INTERLAC, Supplement Sahabat Usus Bayiku


Kalau kamu mama jaman now, kamu pasti pernah denger ada produk untuk anak yang namanya Interlac. Same here, aku sering sekali denger tentang brand ini dan sering liat produknya dijual di drugstore. But i have no idea apa sih Interlac itu. Im so clueless.

Sampai pada suatu saat aku jalan - jalan ke IMBEX 2018 dan kebetulan ada talkshow tentang Interlac sama dr. Intan Diana Sari selaku Head of Medical PT. Interbat. Pada hari itu disampaikan berbagai hal tentang INTERLAC yang pengen aku tau.

Interlac Probiotic drops is a dietary supplement containing Lactobacillus reuteri Protectis that has been tested in more than 120 clinical trials and proven effective and safe for children.



ABOUT INTERLAC 


Probiotik adalah jenis mikroorganisme hidup yang jika diberikan dalam jumlah yang tepat, maka akan memberi manfaat kesehatan bagi penggunanya. Probiotik L. reuteri Protectis adalah salah satu jenis probiotik yang sudah sangat banyak diteliti di dunia, sehingga sudah dapat dipastikan memiliki manfaat kesehatan untuk bayi, anak, maupun dewasa, jika dibandingkan dengan jenis probiotik lainnya.


Probiotik L. reuteri Protectis dalam Interlac juga telah memenuhi syarat Live and True Probiotic atau probiotik baik menurut WHO. Kriterianya antara lain adalah berasal dari manusia, tidak bersifat patogen, memiliki ketahanan terhadap asam lambung dan cairan empedu, mampu menempel pada dinding usus, memiliki efek antimikroba, dan tahan terhadap proses produksi dan stabil secara genetik.

- Dokter Sehat -



Pernah dengar istilah kolik ?

Aduh, tentang kolik ini aku udah panik banget. Pernah suatu ketika dedek Ochelynn nangis senangis - nangisnya dan sangat ngga biasa. Aku panik sampai mau bawa kerumah sakit. Ternyata nangisnya jadi setiap hari ketika usianya masih dibawah 4 bulan.

Dia hanya menangis setelah magrib dalam durasi kurang lebih 20 menit setiap harinya. Tapi untungnya paling lama jam 10 dia sudah tidur dan ngga pernah bikin aku begadang. Mama sempet bilang, takutnya digangguin makhluk halus atau apalah - apalah. Buat aku ini ngga masuk akal. Ini pasti karena perutnya ngga enak. Tanya kesana sini, akhirnya mak Desy Yusnita bilang kalau anakku kolik.

Nah kan, orang tua jaman old kalau anak nangis dibilang diganggu setan *bzzzzzz, padahal mungkin setan sakit kepala juga denger nangisnya dedek Ochelynn macam tuh hihihihihi. Yang mak Desy bilang bener banget, diatas usia 4 bulan dedek mulai adem ayem. Ngga pernah nangis ngga jelas lagi. Untung sekarang aku sudah jauh lebih mengerti kalau kolik itu dengan sangat mudah bisa diatasi oleh Interlac.

Bukan hanya kolik, bayi juga rentan dengan konstipasi, apalagi ketika mengkonsumsi susu formula. BAB ngga teratur karena perubahan pola makanannya, khususnya untuk bayi yang mulai MPASI. Konstipasi juga sering terjadi pada anak - anak usia 4 tahun keatas karena makanannya yang kurang baik, kurang serat, dsb.


Kenapa Probiotic sangat penting bagi tubuh?

Probiotic yang adalah bakteri baik sangat dibutuhkan dalam usus. Bakteri ini akan membantu pembusukan makanan supaya intensitas BAB kita teratur dan wajar. Seseorang bisa BAB tiga hari sekali bahkan sampai seminggu sekali itu bisa karena kondisi ususnya tidak baik. Untuk itu perlu mengkonsumsi probiotic agar proses pembusukan makanannya lebih cepat dan sesuai dengan kerja alami tubuh. Sama halnya ketika seseorang mengalami diare.

Untuk itu seseorang khususnya bayi dan anak - anak memerlukan probiotic yang cukup dalam ususnya. Seorang bayi yang lahir secara normal memiliki kandungan probiotic yang lebih banyak dibandingan seorang bayi yang lahir sesar. Probiotic ini berfungsi juga sebagai antibodi, jadi jangan heran kalau bayi yang dilahirkan normal lebih jarang sakit dibandingkan bayi yang dilahirkan sesar.


Kok bisa? Kenapa?

Disampaikan oleh dr. Intan Diana Sari, ketika seorang ibu mau melahirkan. Secara alami organ vaginanya memproduksi probiotic untuk bayi, yang akan masuk ke mulut bayi pada saat seorang baik keluar dari vagina ibu. Ketika bayi dilahirkan secara sesar, maka dia tidak melewati vagina ibunya. Aku amazing mendengar hal ini, betapa indahnya tiap proses yang terjadi pada manusia. Tuhan sudah memikirkan segalanya.

