Battle Sunscreen. Mana yang Terbaik ?


Beberapa tahun belakangan ini aku memang mulai concern sama yang namanya sunblock, sunscreen atau suncream. Namanya mirip - mirip dan fungsinya juga sama aja sih menurut aku. Sama - sama sebagai tabir surya yang melapisi kulit supaya terlindung dari efek buruk sinar matahari.

Ada beberapa brand yang udah pernah aku pakai, Avene, Pabanox, Neutrogena, Nivea, La Roche Posay, APEIU, Skin1004 dan masih banyak lagi. Aku juga pernah pakai produk tabir surya yang dari dokter.

Hasilnya gimana ?

Dibawah ini akan aku jabarin gimana penilaian aku tentang produk - produk yang pernah aku pakai. Beberapa produk aku pakai udah bertahun - tahun lalu, jadi aku agak lupa - lupa inget. But i'll do my best.



PABANOX SUNBLOCK CREAM

NETTO 20 gram

BPOM NA18181705887

sekitar Rp. 50.000,-

made in Indonesia


Bisa dibilang ini salah satu produk sunscreen yang pertama aku kenal. Dikemas dalam wadah tube kayak salep gitu, seinget aku warnanya agak coklat. Dulu diajarin mama kalau malam pake yang Melanox sementara siang pake Pabanox. Aku sempet pakai keduanya tapi ngga aku terusin entah kenapa, kayaknya males karena ngga ngefek hihihihi.


TABIR SURYA EKSOTIKA KLINIK DR. AFFANDI

NETTO 20 gram

BPOM NA18141700030

Rp. 99.500,-

made in Indonesia


Aku suka banget sebenernya dengan produk ini. Aromanya enak banget dan mengingatkan aku sama memori masa remaja dimana aku, mama dan tante - tante sampai berkunjung ke Semarang cuma untuk perawatan di Klinik dr. Affandi hihihihi.

Setelah kuliah aku sempet balik lagi ke Klinik dr. Affandi yang ada di Pejaten, tapi aku ngga terusin pake sunscreennya karena menurut aku lama - lama terlalu tipis dan kayaknya cepet melelehnya. Jadi harusnya touch up tiap beberapa jam sekali saat beraktifitas diluar ruangan. Tapi aku kurang telaten jadinya ya sudahlah ya hihihi.

Ngga cuma sunblock dr Klinik dr. Affandi aja yang pernah aku coba, aku juga pernah pakai sunblock dari beberapa klinik lainnya salah satunya yang di RSPAD Gatot Subroto, dr. Rani Novian, SpKK di Jl. Radio Dalam, dll.



AVENE Eau Thermale Very High Protection Emulsion SPF50+

NETTO 50 ML

sekitar Rp. 300.000,- s/d Rp. 500.000,-

made in France


Aku kurang cocok sama produk ini *hiks. Rasanya berat ketika dipake dan whitecastnya cukup terlihat jelas. Dikulit aku juga rasanya kurang nyaman dan aku kurang suka sama aromanya. Tapi beberapa orang cocok banget pake ini apalagi saat mereka pake diluar negeri dalam kondisi cuaca yang sangat terik.

Ini yang harus jadi pembelajaran untuk kita, supaya bisa memilah dan memilih suncreen yang cocok dengan kondisi kulit kita dan kondisi cuaca disekitar kita. Sepertinya AVENE Eau Thermale Very High Protection Emulsion ini memang lebih cocok dipakai pada cuaca yang cukup ekstrim.

CARE ZONE DOCTOR SOLUTION SPF 50 PA+++

NETTO 70 ML

sekitar Rp. 300.000,-

made in Korea 


Ini sunscreen TERBAIK menurut aku. Dari packagingnya mungil dan travel friendly banget. Trus aromanya juga calming dan enakkk banget. Lalu teksturnya yang liquid jadi gampang dan cepet di blend. Warna produknya hijau, menyerap dengan baik di kulitku tanpa meninggalkan whitecast. Setelahnya wajahku juga terasa lembab tapi ngga berminyak.

Waktu itu aku jastip sama temenku yang ada di Korea, kebetulan lagi diskon jadi aku beli. Saat aku beli ada bonusnya, satu tube peeling dengan merk yang sama. Nice banget. Sedihnya saat aku mau repurchase, temen aku bilang itu produk ngga keluar lagi entah mengapa. Tapi digantikan dengan tipe yang lainnya, kalau ngga salah yang warna merah.

