Tips & Trick Merawat Sepatu


Coba deh tanya sama diri sendiri, berapa banyak sepatu yang udah kamu punya. Dua atau tiga atau lima atau sepuluh? Lalu semua dipake setiap hari? hihihihi. Aku pun punya lebih dari 10 pasang sepatu, baik highhells, wedges, dsb yang tingginya diatas 8 cm. Tapi sekarang aku ngga bisa pake highhells lagi, karena kondisi mama yang punya bayi sulit rasanya kalau kembali menggunakan highhells saat jalan - jalan sama anak. Akhirnya heels jadi dikesampingkan dan selamat datang untuk rombongan kitten heels, sepatu teplek dan sendal jepit hahahha.

So, aku menyimpan sepatu - sepatu kesayanganku dengan harapan bisa menggunakannya lagi suatu saat nanti. Tapi sepatu bisa jadi rusak kalau kita tidak menyimpannya dengan baik, thats why aku mau berbagi caraku menyimpan sepatu agar kondisinya tetap bagus dan seperti baru.



1. GUNAKAN KOTAK PLASTIK


Biasanya highheels memang dilengkapi kotak penyimpanan yang bagus dan dengan karton yang cukup tebal, tapi beberapa merk hanya memberikan kardus tipis biasa yang mudah penyok. Jadi aku mengganti hampir seluruh kotak sepatuku dengan yang plastik.

Dengan kotak plastik seperti ini, sepatu jadi punya ruang yang lebih besar untuk "bernafas", jadi tidak bertumpuk dan bergesekan. Kotak plastik juga tidak akan lembab, mudah dibersihkan dan bisa disusun dengan rapih karena ukurannya yang sama.


Kotak plastik favorite aku adalah yang dari DAISO No. 1 (foto kiri atas) karena ukurannya paling sesuai dengan hampir semua sepatu aku, bahan plastiknya bagus dan harganya sangat amat terjangkau (Rp. 28.000,-) kalau kamu beli langsung di DAISO ya (kalau kamu beli di onlineshop rata - rata harganya jadi hampir 2x lipat *sigh).

Tapi sekarang kotak sepatu DAISO No. 1 ini suka susah didapetin. Terakhir aku beli di DAISO Kota Kasablanka kira - kira 5 tahunan lalu dan aku seperti ngga pernah menemukannya lagi baik di DAISO Kokas atau DAISO yang lainnya. But lucky me ternyata di DAISO Bandung itu ada dan stocknya lumayan banyak, jadi aku borong 1 lusin hihihihi, tapi ngga untuk dijual loh ya. Aku pake sendiri untuk simpen sepatu dan kadang simpen makeup juga.



2. TAMBAHKAN SILICA GEL


Silica gel mudah ditemukan dan harganya cukup murah. Silica gel berfungsi untuk menyerap kelembaban. Brand tertentu memberikan silica gel secara cuma - cuma dalam kotak sepatu ketika kita membeli produk mereka. Untuk sepatu yang berbahan kulit, sebaiknya menggunakan lebih banyak silica gel karena bahan kulit mudah lembab dan rusak.

Silica gel ini bisa kamu beli dengan mudah dionline shop dengan harga sekitar Rp. 20.000,- per 100 pcs. Bisa juga dibeli per 500 gram atau 1 kg supaya bisa kamu sebar disemua kotak sepatu.


3. BERSIHKAN DAN JEMUR SEPATU


Sehabis digunakan sebaiknya sepatu langsung dibersihkan dan jangan dibiarkan basah, berlumpur, dsb telalu lama. Karena itu akan membuat sepatu menjadi rusak, baik merusak kulitnya, lem, dsb. Beberapa sepatu wanita juga memiliki kaitan besi yang bisa saja menjadi karatan jika tidak dirawat dengan baik.

Karena itu punya kotak sepatu plastik jadi penting supaya sepatunya tetap kering. Kadang kalau kotak sepatu dari karton suka lembab kalau kita menyimpannya sembarangan atau lupa membersihkan sepatu setelah dipakai.


4. JANGAN TERLALU LAMA DISIMPAN


Menyimpan sepatu terlalu lama justru akan membuat sepatu itu menjadi rusak loh, jadi sesekali gunakan sepatu baik untuk bepergian atau sekedar keliling rumah. Lah, keliling rumah kok pake sepatu? Yes. Supaya sepatunya juga mengalami "gerakan" atau "perenggangan" agar tidak terlalu lama dalam posisi yang sama. Karena beberapa bahan yang dibiarkan dalam posisi yang sama beberapa lama suka jadi rapuh atau lengket dan jadinya rusak.


5. KENALI MASA "KADALUARSA" SEPATU


Kadaluarsa yang aku maksud bukan kadaluarsa seperti makanan loh ya. Maksudnya adalah kenali bahan dari sepatu yang kamu punya. Karena memang beberapa sepatu tidak bisa disimpan terlalu lama. Baik karena kualitasnya yang biasa dan karena memang ada masanya.

Aku suka bermasalah dengan kaki ketika menggunakan satu sepatu dengan jangka waktu yang agak lama. Kaki pegel dan tidak jarang jadinya keseleo. So, aku disarankan untuk mengganti - ganti sepatu dan melepasnya ketika senggang.

Karena sering kali kita memaksakan menggunakan sepatu kesayangan bukan karena sepatunya yang nyaman. Tapi karena sepatunya mahal (jadi sayang kalau ngga dipakai sering - sering), modelnya cantik (ya inilah perempuan ya), hadiah dari sang kekasih (mmmhhh, kalau ini no comment, ngga dipake salah, dipake sakit hahahaha).


Jadi, solusinya supaya semua senang (kita cantik, kaki sehat dan kantong bahagia) adalah dengan mencari sepatu yang nyaman, murah, modelnya cantik dan awet (mungkin awet dalam 2-3 tahun kedepanlah ya). Jadi kalau sepatunya rusak, kita ngga telalu sayang untuk membuangnya dan membeli baru hihihihi.

Ada emang?

ADA dong.

Intinya segimana rajin kamu hunting sepatu di mal - mal hihihi. Biasanya aku suka dapet sepatu branded yang murah banget. Karena itu aku suka beli sepatu. Ngga bisa dipungkiri kok, kualitas dari sepatu branded memang udah dijaga dengan baik. Bahan maupun kenyamanannya. Tapi kembali lagi semua cocok - cocokan ya, kaki kita berbeda jadi cuz deh selamat mencari sepatu murah meriah cakep hihihi.

See you.



CONVERSATION

1 comments:

  1. Kalo ngeliat sepatu tuh aku suka banget. Tapi belakangan lagi mulai ngurangin belanja nih... Pengen punya juga kotak transparan kayak di atas. Tetep cantik dan kelihatan sepatunya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top