Tuesday, April 26, 2016

[Batak Wedding] Meet Up "Pernikahan Adat Batak (PAB) 2016"


HORAS!!! Hihihihi, tulisan kali ini adalah permulaan dari berbagai tulisan yang isinya tentang persiapan - persiapan untuk menjelang "big day" untuk seorang perempuan *tsahhh (mau kewong cyin? ya maulah, siapa juga yang ngga mau hahahahhahaha), tapi aku akan sharing tentang persiapan pernikahan versi orang Batak ya, karena acaranya akan berlangsung dengan upacara adat Batak Toba ya. Karena aku orang Batak, jadi taunya tentang adat Batak aja hahahahahhaha.

Pernikahan Batak itu RIBET. Yes! Rempong. Ribet. Lama dan tentunya MAHAL (ini harus digaris bawahi, di bold dan dikasih spotlight hahahhaha. Kenapa bisa gitu? Itu semua karena proses menuju pemberkatan sampai dengan upacara adatnya itu panjaaaangggggg. Biasanya (sebagian besar) kan dimulai dari pertunangan, lanjut ke pemberkatan, lalu dilanjutkan dengan resepsi.

Kalau untuk orang Batak, "ritualnya" ngga sesederhana itu, tapi keribetan itulah yang sebenernya menjadi kesan tersendiri yang tidak akan terlupakan untuk kami keluarga Batak. Sekali seumur hidup, sampai maut memisahkan.

Rangkaian acaranya sendiri ada Marhori - hori Dinding (lamaran, perkenalan keluarga inti), Marhusip (kesepakatan, perkenalan keluarga besar), Martumpol (perjanjian pra nikah di Gereja), Martonggo Raja (semacam briefing untuk keluarga pihak lelaki) dan Maria Raja (briefing untuk keluarga pihak perempuan), Marsibuha - buhai (calon mempelai lelaki menjemput calon mempelai perempuan), Catatan Sipil, Pemberkatan, Pesta Unjuk, Paulak Une, Manikir Tangga, dll.


Nah kan, ngebayangin banyaknya acara udah berhasil bikin pikiran "agak" keriting dan ngelus dada hahahaha. Tapi kesampingkan itu semua, sekarang aku ngga akan sharing tentang ribetnya proses pernikahan adat Batak tapi aku akan sharing tentang forum "Pernikahan Adat Batak (PAB) 2016".



Apa sih PAB 2016 itu?

Pernikahan Adat Batak (PAB) 2016 ini adalah forum (perkumpulan) untuk para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahannya dengan adat Batak di tahun 2016. PAB mulai dibentuk itu (kalau ngga salah) sekitar tahun 2011'an sampe sekarang, dan semoga bisa berlanjut sampe tahun - tahun berikutnya.

Untuk kamu yang akan melangsungkan pernikahan dengan adat Batak (atau kamu yang akan menikah dengan orang Batak hahahahha) kamu bisa cek langsung di Instagramnya @PAB2016 untuk bergabung. Selain Instagram, PAB 2016 punya Whatsapp grup juga, sekarang anggotanya ada sekitar 200an orang dari berbagai wilayah di Indonesia (khususnya JaBoDeTaBek, Bandung dan Medan).

PAB 2016 berdiri sejak 14 Februari 2015, loh kok sejak 2015? Kan baru nikahan di 2016? Itulah uniknya pernikahan Batak ini. Sangat MUSTAHIL (kecuali kalau beruntung ada yang over DP atau karena satu dan lain hal) untuk mempersiapkan pernikahan kurang dari 6 bulan (khususnya di Jakarta dan Bekasi). Umumnya orang Batak menikah bukan karena tanggalnya bagus, punya sejarah dan sebagainya, tapi karena ketersediaan gedung pada waktu itu hhahahahahahha. YOI! Udah gedung pernikahannya mahal, full booked pula. Lengkaplah sudah penderitaan kalau ngga DP gedung dari satu tahun sebelumnya (minimal 9 bulan sebelum acara kami harus DP gedung, khususnya yang acaranya di Jakarta dan Bekasi yang memang banyak gedung pernikahan Bataknya). DPnya juga ngga tanggung 30% dari biaya sewa dan gedung Batak itu terkenal MAHAL (ya iyalah mahal, gedung dipakainya seharian. Biasanya dari jam 11.00 sampai jam 18.00 diluar waktu dekorasi dan beres - beresin ini itu). So, berapa biaya sewa gedung pernikahan Batak sekarang ini? Start dari 20 juta untuk yang biasa banget, dan 40 - 75 juta untuk yang bagus.