Sedih banget, udah cocok, udah sayang, eh ngga bisa lanjut *eakkk, ya udah aku gambling deh dengan suncreen lainnya yang ternyata ngga cocok juga *hiks


NEUTROGENA DRY TOUCH SUNSCREEN SPF 50+ PA+++

NETTO 80 ml

BPOM NA26191705152

sekitar Rp. 200.000,- s/d Rp. 300.000,-

made in USA


Aku beli Neutrogena Dry Touch ini karena sunscreen aku sebelumnya sudah mulai habis. Pas banget Neutrogena ini lagi diskon, ya sudahlah ya hihihi. Awalnya aku ngga paham kalau sebenernya sunblock juga harus dipilih. Selama ini aku cuma lihat SPFnya dan selama dia ga whitecast then im good to go.

Setelah dipake, ada sensasi rasa panas di kulitku. No idea, kenapa bisa gitu ya. Jadi aku berhenti pake dan aku kasih ke suami hihihih. Untungnya suamiku ngga merasakan perih dan dia juga suka karena ngga ada whitecastnya. Nice, jadi kan ngga mubazir.



LA ROCHE POSAY SPF 50+

NETTO 50 ML

sekitar Rp. 350.000,-

made in France


Aku nitip lagi dari temenku yang tinggal di Korea, waktu itu lagi diskon jadi harganya itu kalau ngga salah Rp. 250.000,-an deh. Kalau di Indonesia aku kurang tau bisa beli sunscreen ini dimana, kayaknya paling deket belinya di Singapore.

Kenapa sampai kepengen banget cobain sunblock LRP ini adalah karena La Roche Posay terkenal sama produknya yang oke banget untuk kulit berjerawat dan sensitif,  temenku pake produk yang lain dan dia cocok. Jadi aku pikir suncreennya juga akan bagus. Aku pake sunscreen ini dari jam 05.00 sampai jam 12.00 masih oke, padahal panas - panasan di Cirebon. SUMPAH INI PANAS BANGET sampe keringetan.

Tapi aku ngga bisa suka sama produk ini, karena sering kali saat di apply trus dan setelah udah agak menyerap dan kena gosok tangan, dia tuh brundul kayak butiran ketombe gitu. Kesel. Jadi tiap pake sunblock ini aku ngga bisa pake bedak lagi karena takut brundul. Dia kayak ngasih lapisan yang tebel gitu dan ngga menyerap dengan baik.

Aku juga ngga suka sama aromanya dan setelah aku cek di skincarisma.com, dijelasin kalau salah satu komposisinya memicu munculnya komedo (grade 3). Sementara aku gampang banget komedoan. Jadinya aku ganti sunscreen (LAGI).



AURA DERMATOLOGY SUNSCREEN GEL & WHITENING

NETTO 10 GRAM

sekitar Rp. 70.000,-

made in Indonesia


Saat aku treatment black peeling di Aura Dermatology, aku dapet dua jenis sunscreen yang gel dan yang whitening. Black peeling ini pengelupasannya cukup parah, tapi ngga sakit dan ngga perih. Biasanya kulit yang lagi mengelupas kalau dipakaikan sunscreen yang whitening (dasarnya warna putih), jadi lebih kelihatan (even hasil akhirnya sheer). Jadi selama pengelupasan aku pake yang teksturnya gel, hasilnya pengelupasan kulitku kelihatan samar. Tapi kalau aku pake yang gel, wajahku jadi lebih lengket. Biasanya sunscreen tipe gel gini bagus juga untuk orang yang berjerawat.

Sunscreen whiteningnya sendiri aku pake kalau aku lagi dirumah aja dan ngga ada keluar rumah sama sekali karena kandungan SPFnya hanya sekitar 24. Ada sedikit efek wajah yang lebih cerah setelah menggunakan sunscreen ini, but it's oke dan masih sangat bisa ditoleransi.



SKIN 1004 AIR FIT PSYCAL SUN CREAM SPF 50 PA++++

NETTO 50 ML

BPOM NA26191705146

Rp. 324.500,-

made in Korea


Sebelumnya aku udah pernah pake beberapa produknya SKIN 1004 dan cocok. So, ketika mereka keluarkan suncreen aku SENENG bangettttts. Yay. Kemasannya juga mungil dan slim, jadi enak dibawa traveling. Aku sukaaaaa. Produknya sendiri warnanya agak coklat, tapi ketika di apply jadinya sheer aja dan yang paling penting dia NGGA membuat whitecast.

Yang aku ngga begitu suka adalah aromanya yang kesannya kurang enak. Tapi ya ngga jadi masalah kalau produknya oke. Cuma, komedoku juga ngga berkurang. Mhhh, mungkin aja produknya punya kandungan yang memicu komedo lagi. Lalu aku iseng cek lagi komposisinya dan aku kembali menemukan ingredients yang kurang cocok untuk kulitku yang komedoan.


Lalu aku mulai searching lagi produk yang bersahabat dengan kondisi kulit yang komedoan. Aku udah cek ingredients dari beberapa produk suncreen baik yang Eropa, US, Korea, Jepang dan juga merk Indonesia. Akhirnya aku menemukan APEIU SOO BO JI SUN COTTON SPF 50+ PA++++ dan sepertinya aku jatuh cintaaaa. Yay.



