Monday, July 27, 2015

Beauty Class NHKBP Sudirman Jakarta - Parheheon NHKBP SJ 2015

Taken from Facebook Maybelline
Oke, sebelum bercerita tentang Beauty Classnya, monggo dibaca dulu latar belakang kegiatan ini dilaksanakan yaaaa.. hihihihi..

Setahun sekali, Naposobulung HKBP (kumpulan pemuda - pemudi di Gereja HKBP) di seluruh dunia menyelenggarakan Parheheon Naposobulung. Parheheon dalam bahasa Batak artinya adalah kebangkitan, jadi Paheheon Naposobulung diartikan sebagai hari kebangkitan para pemuda - pemudi Gereja HKBP. Parheheon ini sendiri gunanya adalah untuk mempererat hubungan sesama pemuda - pemudi maupun antara pemuda dengan lingkungan gereja juga masyarakat sekitar. Parheheon diperingati dengan melakukan berbagai kegiatan, retreat, donor darah, kunjungan ke panti asuhan, bazar sembako murah dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar gereja dan ditutup dengan persembahan pujian di ibadah minggu.

Nahhh,, untuk tahun 2015 ini, panitia kembali mengadakan Beauty Class, ini adalah kali kedua pemuda - pemudi gereja aku mengadakan kegiatan ini dalam rangka pencarian dana untuk seluruh kegiatan. Dan, aku diminta untuk membantu acara ini dengan menjadi pembicara, ketika mereka meminta aku menjadi pembicara, langsuuunggg deh kebayang mau ngapain aja, ahahahah apa yang mau di share dll. Banyak pengalaman yang aku dapet semenjak jadi Beauty Blogger, banyak hal yang jadi referensi saat diundang dalam berbagai acara. Trus kepikir deh untuk sharing dulu tentang makeup, aturan pemakaian, tips trick, praktek makeup sehari - hari atau untuk ke pesta, dannnnnn ngga lupa juga harus ada gift dannnnn sedikit spot untuk snacks!!! ahahhahahahaha. Snack corner itu menyempurnakan seluruh rangkaian acara. YAY!!! Sooo, cuzzz yuk pesen kue - kue yang enak - enak *loh *gagalfokus hahahhahaa.

Pernak pernik untuk acara Beauty Class, yayyyyy!!!
Untuk gift aku mempersiapkan beberapa produk, ada hair vitamin, hair mask, eyeshadow, mascara, eyeliner, powder, lipbalm, dll. Nah, yang piring putih diatas adalah untuk display kue - kue cantik yang akan ada di snack corner nanti.. Ahhh im so excited.


Malamnya, aku mau setting meja - meja dulu nih, biar besok pagi ngga buru - buru lagi karena harus mengambil pesenan kue dan susun - susun kue di piring - piring. Nah, waktu itu aku dibantu sama panitia untuk susun - susun kursinya biar lebih rapi. Lalu ada Paramitha dan Nitha yang ngebantuin nempel - nempelin origami burung - burung buatan mama tercinta, hohohohohoo. Nitha jadi pulang laruttt banget ke kosannya, sementara Mitha juga kena omel sama opung karena pulang kemalaman huhuhuh.. Trussss, "abang" tercinta juga bantuin ini itu padahal lagi demam, sakit kepala, trus hasil tes darahnya gejala DBD, huhuuhuuuu. Terima kasih banyakkkkk yaaa kalian bertigaaa.


Besok paginya beberapa panitia sudah standby di gereja, mereka juga mambantu untuk persiapan, dll. Susun - susun piring - piring biar cantik posisinya, thanksssss God kuenya udah disusun dari rumah, kalau ngga bakalan kelabakan deh ahhhhh. Ada pie buah, ada eclair, rogut, smoke beef mayo, apem, lemper, sama bola - bola ketan yang dibalurin serundeng ikan buatan mama terCINTA!!! Ahhhhh love you Mom,, terima kasihhhh.


Nahhh trus ada ibu - ibu diatas deh yang bantu meracik minuman hahhahahaa,, si Nitha ini memang multi talented yaaaaa,, dia PINTERRR banget bikin puding, itu fla pudingnya ampuuunnnn makkkk endes gandos banget!!! Dan dia juga bisa bikin campuran minuman enakkkkk pluss ada satu hal lagi yang dia kuasain banget, tarrr deh liat di foto - foto berikut.


