Jadi Istri Tentara : Part 2 Sister by Heart


3 April 1946

HUT Persit Kartika Chandra Kirana


Hal yang paling berkesan sejak jadi istri tentara adalah ketika aku punya banyak keluarga dan sahabat baru yang senasib, sepenanggungan, seperjuangan, sepersemuanya. Yang selalu ada disaat aku membutuhkan, untuk membantu dan support aku dalam banyakkkkk hal.

Tulisan ini aku persembahkan untuk mereka yang pernah ada dan mengisi setiap hariku dengan canda dan tawa hihihihi. Supaya kenangan tentang mereka tidakkan pernah terlupakan #eakkkk hihihi. Mendadak puitis gini nih.


Baca juga : "Syarat Jadi Istri Prajurit



Dimulai dari ibu Ketua dan Wakil pertamaku. Aku menghadap beliau saat pengajuan nikah. Ahhhh senangnya mendapat "orang tua" seperti beliau yang selalu kasih support dan mengajarkan aku dan ibu - ibu lainnya melaksanakan berbagai tugas dengan baik tanpa membeda - bedakan.


Waktu itu kami mau foto - foto nih hihihihi (seneng banget saat tau kalau ibu Ketuanya suka foto hihihi) aku berkesempatan untuk makeup-in beliau. Nerves bangettttzzz, takut salah, takut makeupnya ngga berkenan. Secara ibunya udah cantik banget, jadi aku harus bikin beliau makin cantik.

Makeup wajah done, kecuali alis *hiksss. Soalnya ibu jagoooo banget melukis alisnya, jadi aku takut kalau malah jadinya ngga simetris. Jadi, makeup diatas ibu sendiri yang bikin alisnya, sisanya aku hihhi. Btw ibu Ketua juga paham sekali tentang makeup loh, beliau pake The Balm, MAC, ahhhh love love.

"don't let anyone with bad eyebrows tell you about life"

INDEED! hihihihihihi


Ini full team kepengurusan pertama aku. Seru banget kan pake full color gini. Semua kinclonggg dan semangat karena mau foto - foto hahahahhaa. Sama seperti warna bajunya, mereka semua punya warna sendiri - sendiri yang bikin hidup makin seru.

Ada bu Agus temen aku berdebat hahahahhaha, kami berdebat urusan payung tapi dia ada untuk kasih support dan bantu mengerjakan aku banyak hal dalam semalam HEBAT. Ada bude Nanang yang ada galak - galaknya dan agakkkk cerewettt huhahahahahha *ampunnnn budeku sayang, ini temen aku belanja kalau ada kunjungan. Ada juga mba Iefa yang suka makan sambel buatan mama, mecahin gelas, nyubitin Ochelynn, ngajakin jalan, komplitttt hahahahha. Ada bu Triyanta yang jagoooo nyanyi, jogetnyaaaa ampunnn aduhainya dan suka memberikan banyak ilmu - ilmu ajaib hihihihi.

Ada bu Dino yang pinter banget masakkkk dan suka aku datengin rumahnya cuma untuk numpang makan dan gelesotan di dapur huahahahahha. Aku suka dianterin ikan pepes yang superrrr enak dan banyakkk. Trus dengan serius dateng kerumah untuk private dandan. Bahagiannya ilmunya masih dipakai dan selalu diterapkan. Uhhhh, aku bahagia. Ada bu Basuki yang even lagi sakit tapi masihhhhh rajin dan semangat banget berkegiatan, bu Arief yang ngga pelit ilmu ngajari aku bikin surat - surat, dllnya.



Nah, ini kedua orang andalanku dalam banyak hal. Mereka yang bantu aku untuk belajar jadi Sekretaris hihihihi. Kakak Arum dan dedek Indri. Yang dah khatam banget tentang dunia Persit hihihihi. Kerennya di Persit ini, meskipun usia mereka lebih tua dari aku, mereka tetap menghormati aku. Jadi kami terlatih untuk saling menghormati senior dan menghargai junior.


