Sunday, September 22, 2013

KLINIK ESTETIKA : Part I "Pasien Baru"

Setelah sekian lama dilema mau ke dokter mana nih yaaaaa, balik ke dokter yg lalu (dr. Rani Novian, dr. Edi Karta) atau coba dokter baru, pilhannya : ERHA, Klinik Estetika, dan Klinik Maharani.

Duhhhh dilema deh pokoknya, trauma sama kemerahan dan kesakitan yg berlebihan klo pake dr. Rani (Jl. Radio Dalam), even bagusss tapi pengelupasannya bikin perih sana sini, kalau cipika cipiki sama orang tuh rasanya sakiiiitt bgt deh ah. Sebel. Even kulitku bagus banget dulu bruntusan jg hilang tp ya sudlahhh...

Kalo di dr. Edi (Jl. Wijaya) dulu males macetnya itu klo dr sana, krn dr. Edi hanya ada di klinik malam udahannya nunggu lama dan kena macet, dan dr. Edi lebih sering ke di luar negri kalau ngga salah Australi deh ambil S3nya, huhuhuhuuu.. Susah jg ketemunya even ada penggantinya tapi tetep aja kan yah enakan dokter pertama.

Nahhh akhirnya pilihan jatuh ke Klinik Estetika Semarang, tadinya ini hanya 1 di Indonesia ya di Semarang itu, masih inget banget dulu nemenin mama kesini untuk berobat (ya ngga khusus gitu ke Semarang cuma mau berobat, cuma kebetulan main kesana jadi sekalian deh..) Dulu yg pegang pendirinya namanya dr. Afandi, skrng kayaknya dr. Afandinya sudah meninggal jadi turun ke anak - anaknya.

Selama mama perawatan disini kulitnya tidak mengelupas parah kayak dokter yg pernah aku coba, dan ada salah satu krimnya tuh yang wanginya enakkkkkkkkk bgt. Cuma susahnya disini, semua produk HARUS masuk kedalam kulkas. Jadi itu yg bikin mam males nerusinnya, krn agak repot jg klo lg traveling dan ngga ada kulkas yg bisa dipake.

Nahhhh akhirnya senin siang 12 Agustus 2013 memantapkan kaki menuju Klinik Estetika Duren Tiga (yg terdekat dr rumah, tebet), sampai sana tempatnya besar dan bersih, langsung daftar dan ngisi formulir trus nunggu dr. Kristin.

Keluhannya : Komedo dan Jerawat!!!
Belakangan ini aku juga suka pakai foundation hampir setiap hari, tidurnya ngga bener, dan makanannya ngga ada pantangan... Jadilah menumpuk ini semua (huwaaaaaaaa....)


Pipi Kanan - Pipi Kiri
(aduuhh serius deh ini harusnya ngga separah ini, pas di upload kok warna kulitku jadi super kusem, padahal sebenernya ngga giniii huhuhuuhu)


Kening

Pipi kanan dan kiri ini suka aku pencet - pencetin, sebenernya dulu ngga gini - gini amat. Kesalahannya juga krn jerawat ditutup pake foundation, bukannya ketutup jadi meradang. Ini foto menjelang datang bulan jadi makin banyak deh jerawatnya hhuhuuuhuhu.

Kulit juga udah mulai kasar, males balik ke dokter pertama krn maceeettt dan dokternya suka ngga ada di Indonesia. Dan yg paliiinng bikin malas adalah : pengelupasan. Mhhh susah jadi pake bedak. Makin pake bedak makin kelihatan lah itu yg kelupas - kelupas.

Sampai sana selesai konsuk aku facial (ditawarin mikro tapi tar dulu kali ya dok, masih ngga ngerti) facial di Klinik Estetika katanya facial medis, jadi ngga ada steam penjelesannya gini :
  • Tidak semua bagian wajah harus dibuka pori - porinya, kalau mau buka pori - pori nanti pakai jarum 
  • Yang mengerjakan adalah perawat 
  • Kita tidak ada massage krn menghindari merangsang pertumbuhan jerawat / komedo lain
(penjelasan ini aku dapet 1 bulan kemudian krn baru nanya juga. Pas pertama dateng mah diem - diem aja liat keadaan) 

Abis facial pakai masker (ini nambah lagi, paket konsul gratis ngga termasuk masker) vitamin C gitu. Adem - adem gimana gitu rasanya hehehe.