Apa aja sih kegiatan PAB 2016? Beuhhhh, banyak sekali hal yang dishare di grup (even baru gabung beberapa minggu, tapi asli bener - bener banyak hal yang aku dapet di grup). Mulai dari sharing tentang vendor - vendor gedung, tukang jahit, bahan kebaya, MUA, foto,  buku tamu, souvernir, sampai ke dokter - dokter kandungan, dll.


Beberapa anggota juga sharing tentang preweddingnya, dimana lokasinya, gimana konsepnya, bajunya mau bagaimana, juga sharing paket - paket prewedding yang mereka tau. Sharing seperti ini bener - bener sangat menghemat waktu untuk anggota yang lain (khususnya aku) untuk survey vendor ini dan itu. Beberapa foto prewedding mereka juga di share di Instagram PAB 2016, dan dibawah ini ada beberapa foto yang aku gabungin hihihihihi yang mungkin bisa jadi inspirasi juga untuk kamu yang mau prewedding.


Sharingnya ngga hanya untuk prewedding outdoor aja, untuk yang foto di studio juga ada kok. Kadang ada kan pasangan yang tidak sempat membuat foto prewedding outdoor (atau sekedar ingin menambah foto - foto studio) foto di studio juga keceeeee loh.


Kalau kamu sudah jadi anggotanya PAB 2016 dan kamu sudah punya foto - foto prewedding, kamu bisa share ke eda - eda admin (panggilan orang Batak kepada saudara perempuan, bisa berarti kakak atau adik) yang ada di grup WA, nanti mereka akan share juga foto - fotonya di Instagram dengan berbagai keterangan tentang makeupnya siapa, bajunya bikin dimana, yang motret siapa, dll. Foto - foto itu bisa sangat bermanfaat untuk para calon pengantin yang lagi survey - survey vendor.


Setelah prewedding, biasanya calon pengantin mulai sibuk persiapan untuk Marhusip (lamaran dan perkenalan keluarga besar), banyak hal juga yang bisa di sharing diacara ini. Misalnya tentang dekorasi ruangan (photo booth), model baju, dsb. Kalau dulu, kebanyakan acara Marhusip ya udah gitu aja. Dikenalin ke keluarga besar dari masing - masing calon pengantin, makan - makan, ngobrol - ngobrol, foto - foto seadanya, udah gitu aja. Tapi sekarang, ada photobooth (photo corner) juga hihihihi, seru kan?! Foto - fotonya akan lebih kece, temanya bisa disesuaikan juga.


Lalu lanjut nih ke Martumpol (perjanjian nikah, tunangan), disini biasanya acaranya lebih formal, calon pengantin biasanya menggunakan kebaya dengan lengan panjang dan kain. Sesama anggota PAB 2016 juga saling memberikan semangat dan doa supaya acara berjalan lancar dan hikmat untuk eda yang mau Martumpol. Seru kan?! Saling mendukung satu dengan yang lainnya, meski lewat kata tapi itu pasti sangatlah berarti. Dan kami jadi ikut bahagia melihat foto eda - eda yang baru melaksanakan acara Martumpolnya, one step closer hihihihi.


Dan yang tidak akan luput dalam perhatianku, kalau ada yang sharing tentang "makeupnya mau pake siapa?" hiihihihi. Im so excited kalau bicara tentang makeup, penasaran liat hasil makeup eda - eda dihari pernikahan mereka. Makeup ini adalah hal yang paling penting untuk perempuan. Ceritanya kan akan jadi ratu seharian, jadi harus cantik, flawlesssss, dan bikin pangling hihihihi.

