Mama Muda Belajar Menyusui


Selamat mengASIhi

Mhhh, itu adalah kata - kata yang sering disampaikan temen - temen kepadaku satelah aku melahirkan. Sekali, dua kali, lima kali masih enak dibacanya, tapi saat itu dah disampaikan berkali kali kali kok jadinya kayak ada apa gitu ya. Aku mulai sebel dengan kata - kata itu.

Akhirnya aku merasakan apa yang mereka maksud dengan mengASIhi. Babak baru jadi seorang ibu. Tidak berhenti berjuang dari persiapan hamil, lalu hamil, kemudian melahirkan dengan segala macam drama dan saat menyusui.

Menyusui adalah salah satu perjalanan yang paling penting dalam kehidupan seorang ibu dan bayinya. Menyusui ternyata bukan hanya untuk memberi makan dedek bayi. Tapi juga menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak. Sembari menyusui, ibu juga memberikan rasa kasih, sayang, aman dan nyaman kepada bayinya. Menyusui bukan perkara mudah, tapi tidaklah sulit dilakukan kalau kita punya kemauan dan tekat yang bulat untuk menyusui.



Beruntung aku bisa ikut acaranya "HEALTY HABBIT WITH BREASTFEEDING MOM" yang diselenggarakan oleh Bio Oil dan C Channel di Buba n Bump, Jl. Ciranjang, Jakarta Selatan, beberapa hari yang lalu. Diacara itu aku mendapat berbagai ilmu tentang menyusui yang membuat aku semangat lagi untuk menyusui.

Acara dibuka dengan penjelasan dari Mr. Yamoto Sasagawa yang adalah CEO dari C Channel, C Channel merupaka portal web yang memberikan berbagai informasi tentang lifestyle, fashion, travel, beauty, dll untuk wanita muda dan kekinian. Kali ini C Channel dan Bio Oil mengadakan acara yang melibatkan ibu - ibu muda yang sedang hamil dan menyusui agar bisa mempersiapkan dan memantapkan diri untuk memberikan ASI ekslusif dan dilanjutkan sampai usia 2 tahun.



Hadir menjadi salah satu dari narasumber, dr. Dimple Nagrani, SpA yang menjelaskan tentang kebaikan menyusui bagi ibu dan bayi, juga beberapa tips untuk membuat produksi ASI meningkat dengan berbagai terapi pijit relaksasi, dll. Nice.


KANDUNGAN PADA ASI


ASI memiliki kandungan yang sangat baik dan paling tepat untuk bayi. ASI itu diproduksi oleh tubuh ibu dan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Luar biasa banget Tuhan mencipkatan manusia dengan segala proses yang mengagumkan ini. ASI bahkan memiliki antibody yang sangat baik untuk bayi.

Setiap ibu memiliki kandungan ASI yang bebeda dengan ibu lainnya. Jadi ternyata untuk jadi ibu ASI bukanlah hal mudah. Ibu ASI harus lulus berbagai tes yang diberikan oleh rumah sakit. ASI juga diberikan sesuai dengan umur bayi, karena tubuh ibu akan memproduksi ASI yang sesuai dengan usia bayi.


Meskipun ASI adalah makanan yang paling baik untuk bayi, tapi dr. Dimple menyampaikan juga kepada ibu - ibu yang hadir agar jangan memusuhi susu formula. LEGA mendengarnya. Karena susu formula itu sudah dibuat khusus dengan berbagai kebaikan dan dibuat semirip mungkin dengan ASI.

Aku pernah mengalami masa - masa trauma menyusui. Saat anakku nangis karena kelaparan, aku malah ingat rasa sakitnya menyusui karena puting yang lecet dan nipple blister. SAKIT! Akhirnya aku pompa ASIku dan menggunakan dot.

Aku sempat konsultasi ke klinik laktasi, dengan harapan suster bisa bantu untuk meredakan dan menghilangkan nipple blister ini. Tapi jawabannya malah bikin aku ngedown saat anakku "dipaksa" menyusui. "Baru 2 hari kok udah bingung puting. Ini namanya bingung puting bu". HUH. Bukan adem, aku malah jadi kesel.

Makin kesini produksi ASIku berkurang tapi kebutuhan dedek bayi terus bertambah. Selang 1 bulan kenaikan berat badannya selalu lebih dari 1 kg. Puting sakit, ASI pas - pasan, akhirnya aku memutuskan menggunakan susu formula di usia dedek 3.5 bulan.
 
Sambil memberikan susu formula, aku juga tetap rajin memompa ASI sampai satu saat aku iseng mencoba direct breastfeeding ke bayiku dan THANK GOD dia mau. So, sampai sekarang ini dedek mau kalau dikasih susu formula dengan botol dan mau juga langsung menyusu sama mamanya. Rasanya pengen teriakin ibu bidan dan bilang : "SEE???? Anakku ngga bingung puting, dia mengerti kalau mamanya menderita dan memberikan jeda". Semoga kedepannya ASIku tetap ada dan bisa kasih ASI berdampingan sama susu formula at least 1 tahun. AMEN.


KEUNTUNGAN MENYUSUI UNTUK BAYI


Menyusui memberikan banyak keuntungan lain selain bayi lebih sehat dan cerdas. Tapi bukan berarti juga yang mengkonsumsi susu formula akan tumbuh menjadi anak yang mudah sakit dan bodoh loh ya. Kamu harus ingat lagi kalau susu formula dibuat semirip mungkin dengan ASI, artinya juga baik untuk bayi.


