There's Always a First Time for Everything


About Me


Aku Roosvansia, I'm The Only Daughter. Identik sama bunga - bungaan hihihihi. Mayoritas tulisan di blog ini ada gambar bunganya toh? Kenapa? Jawabannya adalah : Branding. Nama Roosvansia yang diambil dari nama bunga Rose, aku coba terjemahkan dalam sentuhan design bunga - bungaan untuk mempermanis tampilan blognya hihihihihi.

Jadi semoga kalau kamu lihat bunga - bunga, kamu jadi inget aku ya hahahahhaha *ngarep. Trus kalau liat Upin Ipin gimana? Inget kak Roos juga dong? Iyaaaaalah, gapapa kok. Aku juga suka Upin Ipin betol betol betol hihihihihi.


I Love Makeup


Di tahun 2011 - 2012 aku mulai rajin nonton video tutorial di Youtube dan baca - baca blog tentang makeup. Mulailah kepengen beli produk ini dan itu yang direkomendasikan sama Youtuber dari luar negeri. Aku kepengennya barang - barang yang ngga ada di Indonesia (karena kayaknya yang bagus ya yang direview itu hahhahahah) tapi yang harganya masih terjangkau tentunya (kan aku newbie), so aku mulai hunting onlineshop yang jual makeup.

Setiap aku mau beli produk yang baru aku wajib tonton di Youtube, aku pasti cari review dari blog. Beberapa blog yang aku kunjungi bisa memberikan informasi yang sangat baik dengan foto - foto yang jelas. Jelas ngga harus dengan kamera mahal atau editing dasyat, jelas yang ak maksud adalah yang gambarnya fokus, terang (ngga gelap, nyaris tak terlihat), dan fotonya bisa memberikan gambaran warna yang mirip dengan warna asli produknya. Tapi sayangnya, beberapa hanya asal review aja huhuhuhuhuhuhu.

Dari situ aku mulai memberanikan diri untuk menulis review tentang produk - produk kosmetik yang aku beli. Demi untuk memiliki bahan tulisan di blog, aku mulai belanja barang yang lainnya dari Makeupuccino. Dalam sebulan aku bisa menghabiskan antara Rp. 300.000,- sampai Rp. 700.000,-. Ngga cuma untuk kosmetik, tapi juga review tentang Klinik Estetika atau skincare Kiehl's (aku menghabiskan sampai Rp. 2.000.000,- untuk rangkaian produk Kiehl's ini *sigh). Semua dilakukan untuk bisa punya barang baru dan juga bahan tulisan tentang kosmetik (nah, ngga gampang murah kan jadi blogger).


Professional Blogger


Makin suka sama makeup, tadinya aku mau bikin blognya tentang makeup saja deh, tapi ternyata banyak hal lain yang bisa di sharing di blog yang juga nyambung dengan makeup dan hidup aku. Misalnya tentang DIY bikin sesuatu, tempat - tempat wisata yang perlu dikunjungi, makanan, gaya hidup, dll. Intinya blog ini bercerita tentang apa yang aku suka, tapi teteup banyakan tentang makeup dan perintilannya *dasar perempuan.

Aku makin semangat menulis sampai akhirnya bergabung dengan komunitas Indonesia Beauty Blogger (IBB), disitu makin banyak teman dan juga mulai dapat undangan untuk ikut event yang satu dan yang lainnya. Lalu mulai kenalan juga dengan teman - teman blogger dari Beauty Blogger Meet Up, Kumpulan Emak Blogger (KEB), Blogger Reporter Indonesia (BRID), Fun Blogging, Blogger Perempuan, Blogger Crony, Bandung Beauty Blogger, dll.

Sebelumnya aku ngga pernah tau kalau blogger itu suka bekerjasama dengan brand, baik yang diberikan produk untuk direview atau project yang berbayar. Tapi setelah gabung dengan berbagai komunitas, aku mulai sering diundang ke berbagai acara dan mendapat berbagai keuntungan (job review, endorse produk, menang lomba ini, dan itu, dan yang paling penting aku mendapat banyak koneksi yang bisa membantu aku mengembangkan hobi aku menulis blog).