 Obat - obatannya tanpa sabun dan obat minum


Udah selesai dibersihin dari maskernya then saatnya pem.ba.ya.rannnnn. Dan total damage'ku :
  1. Rp. 150.000,- Konsultasi Dokter (udah + facial)
  2. Rp.   30.000,- Masker Vitamin C
  3. Rp.   25.000,- Registrasi              
  4. Rp.   75.000,- Krim Pagi (1/2)
  5. Rp.   70.000,- Tirai Matahari 
  6. Rp.   75.000,- Krim Malam 1 (1/2)
  7. Rp.   60.000,- Krim Malam 2 (1/2)
  8. Rp.   32.500,- Krim Anti Iritasi (kecil)
  9. Rp.   17.500,- Clensing T (untuk T-zone, berminyak)
  10. Rp.   17.500,- Clensing U (untuk U-zone, kering)
  11. Rp.   52.500,- Sabun Cair
  12. Rp.   44.000,- Krim Jerawat
  13. Rp.   70.000,- Bedak Tabur 01
  14. Rp. 165.000,- Obat Minum Clinium Kapsul (30 butir x Rp. 5.500,-)
  15. Rp.     9.000,- Obat Minum Indexon (15 butir x Rp. 600,-) 
------------------------------------------------------------------ +
Jumlah : Rp. 893.000,- (bangkrut ngga tuh, wkwkkwkwkwkw)


  • Krim Pagi, Krim Malam 1, Krim Malam 2 : Hanya untuk 1 bulan
  • Cleansing T & U : Bisa dipakai 1,5 bulan
  • Tirai Matahari : Kemungkinan bisa sampe 3 bulan, kalau expired datenya masih 2015
  • Krim Anti Iritasi : Hanya dipakai kalau ada iritasi (perih, gatal, dll)
  • Sabun Cair : Kemungkinan bisa sampe 2 bulan (aku baru pake 1 bulan 1 minggu masih ada setengah botol, padahal sekali cuci muka bisa 2 - 3x pake sabun)
  • Krim Jerawat : Bisa sampe 3 - 4 bulan tergantung banyaknya jerawat kita
  • Bedak Tabur : Kemungkinan bisa sampe 6 bulan x yah tergantung pemakaian (aku baru berkurang 20%an)
  • Obat Minum Clinium : JANGAN PERNAH coba - coba kayak aku, aku ngga suka minum kapsul akhirnya aku buka itu kapsul dan langsung negak bubuk di dalamnya dannnnnnn GILAAA PAIIIITTTTTT dasyatttt paitnya sumpah dasyat, kalah sambiloto. Makanya aku kena batunya nih krn sok - sokan, padahal dengan kapsulpun masih bisa berasa pahitnya itu obat huhuhuhu. Bingung juga kenapa dikasih ini, ada juga dokter kandungan (baca di google) yg ngasih ini sama yg lagi hamil. Ini obat diminum selama 15 hari (2x sehari)

Brand: :
Interbat


Komposisi: Clindamycin
Indikasi: Infeksi serius yang disebabkan mikroorganisme yang sensitif terhadap klindamisin, misalnya : infeksi sal nafas atas, kulit, jar dan tulang. Infeksi oleh bakteri anaerob
Dosis: Dewasa : infeksi ringan-sedang 150 - 300 mg tiap 6 jam. Infeksi berat : 300 - 450 mg tiap 6 jam. Anak : infeksi ringan-sedang : 8 - 16 mg/kg BB/hari terbagi dalam 3 - 4 dosis. Infeksi berat : 16 - 20 mg/kg BB/hari terbagi dalam 3 - 4 dosis. Pada infeksi strep hemolitikus, terapi harus dilanjutkan selama sekurang-kurangnya 10 hari
Pemberian Obat: Berikan bersama makanan
Kontra Indikasi: Hipersensitif terhadap klidamisin dan linkomisin
Perhatian: Bayi prematur. Gangguan hati atau ginjal, diare
Efek Samping: Diare, kadangkala disertai dengan kolitis berat, reaksi kulit, ikterus, leukopenia
Interaksi Obat: Efek potensiasi dengan penghambat neuromaskular. Bersifat antagonis dengan eritromisin
Kemasan: Kapsul 300 mg x 100 



Obat Minum Indexon ini obat untuk alergi katanya. Diminum 15 hari (1x sehari)
Brand: : Interbat