Setiap eda juga punya MUA favorit mereka (bahkan punya pricelistnya hahahahha), setiap MUA punya kelebihan masing - masing. Dari foto - foto dan sharing eda - eda PAB 2016, pasti akan sangat membantu menentukan siapa MUA yang kita mau dan berapa budget yang harus kita keluarkan. Bahkan ada yang ngajarin untuk nego sama MUA. Gokil, aku baru tau kalau kita bisa juga nego sama MUA (dan aku telat bzzzzzz) untuk mendapat fasilitas lebih dengan harga yang sama, ahahahahahaha KEREN!


Ini berbagai foto anggota PAB 2016 yang sudah melangsungkan upacara pernikahan sampai bulan April 2016 ini, masih banyak lagi eda - eda yang akan melangsungkan pernikahannya di bulan - bulan berikutnya. Kepo - kepoin aja deh IGnya @PAB2016 untuk dapet update terbarunya.


Oia, PAB 2016 ngga cuma sekelompok cewe - cewe Batak cantik - cantik dan kece hihihihihi (beneran deh, cantik - cantik emang kok) yang cuma ngomongin makeup, baju, souvenir, sepatu, hair piece, dll. Tapi mereka juga punya kepedulian dan kesediaan untuk berbagi kebahagiaan bersama orang lain. Beberapa waktu lalu PAB 2016 berkunjung ke Panti Werda Berea Kedoya (liputannya lengkapnya kamu bisa kunjungi di blognya eda Indiana Josephine KLIK DISINI), mengadakan kebaktian, makan siang bersama, games tentang tokoh - tokoh di Alkitab, nyanyi - nyanyi, joget - joget sama opung - opung, dan juga memberikan bingkisan sebagai kenang - kenangan.


Dan beberapa minggu lalu, PAB 2016 juga janjian untuk berkumpul, kenalan, sharing, dll di Maison Tatsuya, Kota Kasablanka. Denger kata Kota Kasablanka itu rasanya ba-ha-gi-a hahahahahha, aku pasti dateng kalau di KoKas mah (kan tinggal gelinding) hiihihiihi.


Beberapa sudah saling kenal di pertemuan sebelumnya tapi ada beberapa yang baru kenalan hari itu. Liat fotonya lagi pegang hp semua, jangan mengira kami sibuk sendiri - sendiri loh ya hihihihihi. Ini eda - eda lagi pada baru sampe, abis kenalan dan ngobrol - ngobrol sebentar, lalu pada update sama temen - temen yang lain tentang lokasi pertemuan, dan ngabarin cami masing - masing kalau sudah sampe dan sudah sama eda - eda PAB 2016 ya (dari pada pulang - pulang kena semprot "kok ngga ngabarin klo sudah sampe? hahahahhahhaa. Percayalah laki - laki Batak itu lebih posesif dibandingkan perempuannya, coz perempuan Batak itu disebut sebagai "Boru ni Raja" (putri Raja dari marganya masing - masing), jadi pasti dijaganya berlebihan *eaaakkk.


Mmmmhhh, semoga ngga ngiler ya (inget diet, inget kebaya), berhubung aku belum bikin kebaya so, it's okelah ya kalau makan berat hihihihii. Sambil sambil makan sambil dengerin juga sharing eda yang satu dengan yang lainnya, tentang makeuplah, jait bajulah, tentang calon mertualah (ahahahahhahahaha) serulah pokoknya.


Menunggu eda yang lainnya datang, boleh dong foto - foto dulu (ceritanya mau update sama eda - eda yang ada di grup juga hihihihihihi). Ada eda Elia, Juli, Cantika, Zelda, Marissa, Gege, Eflin, Uthe, Monic, Lince, Melda, Nani, dan Nove.


Makin rame yang dateng, saatnya perkenalan nih. Masing - masing eda memperkenalkan dirinya, kapan dan dimana acaranya berlangsung, dan marga dari calonnya hihihihi. Disini kami jadi makin mengenal satu sama lainnya. Ada eda Gege yang mau nikah di Bandung dengan konsep outdoornya, pada penasaran banget liat foto - fotonya, soalnya jarang (hampir ngga pernah) ngeliat ada pesta Batak outdoor hihihihi. Lalu ada eda Uthe yang paling tinggi diantara kami semua sampe kami penasaran ma tingginya hahahhahaha, dan berbagai cerita eda - eda yang lainnya.

