Friday, April 15, 2016

Kundalini Yoga with Remendi Indonesia

remedi-indonesia; kundalini; kundalini-yoga; holistic-wellness-center; yoga-class; Julia-Zuhardiman; kelas-yoga-jakarta

Pagi itu aku mulai dengan sarapan lalu berangkat ke REMEDI Holistic Welness Center, Jl. Bangka 99 A, Kemang (dulunya kafe Ke'Kun) lalu mengikuti kelas Kundalini Yoga. Ada 6 orang lain yang juga ikut beryoga bersama. Ini pertama kalinya aku ikut Kundalini Yoga, jadi aku ngga tau apa saja yang akan dilakukan.


remedi-indonesia; kundalini; kundalini-yoga; holistic-wellness-center; yoga-class; Julia-Zuhardiman; kelas-yoga-jakarta

Aku agak bingung ketika ngga melihat ada satupun matras disitu, jadi yang ada cuma alas untuk duduk. Nah loh, tar gimana jungkir - jungkirnya ini *panik. Eh eh eh tapi dari awal sampai akhir itu ternyata gerakannya ngga ada yang jungkir balik (down dog, cobra, dll) seperti yoga pada umumnya. Paling ekstrim hanya jongkok lalu berdiri dengan gerakan yang cepat. That's all. Tapi even begitu, tetep berasa ada otot - otot yang telatih. Pokoknya ini adalah yoga yang paling gampang dari semua jenis yoga yang pernah aku ikutin *belagu *sombong *lempar-pake-matras.


remedi-indonesia; kundalini; kundalini-yoga; holistic-wellness-center; yoga-class; Julia-Zuhardiman; kelas-yoga-jakarta
remedi-indonesia; kundalini; kundalini-yoga; holistic-wellness-center; yoga-class; Julia-Zuhardiman; kelas-yoga-jakarta

Tapi tapi tunggu dulu. Tapi apa? Bzzzzz. Sebelum aku kasih tau tapinya dan apa efeknya untuk tubuhku, aku kasih tau dulu apa aja yang sempat aku bicarakan dengan mba Julia Zuhardiman.

Aku sangat "buta" dengan Kundalini Yoga ini, so aku ngobrol - ngobrol dulu sama instrukturnya, namanya Julia Zuhardiman setelah selesai melakukan Kundalini Yoga. Mba Julia menjelaskan tentang Kundalini Yoga dan manfaatnya untuk tubuh.

Yoga itu union, mind, body, and soul. Kadang kita suka merasa hati kita maunya gimana, pikiran kita kemana, lalu mulutnya ngomongnya kemana. Di dalam yoga kita mau semuanya dijadikan seimbang, karena begitu kita seimbang maka kita tidak ada keraguan, kegalauan, dll.



Tentang Kundalini Yoga

Kundalini Yoga adalah "Yoga of Awareness", yang mana kita menyadari dulu ke dalam diri kita tentang apa yang sebenarnya kita rasakan, apa yang kita perlukan dan apa yang harus kita lepaskan untuk mencapai keseimbangan mind, body, and soul tadi.


Kundalini Yoga (Sanskrit kuṇḍalinī-yoga), also known as laya yoga, is a school of yoga that is influenced by Shaktism and Tantra. It derives its name through a focus on awakening kundalini energy through regular practice of meditationpranayama, chanting mantra and yoga asana. Called by practitioners "the yoga of awareness", it aims "to cultivate the creative spiritual potential of a human to uphold values, speak truth, and focus on the compassion and consciousness needed to serve and heal others." 

What has become known as "Kundalini yoga" in the 20th century, after a technical term peculiar to this tradition, is actually a synthesis of many traditions which may include haṭha yoga techniques (such as bandhapranayama, and asana), Patañjali's kriya yoga (consisting of self-discipline, self-study, and devotion to God), tantric visualization and meditation techniques of laya yoga (known as samsketas), and other techniques oriented towards the 'awakening of kundalini'. Laya may refer both to techniques of yoga, and (like Raja Yoga) its effect of "absorption" of the individual into the cosmic. 