Awalnya nama blog aku adalah www.imtheonlydaughter.blogspot.com, tapi lama - lama berfikir untuk lebih serius lagi supaya bisa bekerjasama dengan lebih banyak brand lagi jadi aku mulai menggunakan domain berbayar (.com). Pada Oktober 2015 nama blognya berubah menjadi www.roosvansia.com, biar sesuai dengan namaku. Singkat, padat, jelas, dan mengandung banyak arti *tsahhh.


Achievement


Pertama kali aku ikut blog competition adalah ketika diundang oleh Kartuku & McDonald's, ternyata event report untuk acara itu dilombakan. Tidak ada persiapan khusus untuk ikutan lomba, bagus atau ngga bagus tulisannya akan tetep akan dilombakan toh? So, apa salahnya bikin yang bagus (menurut standart aku), enak dilihat, dan enak dibaca. Karena aku suka membaca blog yang punya informasi lengkap, walaupun kadang - kadang informasi yang tersedia itu terbatas, tapi paling ngga kita usaha dulu semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

Waktu itu 6 best event report akan mendapatkan voucher McDonalds senilai @Rp. 500.000,-, pikiranku sederhana aja. Masa diantara 6 orang itu aku ngga bisa jadi salah satunya hihiihihi. Lalu jadilah tulisan dibawah ini, yang kemudian dikomentari oleh Ibu Yanti Lawidjaja, selaku Finace & IT Director McDonalds Indonesia. WOW! Aku menang untuk yang pertama kalinya. YAY! Ini jadi batu loncatan untuk berberapa kemenangan blog competition lainnya.


Juli - Desember 2015


1. Best Event Report Lomba Blog Kartuku dan McDonald's
(Voucher McDonald's Rp. 500.000,-)

2. Juara Favorite Lomba Blog Sun Life Financial Indonesia
(Cash Rp. 750.000,-)

3. 20 Best Lomba Blog Samsung Galaxy Note V
(Voucher MAP Rp. 500.000,-)

4. Juara 1 Lomba Blog Beauty Professional Indonesia & Gaya Spa
(Paket produk Beau Belle senilai Rp. 1.500.000,-)

5. Juara 1 Lomba Blog "Keep Calm & Write" Summarecon Bekasi
(1 buah iPhone 6 Gold 8 Gb)

6. Juara 1 Lomba Blog "5 Island in 5 Weeks" Hotel Indonesia Kempinski
(3 hari 2 malam di Executive Grand Deluxe Room Hotel Indonesia Kempinski)


Aku ngga begitu paham tentang SEO dan aku ngga pinter berkata - kata. Aku cuma berusaha kasih apa yang tebaik menurut aku, misalnya dari foto - foto yang ada di blog aku. Waktu awal - awal ngeblog aku cuma pakai kamera Samsung S3, sampe rusak ganti ke Samsung Galaxy Mega 2, lalu menang lomba Summarecon aku bisa upgrade ke iPhone 6 (tapi percayalah, Samsung Galaxy Mega 2 itu foto indoornya lebih bagus dari iPhone).

Sampai akhirnya Tuhan dengarkan doaku di dalam hati yang kepengen banget punya kamera sendiri. Ketika melihat teman - teman blogger lainnya punya foto yang bagus - bagusss banget itu ampun deh kepengennya udah kayak apa, diimanin aja dalam hati. Rejeki ngga kemana, pasti ada jalannya hihihihihi. Maret 2016 aku punya kamera baru, Fuji X-A2. Yay, sehari pake kamera ini langung menang event report terbaik di Foof Culture AEON hihihi.

Achievement 2016


1. Best Event Report Sun Life Edufair 2016
(Voucher MAP Rp. 750.000,-)

2. Best Event Report Food Culture AEON Mall BSD City
(Voucher MAP Rp. 200.000,-)

3. Juara I Lomba Blog Parkson Lippo Mall Puri
(Voucher Parkson Rp. 500.000,-)

4. Juara I Lomba Blog Wardah Co[l]ordination
(2 tiket VVIP Fashion Show)

5. Juara III Lomba Blog Agelez Bihaku Premium Nano Collagen
(Produk Agelez Bihaku Premium Nano Collagen senilai Rp. 1.000.000,-)

6. 5 Event Report Terbaik Bioderma Sensibio H20
(Makeup Class with Iwwan Haroun & produk Bioderma senilai Rp. 1.000.000,-)

7. Juara I Lomba Blog Explore CNI Creative Center
(1 buah CNI Ichi-I Stereo Headset & Voucher MAP Rp. 500.000,- dan 1 buah CNI Ichi-I Stereo Headset, Voucher MAP Rp. 200.000,- plus 1 kotak CNI Dark Hot Chocolate dari memenangkan best photo & best tweet. YAYYYY!)