Komposisi: Dexamethasone
Indikasi: Alergi serius, inflamasi yang responsif terhadap terapi kortikosteroid
Dosis: 3 kali sehari 1 tablet
Pemberian Obat: Berikan sesudah makan
Kontra Indikasi: Tukak peptik, osteoporisis, infeksi akut, vaksin hidup. Laktasi
Perhatian: Gagal jantung kongestif, hipertensi, DM, penyakit menular, gagal ginjal kronik, uremia, lanjut usia, anak. Hamil
Efek Samping: Retensi cairan dan elektrolit, peningkatan kepekaan terhadap infeksi; hambatan pertumbuhan; status Cushingoid; amenore; hiperhidrosis, gangguan mental; hipertensi intrakranial; pankreatitis akut; osteonekrosis aseptik
Interaksi Obat: Barbiturat, fenition, rifampisin
Kemasan: Tablet 0.5 mg x 10 x 10

*efek sampingnya ngeriiii juga dari obat harga Rp. 600,-/butir. Gangguan mentaaall hahahhahaha.

Nahhhh penampakan krim - krimnya macam inilah :  


Krim Pagi (1/2)
Seperti tekstur krim di dokter - dokter lain. Agak mengkilat pas dipakai dimuka dan agak kelihatan berminyak


Tirai Matahari
Teksturnya lembut banget. Wanginya enak. Kalau kata dokternya, ini bisa dipakai sebagai pelembab atau pengganti foundation 


Krim Malam 1
Teksturnya sama seperti krim pagi. Agak berminyak juga


Krim Malam 2
Teksturnya lebih kental dari krim lainnya.Wanginya mirip wangi tirai matahari


Krim Anti Iritasi
Teksturnya biasa kayak salep. Ngga ada wanginya


Krim Jerawat
Teksturnya kayak ager - ager. Ngga ada wanginya

Review pemakaian :
  • Aku udah pakai 1 bulan 2 minggu, sampe saat ini belum pernah ada pengelupasan lebay. Cuma dikiiiittt aja dibagian hidung, pinggirnya doang. 
  • Hari ke 4 pemakaian obat - obatnya kulit udh berasa kenyalnya dan halus waktu lagi cuci muka. 
  • So much better kalau kamu juga makan makanan yg sehat, buah + sayur paling penting.
  • Harus rajin, estetika adalah salah satu klinik yang kerjanya ngga instan. Minimal 3 bulan kulit kita udah bagus, tapi untuk beberapa orang bisa sampai 6 bulan. Ngga ada yang instan yg everlasting lohh.. Boleh deh baca review pemakai di Female Daily Forum, ada yg udah berenti tapi kulitnya masih bagus.
  • Sisihkan uang kita untuk perawatan, krn harganya lumayan juga. 


UPDATE

Minggu, 27 Maret 2016
Tulisan tentang Klinik Estetika ini ternyata banyak dibaca, jadi aku rasa aku harus juga update kalau aku sudah TIDAK menggunakan produk dari Estetika lagi.

Kenapa ???

Sebenernya alasan pertama karena repot, repot dan ribet dengan "ritualnya" huuhuu. Ya memang sih, untuk hasil yang bagus memang hrs rajin. Tapi aku merasa kurang bisa melakukannya dengan baik, terlebih lagi dengan jadwal untuk dermabrasi (tiap 2-3 minggu sekali, dengan biaya 450rb sekali treatment) aku rasa ngga dulu deh. Agak bingung juga kenapa aku hrs dermabrasi, coz kalau dilihat kulit aku ngga ada bopeng bekas jerawatnya huhuhuhu.

So, sekarang aku menggunakan skincare biasa aja. Ada 3 step yang aku lakukan, cuci muka dengan face wash, SK-II FTE, lalu sekarang lagi pakai Aloe Vera Essential Serum dari Skin House (ketik aja Skin House di search box, aku pernah sharing produk dari Skin House dan produk apa aja yang mereka punya), lalu diakhiri dengan beberapa tetes Bio-Oil (aku sering sharing tentang produk Bio-Oil, monggo di search).

Hasilnya gimana ? Komedo masih ada, so aku suka pencetin komedo sendiri (tapi katanya sih jangan dilakukan sendiri krn takut ngga higienis, dll. Katanya lebih baik facial aja di tempat langganan kamu).

Tapi aku merasa kulit aku masih baik - baik aja, aku bersyukur dengan yg sekarang (even aku pengen hasil yg jauh lebih baik lagi) karena foundation, bedak, dll bisa menempel baik di kulitku. Dan kulitku ngga menipis sempet panik waktu coba pake serum dari dokter lain, kulit aku bagusss tapi kelihatan ada urat - urat halus ketika aku berkaca. Bzzz, bukankah itu artinya kulitku menipis ??? 

