bunga melatinya mama dan mertua (kalau lokasinya berdekatan) di tempat MUA kamu, biar sekaligus ngga usah repot beli - beli lagi.

Sortali bisa dibeli di Pasar Senen atau disewa. Kalau yang disewakan biasanya terbuat dari emas 24 karat. Uang sewanya kalau ngga salah kisaran Rp. 600.000,- (tapi mungkin aja harganya sudah naik ya). Sesuaikan saja dengan budgetnya, kalau kamu punya budget lebih, better beli aja sortali yang emas dan kamu sewa - sewain deh hihihihi.


 

9. UNDANGAN


Karena basic keilmuaku ngga jauh dari urusan design, foto, Photoshop, Ilustrator, cetak - cetak dan kertas - kertasan, jadi aku memutuskan untuk mendesain dan mengeksekusi undanganku sendiri hihihi. Sekalian jadi portfolio dan sekalian juga memuaskan hasrat menghemat biaya hahahhaha, ada kepuasan sendiri aja untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri.

Untuk undangan adat Batak yang sederhana dengan kertas jasmine (yang mengkilat - mengkilat, biasanya warna kuning, cream, gold) itu kirsaran Rp. 6.000,- keatas. Kalau yang dilapisi lagi dengan karton itu sekitaran Rp. 10.000,- keatas. Kata temen - temen kalau mau bikin undangan yang murah itu di Pasar Tebet Barat. Monggo silahkan untuk hunting - hunting dan bikin perbandingan harga.




10. MOBIL PENGANTIN


Biasanya mobil pengantin memang dikhususkan, gunanya supaya pengantin jadi lebih nyaman ketika di perjalanan. Biasanya kan baju pengantin agak ribet tuh ya, kalau umpel - umpelan sama keluarga yang lainnya kan jadinya ngga nyaman.

Dulu banyakan orang yang menggunakan sedan (Mercedez sih biasanya), tapi sekarang lebih banyak yang menggunakan Toyota Alphard, karena dinilai lebih nyaman. Ngga usah nunduk - nunduk dan sempit - sempitan duduk bertiga sama pandongani, tapi bisa nyaman duduk masing - masing di kursi tengah. Sesuaikan semua dengan budget yang ada. Ngga usah mikirin gengsi. Naik kereta kuda juga tetep bisa nikah kok hihihihi.



 

11. SOUVENIR


Banyak pilihan souvenir sekarang ini, dari mulai kipas sejuta umat, gantungan kunci, notes, handuk kecil, sampai iPod (gratifikasi) hahahhaha. Bebas aja mau apa, kalau aku bilang souvenir sih ngga sepenting itu. Belakangan ini banyak pengantin yang kasih tas kecil atau pouch sablon untuk souvenirnya. Menurutku ini bagus, berguna, bisa dipakai untuk waktu yang lama dan harganya juga lumayan murah. Kisarannya Rp. 5.000,- per pcs dengan kualitas sederhana.


 

12. PHOTOBOOTH


Ini ngga wajib sih, tapi sekarang ini photobooth digunakan sebagai pengganti souvenir. Jadi nanti dapet kuponnya gitu dan kita bisa juga sekalian dapet file foto - foto lucu dari para tamu yang hadir. Semua senang. Ada vendor - vendor yang khusus menyediakan jasa untuk dekor photobooth. Mungkin contoh photobooth dibawah ini bisa kamu tiru. Minimalis, hemat tapi cantik juga kok.


Biasanya perhitungan biaya photobooth ini per jam unlimited atau per brapa pcs foto (misal 250 foto). Harganya kisaran Rp. 2.500.000,- keatas (tergantung waktunya). Pastikan kamu punya tempat yang pas untuk photobooth ini. Pas dalam arti mudah diakses, dekat dengan colokan, tidak mengganggu tamu yang lalu lalang, pencahayaannya baik.

Pastikan juga tim yang kamu hire adalah yang bisa menghasilkan foto yang baik. Banyak photobooth murah dan hasilnya juga murahan. So, better spare sedikit lebih mahal tapi dapet kualitas yang jauh lebih bagus deh ya.



So far itu aja yang harus dipikirin banget, sisanya cuma perintilan aja kok yang boleh dipakai, ngga juga ngga apa. Misalnya kayak menyediakan gubuk - gubuk untuk bir, pasukan keamanan khusus, foraider, bridesmaid, dll. Itu ngga wajib, mau dibuat ya silahkan, ngga juga ngga akan mengurangi sahnya pernikahan kok hihihi.

Semoga bermanfaat


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top