Tuesday, January 5, 2016

PART II How Blogging Changed My Life [Agustus 2015 - Desember 2015]

How Blogging Changed My Life [Agustus 2015 - Desember 2015]



Pada Agustus 2015, aku ikut hadir di acara "Jumpa Blogger Sun Life Financial Indonesia bersama Safir Senduk". Menurut aku, ini acara yang sangat baik dan wajib dihadiri para blogger. Jadi aku turut hadir pada acara tersebut. Disitu aku bertemu dengan banyak sekali orang baru dari berbagai komunitas. Ada wajah - wajah yang pernah aku lihat sebelumnya, dan ada wajah - wajah baru yang masih asing untukku.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Dengan Bijak [Safir Senduk & Sun Life Financial Indonesia]
Jumpa Blogger Sun Life, Cafe XXI Plaza Indonesia

Aku sempat meminjamkan pulpen sama mba yang duduk disebelahku, tapi salahku ngga berkenalan dengannya. Aku baru berkenalan di event berikutnya dan baru tau kalau ternyata disebelahku ini mba Diah Woro. Peruntunganku dengan Sun Life Financial ini sangat baik, aku bisa menang best twitt (WOW, ini pertama kalinya), dan lucunya lagi pas baru duduk setelah menerima hadiah voucher Carrefour Rp. 200.000,- namaku kembali dipanggil karena menang door prize. Im so lucky! Hadiah door prizenya adalah sebuah tas dan powerbank dari Sun Life Financial, yang tentunya berguna untukku.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Dengan Bijak [Safir Senduk & Sun Life Financial Indonesia]
Quotes by Safir Senduk

Seperti halnya event - event sebelumnya, ternyata event report untuk hari itu juga turut diperlombakan. Kemudian aku terpilih menjadi salah satu dari 3 juara favorit yang memperoleh uang tunai senilai Rp. 750.000,- dari Sun Life Financial. Bener - bener beruntung. Sepertinya om Dewa keberuntungan lagi naksir sama aku hahahhahaha.


Lalu di bulan yang sama, aku diajak oleh ID Blog Network untuk ikut serta dalam "Blog Competition #StartWithNote5" kerjasama antara IBN dan Samsung Indonesia biar seru, biar ramai. Tapi aku sebenernya kurang bisa menulis tentang gadget. Karena aku bukan gadgetholic, tapi menurutku ngga ada salahnya mencoba ,belajar sesuatu yang baru, dan juga untuk membina hubungan baik dengan IBN tentunya.

Best Smartphone Ever!!! Samsung Galaxy Note 5

Aku buta tentang Galaxy Note 5, jadi apa yang harus aku lakukan ??? Aku cari tau. Tentang sejarahnya (ini hal yang paling penting menurutku), perkembangannya, teknologinya, presentasi para petinggi Samsung, dll. Dari semua hal yang aku pelajari, aku benar - benar terkesima dengan produk ini. Samsung Galaxy Note 5 bisa mendukungku untuk mengambil foto yang lebih baik, teknologi videonya juga bisa mendukung aku untuk mulai bikin video tutorial tentang makeup. YES! Aku jadi semangat.

Best Smartphone Ever!!! Samsung Galaxy Note 5

Pemenang diumumkan, dan aku tidak termasuk dalam tiga pemenang utama, tapi aku adalah salah satu dari 20 orang yang tulisannya terpilih dan mendapatkan voucher MAP Rp. 500.000,-. Im so happy. Kenapa happy baru dapet voucher aja ??? Weitz, bukan itu point terpentingnya.

Kalau dilihat dari 19 nama lainnya, mereka adalah blogger - blogger yang sangat berprestasi, salah satunya mba Suria Riza, yang akrab dipanggil mba Echa (mamanya Raffy) yang aktif, selalu semangat, kreatif, dan prestasinya juga banyakkkkk.Ada juga mba Annisa Steviani (aku udah temenan di sosial media tapi belum sempet ketemu, lalu ada Zilqia Anggraini (aku sukaaaa sekali dengan desain - desain tulisan mba Qiah). Yang terakhir yang isi blognya banyak mengajarkan aku tentang "jeroan" blog adalah mba Handriati.