8. Juara I Lomba Blog IKJ Day 2016
(Workshop melukis / DKV senilai Rp, 1.800.000,-)

9. Juara II Lomba Blog Covermark Moisture Veil LX
(Voucher Covermark Rp. 1.000.000,-)

10. Best Press Coverage Competition Acuvue Define #SeeMyWorld
(Voucher MAP Rp. 500.000,-)

11. Best Event Report & Review Product Philips Mixer & Blender
(Produk Philips Daily Collection Hand Blender)

12. Best Event Report Vivo V5 #PerfectSelfie  | LINK
(1 unit smartphone Vivo V5)


Di tahun 2017 aku keguguran dan butuh istirahat banyak. Lalu aku kembali mengandung di tahun yang sama, jadi gerakanku terbatas. Aku sangat jarang untuk ikut event, takut aja hamil muda tar terlalu capek jadi gimana - gimana. Pas hamil trimester 2 aku sempat ikut beberapa event dan aku ikut blog competitionnya dan Puji Tuhan banget aku menang. YAY.


Achievement 2017


1. Juara I Lomba Cordlife Blogger Competition
(Voucher MAP Rp. 1.500.000,-)


Tahun 2018 awal aku melahirkan, lalu akhir tahun aku mulai rajin datang ke event dan nulis lagi karena kondisi tubuh sudah normal dan aku semangat banget untuk bisa sharing banyak informasi untuk kamu yang baca blog aku.



Achievement 2018


1. Best Blog Thai Cosmetics Blogger Competition
(2 package Thai Cosmetics product)

2. Best Blog Felancy Perangi Kanker Cerviks Blog Competition
(Cash Rp. 750.000,-)

3. Juara I Woman Talk Blog Competition
(Cash Rp. 500.000,- + free treatment Facial Organic at Z Glow Clinic)

4. Juara I Cosmos Blenz Blog Competition
(Package Cosmos product)

5. IG Photo Competition Blackmores
(voucher MAP Rp. 1.000.000,-) 


Achievement 2019 


Tahun 2019 aku pindah ke Bandung dan bergabung dengan komunitas Bandung Beauty Blogger, karena jarak dan waktunya yang makin terbatas maka aku jarang ikut event dan mengikuti lomba. So, tahun ini pencapaiannya ngga banyak hihihihi.

1.  Juara 1 Mitu Baby Blog Competition
(Fine Gold 2 gram)

2. Best Blog Review Klinik Kecantikan "Auraderma by Aura Kasih"
(Treatment Package Rp. 3.000.000,-)


Partnership


ONLINE SHOP :

Makeupuccino, Fasyen, Bunny Beauty, Zalora, Sociolla, Althea Korea, Bilna, Tokopedia, Traveloka, Matahari Mall, Bukalapak, Pegi - pegi.

BEAUTY :

Acuvue, Tokyo Belle, Loreal, Makarizo, Natur, Bio Oil, Face Shop, Red Kank, Avene, Anna Sui, Estee Lauder, Philips, Bioderma, The Skin House, Privia, Marina, Ovale, Sariayu, Everlash Expert, Sulamit Cosmetics, Lactacyd, Sulwhasoo, Agelez Bihaku, Caring by. Biokos, Covermark, Garnier, Oya Clinic, Mukka Kosmetik, Talika, ULTIMA II, Oilum, Selina Cosmetics, Max Factor, Cetaphil, Laneige, Clio, Sephora, Pointcut by Irwan Team, Cliniqe, BYS, Mont Blanc, Burberry, Bvlgary, Nivea, Catrice Cosmetics, MAC, Salvatore Ferragamo, Karl Lagerfeld, Shu Uemura, Envygreen, Jacquelle.

