Monday, June 27, 2016

SMESCO Digipreneur Day, One Shoot for UKM Go World



Atmosfer semangat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memang menjadi kegairahan tersendiri di dunia bisnis. Khususnya UKM, yang digadang - gadang Presiden Jokowi menjadi lokomotif kemajuan perekonomian Indonesia. Apalagi di era digital saat ini dengan kecanggihan teknologi informasi, memberikan ruang begitu luas bagi UKM untuk berkembang lebih mudah menuju pasar global. Namun begitu, harus diakui di satu sisi kondisi UKM kita belum sepenuhnya “melek dan sadar teknologi”. Terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk tujuan promosi dan pemasaran.

Untuk itu, SMESCO sebagai lembaga layanan pemasaran KUKM senantiasa berupaya meningkatkan perannya dalam menjembatani UKM yang memiliki produk berkualitas menuju market yang kompetitif. Salah satu bentuk upayanya adalah dengan menggandeng komunitas terkait yaitu digitalpreneur, pegiat media sosial dan netizen untuk berkolaborasi dalam penyelenggaraan event bertajuk SMESCO Digipreneur Day yang berlangsung selama satu hari  di Galeri Indonesia Wow, Gedung SME (18/6).

SMESCO Digipreneur Day adalah sebuah event atau wahana beraktivitasnya para profesi digital preneur di bidang promosi dan marketing, dengan obyek “All About SMESCO”. Tujuannya adalah mempromosikan produk - produk UKM SMESCO, pengusaha binaan UKM, program dan kegiatan SMESCO yang dieksiskan di media digital netizen seperti blog, facebook, Instagram, twitter, Youtube (digital media promotion), dan sebagainya.



Sudah kali kedua event ini digelar oleh SMESCO berkolaborasi dengan MB Communication - Indoblognet sebagai inisiator  dan Deboer Kreasi Asia. Pertama, bulan April lalu mengambil topik tentang fotografi produk bertema "The Power of Content" dengan obyek produk pilihan dari paviliun daerah. Bulan Juni ini,  SMESCO Digipreneur Day session video coaching yang disinergikan dengan talkshow bisnis dari sejumlah UKM binaan SMESCO.

Dipilihnya media audio visual dalam session ini karena perannya yang semakin diperhitungkan dan memberikan pengaruh  kuat dalam dunia promosi. Video marketing dinilai banyak kalangan pebisnis paling pas untuk menarik perhatian masyarakat. Apalagi penyebarannya melalui media sosial dan Youtube. “Disiniah peran SMESCO menjadi jembatan bagi akselerasi UKM yang memiliki produk berkualitas di SMESCO untuk tampil lebih maksimal,” imbuh Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-UKM) Ahmad Zabadi.


Bertema One Shoot for UKM Go World, SMESCO menghadirkan profesional videografer Bening Kharisma Buwana dan Yosa Tobing untuk melatih teknis pembuatan video dan content promosi kepada 40 netizen, Youtuber dan pegiat media sosial. Sesuai momen Ramadhan Fair dan Lebaran Sale di SMESCO, obyek pengambilan gambar video adalah produk - produk yang telah terkurasi dan didisplay di Galeri Indonesia Wow, Gedung SMESCO.

Diharapkan, melalui pelatihan gratis ini pegiat media sosial dapat meciptakan karya video promosi yang menarik sehingga produk - produk UKM SMESCO menjadi viral di Youtube dan media sosial. Untuk memberikan apresiasi kepada peserta coaching, SMESCO juga mengkompetisikan video yang telah diupload mereka di kanal Youtube dan diviralkan di media sosial. Kompetisi ini berlangsung selama dua minggu, mulai tanggal 18 Juni – 2 Juli 2016, untuk keterangan lebih lanjut ada di www.indoblognet.com.


Ahmad Zabadi sangat mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan kalangan digital preneur dan netizen dalam kegiatan SMESCO Digipreneur Day. “Dari kolaborasi ini diharapkan dapat membangkitkan rasa memiliki dan tanggung jawab sekaligus menjadi inspirasi di kalangan digitalpreneur untuk memajukan produk UKM, khususnya di SMESCO melalui karya video yang menarik dan informatif,” ungkap Zabadi.

Selain video coaching yang berlangsung di ruang kelas dan lapangan, SMESCO juga menyelenggarakan talkshow bisnis bertema One Day, One Goal for UKM Go Global,  menghadirkan UKM Binaan SMESCO yaitu Tajudin Maulana (pemilik Celana Sarung inovatif Tajmaul), Ahmad Rafik - pengusaha hijab Alls Scarf, praktisi digital marketing dari Bdigital yaitu Andi Silalahi dan Co-founder Jose Ricardo Santos, Rubie Limpoyie Co founder startup ecommerce Apana.id, Nathan Roestandi dari Zulu.co.id serta Opid Adisuryo, Chief Marketing Officer Pawoon kasir aplikasi untuk UKM.


Bang Andi Silalahi menjelaskan tentang betapa pentingnya mengembangkan pengetahuan di bidang teknologi agar UMKM bisa lebih berkembang dan dikenal di pasar internasional. UMKM belum berani menggunakan e-commers karena mereka kurang pengetahuan dibidangnya sehingga menganggap menggunakan e-commers itu sulit, ribet, mahal, dan ngga ada waktu untuk mempelajarinya.

Pelaku UMKM belum mengerti bagaimana e-commers dapat membuat kreasinya bisa mencampai penjualan yang lebih, bahkan diexport keluar negeri. Jika kita memiliki toko offline dan didukung dengan toko online, konsumen bisa "mengunjungi" toko kita kapanpun mereka mau.

