Belanja Perlengkapan Bayi 0-3 Bulan

 
Hai there, 
 
Tidak terasa sudah 3 bulan sejak aku melahirkan anak kedua dan kayaknya sudah saatnya aku sharing ke kamu tentang perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 3 bulan. Aku berharap tulisan ini bisa membantu kamu untuk bikin skala prioritas karena pastinya banyak pengeluaran yang dibutuhkan menjelang kehadiran seorang bayi. 
 
Aku akan bagi persiapan dari beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dan aku rekomendasikan sesuai dengan kategorinya ya, untuk memudahkan kamu checklistnya. Barang yang aku beli bisa dibilang beragam dari yang murah sampai yang mahal (seperti sterilizer, pumping, dsb). Tapi tetap ada pilihan produk yang fungsinya serupa dengan harga yang lebih murah. 
 

 
PAKAIAN BAYI  (TOPI, SELIMUT)
 
Pakaian bayi yang sudah aku tulis dibawah ini yang memang sudah sesuai dengan kebutuhan bayiku selama 3 bulan atau bisa juha menyesuaikan dengan tumbuh kembangnya masing - masing bayi. Bayiku lahir dengan berat 2.880 kg, jadinya aku banyak beli baju yang ukuran newborn.
 
Kiki Pup (beli online di Shopee Kikipup2503) 
 
Aku suka dengan produk Kiki Pup karena bahannya katun yang mudah banget menyerap dan motifnya simpel dan lucu - lucu (aku beli semua motif hihihi) dengan warna dasar putih. Karet celananya juga elastis banget dan ngga nyesek.
 
Yang aku suka juga adalah karena atasan dan bawahan Kiki Pup dijual terpisah, jadi memungkinkan untuk menyesuaikan dengan tubuh adek bayi. Aku juga beli produk yang newborn, even kata orang "Ngga usah beli yang newborn, bayi kan cepet gede". Ya secepet - cepetnya juga ngga mungkin dalam seminggu langsung gede juga keleus (KECUALI yang lahirnya memang sudah besar). Kan berat bayiku lahir ngga sampe 3 kg, jadi kasian kalau adek bayi dipakein baju kedodoran terus.
 

So, aku tetep beli yang newborn dan bisa dipakai bayiku sampai usia 3 bulan. Tapi diusia 4 bulan aku akan belikan ukuran S dan M secara perut adek udh super gendut (7 kg) hihihii. Kiki Pup Newborn bagian pinggirnya di jahit neci, sedangkan Kiki Pup ukuran S, M dan L dijahit biasa.

  • Newborn 6 pcs Mittens & Socks @Rp. 19.500,- 
  • Newborn 6 pcs Atasan Lengan Panjang @Rp. 25.500,- 
  • Newborn 6 pcs Atasan Lengan Pendek @Rp. 21.500,- 
  • Newborn 12 pcs Bawahan Celana Panjang @Rp. 27.500,-
 
Aku sengaja beli hanya yang celana panjang karena aku ngga mau terlalu lama bedong bayinya. Jadi pake celana panjang aja supaya lebih aman.
 
  • Small 3 pcs Atasan Lengan Panjang @Rp. 33.500,- 
  • Small 3 pcs Celana Panjang @Rp. 30.500,- 
  • Small 3 pcs Atasan Lengan Pendek @Rp. 31.500,- 
  • Small 3 pcs Celana Pendek @Rp. 26.500,-
 
 
 
Boogy Baby Kimono Series - Chubby Baby Shop 
 
Saat anak pertamaku, aku suka pakai baju yang model kimono karena bisa dipakai cukup lama. Dulu aku beli merknya Uniqlo, tapi sekarang Uniqlo tidak lagi produksi atasan kimono jadinya aku beralih ke merk Boogy Baby yang bahannya katun juga dan sangat mudah menyerap keringat. 
 
  • 0-3 bulan 2 set @Rp. 50.000,- (diskon) 
  • 3-6 bulan 1 set @Rp. 50.000,- (diskon)
 
Aku juga beli 1 buah romper yang merk Boggie Baby dan 2 kaus dalam Littel Palmerhaus usia 1 tahun (yang paling kecil) sebagai jaga - jaga kalau adek bayi sangat kepanasan atau mau dipakein dress hihihi.
 