So, aku rasa aku ngga akan balik lagi ke dokter deh cukup dengan skin care biasa aja, makan sayur, buah, air putih, sama sesekali maskeran, dan HAPPY. Jangan stres, jangan terlalu banyak pikiran, krn mungkin masalah jerawat, dll kamu bukan krn perawatannya. Tapi karena stres.

Have a good day :*


44 comments:

  1. wow, bangkrut ane :(
    terus ribet ikhhh banyak step stepnya, kalo pulang kantor capek banget gimana nungguin step stepnya yah ???

    kalo gak bisa lepas dari makeup daily, jangan foundie coba BB cream, lebih tipis dan lebih bernapas buat pori-pori kamu.

    gw juga dulu banyak pantangan makan, ampe puasa BAYAM 1 bulan supaya gak timbul serdadu jerawat, sekarang puji Tuhan udah engga ada kayak gitu, soalnya udah ketemu Toner The Body Shop dan serum Vitamin C OST yang Cocok.

    Pernah denger produk sulwhasoo, The history of woo?? itu Korean no.1 Brand dari herbal
    reviewnya bagus dan banyak yang pakai, gw juga jadi keracunan pengen pakai, udah 2 minggu ni, jerawat kecil agak keluar, tapi kalo cumuk kulit wajah agak mulus, moga cocok degh :)
    Abis gak pernah kesampean ke dokter kulit. Hahahii XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhhh,, makanya nih aku blm konsul n perawatan lainnya.. Cuma pake krim - krimnya aja... Banyak banget emang Rif.. Akupun baru make bener - bener pas mau tidur. Udah mager... zzzzz.. Mau tidur stepnya 6 macem... zzzz.. Cuma ya itu hrs sabar..

      Aku pun skrng udh ga pake foundie, cuma 1 kali dlm 4 bulan ini itupun cuma iseng bkn tutorial sama tes concealer... Nahhh sisanya pake BB cream yg dr Skin Food.. Aku tuh jerawat krn pemakan segala ngga ada pantanga... Daaaannnn tidur selalu diatas jam 01.00 atau 02.00.... Zzzz.. itu yang bkn gempor muka.

      Blm pernah denger merk itu, kalau cocok asikkk banget, jadi ngga repot bulak balik ke kontrol... Kalau blm kena dokter better ngga usah.. Aku komedonya lumayan soalnya.. Etude yg paketan unt bekas jerawat gt ga mempan,, tea tree oil TBS juga ga mempan, sampe salon yang murah meriah (tmptnya Meriam Belina facial pun ngga mempan), Ngga sabaran soalnya... Makanya ini disabar - sabarin deh,, soalnya suka banget sama kenyelnya kulitku.. Even bekas jerawatnya blm bersih tapi kulitnya alus n kenyel sebenernya.. Aminnnnn, semoga sama - sama cocok ya Rif... hihihi.. GBU dear...

      Delete
  2. Berarti itu harga 1 paket acne ya kak waow mahal banget ya kak.. Klo buat mahasiswa ada discon gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Estetika ngga ada paket acne2'an..
      Semua perawatannya disesuaikan dgn kondisi kulit kamu saat itu, jadi macamnya bisa saja berbeda...
      Hahahhaha,, diskon mah mana ada,, ini juga masih harga 2013, mungkin sekarang sudah naik lagi harganya..
      Tapi coba aja telp ke Kliniknya, siapa tau ada program - program khusus yang harganya jadi lbh murah.

      Delete
    2. Iya benar sekarang mahal banget 1jt an stiap abs krim harus konsul dokter semua krim hrs konsul, kecuali krim tirai matahari, toner & sabun cuci muka bs beli lgsg tnpa harus konsul😢

      Delete
  3. Aku jg Dulu bermasalah yg sama. J e r a w a t.
    Ya sama juga sama dikau kak ros (supaya enak manggilnya), tiap hari pake foundation, pake bedak compact. Ya gitu deh.

    Iya kalo jerawat ga boleh difacial, ga boleh jg pake scrub supaya ga meradang.
    Tapi kemarenan dulu aku sempet facial di relof, Ada perawatan jrwt juga Dan ga mahal bingit kaya dikau kak.

    Aku jg jual produk skinesse. Banyak dipake klinik kecantikan juga sih. *kok jd promo?!
    Hehehe.
    Salam kenal ya kak ros

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Ros Hahahahahaa.. Betol Betol Betol hhahahhaa..
      Uhuhuuuu... Ini serius deh ngga separah ini wajahnya, ini cuma flek bukan jerawat yang keterlaluan gitu loh bunda Ratu.. Entah kenapa tiap aku publish jadinya begituuu huhuhuhuuh...

