Mama's Choice Skincare Ibu Hamil dan Menyusui yang Aman


Hai there, happy new year.

Selamat memasuki tahun 2020 yang baru dan penuh dengan harapan akan kehidupan yang lebih baik kedepannya. Amen. Di awal tahun baru ini aku mau share tentang skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang aman, karena kebetulan 1 bulan lalu aku baru saja melahirkan dan butuh skincare untuk kondisi kulit pasca melahirkan agar wajah selalu glowing.

Merawat kulit selama hamil maupun menyusui merupakan salah satu upaya mencintai diri sendiri. Banyak ibu hamil dan menyusui menjadi malas merawat diri dengan skincare karena takut kandungan skincare yang digunakan akan membahayakan janin dan bayi yang sedang disusui. Ya, memang banyak kandungan bahan - banyak skincare yang tidak baik digunakan ibu hamil dan menyusui, diantaranya :

SLS

SLS sangatlah banyak digunakan diberbagai produk yang kita pakai sehari - hari, karena itu jauh sebelum hamil aku juga sudah berusaha menghindari dan mengurangi penggunaan produk yang mengandung SLS.

SLS (sodium lauryl sulfate) berperan sebagai bahan penghasil buih di banyak produk sampo dan sabun. “Masalahnya adalah konsentrasi zat kimia ini terlalu mengiritasi menurut standar kosmetik,” jelas Dendy Engelman, MD, ahli bedah dermatologi di Amerika Serikat.

PARABEN

Paraben biasanya digunakan sebagai bahan pengawet dan banyak sekali produk skincare, bodycare, kosmetik, dll yang sehari - hari kita gunakan mengandung Paraben. Bahkan Paraben juga terkandung dalam beberapa produk untuk bayi. Paraben mungkin aman dalam kadar tertentu, tetapi jika hampir semua produk yang kita gunakan mengandung Paraben tentunya akan mengakibatkan penumpukan yang kedepannya bisa membahayakan kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat ini memiliki kaitan dengan kanker payudara dan memengaruhi sistem reproduksi.

ALKOHOL

Alkohol (ethyl alcohol) bisa menghilangkan minyak alami kulit. Selain itu, alkohol juga bisa memicu kondisi rosacea (semacam ruam di wajah) atau spider vein (mirip varises di kaki) pada ibu hamil. Kandungan Alkohol juga banyak terkandung di produk - produk yang biasa kita pakai, kadang posisinya berada diurutan awal komposisi produk yang artinya kandungan Alkoholnya lebih banyak dibanding kandungan lain yang urutannya dibawah.

Logikanya jka Alkohol (ethyl alcohol) bisa menghilangkan minyak alami kulit maka kulit kita akan semakin kering. Sementara itu saat hamil dan setelah melahirkan kulit kita cenderung lebih kering dari biasanya. Bahkan kadang bukan hanya wajah, tapi tubuh juga menjadi lebih kering yang membuat tidak nyaman dan penampilan menjadi kurang menarik sehingga ibu hamil dan menyusui menjadi kurang percaya diri.

PEWANGI

Menggunakan produk - produk dengan aroma (dalam label komposisi biasanya ditulis perfume, linalool, limonene, eugenol, citronellol, geraniol, atau cinnamal) memang menyenangkan karena beberapa pewangi memberikan efek tenang, nyaman, bahagia, semangat, dll.

Tetapi pewangi ternyata bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi pada bagian yang terkena sehingga akan membuat ibu hamil dan menyusui menjadi tidak nyaman. Minyak esensial sebagai alternatif alami parfum buatan yang biasanya dianggap aman pun perlu dihindari ibu hamil dan menyusui untuk sementara waktu. Sebab, ada beberapa jenis minyak esensial bersifat emmenagogue atau mendorong aliran darah menstruasi dan merangsang rahim, sehingga bisa menyebabkan keguguran di tahap-tahap awal kehamilan, antara lain Rosemary, Cedarwood, Clary Sage, Sage, Juniper, Thyme, Marjoram dan Vetiver.


Jadi menurutku sangatlah penting untuk mengetahui kandungan dan produk - produk yang aman untuk digunakan saat hamil dan menyusui, bahkan mungkin bisa dimulai sejak kamu merencanakan untuk hamil.