 
Mamas & Papas Sleepsuit  - Shopee Yourlittlesunshineee
 
Pengalaman dulu, aku belinya model romper yang masukkanya kayak kaos. Akhirnya ngga dipake karena repot banget pakenya, jadinya kali ini aku beralih ke sleepsuit yang ada kancing dari dada sampai dengan kaki.
 
Mamas & Papas ini bahannya juga katun yang mudah menyerap, motifnya cantik - cantik dan gemes banget. Lalu bagian tangannya juga bisa dibungkus jadinya ngga perlu pake sarung tangan lagi. Sekilas bahannya mirip dengan punyanya Mother Care tapi harganya jauhhh beda.  
 
Mamas & Papas Sleepsuit ini menurutku ukurannya cukup besar, jadi aku beli dari usia 0-3 bulan juga supaya tidak terlalu besar dan bisa dipakai saat adek berusia dibawah 1 bulan. 
 
  • 0-3 bulan 1 set isi 3 @Rp. 199.200,- 
  • 3-6 bulan 2 set isi 3 @Rp. 199.200,- 
 
 

Libby Baby Earth Series - Istana Bayi Pekanbaru 
 
Kebetulan aku lagi jalan - jalan ke baby shop dan lihat warna Libby Baby Earth Series ini lucu - lucu dan harganya murah jadi aku coba beli hihihihi. Untuk ukuran baju yang 3-6 bulan masih oke banget dibadan bayiku sampai usia 3 bulan. Tapi menurut aku karet celana pendeknya terlalu ketat (berhubung adek bayi perutnya buncit hihihi).
 
  • 3-6 bulan 2 set Lengan Pendek + Celana Pendek @Rp. 39.000,- 
  • 6-12 bulan 2 set Lengan Panjang + Celana Panjang @Rp. 52.000,- 
 
 
 
Little Palmerhaus - Oobaby Shop Pekanbaru & Istana Bayi 
 
Aku suka dengan motif - motifnya Little Palmerhaus yang lucu - lucu dan harganya menurutku sangat murah hihihi. Jadinya kalau ada motif baru aku suka beli aja. Bahannya juga dari katun, tapi menurut aku tidak semudah merk lainnya diatas menyerap keringat. Karet celananya menurutku juga cukup ketat kayak merk Libby.
 
  • 0-6 bulan 3 set Lengan Pendek + Celana Pendek @Rp. 38.000,- 
  • 0-6 bulan 6 set Lengan Panjang + Celana Panjang @Rp. 40.000,- 
  • 6-12 bulan 6 set Lengan Panjang + Celana Panjang @Rp. 40.000,-
 
 
Carrol Baby - Tokopedia Official Store 
 
Aku suka banget liat model kimono romper merk Caroll Baby ini, soalnya gemes banget dipake adek bayi apalagi ketika udah mulai buntel hihihi. Bahannya juga super nyaman dan cepet menyerap keringat. Menurutku bahannya mirip sama merk Boogy Baby.
 
Biasanya aku pakein adek bayi jumper atau celana pendek kalau udara lagi panasssss banget (Pekanbaru panasnya asoyyyy gais), jadinya adek lebih nyaman dan ngga gampang gerah. Tapi kalau pakein adek bayi pakaian sexy gini, hati - hati sama gigitan nyamuk yaaaa.
 
  • Kimono Romper 3-6 bulan 2 buah @Rp. 58.000,-
 

 
 
BEDONG, PERLAK, SLABBER, HANDUK & WASHCLOTH
 
Menurutku bedong hanya digunakan 1-2 bulan pertama aja (tergantung cuaca dan kebiasaan juga kali ya). Tapi no worries karena setelahnya bedong bisa dipake juga sebagai alas tidur, penutup stroller, menutup saat menyusui, selimut, dsb.
 