      Klinik Estetika ini memang mahal, tapi hasilnya alami.. Ngga pake merah - merah keterlaluan gitu, cuma dgn harga segitu dan tiap bulan obatnya abis, aku jadi ngga sabaran... Akhirnya beralih ke skincare aja.

      Gapapaaaa promo, monggo siapa tau ada yg lagi cari - cari perawatan kulit jg bisa mampir, monggo dicantumkan linknya ke produknya hihihiiii..

      Salam kenallll juga bunda Ratu hihihiiii

      Delete
  4. Misal kita udah konsultasi tapi pasti kan disaranin buat perawatan ini ini dan beli ini itu.. Misal kitaa gak beli semua boleh gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ini ngga enaknya berobat di Estetika. Krim malam aja ada 2, toner ada 2, pastinya harus dibeli semua huhuhuhuu.. Paling yg bisa ga dibeli itu kayak bedak tabur, krim jerawat, krim iritasi. Sama ketika facial bisa untuk menolak dipakaikan masker vit C (30rb).

      Kalau obat2an juga harus dikonsumsi jadi obat2an itu untuk ngeredam jerawat baru yang akan muncul. Huuhuhuu dan sebelnya mungkin sekarang ada perubahan harga. Semoga jawabannya bermanfaat Dwi Kustiyana...

      Delete
  5. Jeng salam kenal. Aku juga brsan beralih ke klonik estetika. Mo tnya nih... Krim pagi itu yang tutup atas ada titik merah itu yah jeng? Hemm punyaku krim malam 1 kyknya tutupnya ketuker sm yg krim pagi. Soalnya kebetulan aku periksa bareng kakak. Nah krim kami kog kyknya beda.. Mau telp ke klinik kalo minggu khan libur.. Takut aja kalo ketuker.. Jd blm bisa pakai.. Nunggu pastinya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lita, salam kenal juga..
      Aku sudah lama berhenti Estetika, jadi kurang inget (aduh maaf ya ngga bisa membentu, tapi di foto yang ada titik merahnya krim malam 1).

      Iya sebaiknya di telp biar pasti, sabar dulu ya, tapi bisa mulai pake toner dan sunblocknya krn toner kan fungsinya juga sebagai pengangkat sisa - sisa kotoran di wajah yang ngga keangkat sama sabun.

      Delete
  6. Halo, salam kenal. :)
    Lalu review untuk dr. Maharaninya belum ya? aku baru mau nyoba ke sana soalnya, tapi yg ngereview dr. Maharani dikit banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eka, salam kenal...
      Aku ngga pake Klinik Maharani, kan jadinya aku pake Klinik Estetika, Maharani cuma salah satu pilihan krn ada sepupuku yang pake. Aku kurang tau perubahannya, tapi mukanya bersih sewajarnya, ngga yang jadi putih atau pucet gimana gitu.. hehehhe. Itu aja yang aku tau ttg Maharani.

      Delete
  7. Halo kakak salam kenal :D kita sama2 "pemakek" krimnya klinik estetika tp ak masih newbie :D yg pertama kali kesono juga mama ku . Mamaku udah langganan dr ak masih bayi ( sekarang 19th ) :D emang bener kalp make estetika dr.affandi kudu sabar dan tlaten yah 😁 sekrang kakak masih pake ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo sayang,,
      ahahhahaha... iyaaa Estetika itu udah lamaaaaa bangatttttttt di Semarang pertamanya, jd ibu - ibu berbondong - bondong ke Semarang loh unt berobat..

      Iya kesabaran kuncinya, dan sebisa mungkin ngga makeup dulu, dan banyak stepnya jadi aku suka kecolongan kelupaan. Aku udah ngga pake Estetika lagi hhuhuhuhuuu, kelamaan untuk kulit aku yg badak ini...

      Delete
  8. Hi ka salam kenal ya..,

    Aku lg iseng searching tentang klinik estetika dr affandi, eeh pas nemu blog kaka ini hehe.. Aku ada rencana mau ke estetika, krn uda bbrp bln ini ga tahan bgt liat muka aku klo ngaca penuh jerawat bruntus putih gt & jerawat merah hilang sebentar eeh ada lagiii hiikksss..

    Aku mau nanya ka, selama kaka perawatan di estetika itu, bener2 ngaruh ga ya?jerawat & bekasnya hilang?

