Monday, July 13, 2015

Let’s Go Cashless : Kartuku dan McDonald’s dalam Inovasi Pembayaran Non-Tunai



Dari waktu ke waktu selalu ada hal yang baru yang diciptakan untuk menuju kehidupan yang lebih modern, salah satunya trend cashless. Cashless Society merupakan suatu gerakan yang dilakukan pemerintah Indonesia guna untuk menghemat anggaran pencetakan dan penghancuran uang. Dengan membawa "uang" dalam bentuk kartu, masyarakat  juga akan menjadi lebih nyaman dan lebih aman.

McDonald’s sebagai salah satu waralaba restoran paling popular di Indonesia menyadari perlunya strategi pemasaran yang dinamis dan pemanfaatan teknologi terkini untuk memperluas jangkauan konsumen dan juga mendukung  program pemerintah diatas.

Pada 8 Juli 2015 lalu McDonald’s dan Kartuku merayakan dua tahun kolaborasi dalam penyediaan layanan cashless dengan meluncurkan McDonald’s Digital Gift Card, di Restoran McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta.

 

Senangnya bisa diundang dalam acara ini, secara aku McDonald’s LOVERSSS sejak jaman dahulu kala hihihihiii.. Parapap pap pap I’m Loving It!!! Hihihiii.. Nah nah nah karena takut kena kemacatan Jakarta menjelang berbuka puasa, so aku datang lebih awal deh.

Tim dari Kartuku dan McDonald’s sedang melakukan persiapan sebelum acara dimulai, mas Bayu Oktara sepertinya lagi ngetwitt kali ya hihihi..


Sebelum acara dimulai, undangan dikasih pin,, yayyyy (seneng banget dikasih pin neng hehehhehe), senenglah bisa jadi bagian dari Cashless Society hohohoho.. Bisa mendukung program pemerintah dan lebih mempermudah transaksi, mau ke McDonald’s aku ngga perlu lagi bawa cash dengan kembalian yg ada logamnya (repotnyaaa.. uhuuhuhuhu). Misalnya nih mau makan di McDonald’s, ketemu temen atau sekedar cari inspirasi (dan free wifi, hahhaha hayooo sapa yang suka gitu) udah deh gampang deh, cukup bawa dompet kartu (KTP, SIM, Kartuku McDonald’s, dan uang secukupnya untuk parkir atau ongkos ojek deh hihihihiii).


Para undangan sudah berdatangan, ada yang dari Blogger, Media, dan beberapa undangan lainnya dan tim – tim dari McDonald’s (pssssttt… mas mas yang jagooooo IT pada dateng loh, mereka – mereka ini lah tim – tim hebat yang mensukseskan program ini), juga tim – tim dari Kartuku yang selalu berinovasi akan produk – produknya.


Selanjutnya acara dibuka oleh mas Bayu Oktara, mas Bayu juga adalah Corporate Communication Kartuku. Kartu (PT. Mitra Adiprakarsa Manunggal) berdiri ternyata sudah sejak 2010 dengan menjalani usaha di bidang penyediaan EDC (Electronic Data Capture). Pada tahun 2006 Kartuku melakukan revitalisasi penuh dengan pengembangan model bisnisnya menjadi perusahaan teknologi infrastruktur pembayaran non-tunai yang menyediakan solusi end-to-end berupa pembangunan jaringan dan pengembangan layanan pendukung system pembayaran di Indonesia.


Lalu ada Ibu Yanti Lawidjaja, selaku Finance and IT Director McDonald’s Indonesia menjelaskan tentang pemanfaatan Gift Card diantaranya :

  • Membuka opsi pembayaran lebih banyak
  • Memungkinkan proses check-out konsumen yang lebih cepat
  • Meningkatkan berbagai kesempatan promosi dan program loyalitas pelanggan dengan lebih luas 
  • Menjadikan pelaporan rekonsiliasi secara otomatis, real time, dan lebih akurat
  • Validasi dapat dilakukan secara online
  • Memperkecil resiko pemalsuan
  • Membuat seluruh manajemen pembayaran lebih efektif dan efisien

Semua hal diatas secara umum tentunya meningkatkan kinerja bisnis McDonald’s Indonesia menjadi lebih baik.

Kartuku juga mampu menjawab misi McDonald’s sebagai restoran cepat saji terdepan melalui inovasi – inovasi teknologinya. McDonald’s mengandalkan jaringan Kartuku yang handal, dengan infrastruktur dan tingkat keamanan bersertifikasi internasional, agar dapat mewujudkan pengalaman non-tunai yang aman bagi konsumen.


Lanjut, ada mas Adrian Anwar selaku Chief Commercial Officer Kartuku menjelaskan tentang Digital Gift Card sebagai salah satu alat bantu konsumen yang paling tepat bagi transaksi praktis dengan memindahkan peredaran uang tunai ke dalam bentuk digital. McDonald’s Digital Gift Card tersedia dalam nominal Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,- yang baru bisa dibeli di restoran – restoran McDonald’s tertentu.

McDonald’s Digital Gift Card ini bisa pula dimanfaatkan sebagai pemberian kepada saudara, teman, karyawan terkasih di hari raya Idul Fitri, dalam rangka buka puasa bersama Digital Gift Card ini juga bisa jadi pilihan, jadi orang yang diberikan Digital Gift Card ini bisa memilih menu favoritnya sendiri, kapan saja, dan di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia.

