Tuesday, August 27, 2013

There's Always a First Time for Everything



ABOUT ME

Aku Roosvansia, I'm The Only Daughter. Identik sama bunga - bungaan hihihihi. Mayoritas tulisan di blog ini ada gambar bunganya toh? Kenapa? Jawabannya adalah : Branding. Nama Roosvansia yang diambil dari nama bunga Rose, aku coba terjemahkan dalam sentuhan design bunga - bungaan untuk mempermanis tampilan blognya hihihihihi. Jadi semoga kalau kamu lihat bunga - bunga, kamu jadi inget aku ya hahahahhaha *ngarep. Trus kalau liat Upin Ipin gimana? Inget kak Roos juga dong? Iyaaaaalah, gapapa kok. Aku juga suka Upin Ipin betol betol betol hihihihihi.

Punya mama yang pernah jadi pengajar di Viva Cosmetics. Sanggul, gunting rambut, makeup, facial, dll. Mama sudah khatam banget, waktu nikah sanggul sendiri, makeup sendiri, susun bunga tangan dan bunga di altar gereja sendiri (busettt, kurang modal bu? hahhahahhahahha, bisa jadi sih hahahhahaha, tapi emang karena mama suka banget ngerjain perintilan kayak gitu.



Atas - Mama waktu mengajar di Viva Cosmetics, wedgesnya bisa buat nyambit maling hihihihi, dan waktu "her big best day", bunga tangan, bunga di altar gereja, dan makeup semua dikerjain sendiri. Tengah & Bawah - Anak bayi gendut, pesek, tembem, mengemaskan hihihihi. Suka banget difoto, dari bayi udah sok - sok'an gaya candid. Seneng banget kalau udah dikasih pegang pulpen, deh udah gede seneng nulis blog hihihihi.

Nah kan, mungkin (PASTINYA) kecintaan aku sama makeup dan perintilan perempuan yang remping itu menurun dari mama, dari umum 3 sampai 4 tahun udah geratakin kosmetiknya mama hihihihihi. Ya iyalah, mama pernah buka salon sendiri, jadi bayangkan betapa mudahnya bayi gendut, pesek, lucu, mengemaskan ini mengakses kosmetik mama hahahhahahah.



ONCE UPON A TIME

Di tahun 2011 - 2012 aku mulai rajin nonton video tutorial di Youtube dan baca - baca blog tentang makeup. Mulailah kepengen beli produk ini dan itu yang direkomendasikan sama Youtuber dari luar negeri. Aku kepengennya barang - barang yang ngga ada di Indonesia (karena kayaknya yang bagus ya yang direview itu hahhahahah) tapi yang harganya masih terjangkau tentunya (kan aku newbie), so aku mulai hunting onlineshop yang jual makeup.


Saat itu yang terkenal adalah brand NYX Cosmetics, so produk pertama yang aku order di onlineshop itu adalah NYX Round Lipstick yang waktu itu cukup buming dimana - mana. Pas pembelian kedua aku punya pengalaman buruk dengan onlineshop itu (produk yg aku pesan kayak udah bekas dipake, ownernya cuma bilang : "Dari sananya sudah begitu" bzzzzzz PRET), lalu aku hunting lagi dan memberanikan diri untuk belanja NYX Eyeshadow Palette 78 Color di Makeupuccino (dulu namanya NYX Olshop). Satu eyeshadow palette sampai kerumah dalam keadaan baik dan tepat waktu (2 hari sampai). Waktu itu harganya lumayan untuk "percobaan pertama", sekitar Rp. 300.000,- plus ongkos packaging kayu. Sudah di kasih harga diskon juga loh, jadi terharu kalau inget aku panik karena ongkos packagingnya mahal, lalu ongkos kirimnya dikurangin sama Ibu Dina sang owner (BIG HUG).