Laya Yoga, from the Sanskrit term laya meaning "dissolution", "extinction", or "absorption", is almost always described in the context of other Yogas such as in the Yoga-Tattva-Upanishad, the Varaha Upanishad, the Goraksha Paddhati, the Amaraugha-Prabodha, and theYoga-Shastra of Dattatreya. The exact distinctions between traditional yoga schools is often hazy due to a long history of syncretism, hence many of our oldest sources on Kundalini come through manuals of the tantric and haṭha traditions such as the Hatha Yoga Pradipika and the Shiva Samhita. The Shiva Samhita describes the qualified yogi as practicing 'the four yogas' to achieve kundalini awakening while lesser students may resort solely to one technique or another: "Mantra Yoga and Hatha Yoga. Laya Yoga is the third. The fourth is Raja Yoga. It is free from duality." 

The Sanskrit adjective kuṇḍalin means "circular, annular". It does occur as a noun for "a snake" (in the sense "coiled", as in "forming ringlets") in the 12th-century Rajataranginichronicle (I.2). Kuṇḍa, a noun with the meaning "bowl, water-pot" is found as the name of a Naga in Mahabharata 1.4828. The feminine kuṇḍalī has the meaning of "ring, bracelet, coil (of a rope)" in Classical Sanskrit, and is used as the name of a "serpent-like" Shakti in Tantrism as early as c. the 11th century, in the Śaradatilaka. This concept is adopted as kuṇḍalniī as a technical term into Hatha yoga in the 15th century and becomes widely used in the Yoga Upanishads by the 16th century.


Kundalini sendiri adalah energi yang adanya di 'base of the spine' atau bagian tulang belakang. Pada bagian tulang belakang kita itu ada 7 cakra : The Base (or Root Chakra), The Sacral (or Navel Chakra), The Solar Plexus, The Heart, The Throat, The Third Eye (or Brow Chakra), The Crown.

remedi-indonesia; kundalini; kundalini-yoga; holistic-wellness-center; yoga-class; Julia-Zuhardiman; kelas-yoga-jakarta

Energi dari cakra yang paling bawah itu dibangkitkan supaya semuanya lancar, misalnya ada yang ngga enak di hati (sumbatannya di cakra hati), kita melakukan "pembukaan" pada cakra hati supaya sumbatannya itu lancar (lepas, hilang, lega) dengan berbagai gerakan yoga.

Seberapa sering kita harus melakukan gerakan Kundalini Yoga sebenarnya tergantung dari kebutuhan kita, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda - beda karena semua orang special. Nafas adalah cara yang paling efektif untuk membuat relax, bisa dilakukan setiap pagi hari ketika bangun. mau tidur, saat relax juga bisa, atau disaat - saat kita mulai resah, gelisah, sedih, stress, ataupun emosi.

Caranya :

  • Duduk relax dengan kaki bersila dan badan tegap
  • Gunakan tangan kanan, lalu tekan lubang hidung kanan dengan ibu jari
  • Kemudian tarik nafas selama 4 detik
  • Lalu tahan nafas selama 7 detik
  • Kemudian tutup lubang hidung kiri dengan jari telunjuk
  • Lalu keluarkan nafas selama 8 detik sambil tempelkan ujung lidah kamu ke langit - langit mulut

Lakukan itu selama 3 - 4 kali setiap kamu butuh, itu akan membantu menurunkan denyut jantung (kalau misalnya lagi emosi), bikin badan lebih relax dan tidur lebih enak. Aku sudah berjam - jam duduk di depan PC dan rasanya leher udah tegang dan ngga nyaman. So, aku akan lakukan itu sekarang juga hihihihii. Yes, sedikit lebih relax. Sebenernya semua tentang yoga ini intinya ke konsentrasi, dan itu artinya baiknya dilakukan setiap hari agar kita terlatih untuk memusatkan pikiran dan membangkitkan energi positif.

Oke, balik ke tapi tapi tadi yang diatas ya. Pas keesokan harinya waktu aku bangun. EH BUSET! Ini kenapa tulang rusuk dan perut berasa kayak abis di pelintir - pelintir deh *rasain *belagu-sih hihihihi. Setelah aku ingat - ingat lagi, pas di akhir - akhir gerakan Kundalini Yoga, mba Julia memberikan sebuah mantra untuk dinyanyikan sambil memusatkan pikiran.