Masih banyak lagi orang - orang baik yang mengajarkanku banyak hal. Memberi banyak sudut pandang dalam menyikapi suatu keadaan atau permasalahan. Persit mengajarkan BANYAKKKKK sekali. Sopan santun itu udah pasti, etika bicara, etika menyapa, etika berkerja dalam tim dll.


Persit mengajarkanku untuk memanusiakan manusia

Lakukan apa yang kamu mau orang lakukan kepadamu. Tanpa melihat perbedaan. Saling menjaga satu sama lain, saling memberikan dukungan dalam suka maupun duka, saling membangun dan mengajarkan untuk kemudian menjadi lebih baik lagi.


Baca juga : "Part 1 Belajar Jadi Persit"






Apa sih yang Persit ngga bisa huahahahhaha (SOMBONGNYA). Berkerja dibawah tekanan dengan waktu yang mepet bisa, jadi MC, menari, nyanyi sampai membatik bisa, trus merangkai bunga juga bisa, bikin kerajinan tangan lainnya bisa.

Berkegiatan saat hamil bisa (untungnya kami hamilnya ngga repot, jadi masih enak ngapa2in hihihihi), masak mah kecilll *eakkk makin sombong hahahahhaha, bikin kue juga bisa. Jualan juga bisa dong, dandan juga jago (harus) hahahhaha.


Persit juga bisa bikin awet muda hihihihi. Banyak - banyaklah bergaul sama dedek - dedek kecil gemes ini supaya hidup jadi makin berwarna dan menyenangkan. Anak kecil tau mana orang - orang yang tulus dan sayang sama mereka. Meskipun tante Roos-nya galak, tapi tetep aja tuh banyak dedek - dedek kecil yang minta TOS kalau ketemu hihihihi. Bahagiaaaa.


MARLETTING


Di Persit aku juga ketemu dengan dua orang sahabat baru yang suaminya sama - sama berjuang bersama saat di Akademi Militer beberapa tahun lalu. Even ngga sering jalan bertiga, karena mama Alka kerja dan kami ketemunya sekali - sekali aja. Tapi aku cukup sering berkomunikasi sama mama KeKen. Secara kita punya rumah cuma dibatasin tembok aja kan ya mba hahahhahaha.


"Dedek Kenzie..... Kenapa nangis ?"
"Iya ni tante, tuh tantenya sampe denger tuh"

"Mba, kesini main"
"Mbaaaa, aku mau cerita"
(ijin, inget ngga mba Yo? ahahhahahaha)

Ahhh. Im gonna miss you both. Keep contact yesss. Kalau kangen baca - baca lagi tulisan ini hahahhahahhaa. Semua yang kita bagi. Cerita dalam tawa dan sukacita atau dalam tangiiiisssssan yang menyakitkan akan jadi kenangan sepanjang masa.


MAKEUP CLASS


Aku bener - bener belajar jadi lebih kreatif dan berbagi dengan yang lainnya. Karena aku suka makeup, jadi aku berkesempatan bagi - bagi sedikit ilmu yang aku punya untuk ibu - ibu pengurus supaya mereka lebih mahir lagi untuk bermakeup. Seneng ketika ibu - ibunya "keracunan" dandan dan jadi makin cantik hihihihii.


Jadi Persit harus bisa dandan. Paling ngga dandan sekedar kalau menggunakan pakaian resmi atau kalau ke pesta sama suami. Lumayan kan bisa menghemat biaya, jadi ngga harus ke salon hihihihi. Kalau kamu rapih, kamu bukan hanya menghargai diri sendiri, tapi itu adalah bentuk dari menghargai orang yang mengundang kita atau orang yang kita temui.


KERAJINAN TANGAN


Waktu itu ibu Ketua Cabang ulang tahun. Kira - kira apa ya hadiahnya untuk beliau. Yuk ah bikin sesuatu yang kreatif dan beda dari yang lainnya. Akhirnya aku menggerahkan (memaksa hahahhahahha) adek - adek ini untuk membantu (maaf ya sudah menyusahkan kalian) hahahahha. Ternyata banyak bakat - bakat terpendam yang mereka punya dan baru keliatan saat ada project ini.