Sebelumnya McDonald’s juga pernah meluncurkan voucher kertas, tapi voucher dinilai lebih banyak biayanya, dan proses penukarannya juga masih manual (kasir memasukkan kode voucher secara manual dan input data dari transaksi voucher juga dilakukan secara manual, dan offline). Digital Gift Card ini membantu menghindari pemalsuan, dan juga “memangkas” biaya produksi, proses kerja dari McDonald’s dan juga membantu konsumen untuk dapat bertransaksi dengan lebih mudah.


McDonald’s Digital Gift Card RESMIIII DILUNCURKAN!!! Yayyyyy!!!!


Ayoooo PESAN SEKARANG JUGA!!! Hahahhahaa..
Untuk informasi lebih lanjut tentang pemesanan McDonald’s Digital Gift Card

Suci 0877 – 88 – 740 – 200
Hariyanto 08788 – 2122 – 777
021 – 2991 – 5600 (Jabodetabek)
0804 – 152 – 7885 (Luar Jabodetabek)


Selanjutnya sesi Tanya jawab, pastinya undangan udah ngga sabar mau tanya ini dan itu.. hohhooooo..


Apa keuntungan McDonald’s Digital Gift Card bagi konsumen ???

  • Transaksi di McDonald’s bebas (TANPA minimal payment). Jadi kalau kamu cuma kepengen makan cone satu aja juga BOLEH dan bisa transaksi dengan McDonald’s Digital Gift Card ini.
  • Bisa digunakan kapan saja dan diseluruh restoran McDonald’s seluruh Indonesia.
  • Dapat diberikan kepada orang terkasih di hari special dan bisa digunakan kapan saja tanpa ada tanggal expirednya. Fleksibel. Jadi orang yang kamu berikan McDonald’s Digital Gift Card ini jadi bebas kapan sempatnya mau ke McDonald’s tanpa perlu takut kartunya expired.
  • Kalau hilang bisa diblokir.
  • Membantu program pemerintah untuk mengurangi peredaran uang agar menuju Cashless Society.

Apakah bisa McDonald’s Digital Gift Card ini bisa diisi ulang ???

Sejauh ini McDonald’s Digital Gift Card hanya tersedia dalam nominal Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,- tetapi kedepannya McDonald’s dan Kartuku berencana akan melakukan inovasi agar McDonald’s Digital Gift Card dapat di top-up.

Bagaimana kalau hilang ???

McDonald’s Digital Gift Card dapat digunakan jika sudah diaktifkan, artinya konsumen harus memasukan data – data sebelum melakukan transaksi (dan karyawan McDonald’s sudah terlatih dan bisa membantu konsumen mengaktifkan kartu). Dengan begitu, McDonald’s Digital Gift Card BISA di blokir jika hilang, dan saldo yang ada disimpan dengan aman dalam system.

Nah, demikian hal – hal yang disampaikan oleh narasumber diatas, selanjutnya jika masih ada pertanyaan bisa menghubungi :



HERE’S MINE!!! So,, mana punya kamuuuuu.. hihihihihiiii.. Pamer boleh dong ya, sama Marga dan Raden Ayu, Yayyyyy kami punya dong dong dong.. hihihihi..

Okeee,, sudah waktunya berbukaaaa, langsung deh coba pengalaman pertama menggunakan McDonald’s Digital Gift Card, aku sudah punya 3 minion dan mau tambah satu lagi si Minion Soldier biar bikin pasukan baris berbaris ahahhahaha.. Jadi aku pesen HAPPY MEAL!!! Yayyy…


Pengalamanku :
  •  Transaksinya mudah, setelah pemesanan McDonald’s Digital Gift Cardnya tinggal aku kasih ke kasir dan di swipe di alat khususnya, lalu saldo berkurang sendirinya (NO pin pinan), struk keluar udah deh tinggal tunggu pesanannya.Kebetulan hari itu di Sarinah Thamrin ada line sendiri untuk pengguna McDonald’s Digital Gift Card jadi antriannya lebih sedikit hehehhehe (kedepannya McDonald’s belum terfikir akan membuat kasir khusus, karena untuk McDonald’s, semua pelanggan special tapi ngga tau kedepannya gimana ya).
  • Aku juga sudah coba di McDonald’s Tebet, transaksinya juga mudah dan cepat. Waktu itu saldo aku kurang, tapi kartu masih bisa dipake dong dan aku tinggal nambahin kekuranngan berapa.
  • McDonald’s Digital Gift Card bisa jadi pilihan bangetttt ini yang mau kasih – kasing angpau a.k.a salam temple untuk saudara di saat lebaran nanti. Trusss karena bentuknya kartu, jadi bisa disimpen deh kenang – kenangan. Semoga kedepannya ada kartu yang bisa diisi ulang yaaa, dan banyak promo – promo menarik untuk pengguna McDonald’s Digital Gift Card.

Soo,,, parapap pap pap,…. I’m Loving It.


Terima kasih sudah mampir yaaaaaa, semoga informasinya berguna
Jangan lupa follow aku yaaa hihihi...

Have a good day guyss... Good bless you.


INSTAGRAM  |  TWITTER  |  ASK FM

2 comments:

  1. Terimakasih untuk ulasannya. Terutama komentar soal mas - mas IT. Dan saya bisa kasih testimoni kl mereka memang hebat. :) Kl ada pertanyaan mengenai giftcard dapat menghubungi giftcard@kartuku.co.id atau giftcard@id.mcd.com. Sampai ketemu di McD ya. I'm lovin' it! Salam, Yanti Lawidjaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga Ibu Yanti udah mampir ke blog aku. Iya pastinya mas - mas'nya hebat, tapi tetap dibelakang mas - mas hebat ada Ibu Finance dan IT Director yang juga hebat.. Hehhehee. I Love Mc'D!! Sampai ketemu lagi ibu. Sukses yaaaaa.. Have a goo day.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like