Senang bisa bergabung dalam perkumpulan seperti ini, ada yang ternyata masih punya hubungan saudara, bisa saling memberikan informasi tentang vendor, ada juga yang suka ingetin untuk jaga makanan, jaga kesehatan, dan jaga ukuran tubuh bagi yang sudah bikin kebaya hihihii, ada juga yang bisa diajak bergabung beli barang - barang sama - sama biar dapet harga lebih murah, bisa saling mendukung juga satu dan yang lainnya. Semoga sukses dan lancar persiapannya ya eda - eda, sampai ketemu di pertemuan berikutnya.

Terima kasih eda Yossi sudah kasih ijin aku "comot - comot" foto dari gup dan Instagram ya hihihihi. Terima kasih juga untuk eda - eda yang fotonya aku muat disini even yang pamit satu - satu *sungkem hihihii, mohon maaf kalau ada foto eda lainnya yang ngga ada disini ya *sungkem juga. Semoga tulisannya bisa jadi kenang - kenangan kalau kangen sama masa - sama "persiapan hahahahhaha, dan semoga bisa bermanfaat juga untuk eda - eda disana yang masih "buta" tentang vendor, dsb.


That's all for today, tunggu cerita lainnya tentang "Batak Wedding Ceremonies" ala Roosvansia ya

See you

55 comments:

  1. Hoaaa senengnya yang mau nikah!! Semoga lancar dan sukses ya, kak, sampai hari H. :3

    Aku suka aku suka postingan begini. Berasa ngikut persiapan nikah lagi. Aku agak nyesel dulu pas jaman aku persiapan nikah nggak sempet bikin blog series gitu, kayaknya bakalan seru banget!

    Vani, kalau sempet, request dong cerita-cerita soal persiapannya. Apalagi kan adat batak ya. Pasti menarik banget. Aku selalu tertarik sama pernikahan adat gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hurayyyyyyyy hahahahhahaha. Amen kakak, terima kasih sudah mampir dan terima kasih doanya kakak :* mwah mwah mwah. Dulu ga kepikiran ya Rum, bisa bikin lagi tentang kenangannya gih pas anniversary gitu hihihii.

      Rencananya gitu, segala prosesnya mau di share, dari jait - jaitan, vendor - vendor, makeuppppp hahahhahaha, printilan DIY segala, adat sampe honeymoon hahahhahaha. Mudah - mudahan bisa terealisasi ya. It's gonna be fun hahahahhaa.

      Delete
  2. wahh, ilmu baru van. Seru lah awak baca ni~~~
    selamat yah, semoga dimudahkan Tuhan rencana lw dan abang nanti yah.
    Cahyoo!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh eh eh tar kapan gw mau sharing vendor - vendor lainnya RIf, sapa tau berguna juga untuk lo nantinya yaaaa. Vendor jait kebaya, vendor makeup, undangan, dllnya hihihihihi. Amen. Makasih yaaaaa makkkkk RIf :*

      Delete
    2. hahahaa,
      lw ngomong gitu kok gw kayak di tembak kapan kawin, hahaha
      boleh boleh van XD XD

      Delete
    3. Kagaklah mak hahahahhah, setiap orang punya waktunya masing - masing. Tapi referensi vendor harus di keep dari sekarang, buat jadi insporasi, baca testimoni, dll. Biar nanti ada bayangan mau pake yang mana dan estimasi budget. Gw ada ngincer satu MUA dah dari 4 taon lalu hahahahhahaha dan sekarang udah fix pake dia. Yayyyyy itu senengnya dah kayak apa hahahhaha.

      Delete
  3. Mudah-mudahan Batak aku gak pake adat yang lengkap hahaha.

    Semoga lancar sampai hari H yaaa cantiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhhhh, seruuu tau pake adat lengkap Lia. Tapi ya itu, mahal hahahahhahahahahahha. Cuma kesannya luar biasa pastinya. Amen amen amen cantik :* mwah

      Delete
  4. Keren euy...bikin pengen nikah sayangnya aku udah nikah... eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhaaa, jangannnnn pengen lagi mba hahahaha. Buat jadi referensi aja nanti kalau ada sanak saudara yang mau menikah ya :* hihihhi

      Delete
  5. Dan aku karena menikah dengan orang di luar suku Batak, merasakan betapa semakin mahal dan rempongnya :v
    Tapi tak terlupakanlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi dibikin marga juga mak? Remponggg pasti ya hahahaha apalagi dibikin marga jadi lebih MAHAL bzzzzzzz. Sebel sama angkanya hahhahahahha. Yes, takkan terlupakan.