Tacaaaaa, kamu inget apa yang kamu lakukan waktu itu hahahhahahahaha
(kelakuanmu bikin kita semua ngakakkkk hahhahahahha)


Ternyata ada yang pinter gunting - gunting (kebetulan dia dokter hiihihi, jadi lebih teliti x ya), ada juga yang ternyata berbakat nempel - nempelin ini itu dan bikin tampilan paper tolenya jadi lebih cantik.

Waktu itu aku juga masih hamil dedek Ochelynn. Untungnya hamilku kebo banget. Ngga ada mual, ngga ada muntah juga dan ngga ada drama - drama perhamilan lainnya. Aku suka jalan - jalan, aku suka makan, aku suka berkegiatan. So, semua senang.


FROM SET TO OR TO SET


dedek Indri dan si gendut yg lg hamil, Berlin hihihihiii

Ini dua orang yang paling seringgggg kena semprot sama aku hahahahha, ya iyalah kalau kerjanya ngga bener ya dimarahin dong hihihi. Marah bukan untuk membenci tapi mengarahkan menjadi lebih baik. Kalau aku udah ngga mau marah, artinya aku udah sangat ngga mau tau sekali hihihihihi.

Tapi untungnya udah dimarahin mereka mengerti dan (kayaknya) no heart feeling a.k.a tidak ada sakit hati diantara kita (awas aja kalau sakit ati) huhahahahahhaha. Sampai ketemu lagi di hari yang baruuuu.


Bertemu banyak orang dengan berbagai karakter, berbagi cerita dan harapan. Persit juga mempertemukan aku dengan mba - mba dan adik - adik gemes luar biasa ini yang suka jadi temen aku halan - halan dan hihihihi banyak sekali membantu aku.

Aku sayang semuanyaaaa. Seneng bisa kenal mereka dan bekerjasama dengan mereka. Berdebat juga, ya namanya juga kakak adek kan hahahaha. Trus nongkrong bareng cuma sekedar makan indomie atau roti bakar, menjelajahi berbagai resto di seputaran Serpong, belanja sekalap - kalapnya, ngidam pop corn berbarengan, dlll hahahahaha


Beda generasi tapi hobinya sama, yaitu : MAKAN dan Chatime *halah. Kami bisa sangat bahagia banget cuma minum Chatime di mall sebrang asrama atau menghabiskan waktu dari jam 12.00 sampai jam 22.00 di ICE waktu ada event Pekan Raya Indonesia dan pulang dengan membawa 4 karung baju yang kemudian kami jual - jualin lagi hihihihi.

dedek Laili & Berlin

"Berrrr, kamu gendut banget sihhhh"
"Mbaaaa, aku kan lagi hamillllll"
"Enggak loh dek, kamu genduutttttt banget tauk"
"Bzzzz........ Mba :''''(((((("

Lalu beberapa bulan setelahnya di dedek Berlin gemes ini melahirkan, sesar. Loh, kenapa jadi sesar? Mhhh, soalnya bayinya kebesaran mba, 3.8 kg, di pinggul aku ngga muat. AHHAHAHHAHA. Aku ngakak sengakak - ngakaknyaaaa.

"NAAHHHH KAN, aku udah bilang kamu tuh genduuuuut hahahahaha"
"Mbaaaaa........"


Hari - hari yang menyenangkan bersama mereka semua. Yang satu saat bisa diceritakan kembali sama si dedek Ochelynn. "Dek, dulu mama hamil kami suka jalan dan ngomelin tante Berlin, trus mama suka ngomelin tante Laili dan tante Indri juga. Untung mama ngomelin mereka, jadi kamu punya kulit putih bersih kayak tante Belin dan lesung pipitnya gemes kayak tante Laili dan tante Indri hihihihi. Tapi kadang - kadang Ochelynn suka manyun kayak tante AW juga hihihi.