Karena itu Mama's Choice menghadirkan produk Mama Skin Expert Series sebagai solusi untuk permasalahan kulit sensitif ibu hamil dan menyusui. Dengan adalanya Mama's Choice Mama Skin Expert Series ini, ibu hamil dan menyusui tidak perlu lagi susah - susah mencari skincare yang aman dan nyaman untuk digunakan. Produk Mama's Choice Mama Skin Expert Series sendiri ada beberapa macam diantaranya strech mark cream, nipple cream, facial wash, face moisturizer dan sheet mask.


MAMA'S CHOICE STRECH MARK CREAM

Nett 100 ml 

BPOM NA18210111670

Rp. 129.000,-

Strech mark (perenggangan kulit) sangatlah wajar terjadi saat seseorang mengalami kenaikan berat badan drastis karena hamil (atapun hal lain). Kemunculan strech mark pastinya sangat dihindari oleh ibu - ibu hamil, karena itu baiknya sejak awal kehamilan rajin untuk menggunakan strech mark cream.

Mama's Choice Strech Mark Cream mengandung formula alami seperti Aloe Vera, Lipobelle Soyaglicone, Shea Butter, Olive Oil dan Jojoba Oil yang bisa membantu meminimalisir resiko tumbulnya strech mark, melembabkan kulit, membantu menjaga elastisitas kulit, menyamarkan strech mark yang sudah muncul secara berkala.


INGREDIENTS :

Water, Ethylhexyl Palmitate, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycerin, Isopropyl Myristate, Propanediol, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, PEG-100 Stearate, Simmondsia Chinensis Seed (Jojoba) Oil, Olea europaea (Olive) Fruit Oil, 1,2-Hexanediol, Glyceryl Stearate SE, Carbomer, Butyrospermum Parkii Butter (Shea Butter), Triethanolamine, Caprylhydroxamic Acid, Aloe Barbadensis Leaf Juice (Aloe Vera), Polysorbate 80, Fragrance, Butylene Glycol, Lecithin, Methylsilanol Mannuronate, Phenoxyethanol, Sorbic Acid, Potassium Stearate, Genistein (Soy Isoflavones), 

Simmondsia Chinensis Seed (Jojoba) Oil : Efek menghidrasi, melembabkan dan anti penuaan

Butyrospermum Parkii Butter (Shea Butter) : Mempertahankan kelembaban dan mengurangi kehilangan air dengan membentuk penghalang di permukaan kulit

Aloe Barbadensis Leaf Juice (Aloe Vera) : Meredakan luka bakar, bekas luka, dan stretch mark. Dapat memperbaiki serat kolagen yang rusak di kulit dan meningkatkan elastisitas kulit

Genistein (Soy Isoflavones) : Meningkatkan jumlah serat elastis dan kolagen dan memperbaiki kulit yang tidak rata.


Aroma dari Mama's Choice Strech Mark Cream kayak ada sedikit mentholnya tapi samar - samar aja dan bikin calming. Teksturnya kayak lotion pada umumnya tapi mudah banget untuk menyerap dan saat kita baurkan kayak watery gitu jadinya ngga terasa pake cream.

Aku sarankan untuk dipake pagi dan sore setelah mandi untuk hasil yang maksimal. Tapi kadang saat malam mau tidur aku suka pakein juga supaya selama tidur kulitku yang ada strech marknya jadi lebih terhidrasi.


MAMA'S CHOICE INTENSIVE NIPPLE CREAM

NETT 15 ML

BPOM NA18190125432

Rp. 99.000,-

Kondisi puting lecet, kering, perih dan pecah - pecah pasti dialami hampir seluruh ibu menyusui di seluruh dunia termasuk aku. Aduh mak, rasanya suwakiiiitttt banget kalau puting udah lecet. Kepengen nangis dan jejeritan saat nyusuin anak, tapi satu sisi naluru sebagai ibu kepengen bisa maksimal nyusuin anaknya.