Tulisan mereka bagus - bagus, pageranknya bagus, banyak diantara mereka yang sudah dipercaya oleh brand - brand dengan job review. So, menjadi salah satu dari 20 juara itu tentunya jadi kebanggaan untukku.


Di bulan yang sama aku mulai join ke komunitas lainnya, Blogger Reporter Indonesia (BRID) dan berkesempatan ikut BRID mengenal gerai Starbucks baru yang ada di JI Expo Kemayoran. Tebet - Kemayoran ??? Apa yang akan aku lakukannnn ??? Hahahaha. Aku buka google. Mulai dari liat posisi detail lokasinya, transportasi apa aja yang lewat sana, sampai cek jadwal pameran di JI Expo.

Ternyata di Plaza Semanggi ada shuttel bus yang mengantar pengunjung ke JI Expo Kemayoran setiap harinya selama pameran berlangsung dan itu GRATIS. Ada beberapa hal gila baru yang saya lakukan pada hari itu.

  • Pertama, aku "anak bawang" alias newbie di BRID dan berani - beranian ikutan kumpul dengan orang - orang yang belum pernah aku kenal sebelumnya. Ini juga nekat "nodong" Kang Arul untuk diajak ke acara ini karena saya pencinta Starbucks.
  • Kedua, aku ngga pernah ke JI Expo Kemayoran sebelumnya.
  • Ketiga, aku juga ngga pernah naik shuttle bus kemanapun sendirian. Di dalam bus cuma aku perempuan sendiri dan ada 1 mas - mas pengunjung juga (sotoy), lalu ada 2 mas - mas dari JI Expo (karena berseragam JI Expo) dan bapak supir dengan seragam lengkap Blue Bird (disitu aku merasa aman hahahhaha).
  • Keempat, ternyata bus yang menuju ke JI Expo Kemayoran itu tidak melewati Starbucks yang dimaksud (meskipun satu wilayah)
  • Kelima, aku jalan dari JI Expo Kemayoran ke Starbucks, berkeliling parkiran, panas - panas, dan sendirian hahahahhahahaha. Sampai pak satpam bilang, "Jauh loh mba". Lalu saya bilang, "Seberapa jauh pak ??? Paling 2 - 3 kilometer kan ???"

NEW Starbucks JI Expo
Starbucks Store JI Expo

Dengan santai dan sombongnya aku jalan (kebetulan memang sudah biasa jalan 2 - 3 km sehari  dan sampai di tempat yang dituju dengan selamat, tidak terlambat, dan disambut dengan minuman yang menyegarkan. Ahhhh senangnya. Sampai disana aku kenalan dengan mba Diah Woro (akhirnya), lalu ada mba Dewi Galimah, ada mba Suci Shanty Risalah, mba Fitri Rosdiani, ada Kang Arul, mba Sari, mas Sokat, dll. Dan dari blogwalking setelah acara ini aku jadi kenal nama mas Choirul Huda, mas Nur Terbit, mas Rosyid, dll.

NEW Starbucks JI Expo
Starbucks Store JI Expo with mba Diah Woro

Oia, di BRID itu punya aturan yang unik (namanya juga Blogger Reporter Indonesia), jadi event reportnya di post haru itu juga atau maksimal 3 hari setelah eventnya berlangsung. Dan untuk anggota yang belum menyelesaikan "hutang" tulisan di event sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti event yang baru. Keren ga tuh ??? Jadi pembelajaran yang baru untukku.