Setiap aku mau beli produk yang baru aku wajib tonton di Youtube, aku pasti cari review dari blog. Beberapa blog yang aku kunjungi bisa memberikan informasi yang sangat baik dengan foto - foto yang jelas. Jelas ngga harus dengan kamera mahal atau editing dasyat, jelas yang ak maksud adalah yang gambarnya fokus, terang (ngga gelap, nyaris tak terlihat), dan fotonya bisa memberikan gambaran warna yang mirip dengan warna asli produknya. Tapi sayangnya, beberapa hanya asal review aja huhuhuhuhuhuhu.

Dari situ aku mulai memberanikan diri untuk menulis review tentang produk - produk kosmetik yang aku beli. Demi untuk memiliki bahan tulisan di blog, aku mulai belanja barang yang lainnya dari Makeupuccino. Dalam sebulan aku bisa menghabiskan antara Rp. 300.000,- sampai Rp. 700.000,-. Ngga cuma untuk kosmetik, tapi juga review tentang Klinik Estetika atau skincare Kiehl's (aku menghabiskan sampai Rp. 2.000.000,- untuk rangkaian produk Kiehl's ini *sigh - LINK). Semua dilakukan untuk bisa punya barang baru dan juga bahan tulisan tentang kosmetik (nah, ngga gampang murah kan jadi blogger).



Dijamu makan disatu restoran super KECE di Bandung, trus foto - foto, dan meeting. YES. Beneran meeting loh hahahhahahahha, tentang brand, lipstick, DVD, furniture, toko, dll.

Kalau aku sudah menulis, aku suka share ke timeline Facebook Makeupuccino. Tujuannya awalnya adalah biar orang tau kalau Makeupuccino itu trusted, biar konsumen ngga salah pilih online shop kayak aku dulu. Tapi aku juga dapet keuntungan karena apa yang aku tulis dibaca juga sama temen - temennya Makeupuccino, nah lama - lama Makeupuccino suka kasih bonus produk saat pembelian. YAY, itu artinya ada produk baru lagi yang aku bisa review.

Pertemanan kami berlangsung sampai sekarang, dan sejak saat itu Ibu Dina banyak sekali kasih aku hadiah (tanpa pembelanjaan, dari mulai berbagai lipstick hihihihi, eyeshadow, pouch, pasmina, yes aku dikasih pasmina cantik yang ada bulu - bulunya hihihihi, sampe dibawain oleh - oleh dari Korea, so happy), tujuannya biar aku bisa coba produknya dan bantu review jadi biasanya kami berdua dulu yang ngomongin enak apa nggak pake produk itu. Aku ngga pernah dipaksa untuk kasih testimoni yang bagus, kalau aku ngga suka sama kualitas produknya ya it's oke.


BLOGGING

Makin suka sama makeup, tadinya aku mau bikin blognya tentang makeup saja deh, tapi ternyata banyak hal lain yang bisa di sharing di blog yang juga nyambung dengan makeup dan hidup aku. Misalnya tentang DIY bikin sesuatu, tempat - tempat wisata yang perlu dikunjungi, makanan, gaya hidup, dll. Intinya blog ini bercerita tentang apa yang aku suka, tapi teteup banyakan tentang makeup dan perintilannya *dasar perempuan.

Aku makin semangat menulis sampai akhirnya bergabung dengan komunitas Indonesia Beauty Blogger (IBB), disitu makin banyak teman dan juga mulai dapat undangan untuk ikut event yang satu dan yang lainnya. Lalu mulai kenalan juga dengan teman - teman blogger dari Beauty Blogger Meet Up, Kumpulan Emak Blogger (KEB), Blogger Reporter Indonesia (BRID), Fun Blogging, Blogger Perempuan, Blogger Crony,  dll.

Sebelumnya aku ngga pernah tau kalau blogger itu suka bekerjasama dengan brand, baik yang diberikan produk untuk direview atau project yang berbayar. Tapi setelah gabung dengan berbagai komunitas, aku mulai sering diundang ke berbagai acara dan mendapat berbagai keuntungan (job review, endorse produk, menang lomba ini, dan itu, dan yang paling penting aku mendapat banyak koneksi yang bisa membantu aku mengembangkan hobi aku menulis blog).