      Delete
  6. pengen deh sekali-sekali dateng ke nikahan batak.. liat prosesinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo pengantin baru hihihihi, ayuk dateng. Sampe akhir tahun 2016 ini gedung - gedung sudah terisi penuh kok. Bisa pilih mau ke pesta yang dimana hihihihihi, boleh kok kalau mau dateng dan liat prosesinya.

      Delete
  7. saya pernah sekali datang ke pernikahan adat Batak (sudah lama kira2 10 th yll)
    ada prosesi yang berbaris trs seperti berbalas pantun gt
    unik dan menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh, udah lama banget mas Agung. Ayo refresh ingatan lagi, yang seru bukan hanya di prosesinya dan pantun2nya. Tapi ada juga sesi tangis menangisnya hihihihi.

      Delete
  8. cie..ciee.. yang lagi nyiapin pernikahan. eh aku Siregar loh hehheee.. cuma akunya di Medan dan belum ketemu jodohnya :D

    btw, unik juga ya ada perkumpulan seperti ini. jadi bisa berbagi all about persiapan nikah, dan tentunya jadi nambah teman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye ciye eda hahahahhaha. Percayalah, bahkan sebelum pasangannya ketemu better disiapin dulu. Minimal KONSEP dan list vendor hahahahahhaha. Dimana mau jahit kebaya, berapa harga kain, prewedd bagus dimana, berapa harga MUA, dll dll dll. Coz begitu tiba harinya, bisa stresssss banyak yang diurusin hahahhaha.

      Kalau sudah ada rencana, monggo bergabung da. Aku rasa PAB akan ada terus, soalnya ilmunya saling berguna sekali untuk satu sama lain.

      Delete
  9. Wadaw kok ribet ya kak roos hahaha... Aq kmaren cm lamaran tok til langsung nikah 3bln kmd hehe... Pokoknya selamaaat ya kak roos semoga sehat lancar sampe hari H *hughug*...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu cepetttttttt asiknya. Ngga pake pusing cari gedung, dll ya hhuhuhuhuhu. Kalo kami 9 bulan udh mepet banget itu. Jahit kebaya bisa 4 bulan, nanti dipotong puasa-lebaran banyak yg libur, aihhhh makkkkk.

      Maksih ya cantik, sehat2 ya. Cepet isi, eh udah kan ya hahahhaha. Mudah2an kembar hihihihihihi. HUGGGGG

      Delete
  10. keren nih jadi menyatukan perempuan Batak di sini yaa, dan bakalan terbantu tuh, sahabatku perempuan Batak, dan kebayang hecticnya mengurus pernikahan. kalau ada ini jadi kayak komunitas yg saling mendukung anggotanya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir mba Wawa. Iya banget, sangat kebantu banget mba. Yang diurusin soalnya bukan hanya 2 keluarga, tapi plus keluarga dari kedua orang tua papa mama sampe ke opung papa opung mama dll. Ah rempong deh. Nantikan cerita berikutnya ya hihihihihi.

      Delete
  11. Gak tahu ya perasaan pas abis baca ini, ikutan seneng dan excited banget hahaha padahal yang mau nikah kamu. Lancar-lancar ya van sampai hari H

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reinnnnn, hahahahha aku juga excited kalau ada temenku yang mulai siap - siapin weddingnya kayak mau bikin apa gitu ya hihihihi. Bikin baju, bunga2, makeup, dll seruuuuuu. Amin Reiny, terima kasih banyak yaaa :* mwahhh.

      Delete
  12. Seru kayaknya grupnya, bisa saling sharing dan nemu saudara :D
    Jadi kepengen bikin grup nikahan adat Jawa, pdhl kmrn nikahnya gk pakai acara adat krn suamiku bukan org Jawa hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Apri, seneng bisa dapet banyak informasi tanpa harus cari - cari lagi hahhahahahhaha. Banyak referensi tentang yang bagus - bagus dan yang murah - murah. Adat Jawa ada kayaknya, tapi di forum Female Daily, kalau grup WA atau IGnya aku kurang tau deh.

