Posyandu Persit Kartika Chandra Kirana


Hai there,

Terima kasih sudah mampir ke blog aku. Sekarang ini aku mau sharing tentang pengalaman aku dalam kegiatan Posyandu dibawah naungan Persit Kartika Chandra Kirana. Ini adalah salah satu keuntungan dan kenikmatan menjadi bagian dari ibu - ibu Persit, jadi belajar hal yang baru dan punya jadi punya pengalaman dalam urusan Posyandu. Kebetulan aku terlibat dalam Seksi Sosial yang setiap bulannya ada kegiatan penimbangan, penyuluhan, dll.


Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu)


Kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan: ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).


Posyandu yang dibawah Persit Kartika Chandra Kirana juga bekerjasama dengan masyarakat sekitar (RT, RW) dalam memberikan pelayanan penimbangan, pengukuran berat badan, penyuluhan, konsultasi, pemberian Vitamin A, imunisasi juga pemasangan KB.

Yang serunya lagi, kami juga bekerjasama juga dengan Kelurahan, Puskesmas, PKK, BKKBN, PAUD, Universitas, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah untuk mensukseskan kegiatan pemerintah dalam program keluarga berencana dan memaksimalkan tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat dan cerdas.


Kebetulan Posyandu kami baru aja pindah dari yang lama ke tempat yang baru dengan lokasi yang lebih besar dan strategis. Persiapan pindahannya kira - kira 2 bulanan, dari mulai pasang wallpaper, bikin kebun, mengatur interior, dll. Setelah kerja keras dan kerjasama seluruh ibu - ibu dan bapak - bapak, maka jadilah Posyandu baru kami. Yay.



Posyandu kami punya beberapa ruangan, didepan ada taman dan area bermain anak - anak, lalu ada meja pendaftaran, area penimbangan untuk bayi dan juga balita, kemudian ada area pengukuran berat badan, penyuluhan, display PMT dan berbagai macam jenis makanan yang dikelompokkan dalam pedoman gizi seimbang, ada juga ruang pemeriksaan, ruang laktasi, ruang konsultasi konseling, area BKB, area bermain anak, toilet, dapur dan juga kebun dengan tanaman sayur, buah dan obat - obatan.

Yang paling menarik untuk aku pribadi adalah area perosotan anak ini hihihi. Ada sebuah perosotan  yang langsung meluncur ke kolam bola, dengan ring basket kecil dan juga meja kursi kecil. Gemes banget. Lalu ada wallpaper besar disalah satu sudut dinding yang menjadi "point of interest" bagi anak - anak dan ibu - ibu yang berkunjung ke Posyandu. 

Wallpaper dinding menjadi bagian yang penting ditempat ini. Kami sengaja memang bikin satu area dengan wallpapper dinding yang agak penuh dengan warna hijau dan orange yang segar ini. Jadinya lebih menarik, rapih dan cantik. Motif yang digunakan juga memang sengaja yang coraknya penuh hihihi. Selain bisa jadi pusat perhatian sebenernya dalam proses pemasangan juga jadinya lebih gampang, karena dari jauh tidak terlihat detailnya seandainnya ada posisi bunga yang kurang tepat.


Kalau untuk ruangan lainnya, kami sengaja menggunakan wallpaper dinding yang warnanya lebih soft dan dengan sedikit motif. Menyesuaikan dengan fungsi ruangan yang memang dikhususkan untuk menyusui, dengan niatan supaya ibu yang sedang menyusui jadi lebih nyaman dan tenang.

Ruangan menyusui dilengkapi juga dengan lemari untuk mengganti popok, ini sebenernya lemari lama loh, tapi aku lapisi sama wallpaper dinding yang motifnya kayu supaya terlihat baru dan bersih.


Semua wallpaper ini tipe sticker yang sudah ada perekatnya, jadi gampang banget dipasangnya. Aku suka banget wallpapper yang motif kayu ini, karena ada teksturnya, bahannya lebih tebal daripada yang lain dan mudah dipasangnya. Semua wallpaper sticker aku beli di Tokopedia, motif dan jenisnya banyak banget, harganya juga sangat terjangkau.



Kebun sayur dan taman Toga (Tanaman Obat Keluarga) juga jadi tempat favorite aku, adem banget rasanya melihat sayuran hijau ini. Bawaannya pengen metik trus dibikin botraman hihihi, asiknya. Ada daun singkong, sayur katuk, selada, labu siam, seledri, cabe, daun bawang, tomat, terong, dll.

Lalu ada juga tanaman yang bisa digunakan untuk obat seperti kunyit, lidah buaya, sambiloto, daun kelor, temulawak, jahe, peganggan, daun dewa, dll, Semuanya punya khasiat yang baik untuk kesehatan, baik untuk menjaga imunitas tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit.


Sebagian dari tanaman yang ada di kebun tadi kemudian diolah dan ditampilkan di meja PMT, jadinya ibu - ibu yang berkunjung ke posyandu bisa melihat berbagai kreasi makanan gizi seimbang.

Tapi sementara ada himbauan pemerintah untuk #dirumahaja untuk mengurangi penyebaran pandemik Covid-19, sementara ini kami belum berkegiatan jadinya belum bisa panen lagi deh. Padahal udah kebayang enaknya metik selada segar dari taman ya hihi, untungnya sayur - sayuran bisa dipesan online lewat sayurbox.



Ah, rindunya berkegiatan Persit. Belajar banyak akan berbagai hal. Khususnya tentang program - program BKKBN, secara aku bisa dibilang masih itungan baru belajar jadi istri dan ibu dari anak batita. Semoga pandemik Covid-19 bisa berlalu ya, supaya kita bisa berkegiatan normal seperti dulu dan temen - temen bisa merayakan lebaran bersama keluarga. Amin.

Psttt, jangan lupa persiapkan amplop lebaran lucu untuk sepupu - sepupu yang ada di kampung halaman ya hihihi. Terima kasih sudah mampir. Have a great day.

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. Posyandunya jadi bergaya ala Roos bangettt. Feminine pas banget buat ibu-ibu jadi ngerasa homy ya pas anter anaknya vaksin atau berobat :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.