Bisa baca liputannya di :
"NEW Starbucks JI Expo"


Di September aku kembali bergabung dengan beberapa teman - teman dari BRID untuk nonton bareng "Where Is My Romeo ???" di Kota Kasablanka, nah disitu ada lagi dong kenalan baru. Ada mba Yuni dengan suami yang sebenarnya adalah blogger asal Surabaya yang kebetulan lagi ada acara di Jakarta. Lalu ada mba Sie-thi Nurjanah dan mas Bowo Susilo. Aku bisa ikutan nonton ini juga karena menggantikan bapak Tubagus Encep yang mendadak ngga bisa hadir, senangnya bisa ikutan nonton. Terima kasih ya pak Tubagus Encep dan juga mas Ahmed Tsar.

Where Is My Romeo ?
Where Is My Romeo ?

Aku penasaran dengan kualitas film Indonesia yang sekarang - sekarang ini, soalnya sudah mmhhhh ada kali 6 tahun lebih ngga nonton film Indonesia di bioskop (The Raid juga aku ngga sempet nonton *sigh hikksss).

Bisa baca liputannya di :
"Where Is My Romeo ?"

Kebakaran Hutan Sumatera Kalimantan 2015
Kebakaran Hutan Sumatera Kalimantan 2015
Dokumentasi pribadi : Keberangkatan satgas dan proses pemadaman kebakaran hutan di Riau, Sumatera

Kalau baca tulisan "Where Is My Romeo" ini seperti nanya sama diri sendiri deh ah hahahhaha. Romeoku kebetulan lagi bertugas sebagai Satgas pemadam kebakaran hutan di Riau #eaakkk. Kejadian ini bikin pilu euy, sudah beberapa bulan tapi api tak kunjung padam. Korban berjatuhan dan aku ngga tau bisa berbuat apa kecuali berdoa. Memohon kepada Tuhan untuk menurunkan hujan yang deras biar kebakarannya bisa diatasi. Kejadian itu kemudian menginspirasiku untuk menulis tentang kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan sekitarnya.

Kebakaran Hutan Sumatera Kalimantan 2015
Kebakaran Hutan Sumatera Kalimantan 2015
Dokumentasi pribadi : Keadaan asap di Kalimantan


Di bulan September aku juga "nekat" ikut daftar untuk bisa bergabung dengan acaranya Kumpulan Emak - Emak Blogger (KEB), yang pada waktu itu akan mengadakan kunjungan ke Summarecon Bekasi untuk keliling kompleks perumahan Summarecon Bekasi dan mengunjungi fasilitas - fasilitas yang ada di Summarecon Bekasi (khususnya untuk sekolah Al Azhar dan BPK Penabur).

Yayyyy... Dua Sekolah Terbaik, Sekolah Islam Al - Azhar & Sekolah Kristen BPK Penabur Kini Hadir Di Summarecon Bekasi
Salah satu sudut di Sekolah Al Azhar, Summarecon Bekasi

Ini untuk pertama kalinya aku bergabung dengan KEB, berkumpul di FX Sudirman untuk kemudian sama - sama berangkat ke Bekasi. Disini juga aku ngga kenal siapa - siapa hihihihi, tapi ingat beberapa wajah. Kami keliling kompleks perumahan, lalu mengunjungi sekolah Al Azhar yang baru diresmikan beberapa bulan lalu, kemudian berkumpul di Summarecon Mal Bekasi untuk makan siang dan melihat - lihat unit apartemen yang sedang dalam pembangunan. Disitu aku berkenalan dengan kak Sonta Frisca dan makan siang bersama.

Yayyyy... Dua Sekolah Terbaik, Sekolah Islam Al - Azhar & Sekolah Kristen BPK Penabur Kini Hadir Di Summarecon Bekasi
Lab komputer di Sekolah Al Azhar, Summarecon Bekasi

Banyak sekali foto dan informasi yang mau disampaikan, jujur aku agak stres nulisnya, mana dulu yang harus ditulis, mana foto yang mau di edit. Aku merasa ngga puas kalau hanya menampilkan foto mentah tanpa editan, so aku akan berikan yang terbaik tujuannya untuk menghargai pengundang dan juga membina hubungan baik dengan KEB dengan event report yang aku buat.