Udah beres semuanya, udah rapihhhh, tinggal nunggu peserta datang, trus sebelum Vera yang jadi model dihari itu ganti baju, yuk foto - foto dulu Ver.. hahahahha. Dasar ibu - ibu, ngga bisa liat kamera nganggur.. hahahhaha.


Peserta yang mendaftar ada sekitar 20 orang, tapi yang bisa hadir sekitar 15 orang, karena yang lainnya kebetulan berhalangan hadir karena satu dan lain hal. Sebelum memulai acara Beauty Class ini, Ketua Parheheon NHKBP Sudirman 2015 Yoel Sitorus membuka dengan doa.


Selanjutnya Yoel juga menyampaikan sambutannya dan sedikit penjelasan tentang bagaimana acara ini bisa terlaksana, apa tujuannya, sembari mengucapkan terima kasih untuk peserta yang hadir karena mereka semua ini membantu pencarian dana untuk kegiatan Parheheon.

Selanjutnya aku menyampaikan beberapa kata sebagai pembukaan, aku tidak memiliki latar belakang sekolah kecantikan atau kursus - kursus kecantikan, tapi aku memang menyukai hal yang berhubungan dengan makeup dan perintilannya. Dulu mama adalah salah satu pengajar di Viva Cosmetic, banyak sekali ilmu dari mama yang disampaikan sama aku sampe akhirnya aku jadi suka deh sama makeup hahahhaa.

Semenjak jadi blogger dan lebih banyak menulis tentang Beauty, dan punya kesempatan untuk diundang dalam berbagai acara membuat aku makin tertarik untuk mendalami dunia kecantikan ini. Komunitas blogger bikin aku banyak belajar tentang banyakkkk hal yang berhubungan dengan makeup, fashion, pokoknya "girl things" lah hahah. Alon - alon asal kelakon, pelan - pelan menerapkan pada diri sendiri, dan kemudian disharing juga sama orang - orang disekitar.


Pada kesempatan kali itu, aku ngga hanya mau menyampaikan tentang cara bermakeup yang baik tapi juga sedikit sharing tentang sejarah makeup. Bahkan di Alkitab pun tertulis tentang mencalak alis hihihii. Dan THANKS to Maybelline yang membuat berbagai macam trend makeup dari tahun ke tahun yang bermanfaat sekali.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Kemudian materi - materi yang aku sampaikan adalah seputar makeup untuk beberapa bagian di wajah, tentunya dimulai dengan penjelasan singkat tentang pengunaan skin care terlebih dahulu. Nah, dimulai dengan yang paling atasss dan yang paling gampang terlihat dann yang lagi ngetrend belakangan ini, yaitu : ALIS hahahahha. Ternyata banyak yang belum tau tentang aturan untuk menggambar alis dan banyak juga yang belum tau tentang macam - macam produk yang digunakan untuk alis beserta kisaran harga.

Aturan penggunaan eyeshadow pun masih belum semua paham, masih banyak yang belum bisa membuat gradasi untuk daerah lipatan mata, tapi sebagian gambar diatas tentunya bisa membantu para peserta agar terbayang bagaimana sih cara pemakaian eyeshadow yang benar untuk kondisi mata yang sayu, monolid, dll.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Selanjutnya tentang penggunaan eyeliner dan juga tips n tricknya agar peserta bisa mencoba - coba dirumah. Semua materi yang aku sampaikan aku kirimkan juga ke email peserta masing - masing, jadi mereka bisa belajar dirumah.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Lalu ada juga tentang maskara, mungkin belum banyak yang tau kalau setiap bentuk sikat maskara memiliki fungsinya masing - masing, aku juga baru ngeh banget setelah searching gambar - gambar diatas, ohhh ternyata sedetail itu ya sebuah brush bisa merubah penampilan bulu mata.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Kemudian lanjut ke bagian wajah, kenapa bagian mata dulu yang dijelaskan??? Simpel sih, tujuannya agar peserta lebih mudah melakukan koreksi jika ada bagian eyeshadow yang jatuh ke pipi atau eyelinernya yang kurang rapih. Bersihinnya lebih gampang, kalau pake foundie dulu nanti jadi belang - belang karena terhapus.