      Jadi ikut adat suami ya? Seru juga itu, Indonesia kaya hihihihihi.

      Delete
  13. sebagai org batak, aku trmasuk yg sial krn ga pernah ngeliat dan merasakan nikah adat batak :(.. soalnya keluarga besar papa mama bisa dibilang bataknya udh ga kental.. ntahlah, mungkin krn kelamaan merantau mbak -__-. jd otomatis, kita anak2nya ya ga ngerasain juga adat batak yg sebenernya.. lah kalo sodara2 nikah, semaunya juga adat biasa.. pas aku nikah juga gitu.. Padahl seru kali ya ngerasain jd ratunya ampe 3 harian... :D org batak denger2 malah kalo bikin pesta di rumah bisa 3 harian katanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sial ah hihihi tapi kurang beruntung :p. Ada untung dan ruginya kalau melakukan pernikahan dgn adat Batak sementara sudah tidak kental (kemungkinan tidak aktif dikegiatan adat). Krn kalau kita juga ngga aktif, biasanya tamu juga tidak datang (tidak banyak yg datang) krn tidak kenal. Biayanya besar dan capeknya beneran polllllllll seharian. Tungguin treus ceritanya ya hihihihi. Kalau dulu mungkin bisa berhari - hari, kalau sekarang untuk full adat hanya 1 hari aja tapi makeup bisa dari jam 02.00 sampai nanti baru bisa bersihin makeup lagi di jam 00.00 (rata2). Capekkkkk ye hehehhhee.

      Delete
  14. memang ribet , aku lihat waktu temanku nikah dan adikku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tira, banyak prosesnya ya hihihi. Tapi akan berkesan selamanyaaaaaa (berkesan bangkrutnya hahahhahahah).

      Delete
  15. Kak Roos, aku juga kadang suka kepoin ignya PAB2016 ini walau bukan orang Batak, ahaha. Sisterhoodnya berasa banget! Lancar terus persiapannya sampe hari H yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahhahaha, banyak foto - foto bagus ya. Inspirasi makeup, baju, prewedd lengkap. Amen mba Ratri, terima kasih sudah mampir ya. Jangan lupa kepo - kepoin lagi cerita yang lainnya hihihihihihi. Muwaaahhhh

      Delete
  16. seruuu banget... jadi tahu pernikahan adat batak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rani, ini baru kulit luarannya aja mba belum jeroannya hihihhi. Masih banyakkkkkk lagiiii

      Delete
  17. konsep charity lumayan seru juga tuh.... tapi kalau boleh tau, kenapa sih orang batak itu kebanyakan orang kristen? yang khatolik kan jadi kesusahan buat dapet jodoh nih. HEHEHE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngga cuma bisa kongkow aja tapi charity juga hehehhehehe. Kenapa? Karena yang pertama masuk di tanah Batak itu missionaris dar Jerman yang menyebarkan agama Kristen Protestan, namanya Nommensen. Jadi lebih banyak Kristen Protestannya. Tapi temen - temen PAB banyak juga kok yang Katolik dan ada yang dari Protestan ke Katolik hehehehhee.

      Delete
  18. Waaaa kebayang capeknya dengan ritual adat lengkap, perlu doping vitamin banyak kakakk.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampun mba Tizara, bukan capek lagi. Jadi tamu aja mau patah - patah badannya, apalagi jadi mantennya hahahahhahaha. Iya, biasanya juga pada minum vitamin, atau suntik hahahhahahah.