Awalnya nama blog aku adalah www.imtheonlydaughter.blogspot.com, tapi lama - lama berfikir untuk lebih serius lagi supaya bisa bekerjasama dengan lebih banyak brand lagi jadi aku mulai menggunakan domain berbayar (.com). Pada Oktober 2015 nama blognya berubah menjadi www.roosvansia.com, biar sesuai dengan namaku. Singkat, padat, jelas, dan mengandung banyak arti *tsahhh.

Sangat susahhhhhh ngejar ketinggalan Alexa dari 18.000.000 sampai akhirnya bisa dibawah 1.000.000. Tapi dengan rajin menulis, rajin sharing tulisan, rajin blogwalking ke blog teman - teman yang lainnya sangat membantu untuk "melangsingkan" angka Alexa. Karena banyak brand yang mengharuskan seorang blogger memiliki domain sendiri angka DA minimal 20, dengan Alexa yang harus dibawah 1.000.000, dll. Sungguh ngga gampang kan jadi seorang blogger? Harus sisihkan pengeluaran untuk internet dirumah, paket data, beli produk, kamera (atau smartphone dengan kamera yang bagus), belajar SEO, belajar design template, dll.


ACHIEVEMENT

Pertama kali aku ikut blog competition adalah ketika diundang oleh Kartuku & McDonald's, ternyata event report untuk acara itu dilombakan. Tidak ada persiapan khusus untuk ikutan lomba, bagus atau ngga bagus tulisannya akan tetep akan dilombakan toh? So, apa salahnya bikin yang bagus (menurut standart aku), enak dilihat, dan enak dibaca. Karena aku suka membaca blog yang punya informasi lengkap, walaupun kadang - kadang informasi yang tersedia itu terbatas, tapi paling ngga kita usaha dulu semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

Waktu itu 6 best event report akan mendapatkan voucher McDonalds senilai @Rp. 500.000,-, pikiranku sederhana aja. Masa diantara 6 orang itu aku ngga bisa jadi salah satunya hihiihihi. Lalu jadilah tulisan dibawah ini, yang kemudian dikomentari oleh Ibu Yanti Lawidjaja, selaku Finace & IT Director McDonalds Indonesia. WOW! Aku menang untuk yang pertama kalinya. YAY! Ini jadi batu loncatan untuk berberapa kemenangan blog competition lainnya.


Juli - Desember 2015

1. 6 Event Report Terbaik Lomba Blog Kartuku dan McDonald's |  LINK
(Voucher McDonald's Rp. 500.000,-)

2. Juara Favorite Lomba Blog Sun Life Financial Indonesia |  LINK
(Cash Rp. 750.000,-)

3. 20 Best Lomba Blog Samsung Galaxy Note V  |  LINK
(Voucher MAP Rp. 500.000,-)

4. Juara 1 Lomba Blog Beauty Professional Indonesia & Gaya Spa  | LINK
(Paket produk Beau Belle senilai Rp. 1.500.000,-)

5. Juara 1 Lomba Blog "Keep Calm & Write" Summarecon Bekasi  | LINK
(1 buah iPhone 6 Gold 8 Gb)

6. Juara 1 Lomba Blog "5 Island in 5 Weeks" Hotel Indonesia Kempinski  | LINK
(3 hari 2 malam di Executive Grand Deluxe Room Hotel Indonesia Kempinski)


Januari - April 2016

1. 6 Event Report Terbaik Sun Life Edufair 2016  | LINK
(Voucher MAP Rp. 750.000,-)

2. 2 Event Report Terbaik Food Culture AEON Mall BSD City  | LINK
(Voucher MAP Rp. 200.000,-)

