Menikmati Keindahan Danau Toba dari Samosir Villa Resort


HORAS!!!


Saat aku merencanakan untuk liburan ke Pulau Samosir, aku cari review beberapa hotel bagus lewat web booking online dan aku menemukan "Samosir Villa Resort" yang punya konsep cantik dan pemandangan indah. Harga yang ditawarkan waktu itu juga cukup terjangkau, sekitar Rp. 500.000,- per malam. Nice.

Hotel ini bisa dijangkau dengan menyebrang menggunakan kapal Ferry dari Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok dengan durasi kurang lebih 1 jam. Kalau ngga salah tarifnya sekitar Rp. 150.000,- untuk 1 mobil dan 2 penumpang (bisa jadi lebih murah). Kita juga bisa menggunakan jalur darat menyusuri jurang terjal di daerah Tele. Tapi kalau kamu berangkat dari Medan, maka track terdekat ke Pulau Samosir adalah menyebrangi Danau Toba.


Danau Toba itu punya cerita mistis didalamnya yang aku sudah dengar sejak aku kecil. Seperti halnya di daerah - daerah lain di seluruh Indonesia, semua punya cerita. Dan umumnya hampir sama, kita tidak boleh berbuat macam - macam yang melanggar norma dan adat daerah setempat. Niatan buruk dan rencana jahat juga bisa diketahui mereka - mereka yang punya kelebihan disana.

Aku selalu takut plus takjub ketika menyebrangi Danau Toba. Aku selalu penasaran tentang apa yang ada di dasar Danau Toba ini. Dulu katanya ada sebuah desa didasar Danau Toba, tapi karena ada gempa vulkanik yang sangat dasyat jadi terjadi pergeseran yang menghasilkan cekungan dalam seperti wajan dan kemudian terbentuklah danau yang terisi dengan air hujan yang kemudian dinamakan Danau Toba.


Konon kata salah seorang penyelam dari luar negeri, kampung yang ada didasar Danau Toba masih bisa dilihat bentuknya. Rumah - rumah Bolon masih ada dan masih berdiri dengan baik. Entah apa lagi cerita yang ada di Danau Toba, tapi aku percaya para nenek moyang yang ada disana tidak akan mengganggu kita jika kita tidak punya pikiran jahat dan tidak berbuat jahat.

Tapi mungkin Danau Toba kembali punya cerita dibalik tenggelamnya KM Sinar Bangun yang menyebrangkan lebih dari 160 orang plus kendaraan bermotor, dll. Selain karena kelebihan muatan, kalau aku tidak salah katanya juga mereka berangkat dalam kondisi cuaca yang tidak terlalu baik.


Apapun yang ada dan terjadi disana, aku pasti akan selalu kembali ke Danau Toba. Banyak cerita indah yang terukir sejak aku kecil dan ketika aku sudah menikah. "Bang, aku mau ke Danau Toba, aku mau ke Pulau Samosir, aku mau ke Tomok dan aku mau ke Huta Sialagan."

And we did it

DISCLAIMER : Psst, tulisan ini akan banyakkkk sekali fotonya, jadi jangan kaget ya. Kata - kata aja ngga akan pernah cukup menyampaikan keindahan yang aku lihat.  Coz, picture paint a thousand words. Semua foto ini milik ROOSVANSIA, ngga ada yang nyatut dari milik orang lain ya. Kalau mau dipake, monggo minta ijin dulu. Email aku ada di sidebar sebelah kanan. Aku foto menggunakan Fuji Film Mirrorless X-A2.


Samosir Villa Resort berada disisi kanan jalan kalau kita dari Tomok. Ada space yang lumayanlah untuk parkir. Kalau kita lihat dari depan, kesannya hotelnya kecil dan ngga menarik. Nah, ketika masuk baru kita bisa lihat konsepnya tuh kayak di Bali. Tapi Bali ala Batak hihihihi, jadi ornamen yang diaplikasikan pada bangunan itu konsep gorga Batak.