Kebetulan anak pertama dan kedua aku mengalami kondisi puting lecet dan sebelumnya aku tidak pernah pakai produk apa - apa karena takut dan bingung memilih produk yang aman untuk aku dan bayiku. Tapi untungnya ada Mama's Choice Intensive Nipple Cream yang mengandung date palm dan coconut oil yang di claim 100% natural, dermatologucally tested, hypoallergenic, alcohol free dan fragrance free.


INGREDIENTS :

Lanolin, Butyrospermum Parkii Butter (Shea Butter), Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Phoenix Dactylifera Fruit (Date) Extract, Tocopherol (Vitamin E).

Cara pakainya gampang aja, tinggal usapkan diseluruh bagian puting secara lembut dan kita bisa langsung menyusui setelahnya. Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini food grade yang aman jika tertelan oleh bayi.


Teksturnya kental dan bening, mirip produk lip balm. Aromanya bisa dibilang mirip aroma minyak dan ngga ada wewangian apapun. Aku pakai Mama's Choice Intensive Nipple Cream ini selama beberapa hari dan putingku membaik, jadi lebih nyaman susuin adek bayi.



MAMA'S CHOICE GENTLE FACE WASH

NETT 100 ML

BPOM NA18201202285

Rp. 119.000,-

Face wash adalah salah satu produk wajib untuk digunakan sehari - hari, tapi rata - rata face wash di pasaran juga mengandung SLS. Makanya aku seneng banget saat tau Mama's Choice Gentle Face Wash tidak mengandung SLS juga Paraben. Yay.

Mama's Choice Gentle Face Wash mengandung ekstrak dari beras yang menjadi sumber nutrisi kulit yang memiliki efek anti-inflamasi dan menenangkan untuk memberikan hidrasi kulit yang lama. Mungkin kamu pernah mendengar kalau jaman dulu endapan beras sering digunakan untuk masker wajah karena banyak khasiatnya. Tapi sekarang ngga usah repot - repot bikin endapan beras ya, kita bisa tinggal pake Mama's Choice Gentle Face Wash aja hihihi.

Walau seharian dirumah saja, bukan berarti wajah ibu hamil dan ibu menyusui bebas dari debu dan kotoran loh ya. Tetap harus cuci muka paling ngga 2x sehari supaya bersih, sehat dan jadinya lebih percaya diri dengan kulit wajah yang tetap terjaga selagi hamil dan menyusui.

INGREDIENTS :

Water, Glycerin, Butylene, Glycol, Niacinamide, Sodium Cocoyl Glycinate, Hydrolyzed Collagen Extract, 1,2-Hexanediol, Hydroxyethylcellulose, Ethyl Lauroyl Arginate HCl, Rice Bran Extract, Coconut Acid, Sodium Chloride, Tetrasodium Glutamate Diacetate.  

Aromanya seperti aroma beras kalau kita pakai bedak dingin, jadi bisa dibilang gada wanginya. Aku suka dengan teksturnya yang gel jadi lebih mudah di bersihkan. Lalu busanya juga hampir tidak ada karena memang produknya tidak mengandung SLS. Kalau menggunakan Mama's Choice Gentle Face Wash setelah makeup, aku saranin pakai sikat wajah yang dari silicon atau bulu supaya bisa maksimal membantu mengangkat sisa - sisa makeup.


MAMA'S CHOICE REVITALIZING/SHOOTING SHEET MASK

NETT 3 SHEET @20 ML

BPOM

Rp.  87.000,-

Sambil ngetik blog ini aku sambil maskeran hihihi. Seger banget abis mandi, maskeran dan sebentar lagi mau dandan cantik sekalian foto - foto produk. Duh, asik banget ya ada sheet mask yang diformulasikan memang untuk ibu hamil dan menyusui. Jadinya ngga perlu pusing untuk memilih mana sheet mask yang aman. Ada 2 produk Mama's Choice Sheet Mask yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu, diantaranya :

Revitalizing (Centella Asiatica & Honey)

Untuk kulit yang kering dan kusam. Centella Asiatica tanaman anti oksidan yang memang ampuh banget mengatasi kondisi kulit kering dan pecah - pecah. Kandungan Centella Asiatica bisa melembabkan kulit dan membuat jadi glowing juga kenyal. Sementara madu memang sejak jaman dulu kala menjadi sumber nutrisi alami seperti vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kulit.