COMPANY :

Smart, Samsung, My Republic, Beauty Professional Indonesia, Summarecon Mall Bekasi, Sun Life Finance Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, Danareksa, CNI, MNC TV, Giordano, Citra Raya - Ciputra, Bluebird, PT. Amertha Indah Otsuka (Pocari Sweat & SOYJOY), Mobil123, BBM, VIVO, Luxasia, Astra International, BSD, Cosmos, Felancy, Sorella, Oppo, etc.

FOOD, BEVERAGE, & DRUGS :

Heavenly Blush Yogurt, Walls, Ever E 250, Julie's, Bear Brand, Liful, Starbucks, Citoku, Sukiya, Renewskin, Kokiku Tv, KALBE, Overdozzz with Love, Neurobion, Interlac, Chin Ma - Ya Ramen.

BABY PRODUCT :

Sleek, Interlac, Mustela, Cerelac, Cussons, Mitu, Nuby, Babymoov, Pure Baby.

ETC :

Ika Noorharini (writer), Institut Kesenian Jakarta, SMESCO, Clozette Indonesia, Majoli Family, Love and O2.


Semoga blog aku bisa jadi inspirasi dan penumbuh semangat kamu untuk makin serius ngeblognya dan makin kreatif ya. Bikin ciri sendiri (jangan plagiat), ciptakan sesuatu yang orang lain belum punya, SUNGGUH - SUNGGUHLAH menulis dengan tujuan yang baik, jangan buat blog karena cuma mau diundang ke event - event kece di cafe - cafe kekinian, dapet barang gratisan, udah gitu nulisnya asal - asalah *sigh. Percayalah, kamu ngga akan bisa bertahan lama dan ngga akan diundang lagi sama brand.

Segala perkara yang besar dimulai dari hal yang kecil

Kalau kamu bisa dipercaya untuk hal - hal kecil, then kamu bisa dipercaya untuk hal - hal yang besar. Maksimalkan apa yang kamu punya, orang suka melihat ilustrasi juga, jadi dan ngga hanya tulisan. Kalau cuma punya kamera handphone dan skill Photoshop seadanya, its oke kok. Banyak aplikasi editing foto untuk komputer ataupun handphone yang bisa kamu download gratis dan pengunaannya juga mudah. Yang penting saat mengabadikan suatu moment, usahakan fotonya fokus, agar bisa dilihat dengan jelas. Pokoknya do ur best. Lakukan semua dengan sepenuh hati, with passion.

Soooo, sekian dan terima kasih. GBU.

Share this:

CONVERSATION

29 komentar:

  1. 54 tinggi 163..pfffttt #NahanKetawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. APEDEEEHHHH...Sirikkkkkkk amaaaaaaaaaaattttttt... Hahahahhahah...

      Hapus
  2. KOK KEREN SIH KAMU.......

    Kudu private class ngblog sama kamu deh kayanya !!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IH KAMU JUGA KEREN BISA DESIGN KEBAYA SENDIRI hihihihi. Aku ngga bisa :(((((

      Sini kamu sini aku private'in hihihii. Meet up lagi lah da hahahahha.

      Hapus
  3. Vani... Blog kamu emang sangat pesat perkembangannya karna emang info yang kamu tulis selalu detail jadi aq selalu suka baca blogmu... daaann aq selalu suka sama layout dan editan fotona, van ajariinn dooong hehehheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii Birthday Girl hihihihiii. Terima kasih yaaaa Tuti, dirimu banyak kasih support dan feedback positif. Yok yok, kapan mau belajar hihihihihihi.

      Hapus
  4. You are inspiring me, Kak! <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bella *mwah. Semoga bermanfaat ya Bell. Semangat nulisnya. Do ur best hihihihi.

      Hapus
  5. Wew, blognya keren, dan about me nya jelas banget! Salam kenal yaaa! Happy blogging and keep inspiring!
    Salam,
    Alaika Abdullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Alika terima kasih sudah mampir ya. About Me'nya narsis dan pamer abis ya mba hahahhahahha. Maapinnn yaaa mba hahahhahaha.