Harga menentukan kualitas tentunya, tapi aku juga mencantumkan pilihan produk - produk drug store yang harganya terjangkau dengan kualitas yang juga bagus, jadi cantik ngga harus mahallll, tapi harus pintar mengenal kekurangan dan kelebihan di wajah kita dan banyak berlatih agar bisa menjadikannya lebih sempurna.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Berikutnya beralih ke shading dan kawan - kawannya, untuk praktek nanti aku ngga akan memberikan materi shading yang details seperti ini  karena takutnya overload ilmunya jadi bingung. Menurut aku, shading seperti gambar diatas sebaiknya dilakukan saat seseorang sudah mengerti makeup dengan baik. Karena kalau salah - salah shading, contouring, highlighting nanti wajahnya malah terlihat aneh.

Gambar - gambar ini diambil dari Google dan kemudian diedit kembali
Lalu aku bicara juga tentang powder, setting powder, compact, dll karena bedak adalah salah satu produk yang pertama kali kita miliki sebelum mengenal produk - produk makeup lainnya. Bedak juga sangat berguna untuk mengatasi minyak berlebihan pada wajah, karena cuaca di Indonesia makin lama makin panas, jadi kulit kita cenderung mudah berminyak. Tidak lupa juga ada beberapa contoh tools yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan bedak di wajah.

Yang terakhir adalah daerah sekitar bibir, lipbalm adalah benda wajib untuk wanita, biasakan lipbalm selalu ada di tas kamu, kenapa? karena bibir kita mudah kering karena banyak hal, cuaca, AC, kurang minum, pemakaian lipstick setiap hari, dll. Kalau bibir kering, pecah - pecah bikin lipstick ngga menempel dengan baik dan hasil pengaplikasiannya jadi ngga bagus (apalagi untuk kamu yang suka pake matte lipstick), membasahi bibir dengan air liur pun ngga bikin jadi lembab, malah bikin makin kering dannnnn INI PENTING, ketika pakai lipstick ehhh itu lipstick jadi macam bau iler... bzzzzzzz. Sorry to say girls,, huhuhu paling sebel sama orang yang suka basahin bibir trus minjem lipstick (or minta di dandanin).

Satu lagi yang PENTING!! Jangan share lipstick kamu dengan orang lain, pakai milikmu sendiri, kalaupun mau dishare, jangan lupa untuk mencelupkannya kedalam alkohol lalu dibersihkan lagi dengan tisu sebelum kamu pake (aku diajarin BA M.A.C yg di Lotte Duty Free, Lotte Avenue), jadi bakterinya mati. Kalau mau coba lipstick tester di counter makeup, jangan lupa minta BA'nya mencelupkan ke alkohol dulu juga ya, lalu dilap lagi. Kalau ngga ada alkohol, better diaplikasikannya ditangan saja, tapi jangan lupa tetap dilap dulu.

Untuk demo makeup dibawah, aku mengaplikasikan liquid lipstick ke bibir Vera dan Sandra dengan menggunakan kuas, jadi mereka aman, aku pun senang ahahahhaha.

---------------------------------------------------------


Oke then, selanjutnya beralih ke demo makeup yang pertama, look ini bisa digunakan untuk pergi ke kantor, dating, ke gereja, atau sekedar hangout dengan teman - teman. Modelnya namanya Vera Pasaribu, dia punya kulit yang bagus dan kelopak mata yang besar jadi mudah untuk mengaplikasikan eyeshadow.


Sambil aku dandanin Vera, peserta ada yang memperhatikan dan ada juga yang sambil praktek, aku mengaplikasikan warna coklat pada lipatan mata Vera, dan memberikan sentuhan bulu mata palsu biar matanya lebih "hidup", bulu mata palsu tentunya bikin riasan mata kamu lebih sempurna. Hanya memang, menggunakan bulu mata palsu memiliki kesulitan tersendiri, kita harus banyak berlatih apalagi ketika mulai belajar dandanin orang, harus pinter - pinter karena tiap orang punya panjang kelopak mata yang berbeda.

*Jangan lupa untuk selalu bawa bulu mata palsu cadangan & gunting kecil (untuk memotong bagian bulu mata yang terlalu panjang) kalau mau dandanin orang ya. 


