DIY : Undangan Tunangan atau Pernikahan

Kali ini aku mau sharing tentang gimana aku bikin undangan pertunangan versi hardcopy sendiri. Jadi, beberapa tahun lalu saat aku menikah, aku cetak undangan sendiri hihihi. Pada dasarnya untuk menghemat biaya sekaligus explore kemampuan diri dan lumayanlah aku jadi punya portfolio untuk karyaku.

Untuk undangan keluarga dan tamu aku bikin dengan art karton di percetakan digital biasa, tapi untuk 2 undangan VIP (Komandan dan Wakil Komandan, atasan suami) aku bikin sendiri dengan menambahkan karton tebal.

Jadi persiapan pertama adalah ukuran dan desain. Tentukan dulu ukurannya supaya kita bisa menghitung jumlah bahan yang akan dipakai. Aku ambil ukuran berdasarkan luas area cetakan A3 di tempat langganan aku kira - kira 45 x 30 cm.

Setelah kamu print bagian luarnya jangan lupa dilaminating dulu supaya lebih bagus dan saat ditekuk. Kalau untuk bagian dalamnya bisa pake art karton bisa aja. Baru kamu persiapkan penggaris, karton, gunting, cutter, double tape (tipis, tebal), isolasi, dsb. Untuk nempelin cover depan aku lebih prefer pake double tape supaya hasil akhirnya lebih rata dan rapih.

1. Potong karton sesuai ukutan dalam.

2. Satukan bagian kanan dan kiri tapi jangan rapet. Dikasih jarak sedikit.

3. Lapisi karton dengan double tape.

4. Tempel bagian luar.

5. Bagian lipatan yang dipotong.

6. Sudut dalam yg dipotong.

7. Pinggiran dalam sudah selesai, tinggal tempel bagian dalam untuk menutupi karton.


Aku lupa berapa biaya yang keluar untuk pembuatan undangan hardcover ini, karena aku sekaligus print dengan undangan yang lainnya. Kalau perkiraan sekitar 10 ribu aja. Even kesannya mahal, at least aku bisa bikin dengan jumlah terbatas dan ngga ada minimal tertentu seperti kalau pesan di percetakan undangan pada umumnya.


Hasil akhir undangannya kira - kira seperti dibawah ini, semoga informasi singkatnya bisa bermanfaat dan membantu kamu menemukan solusi untuk pembuatan undangan yang hemat budget. Mungkin dimasa pandemi begini orang - orang akan lebih banyak yang mengirim undangan dalam bentuk digital, jadi untuk menghemat kamu bisa bikin undangan seperti diatas cukup untuk tamu undangan tertentu (VIP).
 
 
Percetakan Offset / Digital INTI RIMBO
Jl. Cawang Baru No.3, RT.3/RW.12, Bidara Cina
Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur 13330
Telp. (021) 8190702
 
 
That's all for today.
Stay safe.
 

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.