Mendengar hal ini, kamu yang melahirkan secara sesar jangan worry ya. Karena tetap saja kondisi tubuh seorang anak berbeda - beda. Karena ternyata ASI juga mengandung probiotic yang baik untuk tubuh bayi.

Nah loh, trus gimana kalau anakknya lahir sesar dan tidak konsumsi ASI atau tidak asi eksclusif. No worry jugalah, karena para ilmiah dari BioGaia, sebuah perusahaan di Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics sudah melakukan uji pada lebih dari 13.000 individu pada 160 uji klinis untuk kebaikan produk Interlac.

Thank God


Interlac kini hadir di Indonesia dengan kandungan Lactobasillus Reuteri DSM 17938. Lactobasillus memiliki beberapa macam. Tapi hanya Interlac yang menggunakan Lactobasillus Reuteri yang paling pas dan paling aman dikomsumsi bayi.

Jadi sederhanya, Interlac adalah supplemen makanan yang mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan usus. Bisa digunakan pada bayi prematur sampai dengan orang dewasa. Karena masuk dalam golongan supplemen, maka Interlac bisa dibeli secara bebas di apotik atau swalayan favorite kamu. Interlac punya 3 bentuk kemasan yang bisa disesuaikan dengan usia konsumennya. Jadi kamu tidak perlu khawatir bagaimana memberikannya pada bayi usia dibawah 1 tahun.



INTERLAC PROBIOTIC DROPS

Nett 5 ml
BPOM SI. 114 602 931
Rp. 275.000, s/d Rp. 313.000,

Interlac drops diberikan pada bayi mulai dari usia lahir (prematur / normal) sampai dengan usia 3 tahun. Menyesuikan kemampuan anak mengkonsumsi makanan ya, karena bisa berbeda satu dengan yang lainnya.

Baiknya disimpan dalam kulkas atau disuhu yang dingin. Dosisnya adalah 5 tetes perhari. Ya, cukup dikonsumsi sehari sekali saja. Dalam 5 ml tersebut ada 125 tetes, jadi Interlac drop bisa dikonsumsi selama 25 hari (1 bulan).


INGREDIENTS

Sunflower oil, medium chain triglyceride oil (palm kernel) and L. reuteri DSM 17938. The package includes a white desiccant device for prolongation of shelf-life.




INTERLAC PROBIOTIC SACHET

Nett 30 sachet / box (@1 gram)
BPOM SI. 154 205 601
Rp. 298.000,- s/d Rp. 350.000,

Interlac diberikan pada anak usia 1 - 5 tahun. Pada usia tersebut biasanya anak sudah bisa minum larutan Interlac dengan air. Bisa dibawa - bawa traveling tanpa perlu dimasukkan kedalam kulkas. Tapi kalau masih nyaman dengan bentuk drops ya monggo saja menyesuaikan dengan keadaan anak.

Dosisnya 1 sachet dalam sehari dengan dilarutkan kedalam air, ASI atau susu formula dengan suhu dibawah 25 derajat celcius agar kandungan Lactobasillus Reuterinya tidak rusak dan baiknya segera dikonsumsi atau maksimal 3 jam dalam suhu ruangan setelah diaduk dengan air dalam.

INGREDIENTS

Glucose, sodium citrate, potassium chloride, sodium chloride, L. reuteri DSM 17938 and zinc sulphate. One sachet contains a minimum of 1 billion live L. reuteri Protectis.



INTERLAC PROBIOTIC TABLET

(STRAWBERRY & LEMON)

Nett 30 blister / box (@10 tablet)
BPOM SI. 154 506 071
Rp. 270.000,- s/d Rp. 313.000,

Interlac tablet yang rasa strawberry bisa diberikan pada anak usia 2 - 12 tahun. Rasanya sama seperti mengkonsumsi permen saja. Mudah dikunyak, manis dan enak, anak - anak pasti suka. Kalau yang rasa lemon lebih dianjurkan pada anak usia diatas 12 tahun ataupun untuk orang dewasa.

INGREDIENTS :



Bulking agent (isomalt), sweetener (xylitol), L. reuteri DSM 17938, palm oil, natural lemon flavoring and flavor enhancer (citric acid). One tablet consists of a minimum of 100 million live L. reuteri Protectis. Net weight per tablet, 450 mg. Excessive consumption may have a laxative effect due to the content of sweeteners in the product.


Semua produk Interlac bisa dibeli di Guardian, Viva Health, baby shops favotite kamu dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami 




Aku sempat bertanya pada dr. Intan. Dengan konsumsi Interac apakah akan ada dampak buruknya pada ginjal? Mengingat Interac bisa dikonsumsi oleh bayi yang kondisi organnya belum sempurn.

dr. Intan menjawab bahwa Interac tidak serap oleh tubuh dan tidak akan masuk dalam pembulu darah. Interlac yang berisi Lactobasiluss Reutery ini akan berada pada lapisan usus halus dan akan stay disitu, berkembang biak dan berebutan makanan dengan bakter jahat. Sehingga lama kelamaan bakteri jahat kehabisan makanan dan kemudian mati.