Sambil musik dimainkan, kami juga sambil melakukan gerakan menarik otot perut dengan tiba - tiba ke dalam mengikuti alunan musik selama lebih dari 10 menit. Pantesannnnnnn sakit hahahhahaha. Tapi saat dilakukan, perut ini ngga merasa sakit seperti kalau kita situp, plank, dll. So, aku rasa aku bisa lakukan ini tiap hari hihihihiih. Kalau kamu mau tau mantranya kayak apa, nih aku kasih videonya ya.



Tentang REMEDI INDONESIA

REMEDI Indonesia merupakan pusat komunitas orang mencari lebih damai, kebahagiaan, harmoni dan cinta dalam hidup mereka. REMEDI Indonesia diciptakan untuk orang yang mencari untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat dan dengan menjaga keselarasan pikiran, tubuh, dan semangat. REMEDI Indonesia membimbing orang dengan pertanyaan tentang kehidupan, agar menemukan kedamaian dan sukacita di dalam hati mereka.


Kami menemukan kebahagiaan ini dalam diri kita sendiri, di dalam hati kita.  Menjaga keselarasan yang harmonis dari pikiran, tubuh dan jiwa adalah kunci untuk hidup dalam keadaan kebahagiaan. Kebahagiaan adalah semangat kami. Karena semakin banyak orang mengalami kasih dan sukacita setiap hari dalam hidup mereka, kita kemudian membantu untuk menjadikan dunia yang lebih indah, penuh kasih, dan menjadi tempat tinggal yang penuh kedamaian.




16 comments:

  1. Kok aku jadi tertarik yoga ya, pingin ngecilin perut hihi
    Kundalini yoga ini lebih simpel ya gerakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk ngecilin perut better coba yoga yang lain, lebih efektif kayaknya hihihihi. Kalau Kundalini memang lebih ke pernapasan dan membangkitkan cakra. Kesannya simpel, tapi butuh konsentrasi tinggu juga Nit hihihihi.

      Delete
  2. berarti yoga juga ada bermacam2 ya mba... saya blm pernah sih mencoba yoga, jadi gak tau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Santi, yoga banyak macamnya. Banyak fungsinya juga tergantung kebutuhan kita. Ayokkkk dicoba hihihihi.

      Delete
  3. Aku cuma sekali nyobain yoga yang beneran. Dan gak kuattt. Besokannya badan gak bsa bangun.

    Jadi sekarang cuma yoga ala ala youtube aja hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa, yang mana. Yoga beda - beda Lia. Tapi emangg capek sih ya huuhuu, mungkin cocok sama Kundalini ini. Sesekali coba deh, lebih ringan dan relax.

      Delete
  4. Aku pernah yoga cuma beberapa kali mba, di kantor dulu. Enak yaah yoga, tapi baru tau ada mantranya hihii
    Padahal santai yah tapi bangun pagi berasaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr, aku juga baru tau ada mantranya. Kalau orang yang suka dengan Kundalini (apa ya namanya kalo orang yg aliran yoganya Kundalini) biasanya pake baju putih2. Ak dah lama ngga olahraga kayaknya. Jd badannya manja hahahahhahaha.

      Delete
  5. Aku jadi ingin Yoga ih baca ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo edak, kita yoga sama - sama yukkkk

      Delete
  6. Eh beneran ada mantranya? Mantra supaya cpt kurus abis lahiran ada ga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaaaa, aku juga baru tau *newbie hihihii. Mantra kurus abis lahiran aku ngga tau bunda, kan belum pernah lahiran hahahahhahahahaha

      Delete
  7. Aku nyoba cara yang nafas itu, emang rasanya lebih rileks yaaa. Dan Kundalini yoga ini sepertinya cocok untuk aku yang gabisa yoga yang ribet-ribet. Hihihi. Makasi infonya ya Kaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai Adriana, iya cara itu sangat baik dilakukan setiap hari. Bikin relax dan tenang, kalau pas mau emosi - emosi hihihihihi. Sama - sama, terima kasih sudah mampir.

      Delete
  8. langsung praktek tahan napas sambil tutup hidung
    acaranya asik ya..bikin sehat dan pikiran tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa, ayo dipraktekin setiap hari pas bangun tidur dan pas mau tidur biar rileks.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like