Toko offline memiliki berbagai keterbatasan, misalnya jam buka yang terbatas, karyawan juga terbatas, dll. Sementara toko online bisa diakses 24 jam tanpa harus kita layani langsung. Tapi sebagai pelaku UMKM yang memiliki toko online, sebaiknya kita mengerti bagaimana mengelola website kita dengan baik, kembangkan SEO, pelajari cara agar toko kita selalu muncul di halaman depan pencarian google.

Bekerjasama dengan blogger juga bisa membuat toko online kita makin berkembang loh, blogger umumnya melakukan beberapa kali sharing tentang produk yang diendorse untuk mereka. Blogger lebih bisa memberikan testimoni yang jujur, berbeda dengar artis yang bekerja karena dibayar lalu bisa menghapus postingannya, kalau blogger tentunya lebih menguntungkan #CiyeeePromosi hahahhahahaha.

SMESCO punya working space untuk pelaku UMKM, blogger, anak muda, videografer, untuk gathering, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kita loh. Seperti yang mas Andi Silalahi bilang juga "Kalau kamu punya produk, maka mulailah berfikir export".


Selanjutnya ada mas Opid Adisuryo, Chief Marketing Officer Pawoon. Pawoon adalah aplikasi kasir atau POS berbasis online (Cloud). Pawoon memiliki banyak fitur unggulan, diantaranya :

a. LAPORAN LENGKAP
Dengan Pawoon, Anda akan dapat memahami bisnis Anda secara jauh lebih mudah dan mendalam dari sebelumnya. Semua tersedia dengan instan, tanpa harus menyita banyak waktu Anda ataupun staf untuk membuat laporan harian. 

PAHAMI TREND PENJUALAN
Trend penjualan di setiap toko atau outlet akan ditampilkan secara detail, sehingga mempermudah Anda dalam memahami performa bisnis. Data yang kami sajikan akan membantu Anda untuk mengendalikan bisnis secara lebih efektif dan berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan keuntungan.

DATA MILIK ANDA
Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan laporan bulanan, karena seluruh data milik anda dapat didownload dan siap untuk keperluan akuntansi. 

b. MANAGEMEN STOCK
Manajemen stok yang handal, akurat, dan real-time untuk bisnis Anda. Kini Anda dapat kelola stok bahan baku dengan otomatis. 

VARIAN PRODUK DAN MODIFIER
Tambahkan atribut dan modifier produk Anda untuk mempermudah manajemen stok dan produk. 

STOCK REAL TIME
Pantau stok anda di semua cabang secara real time. Dapatkan informasi mengenai stok yang hampir habis secara instan.

c. MULTI TOKO / OUTLET
Pawoon menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki kontrol penuh terhadap semua cabang/outlet bisnis anda secara mudah dan realtime. Pantau dan atur semuanya kapanpun & dari manapun. 

MANAGEMEN TERPUSAT
Atur satu outlet ataupun banyak cabang sekaligus hanya dengan beberapa klik. Mengubah harga, menambah produk, atau mengatur staf kasir dapat dilakukan dari manapun melalui tablet, smartphone, dan perangkat lainnya.

PEMBUKAAN CABANG BARU DENGAN MUDAH
Pembukaan cabang baru sering berarti waktu yang sangat lama untuk menyiapkan sistem kasir atau POS. Dengan Pawoon, pembukaan cabang baru hanya membutuhkan 5 menit dan Anda bisa langsung berjualan.

d. ONLINE OFFLINE
Sistem POS Pawoon bekerja secara Online menggunakan Cloud (Awan) maupun Offline. Artinya, anda dapat berjualan serta mengakses datanya dari manapun dan kapanpun.

PANTAU DARI MANAPUN
Anda tidak harus lagi selalu berada di tempat untuk memonitor bisnis Anda. Ketahui apa yang sedang terjadi di Toko Anda dengan Pawoon, kapanpun dan dari manapun.

AMAN DAN TANPA INVETASI
Anda tidak perlu bingung untuk menyediakan penyimpanan data ataupun server sendiri. Kami menyediakan fasilitas yang canggih dan aman untuk kepuasan Anda.

e. MANAJEMEN PELANGGAN
Ketahui perilaku pelanggan Anda dengan lebih dalam untuk meningkatkan penjualan dan profit.

POINT UNTUK MEMBER
Tingkatkan penjualan melalui poin rewards dan sistem member untuk pelanggan Anda.

CRM
Profil customer akan tersimpan. 


Harga yang ditawarkan Pawoon juga terjangkau, dan Pawoon juga memberikan layanan GRATIS untuk kamu yang mau mencoba produknya. Untuk info lebih lanjut silahkan klik www. pawoon.com ya.

That's all tentang SMESCO Digipreneur Day, semoga makin banyak pelaku UKM Yang bisa menembus pasar internasional. Tapi plis, jangan cuma produksi seperti furniture kayu dari Jepara, kerajinan Batik, kain Ulos, ukiran Bali, tapi semoga bisa diperkaya dengan produk skincare dan kosmetik made in Indonesia yang kualitasnya ngga kalah saya yang dari luar negeri ya. Maju terus UKM Indonesia.


#UKMSMESCOGoGlobal #SmescoDigipreneurDay

2 comments:

  1. Teuteup produk kosmetik harus ada ya Roos ? ha.........maaf baru kemari nih dlm rangka mencari inspirasi. BTW artikelnya keren dan pas banget untukku yg lagi coba2 e-commer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong mba hihihihihi, disana juga ada produk skincare sama bulu mata, tapi karena keasikan milih - milih aku jadi lupa foto hahhahahahaha. Wahhh, asik asik, semoga informasinya berguna ya mba :))

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like