LOBBY & RESTAURANT

Begitu masuk, kita langsung, lobby di sebelah kanan menyatu dengan restoran. Ada yang indoor dan ada juga yang outdoornya. Suasana outdoor asik banget dengan view kolam renang dan juga Danau Toba sendiri. Aku senang duduk di kursi - kursi ini dan melihat kearah danau ketika matahari mulai tenggelam.




FOOD & BEVERAGE


Sarapan pagi standartlah ya, nasi goreng, roti dengan berbagai toping, dll. Seinget aku ngga ada yang special. Tapi untuk restorannya punya makanan yang cukup beragam dari lokal maupun western. Aku sempat pesan kepala ikan mas yang katanya favorit di Samosir Villa Resort. Rasanya enakkk, ikannya seger, baru dan kayaknya diambilnya juga dari Danau Toba.


Lalu ada beberapa makanan lain yang aku pesen. Rasanya so so. Tapi bisa jadi pilihan untuk anak - anak yang mungkin ngga terlalu suka bumbu dan mau makan yang lebih simpel seperti kentang, ayam, pancake, dll.


BALE - BALE


Semua spot di Samosir Villa Resort ini instagramable banget. Kamu mau foto dimana aja akan kelihatan kece hihihihi. Trus banyak spot untuk duduk santai bersama pasangan atau keluarga, baik di area makan, outdoornya dan ada juga beberapa bale - bale bertingkat yang punya view kolam renang dan juga Danau Toba langsung.

 
 


LANDSCAPE


Menuju ke kamar tidaklah mudah, karena ada banyak sekali anak tangga yang harus dilewati. Mengingat kontur tanah didaerah itu berbukit, jadi rata - rata hotel disekitaran Danau Toba punya wilayah yang lebih rendah dan lebih tinggi. Jadi, kita harus ekstra hati - hati melangkah, khususnya ketika berpergian membawa anak - anak atau orang tua yang lanjut usia.
 

 


KAMAR


Aku minta kamar yang menghadap ke Danau Toba supaya aku bisa menikmati keindahan Danau Toba begitu aku bangun. Ada kamar yang kasurnya double, single dan tanpa AC. Ada yang viewnya ke kolam renang, biasanya ini dipakai rombongan supaya deket - deketan gitu kamarnya.


Kamarnya besar, bersih, dan nyaman. Ada TV dan AC juga karena siang hari di Pulau Samosir cukup panas. Kamar mandinya lumayan besar dan ada bathtubnya. Nice. Diluar ada teras dan gantungan untuk handuk. Dengan kamar seperti ini, kita bisa bawa anak - anak dan mereka bisa bermain dengan bebas kalau di kamar. Btw ada kamar yang family room juga loh, jadi makin seru kalau bawa lebih banyak keluarga. Yay.

 


SWIMMING POOL


Aku suka sama hotel yang ada kolam renangnya, walaupun aku belum tentu berenang hihihi. Samosir Villa Resort punya 3 kolam renang. Gokil kan. Jadi ngga perlu berebut dengan pengunjung lainnya kalau mau berenang hihihihi. Waktu aku kesana kebetulan bukan musim libur, jadi aku bisa dengan bebas menikmati berbagai fasilitas tanpa ada orang lain disekitarnya.


Poolnya ngga hanya kolam buatan, tapi ada satu area berenang dipinggir Danau Toba langsung. Kalau kamu jago berenang, silahkan berenang disini. Tapi sebaiknya jangan sendiri ya, untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan aja. Selalu dalam pengawasan dan inget kalau bawa anak, mereka ngga boleh lepas dari pengawasan loh ya, karena banyak tangga dan medannya yang curam.