Tadinya berkata dalam hati, "Ah ya sudahlah. Capek banget edit foto sebanyak ini, belum lagi foto dan tugas lainnya". Tapi kemudian aku kembali berfikir "Tanggung, kerja jangan tanggung. Kasih yang terbaik yang kamu bisa". Akhirnya "lahirlah" tulisan tentang sekolah terbaik di Summarecon Bekasi, dan ternyata tulisan itu bisa jadi juara pertama.


Aku tau pengumumannya karena mba Suci mention aku di Facebook (terima kasih ya mba Uci). Aku baru aja bangun karena abis begadang semaleman untuk nulis hahahahhaha. Satu kalimat yang terucap begitu baca pengumumannya : "OMG, Terima kasih Tuhan". Rejeki ngga tertukar, semua indah pada waktunya.

Dan, seketika itu juga aku punya "haters" yang ngga terima aku menang hahahahhaha, katanya cuma modal foto bagus aja, bla bla bla. Intinya beliau menitik beratkan pada SEO, dll. Tapi Summarecon Bekasi kan ngga baru sekali saja menyelenggarakan event serupa, jadi tentunya mereka sudah punya standart tertentu dalam menentukan pemenang. Terima kasih untuk mba Uci juga Elnienesia yang kasih semangat dan motifasi untukku ya *kisskiss.

Untuk kompetisi itu, hadiah yang aku dapatkan adalah iPhone dan ku harus mengambil langsung di Summarecon Bekasi. Dan ternyata ada bunda Ratu Sya yang menjadi salah satu pemenang favorit yang ternyata mau ambil hadiah di hari yang sama, lalu kami janjian. Bunda Ratu sama si ganteng Arman (YES! Anaknya bener - bener ganteng) Aku kenal bunda Ratu baru dari FB saja, belum pernah ketemu tapi rasanya bisa langsung akrab. Orangnya ramah dan senang memberi dorongan semangat dan ucapan positif untuk aku. Terima kasih ya bunda.

[5 Islands in 5 Weeks Sulawesi - Maluku] 53 photos for 53th years Hotel Indonesia Kempinski

Masih di bulan yang sama, aku mengikuti blog competition "5 Islands in 5 Weeks". Perayaan ulang tahun Hotel Indonesia Kempinski ke 53 yang berdekatan juga dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun. Selama 5 minggu Hotel Indonesia Kempinski menyajikan hidangan khas dari 5 pulau di Indonesia untuk umum dan secara khusus membuka kesempatan untuk blogger turut serta dalam blog competition. Blogger diundang untuk mencicipi hidangan yang tersaji di Signature Restaurant, boleh memilih hidangan dari pulau mana yang diminati. Blogger juga boleh mengajak satu orang lagi untuk menemani.

[5 Islands in 5 Weeks Sulawesi - Maluku] 53 photos for 53th years Hotel Indonesia Kempinski
Iga Woku, salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang dihidangkan di Signature Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski

Aku secara pribadi merasa, adalah satu kehormatan bisa ikut menjadi blogger yang berpartisipasi dalam acara "5 Islands in 5 Weeks" ini. Oleh karena itu sebagai ungkapan terima kasih, aku merasa harus berpenampilan resmi (sekalian biar cantik kalau difoto untuk blogpostnya hihihihihi) dan memberikan foto - foto dan tulisan yang lebih baik. Jadi aku meminta ijin untuk datang lebih awal biar bisa berfoto - foto terlebih dahulu. Aku mendapatkan foto - foto makanan yang masih rapi karena belum disentuh hihihihi.


Dan thanks God, tulisannya bisa diterima baik oleh Hotel Indonesia Kempinski dan bisa jadi pemenang pertama. Hadiahnya menginap 2 malam di Executive Grand Deluxe Room Hotel Indonesia Kempinski (include FREE akses ke Nirwana Executive Lounge). Thanks God.