Vera punya bibir sangatttt bagus, sempet kaget karena ngga pernah perhatiin kalau bibir anak ini bagus hahahhahaha, jadiiiii aku memutuskan untuk mengisi penuh bibirnya. Nahhh, untuk tampilan sehari - hari begini LA Splash Lip Couture Latte Confession tentunya cocok, dan bener COCOK!!!

Senengnya bisa sharing langsung produk - produk bagus yang lagi ngeHitssss #eaakkkk,, setelah LA Splashnya mengering, nahhhh ak bilang deh "Coba pegang bibirnya" dan jawabnya "Eh iya ya, ngga nempel ya" ahhahahahhaha...

(ki-ka) Mama Cleo, Nah ketiga ibu berikut kakak adik loh hihii Mama Shanty & Sandra, Mama Cathy, Mama Yoel
Setelah selesai, yuk mari muter - muter sambil kasih lihat hasilnya, warnanya, dll. Nahhhh yang paling excited nampaknya keempat inang (ibu - ibu) ini hihihihihiii... Rata - rata mereka memiliki eyeshadow palette yang isi 4, dan sayangnya warnanya ngga ada yang matte huhuhu, jadi aku menyarankan paling ngga punya eyeshadow palette yang matte (tanpa glitter/shimmer) dengan warna - warna netral.


Selama aku menjelaskan, ada Nitha yang juga membantu peserta untuk merapikan alis, mengunakan pensil alis, sampai memakai eyeshadow. Nitha ini salah satu eyebrow master di NHKBP Sudirman Jakarta hahahahhahha, see her eyebrows??? Dia cuma pake pensil alis (kalau ngga salah produknya Maybelline), pinterrr kan.


Aku mengadakan kompetisi before after di Instagram dengan hadiah Eyehshadow, eyeliner, maskara, dll. Nahhh si Mitha inilah pemenangnya, dia bener - bener pemerhati yang baik, mau belajar dan mau mendengar. Kalau ngga ngerti, ini anak ngga sungkan bertanya, sopan pula anaknya, aduhhhh siapa sih yang ngga mau punya mantu kayak gini hahahhahahhaa.

Selanjutnya break dulu sebentar yaaa, duduk dulu akunya, minum dulu, ngemil - ngemil cantik sama foto - foto dulu di snack corner, dan lurusin kaki hahahhaa, capek juga ternyata loh.. Trus lanjut lagi untuk makeup kedua.


Kebetulan malamnya Sandra ini mau pergi ke pesta, jadi sekalianlah di dandanin, biar makin cantik (tadinya yang mau di dandanin itu kakaknya, Shanty. Tapi ngga keburu karena Shanty harus hadir di venue lebih awal.. Huhuhuuuu maafin yaaa Shannn), senengnya dandanin orang kayak Vera dan Sandra adalan mereka tenang, ngga dikit - dikit liat kaca, ngga dikit - dikit buka mata. Nurut apa yang dibilang, jadi enak untuk merias wajahnya, coz ada pengalaman bantuin dandan orang yang ngga bisa diem itu annoyingggg bangetttt.. So girls, kalau nantinya kamu didandanin orang untuk jadi brides maid misalnya, atau pas prewedd, atau mungkin pas nikah, duduk manis dan tenang yaaa, hasilnya akan lebih baik kalau kita "pasrah" hahahhaha.

Kebetulan warna kulit Sandra cocok dengan foundation Rimmel Lasting Finish 25 Hours, 201 Classic Beige, so mari pake eyeshadow hihihihi. Sandra akan pake baju warna ungu, jadi untuk sudut matanya aku kasih warna ungu tua matte dan ditimpa lagi dengan warna yang agak shimmer biar lebih berkilau gimana gitu. Sayangnya kameraku ngga bisa mengabadikan detail warna eyeshadownya hhuhuuhuu.


Trus, aku kasih Sandra shading sedikit saja, karena Sandra sudah punya pipi yang tirus dan dagu yang panjang. Terakhir, aku pakaikan Lime Crime Red Velvet ke bibirnya, sambil kasih tau tips memakai red lipstick biar rapi, ngga beleber kemana - mana. Ini pertama kali ternyata anak ini pake lipstick merah, hahahhahahahha. PAKE SAMPE PULANG!!! GAK BOLEH DIAPUSSS YA.. #ngancem!