Even dipakai dalam jangka waktu yang singkat, perlu juga mempersiapkan bedong beberapa karena bayi suka keringetan, bedongnya kena rembes ompol lah, ngga kering karena musim hujanlah, dsb. Jadi aku prepare paling ngga 1 lusin bedong.
 
  • Swaddle & Headband Set (isi 3) - Alenka Babies Rp. 164.900,- 
  • Swaddle & Headband Set (isi 3) - Kubikal Rp. 185.000,-
 
Kedua merk diatas bisa dibilang swaddle kekinian yang punya motif gemes - gemes. Bahannya super stechy dan beda satu dengan yang lainnya. Motif - motifnya juga gemes - gemes dan 2 dari 3 bahan yg dipake ngga gampang brundul jadinya bisa dipake dalam jangka waktu yang lama.
 

  • Arden Leon Printed Swaddle 1 pcs - Oobaby Pekanbaru Rp. 48.000,- 
  • Libby Swaddle Earth Color 5 pcs - Oobaby Pekanbaru @Rp. 38.000,-
 
Kalau Arden Leon dan Libby standart aja. Aku memang ngga beli merk Velvet karena aku kurang suka dengan bahannya. Udahannya berbulu dan agak kasar. Tapi dari motifnya makin lucu - lucu banget sebenernya.

  • Sugar Baby Perlak Karet - Oobaby Shop Pekanbaru Rp. 68.000,- 
  • Little Palmerhaus Wonder Pad - Naswa Baby Pekanbaru Rp. 70.000,- 
  • Kuma Kuma Perlak - Oobaby Pekanbaru Rp. 80.000,-

Untuk perlak aku pake 2 jenis, yang karet jadul dari Sugar Baby untuk mandi dan yang Littel Palmerhaus Wonder Pad dan Kuma Kuma aku pake sebagai alas tidur dan kalau ganti popok.
 

  • Baby Q Ringsling - Geosbaby_q Rp. 179.000,- (bonus geos)
 
Kebetulan aku masih punya gendongan kaos dulu punya kakanya, jadi kali ini yang aku beli gendongan ringsling yang kayak jarik tapi lebih mudah di adjust pemakaiannya. Kebetulan banget pas aku beli Baby Q Ringsling ada bonus 1 buah geos, jadinya aku punya 2 geos untuk ganti - ganti.


  • Slabber Royal Bebe 1 set isi 3 Rp. 60.000,-
 
Aku beli slabber ngga banyak karena masih ada punya kakaknya dulu. Menurut aku sih penting ga penting juga. Kadang bayi 2 bulanan udh banyak ilernya, kalau dikit - dikit ganti baju kesian mereka jadi pertolongan pake tissu dan juga slabber.
 
  • Little Palmerhaus Bamboo Towel 70 x 100 cm 2 pcs @Rp. 80.000,- 
  • Little Palmerhaus Bamboo Washcloth isi 4 Rp. 40.000,- 
  • Little Palmerhaus Bamboo Washmith isi 2 Rp. 40.000,-
 
Little Palmerhaus sekarang punya serie yang bamboo, lebih halus dan lebih tahan lama. Kalau yang biasa gampang banget kasarnya. Jadi aku prefer untuk beli yang bamboo even lebih mahal. Washcloth fungsinya banyak dan dipakenya lama, jadi perlu dibeli. Nanti saat adek mulai makan, kita butuh juga washcloth untuk lap - lap.

 
 

PERLENGKAPAN TIDUR 
 
  • Cradle Doodle - Newborn Pillow & Bolster Set - online di Chubby Baby Shop Rp. 320.000,- (diskon)
 
Duh, sukaaa banget sama bantalnya Cradle Doodle yang super lembut. Asli deh lembut banget. Beruntungnya aku juga dapat harga diskon jadi lumayanlah ya (harga aslinya Rp. 375.000,-).

  • Babymoov Lovenest (lungsuran kakaknya)
 
Bantal peyang perlu banget untuk membuat kepala bayi punya bentuk yang bagus, ya mungkin khususnya untuk anak laki - laki ya karena mereka cenderung punya potongan rambut plontos. Kalau anak perempuan masih bisa ketolong sama rambut.
 