APEIU SOO BO JI SUN COTTON SPF 50+ PA++++

NETTO 50 ML

Rp. 200.000,-

made in Korea 


Kemasannya simpel banget, modelnya tube warna putih dengan tulisan minimalis. Ingredietnsnya bisa di check di Skincarisma, karena di kemasannya ngga ada tulisannya (tulisan Korea semua). Aku nitip sama temenku di Korea sebelum marak penyebaran Covid-19, thank God banget.

So far aku SUKA sama APEIU Soo Bo Ji ini. Wanginya juga enak, teksturnya agak kental tapi mudah diblend, yang pasti ngga whitecast sama sekali dan ngga menghasilan residu. Jadi bisa menyerap dengan baik dan setelahnya aku bisa dengan aman pakai makeup. Jadi FIX ini jadi favorite aku setelah Care Zone.

Sepertinya aku sudah harus melupakan carezone dan move on deh hihihi. Untungnya ketemu sama APEIU Soo Bo Ji. Efeknya sama komedo aku juga ngga bikin jadi makin banyak dan sekarang aku pencetin komedo paling 1 kali seminggu atau kalau abis heavy makeup. Review detailnya akan aku  share beberapa hari kedepan ya.


Oke then, segitu aja cerita tentang sunblock. Jangan lupa untuk menyesuaikan suncreen yang kamu pakai dengan kondisi kulit kamu ya. Karena yang cocok diaku belum tentu juga cocok di kamu. Trial error pastinya. So, sebelum memutuskan mau beli yang mana, kenalin dulu kondisi kulit kamu, masalahnya dan komposisi apa yang harus dihindari.

Good luck.

Share this:

CONVERSATION

6 comments:

  1. Sunscreen ituuu memang susaaaah banget cari yg cocok. Whitecastnya memang yg ga tahaaaan. Kebanyakan begitu.

    Aku dulu sempet cocok Ama skii mba. Ga whitecast, ngeblend bagus banget. Tapi kan setelah beberapa THN pake produk itu, aku jd gampang kena fungal acne tuh. Makanya aku stop semuanya.

    Naah skr aku blm nemu yg cocok lagi hahahaha. Prnh baca bbrp produk sunscreen yg aman utk fungal acne, dan itu merknya susah ditemuin semuaaaaa wkwkwkwk.

    Eh tapi aku cek td, si apeiu ini amaan looh utk fungal acne. Tp barangnya kan susaaah dicariii :p. Aghhhhh stresss deh urusan sunscreen aja :D.

    Aku paling benci memang sunscreen yg bikin muka kayak pake topeng apalagi yg bikin whitecast. Wkt itu prnh coba punya temen, merk young Liv*Ng. Mnurut dia bagus, dan aku liat juga oke aja di kulitnya .Tapi pas aku pake, OMG, putiiih bangetttt, aku kayak mau ngelenong -_- . Lgs cuci muka lagi.

    ReplyDelete
  2. aku termasuk perempuan yang jarang banget pakai sunscreen gitu kak, padahal harusnya pakai ya biar kulitnya ga kebakar, dna ternyata aku jadi banyak flek, meski ga parah sih. dari beberapa sunscreen yang kakak sebutkan aku familiar beberapa, karena temanku yang tinggal di australia dan korea suka nawarin gitu kalau pas pulang. masalahnya kalau aku pakai sunscreen malahan makin bikin kulitku berminyak banget dan beruntusan. entah karena produknya gak cocok di kulit atau masih adaptasi. kira-kira pengalaman kakak untuk kulit sensitif pakai yang mana ya?

    ReplyDelete
  3. Wah pengalamannya dengan sunblock sudah banyak ya mbak untuk cari-cari produk yang cocok memang tidak mudah ya trial and error'..

    ReplyDelete
  4. Wow! Udah bermacam produk sunscreen yang dipake ya.
    Penjelasannya detail, bahkam sampai BPOMnya pun ditulis.
    Selalu suka deh baca review Mbak Roos.

    ReplyDelete
  5. Keren udah coba berbagai macam sunscreen, aku yang pernah prabanox hahhaha oh jadi dia termasuk sunscreen ya? Pengen coba yang produk Koreanya hehehhe

    ReplyDelete
  6. Perjalanan sampai saat ini dalam menemukan sunblock yang terbaik yaa, kak...
    Aku baru-baru ini cobain Biore UV SPF 50 yang dulu marak dibahas para beauty blogger...dan puas banget sama hasilnya yang langsung nyerep ke kulit tanpa white cast.
    Ya belum pindah-pindah ke lain hati lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.