    Makasi ya ka sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fikria. Terima kasih sudah mampir. Sebenernya kalau kita melakukan perawatan rutin dimanapun (yang terpercaya tentunya) pasti akan ada perubahan. Kalau rajin ya bisa mulus, tapi mulis yang realistis ya. Kalau kayak artis gitu kayaknya ngga cukup hanya krim - krim gini aja, pasti butuh yang lebih kayak laser mungkin dll.

      Untungnya bekas jerawatku emang bisa dibilang cukup gampang ilang even beberapa spot butuh waktu yang lebih lama. Tapi itu balik lagi ke kulit masing - masing. Karena kedalaman darkspot/flek di tiap orang itu beda - beda. Nah itu yang susah. Jadi semua harus dicoba. Estetika ini bagus, tapi HARUSSSSSS rajin. Kalau rajin pasti jadi lebih baik deh kulitnya. Semoga terbantu ya. Terima kasih juga Fikria.

      Delete
  9. Hai Kak😊
    Mau tanya dulu kakak pake Estetika ini berapa lama kak? Aku mau coba estetika tp kok kayanya ribet yaaa terlalu banyak stepnya😞
    Kalo boleh tau sekarang kakak pake skincare apa? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nisrina, aku pake Estetika mungkin sekitar 6 bulan kali ya. Emang ribet. Banyak aturannya dan krim - krimnya. Tapi kalau kamu pake secara teratur dan rajin pasti jadinya bagus. Kalau aku jujur ngga bisa rajin huhuhuhuhuhu.

      Sekarang cuma pake serum dan kadang di mix sama SK-II aja. Sesekali pake bedak dingin atau maskeran. Kulit aku lagi kering jadi suka pecah - pecah.

      Delete
  10. ini buat cowok boleh gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, buat cowo boleh aja. Tapi better konsultasi dulu ke dokternya ya, soalnya setiap kulit masalahnya berbeda. Banyak juga cowo - cowo yg datang ke Estetika untuk perawatan kok mas hehehhe.

      Delete
  11. Hallo mba :) krim nya buat ketergantungan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Hani, kalau aku bilang krimnya tidak buat ketergantungan (ketika ngga pakai lagi, kulit muka jadi lebih buruk dari sebelum pemakaian). Dari pengalamanku setelah aku berhenti pakai krim Estetika, keadaan kulitku jadi kembali lagi seperti sebelum pakai.

      Ketika berhenti kulit kita jadi kusam (kembali seperti semula) lagi itu wajar, krn kulitnya tidak mendapatkan perawatan yg baik spt yg diberikan krim - krim Estetika. Tapi kalau jadi lebih buruk aku belum pernah mengalaminya :)

      Delete
  12. Halo kak! :) mau tanya dong, emg pas perawatam disana kata dokternya jenis kulit kakak apa? Aku bsk baru mau kesana. Pas searching2 ada testi kyk begini bersyukur banget :D

    Soalnya kulit aku jenis kulit yg sensitif banget. Jadi agak bingung mau pindah perawatan kemana :')

    Btw, salam kenal ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zulfa, aku sudah lupa waktu itu kulitnya apa ya. Kalo ngga salah normal tapi cenderung berminyak. Memang sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter, apalagi kalau kulitnya sensitif. Terima kasih sudah mampir, good luck ya. Salam kenal kembali Zulfa.

      Delete
  13. aku uda pake eatetika 3th cuman mau tanya kenapa ga ada perubahan yang waw ya? mukanya std aja kaya dulu, paling katanya si mengkilap aja, tp kalo berhenti jd ga mengkilap lagi, terus skrg karena uda ga pake cream siang kenapa jd jerawawatan parah ya😭 , padahal cream malemnya aku tetep rutin bgt tiap hari pake, kalo make up jg gak koq kalo hari biasa, skrg jerawatnya parah bgt..... padahal wkt kmren kalo pake cream siangnya emng bagus si mukanya jd ga jerawatan, ini dblg ketergantungan atau tidak ya? muka jg sekarang jd agak sensitif kalo ga kena ac langsung merah bgt kaya kepiting rebus, jd kesannya emng muka ga putih tp jd merah..... padahal aku pake estetika da lumayan lama selama hampir 3th tp kenapa jd bgn ya 😭

    aku smp dulu rekomendadi ke kakakku dan dia lama kelamaan jg jerawatnya kenapa ga semakin membIk tp malah begitu2 aja, awlnya si emng ada perubahan sktr 1-2 bln pemakaian, tp stelah setahunan dia ga ada perubahan yang signifikan akhirnya berhenti dhe...... jd galaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau juga kenapa tidak ada perubahan yg signifikan dr mba Linda, kalau temenku yg sampe sekarang masih pakai sih mukanya bersih aja. Tapi ngga glowing gimana kayak kulit artis2 gitu. Cuma bersih dan mulus aja. Kalau yg aku tau, obat - obatan dokter itu dosisnya lbh tinggi dibandingkan skincare yang ada di pasaran, makanya kulit kita jadi jauh lebih baik ketika pakai obat dokter dan kalau pake skincare biasa itu lamaaaaaaa bgt hasilnya.