INGREDIENTS :

Water, Dipropylene Glycol, Glycerin, Methylpropanediol, Betaine, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hydroxyacetophenone, Butylene Glycol, Carbomer, Caffeine, Sodium Hyaluronate, Tromethamine, Allantoin, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Anthemis Nobilis Flower Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, 1,2-Hexanediol, Disodium EDTA, Panthenol, Centella Asiatica Leaf Water, Honey Extract

Shooting Protective (Tea Tree & Cucumber)

Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Tea Tree memang salah satu kandungan terbaik untuk mengatasi kulit berjerawat dan mengalami peradangan karena efek Tea Tree akan membuat kulit lebih nyaman. Sementara timun mengandung Vitamin B dan Riboflavin (dikenal juga sebagai vitamin B₂, adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan pada manusia) dan sebagai anti oksidan.

INGREDIENTS :

Water, Glycerin, Dipropylene Glycol, Methylpropanediol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hydroxyacetophenone, Betaine, Carbomer, Caffeine, Tromethamine, Allantoin, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Panthenol, Plumeria Alba (Frangipani) Flower Oil, 1,2-Hexanediol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract


Yang paling aku suka adalah skincare di sheet masknya ngga terlalu banyak sampe tumpah - tumpah. Ukuran sheet masknya juga pas dengan wajah aku, jadinya semua area tertutup dengan baik. Even ngga aku masukkan kulkas, ada rasa dingin dan seger banget saat pakai sheet masknya.

Guna Mama's Choice Sheet Mask sesuai dengan masalah kulit kamu pada pagi atau malam hari kurang lebih 15 - 20 menit setiap harinya supaya kulit mama ngga kalah mulus sama kulit adek bayi hihihi. Setelah selesai pake sheet mask sisa skincarenya jangan dicuci ya, tapi tinggal dibaurkan aja ke seluruh wajah dan jangan lupa leher juga.

 


MAMA'S CHOICE DAILY PROTECTION FACE MOISTURIZER

NETT 30 ML

BPOM NA18210111625

Rp. 139.000,-

Penggunaan pelembab untuk ibu hamil dan menyusui penting, supaya wajah selalu terawat dan ngga sampai kering. Biasanya kulit ibu hamil dan menyusui cenderung lebih kering dari biasanya. Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer ini mengandung rice extract, hyaluronic acid juga sudah mengandung SPF 20 PA++. Jadinya Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer cocok untuk dipakai pada siang hari.

INGREDIENTS :

Water, Butyrospermum Parkii Butter (Shea Butter), Zinc Oxide, Isopropyl Myristate, Cetyl Alcohol, Glycerin, Glyceryl Stearate SE, Titanium Dioxide, Butylene Glycol, PEG-100 Stearate, PEG-9 Dimethicone, Hydrated Silica, Ethyl Lauroyl Arginate HCL, Citric Acid, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogen Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Aminomethyl Propanol, Oryza Sativa (Rice) Extract, Sodium Hyaluronate, Citrus Aurantium Dulcis Peel (Orange) Oil, Hyaluronic Acid, 1,2-Hexanediol, 2-Aminobutanol. 


Teksturnya kental tetapi mirip sama Mama's Choice Strech Mark Cream, produknya mudah di blend dan hasil akhirnya matte. Jadi kalau kulit kamu berminyak, kamu pasti seneng pake produk ini. Eits, kulit berminyak juga butuh moisturizer loh, untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Mama's Choice Strech Mark Cream bisa dipake juga jadi base makeup dan hasil akhirnya makeupnya jadi lebih awet dan ngga berminyak. Tapi kalau kulit kamu kering, saran aku kamu pake setting spray lagi setelah makeup supaya Mama's Choice Strech Mark Cream dan makeupnya lebih nyatu.

Ibu hamil dan menyusui perlu merawat diri untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jika kulit tetap sehat dan cantik, ibu hamil dan menyusui tentunya akan lebih percaya diri. Mama's Choice menghadirkan produk - produk yang formulanya aman, memiliki izin dari BPOM, memiliki sertifikasi halal dari MUI dan harganya yang sangat terjangkau dengan kualitas yang sesuai.

Dapatkan Mama's Choice Skin Expert Series lebih hemat disini!

 

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.