So, kalian kalau lagi hamil, pilih - pilih ya mau sebellll banget sama siapa. Cari yang cantik dan pinter dan baik hati dan tulus dan rajin dan tidak sombong dan sopan dan santun dan ramah dan cerdas dan suka menolong, supaya anaknya nanti jadi mirip hahahhaha.


Semoga tulisan ini jadi reminder kebersamaan kita hihihihi dalam suka maupun duka. Dukanya ngga usah diinget - inget yes. Namanya hidup pasti ada ngga enaknya hihihihi, jadi hempaskannnn, lepaskannn hihihihi. Tapi tentang suka, canda dan tawa kita harus dikenang sepanjang masa supaya hidup jadi lebih bahagia dan bermakna.

CONVERSATION

17 comments:

  1. Nathasya Beany3/4/19 11:25 AM

    Izin mbaa soswit sekaliii jadi kangen 😍😍😍 Rajawali ttp di hati yaa mba❤❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, Rajawali selalu di hati dek. CAKRA!!!

      Delete
  2. Seru ya bisa kumpul2 dg teman & sahabat yg saling mengerti

    ReplyDelete
  3. Aiiiihhh.... Aku jadi ikutan senyam senyum Mbak, baca kisah kenanganmu sama teman-teman.... Ternyata seru ya Mbak, di balik tanggung jawab mendampingi suami yang berat, tetap bisa ketawa ketiwi dan mengembangkan diri. :) Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dong mba Em, kita harus selalu bisa ketawa dimanapun juga. Biar ngga stress dan selalu bahagia hahahaha

      Delete
  4. Seru-seru ya kegiatan ibu-ibu Persit dan selalu kompak keliatannya. Akhirnya jadi seperti saudara ya mbak, apalagi kalo di perantauan, jadinya pasti makin dekat dengan teman-teman di organisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ervi, jadi punya banyak saudara dari seluruh Indonesia.

      Delete
  5. aku agak lupa,kalo istri polisi persit juga sih nama perkumpulannya? temenku istri polisi, dan kdg posting ttg kebersamaannya ama istri2 polisi lain. seru yaaaaa kalo ada perkumpulannya gini. pasti jd erat banget hubungannyaa.. :).

    mama mertuaku jg aktif di perkumpulan istri2 pns dept Luar negeri. sesama istri diplomat, dan mereka jg aktif dan sering sekali ngadain acara2 di KBRI. cm aku lupa jg nama perkumpulannya hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba, kalau istri Polisi namanya Bhayangkari. Semua beda - beda namanya hihihihi. PNS apa ya, kalau ngga salah Dharmawanita ya. Ah aku juga lupa.


      Seruuu mba, banyak kenal orang baru dan banyak ilmu. Apalagi di KBRI, pasti banyak cerita seru tentang negara tetangga.

      Delete
  6. Terlihat kamu sangat menikmati menjad wanita Persit ya Roos. Suka dengan kalimat "kalau kamu rapih adalah bentu kamu menghargai diri sendiri dan orang yang kamu temui" setujuuh akuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umakkkk, Machan. Segala hal harus dinikmati Machan hihihihi. Iyessss, kita harus menghargai diri sendiri. Kalau ga kt siapa lagiii.

      Delete
  7. Kelihatan deh kamu menikmati sekali jadi persit ini. Seneng ya Roos banyak temannya juga. Sukses terus untuk kamu dan abang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amenn Machan. Sukses untuk Machan dan masnya juga yaaa.

      Delete
  8. Waaa seru banget yaa kegiatan istri persit ini.. Bisa jadi kayak sodara.. Apalagi bisa ngajarin make up jg mbak..sukses yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, udah kayak saudara semua. Sesayang itu hihihi. Sukses juga untuk dirimu.

      Delete
  9. Kamu punya adik banyak yang ka roos sekarang setelah menikah, apalagi tinggal di asramajadi persaudaraannya tetap terjaga teruz

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top