3. Juara I Lomba Blog Parkson Lippo Mall Puri  | LINK
(Voucher Parkson Rp. 500.000,-)

4. Juara I Lomba Blog Wardah Co[l]ordination  | LINK
(2 tiket VVIP Wardah Co[l]ordination Fashion Show)

5. Juara III Lomba Blog Agelez Bihaku Premium Nano Collagen  | LINK
(Produk Agelez Bihaku Premium Nano Collagen senilai Rp. 1.000.000,-)

6. 5 Event Report Terbaik Bioderma Sensibio H20  | LINK
(Makeup Class with Iwwan Haroun & produk Bioderma senilai Rp. 1.000.000,-)

7. Juara I Lomba Blog Explore CNI Creative Center  | LINK
(1 buah CNI Ichi-I Stereo Headset & Voucher MAP Rp. 500.000,- dan 1 buah CNI Ichi-I Stereo Headset, Voucher MAP Rp. 200.000,- plus 1 kotak CNI Dark Hot Chocolate dari memenangkan best photo & best tweet. YAYYYY!)

8. Juara I Lomba Blog IKJ Day 2016  | LINK
(Workshop melukis / DKV senilai Rp, 1.800.000,-)

9. Juara II Lomba Blog Covermark Moisture Veil LX  | LINK
(Voucher Covermark Rp. 1.000.000,-)

10. 3 Best Press Coverage Competition Acuvue Define #SeeMyWorld  | LINK
(Voucher MAP Rp. 500.000,-)


Aku ngga begitu paham tentang SEO dan aku ngga pinter berkata - kata. Aku cuma berusaha kasih apa yang tebaik menurut aku, misalnya dari foto - foto yang ada di blog aku. Waktu awal - awal ngeblog aku cuma pakai kamera Samsung S3, sampe rusak ganti ke Samsung Galaxy Mega 2, lalu menang lomba Summarecon aku bisa upgrade ke iPhone 6 (tapi percayalah, Samsung Galaxy Mega 2 itu foto indoornya lebih bagus dari iPhone).

Sampai akhirnya Tuhan dengarkan doaku di dalam hati yang kepengen banget punya kamera sendiri. Ketika melihat teman - teman blogger lainnya punya foto yang bagus - bagusss banget itu ampun deh kepengennya udah kayak apa, diimanin aja dalam hati. Rejeki ngga kemana, pasti ada jalannya hihihihihi.


BRAND

ONLINE SHOP :
Makeupuccino, Fasyen, Bunny Beauty, Zalora, Sociolla, Althea, Bilna, Traveloka.

BEAUTY :
Acuvue, Tokyo Belle, Loreal, Makarizo, Natur, Bio Oil, Face Shop, Red Kank, Avene, Anna Sui, Estee Lauder, Philips, Bioderma, The Skin House, Privia, Marina, Ovale, Sariayu, Everlash Expert, Sulamit Cosmetics, Lactacyd, Sulwhasoo, Agelez Bihaku, Caring by. Biokis, Covermark, Garnier, Oya Clinic, Mukka Kosmetik, Talika, ULTIMA II, Oilum, Selina Cosmetics, Max Factor, Cetaphil, Laneige.

COMPANY :
Smart, Samsung, My Republic, Beauty Professional Indonesia, Summarecon, Sun Life Finance Indonesia, Hotel Indonesia, Kempinski, Danareksa, CNI, MNC TV, Giordano, Citra Raya - Ciputra, Sephora, Bluebird, PT. Amertha Indah Otsuka (Pocari Sweat & SOYJOY), Mobil123.

FOOD, BEVERAGE, & DRUGS :
Heavenly Blush Yogurt, Walls, Ever E 250, Julie's, Bear Brand, Liful, Starbucks, Citoku, Sukiya, Renewskin.

ETC :
Ika Noorharini, Institut Kesenian Jakarta, SMESCO.



Semoga blog aku bisa jadi inspirasi dan penumbuh semangat kamu untuk makin serius ngeblognya dan makin kreatif ya. Bikin ciri sendiri (jangan plagiat), ciptakan sesuatu yang orang lain belum punya, SUNGGUH - SUNGGUHLAH menulis dengan tujuan yang baik, jangan buat blog karena cuma mau diundang ke event - event kece di cafe - cafe kekinian, dapet barang gratisan, udah gitu nulisnya asal - asalah *sigh. Percayalah, kamu ngga akan bisa bertahan lama dan ngga akan diundang lagi sama brand.