      Delete
  19. Aku suka pakaian adat pernikahan batak, simpel tapi cantik. Itu sanggulnya yang khas banget. Beberapa temenku tahun ini juga nikah pakai adat batak, dan kayaknya prosesi nya banyak banget tahapannya, samapai beberapa hari.
    Kak Roos Mmau nikah? wihhhh senangnya semoga lancar ya kak Roos. Wah aku baru tau kalau ada perkumpulannya untuk wanita wanita yang akan married tahun 2016 dengan adat batak. Baru dengar beneran hahhaha kreatif, bisa share2 kan jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wuri, sanggulnya emang sederhana tapi yg bkn khasnya di ikat kepalanya. BANYAK BANGET!!! Bener deh. Capek ngurusinnya hahahahhahaha. Mau dong mba hahahahaha biar bisa pake baju cantik hihihihi. Setiap tahun ada mba, bahkan untuk 2017 juga sudah ada :p

      Delete
  20. Wahh kak Roos, aku baru baca postingan ini.. Seru dan unik banget!!
    Terus aku salah fokus juga dengan makanan nya.. :D
    Bikin ngiler malam malam :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mei, perkumpulan seperti ini sangat bermanfaat sekali hihihih, seneng. Sok, melipir ke Maison hihihihi, enakkkk enak enak.

      Delete
  21. Hallo para eda-eda cantik, aku kan rencananya menikah di awal januari 2017 nah boleh gak kalo ikutan gabung di group WA PAB 2016 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo eda Lidya, kalau untuk 2017 bergabung di 2016 aku kurang tau diperbolehkan atau ngga, soalnya PAB 2017 juga sudah ada. Mungkin nantinya diarahkan untuk bergabungnya di PAB 2017 supaya datanya lebih rapi da. Tapi dicoba tanyakan saja di contact yg ada di Instagram PAB2016 ya.

      Delete
    2. Halo eda-eda cantik,rencananya aku mau menikah di bln desember.Boleh tidak ikutan gabung grup wa pab 2016

      Delete
    3. Halo, tentunya boleh da, silahkan menghubungi nomor telp yang ada di PAB 2016 ya :))

      Delete
  22. Halo kakak kakak kalo aku rencananya di tahun 2017. Apakah boleh gabung juga disini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Elsani. Kalau kamu menikah di tahun 2017 itu gabungnya ke PAB 2017, di IG juga sudah ada kok :))

      Delete
  23. haiii mba.. saya mau nikah nih bulan 12 tahun ini...boleh gabung yah ke Pab 2016 :) caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asri, bolehlahhhh. Km tinggal buka aja IG nya PAB2016 dan tinggal ad WA adminnya, nanti km di invite di grup WA.

      Delete
  24. baru lihat blog ini, setelah dua hari-an ini stalking insta ny kaka.. salam kenal yah ka.. aku juga sm kyk kk, suka makeup, sama2 anak ny tukang salon lagih.. heheheh.. aq lihat insta ny kk pas lg lihat home insta ny MUA rickypranginangin, penasaran lihat cwe yg milih pake lipstick sendiri d hari BESAR nya, butuh nyali yg besar yah kak utk itu.. ;-) yah inti nya, salam kenal lah dr sesama br ni Raja, btw aq suka post ny kaka tentang BATAK, d tunggu tulisan2 yg yg lain...Gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii eda hihihihi, suamiku Situmorang *ciyehhhhh sama dong hobi kitaaaa. Terima kasih yaaa udah mampir, sering - sering mampir ya hihihihi semoga informasi yang aku sharing bisa berguna.

      Aku emang ngga mau pake lipstick sharing, jd better cari untuk diri sendiri biar puas makenya hahahhahahah. 2 - 3 hari lagi ada tulisan baru ttg adat Batak, tunnguin yaaaa. Salam untuk keluarga.

      Delete
    2. big WOW.. kebetulan banget, eh.. no.. gak ada yg kebetulan, Tuhan sudah rencanakan smwa.. salam kenal d ulangi EDAAAAA... hahahaha... d tunggu postingan nya.. iyah, semoga informasinya berguna, siapa tw cita2 jd MUA makin NYATA setelah dpat banyak info dr eda ketemu gede ini..salam juga utk ito q d sana.. Tuhan memberkati.. (ih.. aq sering share lipstick.. kudu stop doing that bah... )

      Delete
  25. seru bgt postingnya eda roosvansia, sangat menginspirasi aku
    aku ini d medan eda.
    kalau mau gabung ke grup WA, bisa minta no donk.
    mauliate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Da, coba deh dibaca lg. Diatas aku sudah kasih loh foto yg ada nomor WA admin PAB 2016 :)

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like