So, udah lega kan? Interac bahkan aman dikonsumsi setiap hari dan tidak akan menyerap ke butuh dan masuk ke darah. Jadi Interac hanya akan bekerja pada tempatnya bekerja, sesuai bidangnya hihihihi. Aku sudah stock Interac drops, sachet dan juga tablet untuk dedek Ochelynn dan juga untuk aku hihihihi.

 


Nah, baruuuu banget kemarin Ochelynn demam, muntah dan 3x BABnya cair. Aduh, sedihnya liat si dedek yang biasa ngga santai jadi lemes gitu *hiks. Akhirnya aku bawa dedek ke RSIA. Khawatirnya terindikasi penyakit yang ngga kedetect sama aku, mengingat kami baru pindahan rumah dan menyesuaikan dengan kondisi lokasi baru dengan cuaca yang jauh lebih dingin dan angin yang kencang serta hujan yang turun setiap hari.

Di RS ternyata banyak sekali anak - anak yang juga sakit *hiks, rata - rata penyakitnya pun sama. Demam, batuk pilek dan diare. Mungkin pengaruh musim pancaroba ini kali ya. Setelah menunggu cukup lama, tiba saatnya Ochelynn diperiksa sama dokter.

Dokter bertanya, apa saja obat yang aku punya. Kebetulan aku sempat kasih dedek Pamol (keluaran dari Interbat juga) lalu dokter meresepkan oralit untuk dedek supaya ngga dehidrasi, sementara diobservasi dulu 2 hari kedepan.


Aku nanya sama dokternya : "Dok, saya punya Interlac, itu bisa ga?"
Dokter bilang, "Oh ya sudah, itu saja. 5 tetes setiap hari ya.

Ahhhh, lega banget deh. Ternyata Interlac ini juga direkomendasikan sama SpA ini. Lalu pulang dari RS aku kasih Interlac sama si dedek. Awalnya sok sokan ngga mau hahhahha, pas dia udah rasain enaknya, ehhh pengen lagi hihihihi.


Sekali aku kasih Interlac sama dedek dan aku kasih minum 100 ml oralitnya, besoknya BABnya normal. Trus dedek ceria lagi, bisa teriak - teriak dan sangat bersemangat seperti biasanya. Thank God. So, ngga usah panik ya kalau anak lagi diare. Kamu tinggal sediakan saja Interlac dan kasih sesuai kebutuhan khususnya ketika sakit dan dalam masa penyembuhan.


Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics


CONVERSATION

9 comments:

  1. perkembangan dunia medis jaman now ini pesat banget emang, aku termasuk yang diuntungkan dr perkembangan tsb. Karena ada di kondisi, lahir sesar, dan tidak mengASIhi huhuhu.
    Balik lagi, semua udah ada jalanNya ya mbak. Asal kita mau berusaha dan updet ilmu. Jadi tau manfaat probiotik ini, meski nggak sakit aku rutin kasih si kecil probiotik seminggu sekali, setelah konsul lebih dulu ke dsa'nya tentu.

    Sehat selalu buat Ochellyn

    ReplyDelete
  2. Aku udh cobain interlac ini dr anakku usia 6bulan dr sejak awal mpasi..emang bagus sih mom..dan emang aku pake yg sachet yg aman banget itu..tanpa perlu taro kulkas

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau tentang interlac ini, dan manfaat lengkap probiotik, ada rasanya juga ya supaya anak suka, kayaknya harus siapin stock di rumah untuk jaga - jaga

    ReplyDelete
  4. Hahah.. Lucu banget pas baca "orang tua zaman old pasti mikir anak-anak yang nangis itu diganggu setan" hihihi.. Padahal tuh anak lagi sakit sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. dulu pas Darell masih bayi, sempet tuh pencernaannya bermasalah, diare. Obatnya interlac ini, alhamdulillah 2 hari konsumsi pencernaannya udah membaik. aktif lagi deh dia.


    salam kecup sayan buat Ochellyn ya :)

    ReplyDelete
  6. Ochelynn gemes banget ya tuhan! Btw, aku tau nih interlac-nya, sering banget temanku pada beliin anaknya interlac ini kalau pencernaannya mulai bermasalah

    ReplyDelete
  7. dulu waktu anak saya MPasi dia mulai kena sembelit. terus pakai interlac drop, dan terbukti membntu lho memperlancar bab

    ReplyDelete
  8. waktu nafeesa bayi dulu, akujuga selalu sedia Interlac drop. aman dikonsumsi setiap hari, malah aku juga suka minum yg kapletnya itu.

    ReplyDelete
  9. Kemarin Nurani sempat diare, aku pakaikan Interlac juga kebetulan dokter anaknya juga bilang minum interlac aja yang drops, jadi probiotiknya berfungsi ganda bisa buat diare maupun konstipasi. Sehat-sehat ya dedek ochelynn..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top