Segala perkara yang besar dimulai dari hal yang kecil. Kalau kamu bisa dipercaya untuk hal - hal kecil, then kamu bisa dipercaya untuk hal - hal yang besar. Maksimalkan apa yang kamu punya, orang suka melihat ilustrasi juga, jadi dan ngga hanya tulisan. Kalau cuma punya kamera handphone dan skill Photoshop seadanya, its oke kok. Banyak aplikasi editing foto untuk komputer ataupun handphone yang bisa kamu download gratis dan pengunaannya juga mudah. Yang penting saat mengabadikan suatu moment, usahakan fotonya fokus, agar bisa dilihat dengan jelas. Pokoknya do ur best. Lakukan semua dengan sepenuh hati, with passion.

Soooo,, sekian dan terima kasih. GBU


18 comments:

  1. Replies
    1. APEDEEEHHHH...Sirikkkkkkk amaaaaaaaaaaattttttt... Hahahahhahah...

      Delete
  2. KOK KEREN SIH KAMU.......

    Kudu private class ngblog sama kamu deh kayanya !!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. IH KAMU JUGA KEREN BISA DESIGN KEBAYA SENDIRI hihihihi. Aku ngga bisa :(((((

      Sini kamu sini aku private'in hihihii. Meet up lagi lah da hahahahha.

      Delete
  3. Vani... Blog kamu emang sangat pesat perkembangannya karna emang info yang kamu tulis selalu detail jadi aq selalu suka baca blogmu... daaann aq selalu suka sama layout dan editan fotona, van ajariinn dooong hehehheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii Birthday Girl hihihihiii. Terima kasih yaaaa Tuti, dirimu banyak kasih support dan feedback positif. Yok yok, kapan mau belajar hihihihihihi.

      Delete
  4. Replies
    1. Bella *mwah. Semoga bermanfaat ya Bell. Semangat nulisnya. Do ur best hihihihi.

      Delete
  5. Wew, blognya keren, dan about me nya jelas banget! Salam kenal yaaa! Happy blogging and keep inspiring!
    Salam,
    Alaika Abdullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Alika terima kasih sudah mampir ya. About Me'nya narsis dan pamer abis ya mba hahahhahahha. Maapinnn yaaa mba hahahhahaha.

      Delete
  6. Bah, sam-sama orang Korea kita ya?
    Salaman dulu laa...
    Hahaha...
    Di kampungku aku dipanggil Ros, juga.
    Ini gak ada maksud mau kembaran ya.
    Hahaha...
    Setuju untuk say NO ke plagiat.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita KOREA, hahahhaah HORAS bah hahahhaha. Iya kak, plagiat itu bikin gemes, pengen dicabein deh pipinya biar cakepppp merah alami hihihihi *kejam

      Delete
  7. Wah... wah... ihhhh keren amat sih kak Roos. Sampe speechless baca dari awal sampe akhir. Mantap banget. GBU kak Roos. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Zia, aduhhh mohon bimbingannya. Aku masih pemula, hanya aku cukup beruntung. GBU more mba Zia.

      Delete
  8. Mba.... ngadain blogging class dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiyahhhhhhhh mba Wuri, aku ngga kompeten ngadain blogging class hahahha bisa dilemparin sama keyboard bekas nanti hahahahha. Aku masih belajar mba Wuri, cuma aku beruntung aja. Ayo semangat nulisnyaaaa.

      Delete
  9. ini kunjungan perdana ke sini, dan keren prestasi yang punya blog.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Yo untuk kunjungannya hihihih, selamat datang di rumah sederhanaku. Prestasinya blm seberapa, aku bikin itu untuk reminder mas biar selalu bisa bersyukur *tsah hahahhaaa

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like