[DIY] Sepatu Nikah


Kamu yang sedang persiapan nikah pasti paham betul kalau pernikahan itu butuh biaya banyak dan 'perjalanannya' ribet. Mulai dari pertemuan keluarga, atur tanggal, pilih tempat, katering, musik, foto, dll. Belum lagi perintilan lainnya seperti makeup, baju, sepatu, dll dari kedua belah pihak.

Hal yang sama juga aku alami saat pernikahan aku dulu, karena itu aku berinisiatif untuk DIY beberapa hal yang aku pake. Salah satunya clutch yang aku pake saat pertunangan (reviewnya ada dibawah) dan sepatu yang aku pake saat pertunangan (martumpol). Sepatu ini bisa juga dipakai saat pernikahan, semua menyesuaikan aja sama selera kamu.

Baca juga : "DIY Clutch Blink - Blink"


DIYnya bukan bikin sepatu sendiri loh ya, aku ngga akan sanggup hihihi. Tapi lebih ke menghias sepatu sederhana jadi lebih mewah dan menarik sehingga tampilannya jadi lebih cantik dan cocok dipakai untuk pesta, pertunangan dan juga pernikahan.


Sepatu yang aku pakai belinya di Debenhams, Senayan City (2016). Jadi dilantai dasar itu ada deretan sepatu yang digantung - gantung kayak modelnya di 'little things' jadi saat dibeli ngga ada kotaknya lagi. Sepatu ini ngga terlalu tinggi, ada talinya (jadi ngga takut copot incase kesandung, dsb), trus nyaman dipakai, warnanya juga pas dengan yang aku mau dan bahannya bukan tipe yang gampang ngeletek. Seinget aku harganya sekitar Rp. 200.000,- s/d Rp. 300.000,-

Kalau dibandingkan sama sepatu - sepatu lain yang udah banyak blink - blinknya, menurut aku harganya lumayan murah sih. Secara yang lain bisa sampai harga Rp. 500.000,- bahkan lebih dan saat dipakai kurang nyaman.


Sebelum aku memutuskan untuk beli sepatu ini, aku juga lihat bahan dan kualitas lem pada solnya. Kamu bisa lihat sendiri gimana rapih dan kuatnya. Trus bahan yang rencananya akan aku tempel blink - blink juga bukan terbuat dari kulit sintetis yang gampang ngelupas gitu. Jadinya setelah dipakai tunangan atau nikah, masih bisa dipakai untuk acara lainnya.

Untuk alat dan bahan yang diperlukan ngga terlalu banyak dan gampang dicari, lem tembah, lilin, blink - blink yang modelnya bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan hihihi lalu pinset panjang (tapi kalau ngga ada pake pinset pendek juga bisa sih, hanya aja lebih susah.


Kebetulang aku masih punya stock blink - blink yang aku beli untuk baju, modelnya yang tinggal ditempel gitu. Sebenernya dibelakangnya sudah ada lemnya dan kita tinggal memanaskan bagian belakangnya dengan lilin lalu tempel. Tapi aku takut kalau tempelannya lepas jadi aku pake lem tembak.


Blink - blink yang aku pake itu namanya SS 16 Crystal Preciosa, aku beli di Blinky Rabbit. Waktu itu hanganya cuma Rp. 65.000,- per 144 pcs, sekarang harganya Rp. 70.000,- (IG : blinkyrabbit). Yang model rantai tadinya mau aku aplikasiin juga, tapi jadinya kurang bagus.

Baca juga : "Inspirasi Baju Martumpol"




Caranya gampang aja, untuk blink - blink yang agak besar tinggal ditempel dibagian tengan dengan posisi sesuka kamu aja, sisanya Crystal Preciosanya tinggal ditempel dibagian tali - tali sepatunya. Aku coba beberapa option, kalau ditempel berdekatan kesannya sumuk banget dan ada kemungkinan copot karena saling bergesekan. Jadinya aku tempel dengan ada sedikit jarak satu sama lainnya dan hasilnya cantik juga hihihi.


Aku pake dua ukuran Crystal Preciosa, ada yang SS 16 dan satu lagi aku lupa. Kalau mau dibikin lebih renggang juga ngga ada masalah dan sebenernya kalau blink - blink yang model rantai itu dipake juga bisa sih, tapi aku takut kalau kesandung sama baju. Kebetulan baju aku agak panjang dibagian belakangnya.

Oia, aku harus pesen nih untuk kamu yang mau coba DIY juga. HATI - HATI menggunakan lem tembak ya. Kadang setelah dimatiin, masih ada sisa lem yang udah meleleh didalam alatnya. Tanpa aku sadarin ketika lemnya mau aku simpen, ngga sengaja isinya tumpah dan kena di paha. SAKIT banget gais dan bekas sampai sekarang.


Untungnya aku buru - buru pakein Bio Oil, jadinya lem yang nempel di paha aku bisa segera dilepas dan dibaliknya ternyata kulit aku udah melepuh kayak foto diatas. Jadi hati - hati ya kalau pake lem tembak, apalagi model lem tembak kayak aku yang putih ini agak lama panasnya tapi sekalinya panas jadinya mantep banget.

Baca juga : "Glue Gun VS Bio Oil"


Oke then, selamat berkarya.

CONVERSATION

6 comments:

  1. Isshhhh kamu kreatif sekaliiii :D. Pas nikah dulu sepatuku juga custom supaya ga sama lah Ama yg lain,2 dan kesannya LBH blink2 mba :p. Pesen dari temen yg memang pengusaha sepatu. Asiknya kalo custom bisa minta sesuai request kan. Nah Krn aku nikah adat Batak yg mana bisa seharian berdiri, aku sengaja minta bagian tumit dikasih gel tebel jd ga sakit berdiri lamapun :D.


    Kalo diy begini , nambahin pernak pernik , jujurnya aku bukan tipe yg kreatif. Dan biasa hasil prakaryaku LBH srg failed pas jadi hahahahaha.jadi ya sudahlah, custom ajaaa :D

    ReplyDelete
  2. Multi talent juga kamu, mbak Roos.
    Bisa bikin DIY selop blink-blink dan sebagainya.
    Makin salut saya.

    Saya juga pernah punya pengalaman dengan lem tembak, bahkan pernah salah pegang. Yang tersentuh bukan di pegangannya tapi di bagian moncongnya yang besi, huhu...

    ReplyDelete
  3. wah ide untuk menghias sepatu ini keren banget kak, jadi kelihatan mewah banget padahal harga sepatunya mah murah ya

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah kak Roos rajin banget dan keren bisa DIY sendiri sepatu nikahnya
    aku beli wkwkwk tapi sampe sekarang belum kepake.
    Alhamdulillah ya kulitnya tertolong dengna menggunakan Bio Oil ini

    ReplyDelete
  5. Kak Roos...Semoga gak kejadian lagi yaa...kena lem panas.
    Keren banget, kak...abis di percantik menggunakan blink-blink.
    Aku juga pernah punya sepatu full batu-batuan permata. Pas OOTD nya kain jarik panjang. Pas acaranya sudah selesai, sepatunya dicopot, baru sadar kalau bebatuannya pada ilang.
    Huwaaa....auto-nangis.

    ReplyDelete
  6. Bagus - bagus sepatunya mbak ...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke www.ROOSVANSIA.com, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaannya. So sorry kalau comment yang berisi promosi website, jualan, dsb akan langsung masuk ke SPAM.

Have a great day.

You May Also Like
Back
to top