Merknya banyak banget dari yang super mahal banget sampe yang bikin sendiri pake beras juga ngga ada masalah. Menyesuaikan dengan kondisi masing - masing aja. Kebetulan aku masih simpen bantal Babymoov kakanya dulu jadi bisa pake itu aja.
 

  • Carrol Baby Hooded Blanket - Tokopedia Official Store @Rp. 220.000,-
 
Aku langsung jatuh cinta banget sama selimutnya Carrol Baby ini karena motifnya yang cantik dan bahannya juga halus banget. Love. Ada bagian penutup kepala juga jadi bisa dipakai traveling. 
 

  • Topi Carrol Baby - Tokopedia Official Store @Rp. 15.000,- 
  • Topi Mothercare isi 2 Rp. 129.000,- (diskon) 
  • Bohopanna Beany Hat - Oobaby Pekanbaru Rp. 19.000,- 
  • Libby Baby Topi Earth 0-3 bulan - Istana Baby Pekanbaru Rp. 12.000,-
 
Penting membeli topi yang ukurannya pas dengan kepala bayi baru lahir, karena kalau kegedeaan jadinya adek ngga nyaman dan takutnya malah menutup mata dan hidungnya karena bayi kan ngga diem terus - terusan.
 

 

PERLENGKAPAN MANDI 

  • Sabun Johnson & Johnson Cotton Touch / Switzal Baby around Rp. 25.000,- s/d Rp. 50.000,-

Sabun ngga ada aturannya yam pake aja sesuai keinginan dan kemampuan. Banyak temen - temen yang pake Mustela atau Cetaphil karena kulit anaknya sensitif, tapi aku cukup pake Johnson & Johnson atau Switsal aja.

  • Folding Baby Bath Pao Pao - Oobaby Shop Pekanbaru Rp. 295.000,-
 
Ini penting ngga penting sesuai kebutuhan aja. Tadinya aku mau beli yang murah aja yang plastik biasa, tapi aku cari - cari adanya yang biasa banget dan plastiknya kurang bagus jadinya aku beli yang lipet aja. Kekurangannya mahal *hiks, tapi kelebihannya bisa dilipat dan ngga makan tempat. Trus selang beberapa minggu aku menemukan ternyata di Toys Kingdom jual ember mandi bayi yang biasa tapi bagus dibawah 200rb *sigh.
 
  • Babies First Scoop (gayung) lungsuran kakak Rp. 20.000,-
 
 
 
GROOMING 
 
  • Mustela Stelatopia Emollient Cream - Baby Wise Tangerang Rp. 342.000,-
 
Aku pake Mustela Stelatopia Emollient Cream untuk dipaha supaya mencegah ruam popok dan juga untuk di pipi kalau pipinya lagi merah - merah alergi atau digigit nyamuk. Aku pernah review tentang Mustela Stelatopia Emollient Cream dan kamu tinggal KLIK DISINI untuk baca reviewnya.
 
  • Bebe Rosie Minyak Telon Lavender Rp. 28.000,- 
  • Bebe Rosie Telon Cream Rp. 25.000,- 
  • Doodle Minyak Telon Rp. 40.000,- 
  • Mizo Mosquito Repellent Patch - Naswa Baby Pekanbaru Rp. 35.000,- 
  • Pigeon Comb Brush Set - Oobaby Shop Pekanbaru Rp. 60.000,- 
  • Kandila Nail Clipper - Baby Wise Tangerang Rp. 23.000,- 
  • Mamy Poko Tissu Basah 6 pcs @Rp. 17.000,- 
  • Paseo Baby Tissu Kering 3 pcs @Rp. 18.000,- 
  • Medisoft Cotton Ball Rp. 10.000,- 
  • Pampers Baby Newborn 52 pcs Rp. 180.000,-
 

PERLENGKAPAN MENYUSUI (PUMPING)
 
Tentang perlengkapan menyusui balik ke kamu masing - masing, karena setiap ibu punya cara yang berbeda. Kalau aku menyusui dibantu dengan pumping juga dan aku dibantu menggunakan pumping. Nah, tadinya dilema mau beli pumping merk apa, tapi untungnya ada ponakannku yang berbaik hati untuk pinjemin Spectra S1-nya *makasih ya Christy my guardian angel.
 