      That's why aku berhenti pake Estetika, krn ngga mau kulitnya jadi terbiasa dengan dosis dokter lantas nanti saat lagi ngga bisa beli jadi jerawat parah. Mba udah konsultasi blm sama dokternya kenapa bisa jadi begitu ? Atau mungkin pola tidur dan makan juga yg kurang baik ?

      Delete
  14. Halo kak roos.. aku juga lagi jerawatan parah.. untung pas event queenrides itu agak reda tapi sekarang balik lagi parahnya.. aku lg pake pake rangkaian skin care wardah white secreat, awal-awal bagus lembuh agak bersih tapi kesini makin kusem dan jerawat.. akhirnya biar ga kusem2 amat aku pakein cleanser bioderma sensibio 3-4 kali sehari biar ngerasa bersih.. tp jerawatnya ilang 1 muncul 1 terus aku pites2 pulak -_-.. ini aku cocok skin care nya ato gimana ya ka.. tiap make up pula, ga pake foundation sih tapi BB cream wardah juga... ada ide?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Mirna hihihihihi, nah itu dia kulit ini kayaknya perawatannya harus selalu di upgrade tergantung situasinya. Kadang kita pake itu - itu aja dari dulu gitu, tau - taunya kegiatan kita berubah (tadinya jarang di AC sekarang jd makin sering kena AC misalnya, jadi pasti kulitnya jaug lebih kering), atau misalnya tadinya tidur jam 10 eh sekarang tidur jam 12.

      Bisa aja hal - hal kecil seperti itu yang bikin kulit jadi kusam, jerawat, dll padahal ngga ganti skincare. Jadi aku rasa skincarenya yg hrs di upgrade x ya. Misalnya sekarang aktifitasnya banyakan di luar ruanga, so harus pake skincare yang SPFnya oke, trus hrs lbh rajin bersihin jg (spt pake Sensibio itu) kayaknya gitu kali mba.

      Pites2 tangan belum tentu bersih, aku kalau mau pites2 itu pasti balurin tangan pake alkohol dulu hihihihi. Coba ganti BB Creamnya, mungkin ada bahannya di BB Cream yg gak cocok. Aku pernah pake merk lokal, cuma bedak padahal, itu purgingnya mengerikan huhuhuhuhuhu. Kapok.

      Kalau untuk BB Creamnya aku rekomen sih yg Anna Sui, emang agak mahal sekitar 300k. Tapi di kulit jadinya cakepppppp.

      Delete
    2. iya ko berasa diramal ya... ini tempat duduknya pindah emang di kantor depan AC persis dan jam tidurnya emang suka jam 12an sekarang, ngaruh ternyata ya.... Untuk tips pake alkohol dan BB creamnya makasi, dicoba deh... Thank you kak

      Delete
    3. Wahahahahhahaha, aku titisan Mama Laurent hhahahahahha. Ngaruhlahhhhh, jam tidur itu paling penting. Makanya kulit aku ngga bisa bagus banget, wong jam tidurnya kacao hihihihihi. Sama - sama mba Mirna, selamat mencoba ya.

      Delete
  15. lumayan mahal ya mbak... hampt 1 jetiiiii...... aduh mikir2 dulu belom ada uang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Yoekaa, kalau berobat pertama untuk dokter dan obat bisa segitu. Malah mungkin harganya udah naik huhuhuhuuh.

      Delete
  16. Hii mb...q suka dengan tulisan mb..
    Q uda 5th pke LBC kadang oplos SK II
    Cm q pengen pindah ke Estetika..minta saran donk mb..
    Apa klo untuk glowing/whtening..estetika bgs g y mb..?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ayu, terima kasih sudah mampir. Sebenernya kalau rajin merawatnya dan kalau cocok bisa aja mba. Krn ada juga kan yang suka ngga cocok. Jangan lupa imbangi juga dengan makanan yang sehat biar makin bagus kulitnya hihihihi.