OVERALL VIEW


Cantik banget kannnnnn. Ah, siapa yang ngga ingin berlama - lama tinggal disana dan menikmati hari - hari memandangi indahnya Danau Toba. Samosir Villa Resort ini terkonsep dengan baik, aku jadi penasaran siapa ya yang punya. Pasti dia ini orangnya seru dan suka jalan - jalan, jadi bisa merancang tempat seperti ini. Keren banget.


Cantik banget kan kan kan. Udah deh, cuz atur waktu dan berangkat ke Samosir Villa Resort diliburan kali ini hihihi. Btw, selain bisa menikmati indahnya pesona Danau Toba, kamu juga bisa jalan - jalan ke daerah wisata disekitar Samosir Villa Resort.


TEMPAT WISATA SEKITAR


TOMOK


Tomok adalah pelabuhan yang pasti kita lewati kalau kita berkunjung ke Pulau Samosir. Tomok punya semacam pasar yang jualan segala macam souvenir. Kain ulos, sarung wangi, songket khas Samosir, ada juga kerajinan kayu, suling, patung - patung, tas, manik - manik, dll.


Harganya beragam satu dengan yang lainnya, biasanya daster dengan tulisan Danau Toba harganya sekitar Rp. 40.000,- kain songket Samosir Rp. 100.000,- lalu suling sekitar Rp. 60.000,- dll. Harganya bisa ditawar, kalau kamu rasa kemahalan, kamu bisa pindah ke toko satu lagi.


Didaerah yang sama juga ada kuburan para leluruh yang bisa kamu kunjungi. Bentuk kuburannya masih bebatuan gitu dengan ukiran - ukiran disekelilingnya. Kalau kamu mau berkunjung ke kuburan ini, sebaiknya dengan pakaian yang pantas ya. Kita kasih contoh yang baik bagi orang lain khususnya wisatawan asing untuk berpakaian sopan sesuai dengan lokasi tujuannya hihihihi.


Ada juga museum yang bisa kamu kunjungi, tapi aku ngga masuk ke museum karena udah keburu sore. Jadi aku foto - foto sebentar, belanja oleh - oleh dan buru - buru balik ke hotel untuk istirahat.


HUTA SIALAGAN

Masih ada satu lokasi wisata lagi yang bisa kamu kunjungi. Sebuah desa yang di dalamnya banyak cerita tentang kanibalisme (manusia makan manusia). Waktu aku kecil dulu aku pernah ke Huta Sialagan ini bersama keluarga besar, jadi waktu itu kami menggunakan jasa guide untuk menceritakan kisah tempat - tempat yang kami kunjungi.


Aku ngga akan pernah lupa gimana cerita para orang jahat di Huta Sialagan (baik warga setempat maupun para musuh) akan diadili di kursi batu itu dan kebanyakan dari mereka dihukum mati dengan cara yang cukup sadis. Konon katanya darah para musuh akan diminum oleh Raja, lalu sisanya akan digunakan untuk mengecat rumah, kemudian dagingnya akan dimakan atau mayatnya dipajang di pintu kampung selama beberapa hari sebagai peringatan dan memberikan efek jera bagi yang ingin berniat jahat.

BTW. Cerita diatas ini yang aku pernah denger loh ya. Kalau tentang bagaimana kebenaran ceritanya aku kurang tau, kalau kamu lebih tau mungkin kamu bisa tinggalkan comment dibawah ini ya, supaya kita bisa sama - sama belajar hihihi.


Waktu kami kesana, kami tertarik mengunjungi sebuah rumah yang didalamnya ada seorang bapak yang sedang mengukir. Kami berbincang dan sempat bercanda lalu tak lama kemudian istrinya bapak itu datang. Sebelum pulang, aku sempat mengajak mereka untuk berfoto dan dengan spontan inang (ibu) itu memelukku. Ahhh so sweet, they're so nice.

Sangat berbeda dari yang duluuuu sekali aku datang. Waktu dulu masyarakat disitu lebih ketus. Kalau kita menawar barang dagangannya, mereka marah. Lah, kan namanya ditawar, kalau ngga boleh ya ngga usah marah hihihi. Aku jadi inget tanteku mendiang pernah bilang "Bagaimana turis mau datang ke tanah Batak ini kalau kalian sombong seperti itu".