Oktober 2015 aku ikut bergabung dengan 14 Beauty Blogger lainnya di eventnya Estee Lauder, karena event tersebut terdiri dari 2 event yang berbeda waktu dan tempat tapi saling berhubungan, akhirnya beberapa dari kami menjadi lebih akrab dari sebelumnya.
Let's Have Some Fun with Estee Lauder
Makeup demo Estee Lauder, Plaza Senayan Jakarta

Kalau Elnienesia, Amanda, kak Lily Kanaya aku sudah kenal baik sebelumnya, lalu ini ada lagi Auzola, Kania, Reihan Putri, Dewi Yang yang kemudian menjadi lebih akrab lagi dari sebelum - sebelumnya. Ditambah dengan tiga orang lagi teman baru yaitu bunda Yonna Kairupan dan Tuty Saca, Cindy Alcander.

Kami sering sharing tentang hal - hal yang berhubungan dengan makeup, misalnya saat Reihan sedang jadi model untuk makeup class dengan mba Fitri Liza, atau tentang MUA Cindy di hari perikahannya, atau tentang produk alis yang bunda Yonna suka, atau tentang makeup look Auzola untuk penampilannya bersama Mizzu, sampai kerinduan Tuty dengan suami yang bekerja di Morroco, sharing tentang masa kehamilan Kania dan bagaimana menjaga tubuh agar tetap mulus ahhhh pokoknya banyak.

Makin banyak sharing dengan teman - teman baru, makin banyak juga hal - hal yang bisa kita pelajari, mulai dari hal - hal baru yang baru banget untuk kita, yang mungkin kita tidak mengerti sebelumnya (misalnya tentang alat keriting bulu mata, treatment filler, dermaroller, tetes mata cendo tidak baik untuk anak - anak, sampai ke pembahasan tentang Evita Peron). Kita juga bisa belajar bagaimana menjaga sikap untuk tidak saling membuat tersinggung, menjaga kata - kata dan belajar memahami karakter setiap orang.

Bisa baca liputannya di :


Bio-Oil, Me and Mom Best Friend, From Head to Toe
Foto untuk review produk Bio Oil di Apartemen kak Lily Kanaya, Apartemen Mediterania Kemayoran

Tidak terlalu banyak cerita tentang blogging di bulan November, tapi karena kedekatan aku dengan kak Lily karena event - event sebelumnya jadi kak Lily membantu aku dengan mengijinkan aku main - main ke apartemennya sekalian berfoto di kolam renangnya untuk kepentingan penulisan blog tentang Bio Oil. Kali itu aku ikut blog competition yang diadakan oleh Bio Oil, tapi aku ngga menang, yang menang adalah kak Lily. And im so happy for her, she deserve "me time" more than i do hihihihihi. She's more like a sister for me. Love u kakak.



Vinyasa Yoga with Glyderm & Female Daily
Vinyasa Yoga bersama Female Daily

Di bulan Desember aku berkenalan dengan mba Sally Fauzi dan diundang di acara sharing Mommies Daily tentang imunisasi Pneumonia, kemudian mba Sally mengajak aku untuk ikut kelas Vinyasa Yoga bersama Female Daily (disini aku ketemu sama mba Nisa dan mba Ana). Sudah 10 bulan sejak terakhir kali yoga, dan kembali yoga lagi rasanya udah kaku dan berat. Tapi ini jadi cambuk untukku yang sudah sangat malas olahraga ini hihihihi. Terima kasih ya mba Sally.

Bisa baca liputannya di :
"Vinyasa Yoga with Glyderm & Female Daily"

Makeup Through the Ages Collaboration - Pin Up Girl
Pin Up Girl 1950's

Di bulan yang sama Rifka mengajak aku untuk ikut makeup collaboration dengan tema makeup dari tahun ke tahun, dan disitu aku berkenalan dengan mba Sekar Arum, mba Merilla, dan Nindy Hardjadinata. Blog mereka sudah ngga asing untukku, tapi aku belum pernah kenalan dengan mereka sebelumnya. Jadi makin seru dengan tambahan teman - teman baru selain Claren, Dine, dan Reiny.