      Delete
  17. hai ross, aku icaa salam kenal yaa.. aku mau tanya2 nih tentang estetika .. aku juga pake krim2nyaa udh sekitar 3 bulanan, tapi hasilnya memang ada perubahan.. yg tadinyaa jerawatan besar2 dan bernanah sekarang udh ilang dan obat jerawat ini katanya memang mengeluarkan semua jerawat abis itu ga timbul lagi, aku juga pake peeling acne sm suntik .. kalo pengalaman ross berhenti dr estetika lalu pake skincare brp lama didiemin mukanya ? trus pake apa aja skincarenya ? thanks yaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Chacha, waktu aku berhenti aku lupa ya pake apa. Tapi klo ga salah jadinya pake SK-II deh. Tapi pernah di mix juga sama masker kefir. Sesudah itu aku pake berbagai macam perawatan sih, Skin House, Guerisson, sempet pake Laneige juga, tapi yg sampe sekarang aku pake tetep SK-II

      Delete
  18. Baru banget hari ini pindah ke estetika setelah muka breakout parah. Bruntusan dan kulit sekitar bibir mengering dan menghitam (mungkin karena ngga pakai lbc setelah 2 bulan atau karena hal lain *ngga mau negative thinking karena skincare penyebab breakout*).

    Mukaku dulu sebenernya cuma berminyak di area T which is actually itu wajar. Begitu pake lbc, langsung jadi bandar minyak nih muka.

    Berharap estetika bisa mengurangi lah minimal. Baca2 review katanya estetika ngga bikin ketergantungan juga. Jadi semacam ada planning asal kulit muka kembali dari breakout terus pake bahan alami atau produk pasaran aja gitu sih 😬
    Jadiiii mau nanya dong kak, selama pakai estetika dulu, muka jadi berminyak gitu ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, LBC itu klinik juga kan ya? *abis googling. Kalau masalah ketergantungan yang make trus pas berenti jadi hancur sih nggak. Tapi pasti ngga semulus (kalau cocok) waktu masih pakai produknya ya.

      Aku udah ngga pake produk dokter lagi sih, aku takut kulitku lama - lama jadi terlalu nyaman dengan yg dosisnya intens dan ngga bisa pake yg biasa lagi (or at least jadi sensitif dengan produk lain).

      Kalau lagi perawatan emang jadinya berminyak, apalagi kalau pake sunblocknya. Makanya Estetika kasih powder juga kan yg bisa bantu tampilan ngga terlalu berminyak.

      Tapi sebenernya lbh baik kulit agak berminyak sih dari pada kering. Kalau misalnya kulit kamu kering, dia cenderung malah akan memproduksi minyak berlebih.

      Delete
  19. Hello ros, ak jg jerawatan... Pgn coba k klinik estetika yg d bekasi,, yg ak mw tanyain kl lg treatment pke sgl mcm dr dokter ny ak ttep bisa pke bedak ver88 ku jg ap hrs off y?? Duh g pd kl g ntupin flek n jrwt..hhi maciw y sblmny

    ReplyDelete
  20. Hai...
    Skedar berbagi sabtu kemarin aki bru konsul ke estetikanya dr affandi..
    Muka aku berjerawat dan sangat berminyak sihh...
    Tp wktu konsul,aku gak dikasih krim yg sampe ribet2 gitu..
    Aku cuma dikasih krim praktis (pagi malam cuma pake satu macam itu aja)
    Trus sama tirai matahari aja..
    Sisanya cuma sabun dan toner..
    Aku sih suka banget sama estetika ini..karna krimnya soft banget di muka..emng bener gak sekeras pbat dokter yg pernah aku pakai..

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih sudah mampir. Good for you, memang produk yg dikasih beda - beda sesuai kebutuhan kita hihihihihi. Thanks for sharing ya. Semoga berguna untuk pembaca yg lain. Selamat menanti muka mulus dan cantik :))

      Delete
  21. klo kliniknya meriambellina namanya apa ya daerah mana?
    jd pernah coba kesana jg sis?
    anyway di estetika itu klo peeling dll. brati hrs tggu rekomendasi dinternya dulu ya?
    thx responnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga tau Klinik Meriam Belina itu apa, disini saya hanya bahas ttg Klinik Estetika. Untuk peeling dan perawatan apapun itu tergantung dokternya, km bisa langsung konsultasi sama dokter, nanti dokter akan kasih tau apa aja treatment yang perlu km ambil.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like