Thank God, sekarang kondisinya sangat jauh berbeda. Semua sudah jauhhhh lebih ramah dan murah senyum. Kalau kita menawar, mereka cenderung merayu supaya kita tidak menawar lebih murah lagi.



Oia, kalau kamu mau pulang dan menyebrang ke Pelabuhan Ajibata, jangan lupa disebelah kiri deretannya pom bensin ada restoran Batak dengan warna nyentrik seperti dibawah ini. Aku lupa namanya apa, pokonya tulisannya KHAS BATAK. Ini lapo Batak yang pastinya jual kebo pesek (baca : babi), jadi bisa dipastikan tidak halal. Tapi yang bikin aku selalu makan disitu karena ada menu ikan mas dengan bumbu tombur.


Ikan ini keterlaluan enaknya. Enak banget. Bumbu tomburnya juga enak banget. Pedas karena pakai cabe rawit dan andaliman (bumbu khas Batak), rias (bunga kincung), kemirih, jeruk nipis, dll. Ahhh, seketika juga aku jadi lapar kalau lihat foto ini huhuhu.

Aku ngga sabar pengen explore tempat lainnya baik di Sumatera Utara maupun daerah lainnya. Semoga saja kesempatannya ada ya hihihi. Wish me luck. Semoga review diatas bisa bikin kamu kepengen jalan - jalan ke Pulau Samosir juga hihihihi.

See you again

CONVERSATION

8 comments:

  1. Keren tuh kalo bisa request kamar secara khusus. karena tidak semua hotel atau resort mau. apalagi klo booking via onlen

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, view dari Villa Resortnya bagus banget... terasa udaranya bersih dan segar. Udah gitu Samosir Villa Resortnya pun terlihat nyaman dan bersih.

    ReplyDelete
  3. baca tulisan ini sarasa ikutan tour kesana lho ka.. seakan aku berada disana dan ikutan mengikuti setiap sudut langkah kakak disana.. sungguh indah dan adat disana masih sangat terasa kental ya.. semoga aku bisa menginjankkan kaki aku disana juga ya ka

    ReplyDelete
  4. Bagus banget view di resortnya ya.

    Btw, setiap kali baca tulisan mbak Roos tentang Batak, saya jadi ingat mantan pacaraku yang orang Batak, wakwkakk...

    ReplyDelete
  5. aku keabisan kata2 sih kalo udh ke danau toba ini. samosirnya sendiri trakhir ksana pas smu kls 3, study tour. tp kalo danau toba slalu lewatin tiap kali mudik ke sibolga :). samosir nih yg pgn banget aku Inapin mba. anak2 blm prnh ksana.

    walopun ada banyak cerita serem juga di bbrp penginapanny hahahahah. trakhir, temenku ngineo di salah satu penginapan murah di samosir, dan dia diganggu semalaman. merinding aku.. bukan hotel yg kamu review ini kok :D. tp memang hrs hati2 dan jaga perkataan kalo ke samosir. krn adat istiadat nya msh kuat banget

    ReplyDelete
  6. Aku belom pernah ke danau toba..tapi liat pemandangannya dan fotonya cantik banget jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  7. Aku juga selalu penasaran dg wisata danau toba ini loh kak aplagi banyak banget cerita kegenda soal danau toba, penasaran ya. Oh sudah pernah ada penyelam kesana ya? Kao ada video/fotonya kayanya bakalan menjawab rasa penasaran kita ya

    ReplyDelete
  8. Aku ikut begidik baca cerita penyelam asing melihat ada perkampungan warga masih utuh sampai sekarang di dasar danau ...
    Tapi diluar hal itu, view danau Toba memang keren banget.
    Akh kapan aku kesampaian kesana ...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top