Poniii bikin wajah anak ini fresh, udah dong rambutnya digituin aja ngga usah dimacem - macemin lagi. Trusss sudah ganti baju, lanjut foto - foto dengan background origami burung - burung deh. Pas malamnya aku sempet tanya, "San, luntur ga makeupnya, lipsticknya gimana" trus anak ini kasih foto lagi dan bilang "Gak kak, sampe malem tetep awet". Yayyyy,, so happyyyy.. Hahahhaahaha.


Selanjutanyaaa (kok kayaknya ga abis - abis yaa.. hahahaha) ini semacam bonus, karena inang (ibu - ibu) ini udah beli bulu mata palsu sendiri, pengen diajarin gimana makenya, soalnya kurang ngerti pake bulu mata. Nahhh,, sekalian deh aku tambahin sedikit eyeshadow ke inang Mama Yoel biar makin cantik. Inang ini punya anak dua, laki - laki, ganteng - ganteng tapi wajahnya mulussss, lembutttt, gemesss,, hanya ada kerutan - kerutan halus saja disekitar mata. Sooooo girls, yuk rawat kulitnya, jadi kalau udah jadi mama - mama tetep cantikkk kayak inang diatas hihihiii.


It's a wrap!! Done for today, terima kasih udah mampir dan membaca tulisan ini yaaaa.. Semoga bisa bermanfaat dan jadi inspirasi untuk temen - temen sekalian kalau mau bikin beauty class juga, atauuuu kalau temen - temen Naposo HKBP lainnya mau melakukan pencarian dana dengan kegiatan serupa. Have a good day!!! HORAS!!!

*Thanks to Yoel, Mitha, Nitha, Vera, Sandra, Shella, Reynard, Simon, Ka' Norma, Ondy, Tisha, Karis, Claudia, Missi, Arini, Dony, Ronaek, adikku Dodo untuk semangatnya, dll yang sudah hadir dan banyak membantu.

My lovely bestfriend Okta Novita (sayang kita ga foto bareng huhuhuhuu) dan Kristolina yang sudah hadir, semua peserta juga yang sudah hadir dan partisipasi untuk mensukseskan acara ini, dan semua panitia khususnya tim Dankom (Egi, Shella, Vera, Nita, Tisha, Karis, Ondy, Dony), special untuk Shella dan Egi yang so excited mau bikin Beauty Class ini, thanks untuk semangat dan bantuannya yaaaaa hihihiii. Dan semua yang tidak bisa disebutkan satu persatu hhahahahahhaha... MAULIATE DA!!! Sukses untuk acara - acara NHKBP Sudirman Jakarta berikutnya. Have a good day.


NHKBP Sudirman Jakarta
TWITTER   |   FACEBOOK   |   YOUTUBE

6 comments:

  1. Keren bangettt acaranya..
    Detail abis luar biasa!!
    Rekecomended banget buat bikin beauty class buat acara yg lebih besar. Congratulation Van.. *ketjup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahahhahaa,, kerenlah, krn ada partisipasi Vera Pasaribu di dalamnya hahahhahahha.. Kalau lebih besar, pembicaranya harus yg lebih expert hahahha...

      Delete
  2. padahal judul nya HKBP tapi gw gak liat muka asli batak nya mak, hhaaaa
    campuran semua kah ??

    selamat buat acara nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu BATAKKKKK semuaaaaaaaa makkk, gada yg campur, gw doang yg campurrr (BENERANNNNNNN.. Bzzzzz...) Opung dr mama orang Timor.. hwhwhwhwhhwhwh..

      Makasihhhh Makkkkkk,, aiii lopeee yuuhhhhhh...

      Delete
  3. Eh baru tau kalau lipstick tester kudu dicelupin ke alkohol. Makasih ya infonya. Selama ini nggak pernah ke bibir lgsg. Selalu tangan. Krn daku jijikan *OOT*

    Sandra cantik banget ya.... #SalahFokus
    Keren beauty classnya, Van. Semoga dana yg terkumpul berkah bgt bg yg membutuhkan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa.. Mustiii yaaaa.. Klo mau towel ke bibir.. Tp iya better ke tangan. Kecuali BARU.. ahahahaha..

      Sandra cantik, baik hati dan tdk sombong pula, seperti dirimuuuuuu.. hihihihi. Amennnnnn...

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like