      Hapus
  6. Bah, sam-sama orang Korea kita ya?
    Salaman dulu laa...
    Hahaha...
    Di kampungku aku dipanggil Ros, juga.
    Ini gak ada maksud mau kembaran ya.
    Hahaha...
    Setuju untuk say NO ke plagiat.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita KOREA, hahahhaah HORAS bah hahahhaha. Iya kak, plagiat itu bikin gemes, pengen dicabein deh pipinya biar cakepppp merah alami hihihihi *kejam

      Hapus
  7. Wah... wah... ihhhh keren amat sih kak Roos. Sampe speechless baca dari awal sampe akhir. Mantap banget. GBU kak Roos. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Zia, aduhhh mohon bimbingannya. Aku masih pemula, hanya aku cukup beruntung. GBU more mba Zia.

      Hapus
  8. Mba.... ngadain blogging class dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiyahhhhhhhh mba Wuri, aku ngga kompeten ngadain blogging class hahahha bisa dilemparin sama keyboard bekas nanti hahahahha. Aku masih belajar mba Wuri, cuma aku beruntung aja. Ayo semangat nulisnyaaaa.

      Hapus
  9. ini kunjungan perdana ke sini, dan keren prestasi yang punya blog.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Yo untuk kunjungannya hihihih, selamat datang di rumah sederhanaku. Prestasinya blm seberapa, aku bikin itu untuk reminder mas biar selalu bisa bersyukur *tsah hahahhaaa

      Hapus
  10. wihh..keren banget sih mba. bisa sering menang gitu. harus banyak belajar nih dari mba. salam kenal yaa dari makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba Lia, aku masih newbie. Masih banyak yg lebih hebat hihiihihi tapi kalau kerjain sesuatu sungguh2 jd lumayan bisa menang beberapa hihihi. Terima kasih sudah mampir ya.

      Hapus
  11. salam kenal mbaaak ..mantap sekali blognya, kebetulan aku member Oriflame yang jual produk-produk kosmetik, butuh belajar banyak tentang kecantikan, eh ketemu blog Mbak Ros yang cantik ini...sukaaaa banget.. makasih banyak ya mbak, aku menantikan sharing-sharingnya selalu...

    BalasHapus
  12. wow sejuta prestasi bikin envy. keren banget ka Roos, jadi pengen punya prestasi banyak juga niy dalam bidang blog. sampai banyak yang menuhin dan menang banyak lomba diborong ini mah. Partnershipnya luar biasa. sharing dong mba bisa dapat banyak partnership gitu tips dna triknya bagaimana biar dilirik sama brand

    BalasHapus
  13. Masya Allah, pencapaiannya mbak Roos ok banget nih.
    Sering menang lomba blog dan banyak kerjasama dengan berbagai jenama.

    Saya mesti belajar banyak nih, mbak.

    BalasHapus
  14. Masya Allah Mbak Roosvansia, namanya cantik sekali. Sesuai banget dengan tema template yang emang manis...Dan gak cukup sampai diaitu, prestasinya ngeblog, duh ya, aku perlu kasih dua jempol. Semoga terus cantik dan berkilau ya Mbak. Amin

    BalasHapus
  15. Dari awal udh tau apa yg mau dibuat utk blognya ya mba :). Akupun kalo inget nama blognya mba, lgs kepikiran yg pertama kali ini beauty blogger ;). Kalo semisal aku tertarik mau coba skincare baru, aku cari juga tuh di blog mba Roos kayaknya prnh ditulis deh. Trus searching :D. Saking udh nempel image beauty blogger ya ;).

    Kereeeen aja achievement yg didapet. Bener2 fokus berarti nulisnya :)

    BalasHapus
  16. Hai mbak, salam kenal yaa. Keren banget pencapaiannya,luar biasa banget.aku menang kompetisi bloggger beberapa biji aja, bisa dihitung jari.

    Mogabsaya ketularan dengan kemilaunya mbak. Aamiin

    BalasHapus
  17. Mantap banget lombanya, kak...
    Selalu menang dan sukses selalu yaa...

    BalasHapus
  18. Luar biasa mbak, sudah banyak banget yang didapat selama ngeblog, saya makin semangat nih belajarnya. Salam kenal ya mbak. Saya yakin akan banyak orang yang terinspirasi dengan tulisan-tulisan mbak. Sukses terus ya..

    BalasHapus
  19. Halo Kak Ros, wah kayaknya saya baru mampir ke sini deh dan langsung terpana dengan pencapaiannya sebagai blogger profesional. Keren banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.