1. MENURUNKAN KEJADIAN SUDDEN DEATH INFANT SYNDROME

SIDS atau sudden infant death syndrome adalah kematian mendadak, tidak terduga dan tidak dapat dijelaskan yang terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun.


2. MENINGKATKAN IQ

ASI memiliki kandungan terbaik yang sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Karena itu bisa untuk meningkatkan IG bayi.


3. DAYA TAHAN TUBUH LEBIH BAIK

Pastinya. Karena tubuh ibu membentuk antibodi yang sesuai dengan kebutuhan bayi.


4. MENGURANGI RESIKO OBESITAS

ASI tidak mengandung gula tapi manis alami. Berbeda dengan susu formula yang memiliki kandungan gula.


5. MENGURANGI RESIKO ALERGI

Beberapa bayi bisa saja memiliki alergi pada protein susu sapi. Sementara bayi yang mengkonsumsi ASI pastinya tidak akan alergi dengan air susu ibunya sendiri.


6. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG, PARU, PENCERNAAN, DLL

ASI rendah kolestrol, mengurangi resiko infeksi paru - paru, diare, kontipasi, infeksi telinga, dll.



MENYUSUI MENGUNTUNGKAN IBU


Menyusui bukan hanya baik untuk bayi, tapi juga memiliki keuntungan tersendiri untuk ibu. Khusunya sebagai KB alami dan sangat membantu menurunkan berat badan. Teringat pesan dokter kandunganku saat kontrol terakhir sebelum melahirkan "KB menyusui saja ya bu, paling tidak 6 bulan".


1. MENGURANGI RESIKO KANKER PAYUDARA

Menyusui memberikan keuntungan yang sangat besar kepada ibu. Ibu yang menyusui memiliki resiko terkena kanker payudara lebih kecil dibandingkan perempuan lainnya. Karena selama menyusui, hormon estrogen dan progesteron ditekan dan muncul hormon prolaktin dan oksitosin.


2. KB ALAMI

Karena hormon prolaktin menekan hormon estrogen, jadi ketika seorang ibu menyusui bayinya (kurang lebi 6 bulan), selama itu juga dia tidak akan menstruasi. Tapi setiap orang memiliki kondisi yang kesuburan yang berbeda - beda ya. Karena ada juga yang bayinya masih usai 4 bulan, dia sudah hamil lagi.


3. MUNURUNKAN RESIKO DEPRESI (BABY BLUES)

Kontak yang terjadi antara ibu dan bayi saat menyusui, membuat ibu merasa lebih bahagia. Dekat dengan bayinya membuat seorang ibu merasa nyaman. Depresi yang mungkin terjadi saat proses melahirkan lalu digantikan dengan senyuman dedek bayi. It's so priceless.

Tapi meskipun demikian, ada juga ibu yang tetap mengalami baby blues yang mungkin karena tidak dapat memberikan ASI secara maksimal. Produksi ASI sedikit sementara bayinya tumbuh dan berkembang secara cepat jadi kebutuhan bayi akan ASI banyak.

Puting yang lecet juga bisa saja membuat ibu depresi saat menyusui. Karena aku dan banyak teman - temanku juga mengalami ini. But it's oke, itu seninya menyusui dan setiap senyuman dedek bayi kembali bisa bikin mama luluh dan rasa sakit lebih terobati.


4. MENGURANGI BERAT BADAN

Jangan dikira menyusui itu ngga menguras energi loh ya. Menyusui itu juga melelahkan. Banyak energi yang terkuras saat menyusui. Karena itu jangan heran kalau ibu yang menyusui makannya banyak hihihihi.


5. LEBIH EKONOMIS DAN PRAKTIS

Yes, ASI itu gratis dan bisa diakses kapanpun dimanapun. Praktis dan tentunya punya berbagai vitamin dan antibodi yang sangat baik untuk bayi.



Senenggg rasanya bisa punya pembelajaran baru yang bisa dibagi sama kamu yang baca blog aku ini. Dan ngga hanya berbagi teori, dr. Dimple juga mempraktekkan bagaimana caranya memijat payudara dan memijat punggung guna untuk melancarkan produksi dan keluarnya ASI. Memijat payudara paling tidak 2x dalam sehari, bisa selagi mandi atau setelah mandi.


Rutin memijat payudara baik untuk membuat produksi ASI menjadi banyak. Pijat payudara bisa dilakukan selagi mandi atau setelahnya minimal 2x sehari, menyesuaikan dengan waktu dan kegiatan kamu saja. Kamu bisa gunakan Bio Oil untuk memijat payudara dan ruas tulang belakang. Tapi, jangan lupa untuk selalu membersihkan payudara kamu ketika mau menyusui dedek bayi. Supaya sisa Bio Oil tidak termakan sama dedek bayi.

Bio Oil jadi sahabatku selagi hamil. Sampai usia kandungan 6 bulanan, perutku mulussss hihihihi. Aku sempat tidak menggunakan Bio Oil selama 2 mingguan dan setelah melahirkan strechmark memang ada, tapi tidak separah (seharusnya) yang teman - temaku alami.


Sekarang kan Bio Oil ada kemasan 25 ml, so gampang banget untuk dibawa kemana - mana. Khasiatnya banyakkk dan sangat bersahabat untuk ibu hamil dan juga menyusui. Thank God ada produk seperti ini yang mungil tapi dengan banyak khasiat. Terima kasih untuk para narasumber yang sudah sharing berbagai hal. Aku jadi makin pinter deh hihihihi.


Oke then, thats all for today
Salam hangat dari ibu - ibu muda hihihihi
 
 

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM. Have a great day.

You May Also Like
Back
to top