Janjian double date sama Dine salah satu blogger yang banyak jadi inspirasi aku, AEON Serpong

Dan karena kedekatan ini, aku sempet lagi janjian sama Dine Aisah untuk double date di AEON hahahahhaha *dasarperempuan. Terima kasih ya mak Rifka, ditunggu tantangan makeup collaboration berikutnya.

Bisa baca liputannya di :
"Makeup Through the Ages Collaboration"

Wardah JFW 2016
Marina Smooth & Glow UV - Ovale Bedak Dingin

Selanjutnya di Desember 2015 ini ada beberapa event yang dishare sama Claren, Auzola, dan Kania. Senangnya punya teman - teman yang senang berbagi hihihihi. Terima kasih yah girls.


Pada bulan Desember ini juga, akhirnya aku punya domain sendiri, 10 Desember 2015.


Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi

Dan 2015 ini ditutup dengan belajar bersama mba Haya Aliya Zaki, mba Shinta Ries, dan mba Ani Bertha di Fun Blogging 8. Disini saya ketemu beberapa teman baru lagi dan bisa bergabung di grup Fun Blogging 8.

Bisa baca liputannya di :
"Fun Blogging 8 Dari Hobi Jadi Profesi"

Kami ketemu bukan hanya ketika ada event blogger, tapi kami menyempatkan untuk belajar bersama juga, dan jalan - jalan, main - main (sama Glowy), belanja (sampe beli rok samaan), dan juga makan hahahhahaah

Masih banyak lagi cerita di 2015 ini yang memberikan aku banyak kesempatan untuk lebih maju dalam menulis blog, aku banyak kenal teman baru, baik sesama blogger, agency, brand, dll. Pengalaman dan ilmu yang aku dapatnya juga sangatlah banyak. Aku bersyukur bisa sampai pada pencapaian ini, semoga di tahun berikutnya aku bisa menjadi lebih baik. Menulis dengan lebih baik, memberikan informasi yang lebih berguna, dan bisa jadi inspirasi untuk pembaca.

Tulisan ini aku buat sebagai catatan singkat perjalananku selama bergabung dengan beberapa komunitas, ketemu teman - teman baru, bekerjasama dengan brand, dll di tahun 2015 lalu. Juga sebagai reminder untuk selalu mengucap syukur untuk pencapaian yang aku dapatkan. Aku bukan blogger hebat, Alexa rankku masih jutaan, job review juga ngga banyak, masih banyak yang harus aku pelajari lagi untuk bisa menjadi lebih baik. Aku cuma ingin satu saat aku bisa baca lagi tulisan ini dan bisa kembali mengenang masa - masa "perjuangan" waktu baru belajar menjadi blogger.

PREVIOUS
cerita di bulan sebelumnya

That's all

Have a good day




20 comments:

  1. huwaaaa....seru banget kak roos...Mau juga ih ikutan event kayak kak roos tapi sayang jarang ke jeketi mudah2an tahun ini bisa sering2 ke jeketi deh...amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaa.. Handdriati, seruan kamu yang bentar lagi ijab kabul hahahhahahahha *kaboooorrr
      Amen. Amen. Amen. Ditunggu eventnya yang bisa mempertemukan kita ya hihihihi.

      Delete
  2. waaaah, seru banget yaaaa isi blognya, ga monoton karena banyak blogku :( isinya review mulu hehehee
    Puji Tuhan ya Vani, berkatnya banyak di tahun 2015 kemarin, God is good ^_~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihihihi, terima kasih ci Winda. Biar ada variasinya, ada ilmu baru yang bisa dishare hihihihihi (bilang aja bosenan hahahhahahahha *ketauan deh). Puji Tuhan, semua indah pada saatNya ci.