Nah, selebihnya ada beberapa barang yang bisa kamu sesuaikan dengan kebiasaan, kebutuhan, kemampuan dan keinginan kamu (baik dari merk, model, dll). Untuk item yang menurut aku penting kalau kamu juga pumping adalah barang - barang dibawah ini.
 
Spectra S1 Rp. 2.650.000,-
 
Aku dipinjemin sama ponakanku yang BAIK banget, namanya Christiara Napitupulu (moms Ben and Gwen), she's like my secret guardian angle. Terima kasih yaaa dek, upahmu bear di Surga. Amen.
 
BagBit  Breastmilk Storage Rp. 38.000,-
BKA Botol Asi 8 pcs - Istana Bayi Rp. 65.000,-
Gabag Cooler Bag Rp. 125.0000,- (diskon)
 
Untuk wadah penyimpanan ASI bisa pakai wadah yang kaca supaya lebih hemat, karena wadah kaca bisa dipakai berulang - ulang (tinggal dicuci aja dan jangan lupa disteril). Tapi aku juga prepare yang plastik untuk dibawa kalau bepergian (jaga - jaga aja)

Cradle Doodle Nursing Poncho - Baby Wise Tangerang Rp. 135.000,-
Pigeon Softouch Baby Bottle 2 set - Baby Wise Tangerang Rp. 158.000,-
 
Produk - produk diatas aku beli online di official shop dan dibeberapa toko offline seperti Baby Wise Tangerang, Oobaby Shop Pekanbaru, Istana Bayi Pekanbaru, Naswa Baby Pekanbaru, dll.
 
Setelah 3 bulan aku mulai beli baju - baju sesuai dengan ukuran dedek. So far usianya baru 4 bulan tapisudah pake baju anak usia 1 tahun, secara anakku gemoy bangets hihihi. Jangan takut ya mams kalau anak kamu gemuk, selama masih diambang batas wajar yang indikatornya biasanya ada di buku vaksin.

Share this:

CONVERSATION

6 komentar:

  1. bahaya nih kalo istriku baca, bisa langsung OTW buat belanja hahahaha. Ini bagus bagus semua model dan kualitasnya ya kak, Apalagi kalau harganya terjangkau, mari hunting hehehe karena panduan belanja keperluan bayinya sudah super lengkap

    BalasHapus
  2. Bayi lagi masa pertumbuhan usia usia inii yaa ghemoy kek bapau apalagi 6bulan + baju cm seminggu aja muatnya hahaha

    BalasHapus
  3. Anak-anak saya sudahlumayan besar-besar tapi masih suka lho saya ngeliat pakaian2 bayi seperti ini ^__^
    Lucu-lucu yaa ... gemes membayangkan bayi memakainya.

    BalasHapus
  4. Noted. Terima kasih infonya ya mbak. kebetulan saya lagi cari-cari pakaian bayi untuk cucuku yang baru berusia 2 bulan sementara saya malas banget ke toko cari-cari. Nah, kalau yg kengkap begini infonya, kan tidak perlu bingung lagi kan ya.

    BalasHapus
  5. Wah, iya banget nih..
    Kudu lengkap banget bikin checklist daftar belanjaan saat akan lahiran, minimal 7 bulan yaa..
    Kalau gak salah inget, di Jawa ada tradisi "Pamali belanja sebelum 7 bulan."

    Sehat-sehat terus sampai melahirkan yaa, kak..
    Seneng juga lihat model baju bayi-bayi zaman sekarang. Kimono's style.

    BalasHapus
  6. Ya ampuuun sampe lupa kalo ditanya dulu itu aku beli apa aja buat keperluan bayi. Maklum udh lama lewat hahahhaaha. Kalo dipikir2, banyak juga ya mbaaa 😂.

    Tapi ini membantu sih buatku jadi referensi kalo ntr asistenku hamil. Bisa aku beliin peralatan bayi ini. 😄.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.