      Delete
  3. Amin ya rabb.. Semoga rejeki dan peruntungan ditahun 2016 ini lebih dan lebih lagi ya van.. Senang deh baca pencapaian yang terjadi ditahun 2015 kemarin.. Apalagi udah punya domain dan rumah sendiri ya skrg.. Salam #Femes2016 kikikikiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin sayang Dine... Ibu kece anak 2 yang tetep langsing dan rajin banget nulis. So proud of your dear. Kamu itu banyak kasih gambaran untuk aku kalau nulis harus juga punya konsep dan target. Terima kasih yaaaa. Amen. Semoga kedepannya bisa lebih baik.

      Delete
  4. Aaaaaaaaaaaaakk ada namaku XD *norak*
    Banyak kali eventmu kak Roos, aku atu aja udah bagus :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa dongggg ada Nindynya disini... Kamu makanya pindak ke Jakarta aja yuk yuk yukkkk biar kita jalan - jalannnn sama Collabnya LIVE hahahhaha.

      Delete
  5. ishhh kerennya prestasimu mb..
    salam kenal ya, ajarin donk edit2 foto kecenya..
    wah aku deket summarecon Bekasi lo rumahnya :)
    kerenn dpt iPhone!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Suzie, terima kasih sudah mampir ya. Salam kenal.
      Iya semoga kedepannya aku bisa kasih tutorial bikin foto - fotonya ya mba.
      Wahhh asiknya deket Summarecon. Aku kelewatan moment makan durian di Summarecon huhuhuhu.
      Makasih ya mba, Puji Tuhan :))

      Delete
  6. Hohooo,
    Maraton gw baca nya van, gak nafas.
    Banyak bener, emg kalo di Niati, pasti bisa deh.
    Ciayoooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahhaa, udah sampe. Selamat. Makin ngerti jalan. Thanks God.
      Ampunnnn.. Ini ngetiknya dah dari kapan tapi foto belum rampung, jadi lama deh hahahahha.
      Chaiyooooo makkkkk. Semangatttt!!!

      Delete
  7. Aaahh eksis bgt yaakk dirimu 2015 ini yaakk van, semoga tahun ini makin eksis.... sis evita mpe dibawa2 ituuu wkwkwkwk...

    Btw, gw makin suka layout blognya dgn bunga2,aaaahh so cuute....
    Ajariinn doong *todongpisau heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks God, iya dong Tuty.. Evita Peron kan salah satu perempuan yang suka dandan dan suka sepatu, jadi patut diperbincangkan hahahahhahaha.

      Ahhhh kamuuuuu, kalau kapu pake bunga - bunga juga nanti kamu ikutan kyuttt banyak yg naksir,, ngga boleh hahahahhaha

      Delete
  8. Waaah, ckckckck, wow.... hebat banget. Ini saking speechless, jadi begini ngomongnya.
    Dalam setahun, pesat sekaliii... mau berguru dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiyaaahhh mak.. Aku masih newbie, masih harus banyak belajar biar bisa jadi lebih baik. Tapi Thanks God setahun ini punya banyakkkk teman - teman baru. Ayoooo berguruu hihihihi. Semoga suatu saat bisa ketemu yaaa.

      Delete
  9. Glow bilang : "kapan main lego sama tante Vani lagi?" hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. SOON sayang. ASAP yaaaaaa. Btw mamiiiii kita janjian aja jumat ini sekalian hahahhahahaha...
      Miss you Glowwyyyy... n Baby Max pipi melah.

      Delete
  10. Waaa.. tiap bulan ada event menariknya. Ini semangat buat aku, Mba. Sukses terus and keep sharing, Mba. Ditunggu ya tutorial edit fotonya, layout blognya jg keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya mba. Amen, sukses juga untuk mba'nya :). Semoga kedepannya bisa bikin tutorial.

      Delete

Terima kasih sudah mampir, silahkan tinggalkan pesan atau pertanyaan. Have a good day *\(^o^)/*

You May Also Like